Ceriwis

Ceriwis (https://forum.ceriwis.com/forum.php)
-   Lounge (https://forum.ceriwis.com/forumdisplay.php?f=9)
-   -   Beda CIA dan FBI (https://forum.ceriwis.com/showthread.php?t=504578)

dedesuganda 3rd September 2011 01:59 PM

Beda CIA dan FBI
 
http://sejarahperang.files.wordpress...pg?w=152&h=155CIA dan FBI adalah bagian dari 16 elemen komunitas intelijen AS di bawah Director of National Intelligence (DNI). Jika melihat sepintas, dua lembaga ini terlihat mempunyai pekerjaan yang saling tumpang tindih. Masyarakat awam sering dibuat bingung dengan eksistensi keduanya yang terlihat sangat aktif dan atraktif menjalankan fungsi intelijen AS. Keduanya menjalankan fungsi pengamanan, intelijen dan penegakan hukum federal.
http://sejarahperang.files.wordpress...pg?w=155&h=159Namun sebenarnya dua lembaga ini sangat berbeda. Perbedaan paling menyolok adalah tempat bernaung dan lokasi kerja. CIA, walaupun dalam komunitas intelijen berada di bawah DNI, sesungguhnya adalah lembaga intelijen mandiri. la tidak bernaung pada departemen tertentu. Sebelum berada di bawah DNI, CIA berada langsung di bawah presiden. Lembaga ini memiliki kedekatan khusus dengan presiden.
http://sejarahperang.files.wordpress...pg?w=300&h=184Personil FBI sedang melakukan tugasnya secara terbuka di depan publik.

Sebagai agen intelijen nasional, ruang lingkup kerja CIA adalah internasional. Badan ini menangani isu-isu di luar negeri yang terkait dengan keamanan AS. Agen-agennya disebar ke seluruh dunia untuk mengolek data dan dikirim ke kantor pusat di Virginia. Untuk hal tersebut, mereka bekerja secara klandestin tidak terang-terangan). Data yang didapat selanjutnya diolah menjadi informasi dan disampaikan kepada pihak-pihak yang berwenang sesuai UU Intelijen AS. Jika diperlukan, juga akan melakukan operasi pengamanan dan penegakan hukum di luar negeri.
Contohnya, bila ada indikasi terorisme di luar negeri yang berpotensi mengganggu keamanan AS, maka CIA bisa bertindak sesuai kewenangannya. Bila diperlukan, CIA juga bekerjasama dengan Intelijen negara lain. Sebaliknya, FBI bersama-sama dengan Drug Enforcement Administration (DEA) adalah sebuah biro investigasi di bawah Departemen Kehakiman AS. Ruang lingkup kerja FBI adalah di dalam negeri. la akan menjalankan fungsi pengamanan, intelijen dan penegakan hukum federal di dalam negeri AS.
Di antara pekerjaan utamanya adalah mencegah timbulnya ancaman di dalam negeri, memproteksi ancaman teroris dan proteksi dari ancaman intelijen asing di dalam negeri AS. FBI akan membantu polisi lokal dalam menghadapi kasus besar, kasus kriminal antar negara bagian dan kasus penculikan. Dalam menjalankan tugasnya, agen-agen FBI bisa tampil langsung, terang-terangan di depan publik.
http://sejarahperang.files.wordpress...pg?w=450&h=157Presiden Ronald Reagen sedang melakukan koordinasi dengan para pejabat CIA. Hanya pejabat tertentu CIA yang bisa tampil dan mengungkap identitasnya di depan publik
Walaupun ruang lingkupnya di dalam negeri, FBI juga memiliki kantor perwakilan di luar negeri untuk mengolek informasi yang berkaitan dengan keamanan dalam negeri AS. CIA dan FBI juga melakukan kerjasama. Misalnya ada ancaman teroris dari luar negeri yang masuk ke dalam negeri AS, maka CIA harus memberikan informasi dan melimpahkan wewenangnya pada FBI untuk menangani kasus tersebut. Sebaliknya, jika CIA membutuhkan informasi tentang seseorang di dalam negeri, FBI harus memberikannya. (gat)

peterparker1 3rd September 2011 02:05 PM

sip infonya ndan, CIA dan FBI jelas beda.................

dedesuganda 3rd September 2011 02:13 PM

Quote:

Originally Posted by peterparker1 (Post 1443490)
sip infonya ndan, CIA dan FBI jelas beda.................

ya jelas ndaaan... dari huruf dan namanya aja dah beda wkwkwkwkwkwkwkwkwk:ngakak::ngakak::ngakak:

xander630 3rd September 2011 02:28 PM

iya sih bda cia fokusnya ke luar negri tp dalem negri jg ada sdangkan fbi fokusnya dalem tp diluar jg ada gtu yah :tanya:

dedesuganda 3rd September 2011 02:29 PM

Quote:

Originally Posted by xander630 (Post 1443526)
iya sih bda cia fokusnya ke luar negri tp dalem negri jg ada sdangkan fbi fokusnya dalem tp diluar jg ada gtu yah :tanya:

benuuuul.....

