Awas...Semur Mulai Diaku Malaysia!
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Setelah rendang diklaim sebagai masakan khas Malasyia. Kini giliran masakan semur mulai dilirik negeri Jiran.
Anggota Komunitas Kuliner, Arie Parikesit mengatakan bukti semur mulai dilirik pihak Malaysia terekam dalam dua buku yang diterbitkan oleh negeri jiran. Kedua judul buku itu adalah Flavour of Malaysia dan Complete Asian Cookbook. "Dua buku masak itu mencantumkan resep masakan semur," papar Arie di Jakarta, Kamis (27/10). Arie mengungkap situasi ini perlu mendapat perhatian dari masyarakat Indonesia. Sebab, jangan sampai Semur diklaim asli Malaysia. "Kita perlu waspada. Waspada yang dimaksud bukan hanya sekedar rasa emosional saja tetapi juga perlu langkah konkrit dari masyarakat kita," kata dia. Langkah konrit yang dimaksud menyebarkan informasi tentang semur sebagai identitas nasional. Sebab cara ini dianggap lebih efektif ketimbang hanya menunjukan rasa emosional belaka. "Hikmahnya begini, mereka mengenalkan semur sebagai masakannya, tapi yang namanya pecinta kuliner tentu akan mencari tahu asal muasal semur itu," ujarnya. Tugas masyarakat Indonesia, lanjut Arie, menyiapkan informasi utuh tentang semur. Misalnya, bumbu-bumbunya, bagaimana ragam semur di daerah-daerah dan informasi lainnya. Dengan demikian, pecinta kuliner mancanegara akan menyimpulkan bahwa semur merupakan khas masakan Indonesia. "Jangan dulukan emosi, tapi saat ditanya, kita tidak tahu asal sejarahnya," ujarnya. |
:ohno: dia lagi dia lagi....
pemerintahan juga gak tegas.:shutup: |
Quote:
ndak perlu heboh dulu..orang semur tu menu masakan dari mana aslinya jg kita ndak tau..:gg: |
betol!!
kalo masakan dari daging.. sepertinya ketularan ama western ya.. soalnya, pada dasarnya di Indonesia kan makanannya dari ikan atau sayuran.. |
Quote:
|
Kalau gak salah "SEMUR" sudah lama diakui punyanya CAPCOM. Ane seneng main itu d ipot ane ndan... SEMUR VILLAGE
|
trus kalo nasi goreng gimana tuh....
|
ah.. Memang Demen Malay Kalau Ngaku"...
Abis ini Tinggal Tunggu Bendera merah putih asli nya bendera Malysia.. ckckck |
untung Pizza gak di klaim ( emang berani???)
|
emang susah seh klo 1 rumpun..
|
hehehe.... diaku aja semua... namanya juga ngaku2,
yang jelas mana yang asli dan yang cuma ngaku2 ya tetap aja ketauan :D:D:D |
Quote:
Quote:
India mungkin.. -_-a Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
nanti udah capek-capek ngedemo duta malaysia soal semur, pas ditanya, semur berasal dari daerah mana dan sejarahnya kek apa, gak tau.. malu, kan? gw xiaoyanzi.. huft.. terpaksa pake ID ene.. soalnya, id xiaoyanzi gw gak bs dipake.. napa, ya? :( |
nasi goreng kayanya dari China sana dech, itu berdasarkan informasi dari wiki.
|
Nasi goreng (Hanzi) adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.
Nasi goreng juga dikenal sebagai hidangan khas Indonesia. Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng. source |
Quote:
tuh bener kan, dari china. |
Quote:
keyaknya gitu deh..... nasi goreng tuh asli dari china |
Mampus aja dah tuh malaysia
|
ohhh tidak bisaaaaa...
makanan asli indo di aku2in ama malayshit... NAJIS:wtf::fuck2: |
skali maling ya tetep malingsia....
|
aduh parah nih-____- lama2 bisa satu indonesia nih diakui sebagai malaysia
|
hebat dan.........
|
lagi-lagi... :ngantuk:
|
minta diserbu gan
|
bener2 nih si maling ndan
:cabendan: :cabendan: |
:loveindonesianice inpoh dan....
|
aaaarrrrrgh...hancurkan Malon
|
dasar maling, ndeso
|
lama2 pulau2 besar kita diakuin punya mereka tuh
|
Wah ngajakin perang banget nih malaysia..
|
susah klo serumpun masakannya mirip mirip..
|
negara itu lagi ya....mmg nggak tau malu
|
hantam malingsia
|
mantaf dihajar
|
emang pantas digebukin
|
bantai itu maling
|
pecut gans
|
jangan ragu
|
bakar malay
|
timpukkkkk
|
udhlah perangin aja itu malaysia :loveindonesia :loveindonesia
|
| All times are GMT +7. The time now is 11:34 AM. |