FCholicJr 3rd September 2011 02:29 PM

cia itu kalo di indonesia namanya BIN

Palgunadix 3rd September 2011 03:18 PM

Lha, kan udah jelas ndan kalo FBI itu polisi federal. Jadi ya lingkupnya seperti polisi, tetapi federal karena setiap negara bagian punya kepolisian sendiri.

Komunitas Inteljen yang dipimpin oleh DNI itu nggak cuman CIA sama FBI doank ndan, jadi nggak tepat juga kalo fokus cuman ke dua lembaga itu karena fungsinya beda banget, perbedaannya nggak cuman ke urusan dalam ato luar negeri aja.

Jadi komunitas inteljen di bawah DNI itu ada 16 unsur. Yang independen cuman satu ya CIA itu. Jadi bisa dibilang yang bener2 inteljen ya CIA itu. 15 unsur yang lain tidak independen karena berada di bawah departemen tertentu, sehingga fungsinya lebih kepada membantu kinerja departemen tersebut. Maka DNI sebenarnya lebih berperan sebagai koordinator saja.

Yang dibawah Departemen Pertahanan

Air Force Intelligence, Surveillance and Reconnaissance Agency (AFISRA)
Army Intelligence and Security Command (INSCOM)
Defense Intelligence Agency (DIA)
Marine Corps Intelligence Activity (MCIA)
National Geospatial-Intelligence Agency (NGA)
National Reconnaissance Office (NRO)
National Security Agency (NSA)


Yang dibawah Departemen Energi

Office of Intelligence and Counterintelligence (OICI)
Office of Naval Intelligence (ONI)

Yang dibawah Departemen Keamanan Dalam Negeri

Office of Intelligence and Analysis (I&A)
Coast Guard Intelligence (CGI)

Yang dibawah Departemen Hukum

Federal Bureau of Investigation (FBI)
Drug Enforcement Administration (DEA)

Yang dibawah Departemen Luar Negeri

Bureau of Intelligence and Research (INR)

Yang dibawah Departemen Keuangan

Office of Terrorism and Financial Intelligence (TFI)

ilhamananto24 3rd September 2011 08:32 PM

setau ane FBI yang biasanya nangkep imigran yang illegal.

facebookie 3rd September 2011 10:31 PM

kalo beda CIA sama KFC apa gan?

DreamWorld 4th September 2011 08:41 AM

Quote:

Originally Posted by facebookie (Post 1444142)
kalo beda CIA sama KFC apa gan?

wkwkwk

itu mah nama mlm ma makanan ndan :capedeh:

kl FBI kan kaya intel d polisi kita

trs kl CIA d kita itu BIN :D

ultrasupreme 4th September 2011 12:21 PM

CIA lebih jahat ndan !!!

Leenara 4th September 2011 01:58 PM

sama sama rahasia :D

azharmaice 4th September 2011 05:22 PM

tapi punya america dua dua nya kan ndan :tanya:

Sapedah 4th September 2011 10:43 PM

info bagus nih :2good:

dedesuganda 5th September 2011 11:37 AM

Quote:

Originally Posted by Palgunadix (Post 1443572)
Lha, kan udah jelas ndan kalo FBI itu polisi federal. Jadi ya lingkupnya seperti polisi, tetapi federal karena setiap negara bagian punya kepolisian sendiri.

Komunitas Inteljen yang dipimpin oleh DNI itu nggak cuman CIA sama FBI doank ndan, jadi nggak tepat juga kalo fokus cuman ke dua lembaga itu karena fungsinya beda banget, perbedaannya nggak cuman ke urusan dalam ato luar negeri aja.

Jadi komunitas inteljen di bawah DNI itu ada 16 unsur. Yang independen cuman satu ya CIA itu. Jadi bisa dibilang yang bener2 inteljen ya CIA itu. 15 unsur yang lain tidak independen karena berada di bawah departemen tertentu, sehingga fungsinya lebih kepada membantu kinerja departemen tersebut. Maka DNI sebenarnya lebih berperan sebagai koordinator saja.

Yang dibawah Departemen Pertahanan

Air Force Intelligence, Surveillance and Reconnaissance Agency (AFISRA)
Army Intelligence and Security Command (INSCOM)
Defense Intelligence Agency (DIA)
Marine Corps Intelligence Activity (MCIA)
National Geospatial-Intelligence Agency (NGA)
National Reconnaissance Office (NRO)
National Security Agency (NSA)


Yang dibawah Departemen Energi

Office of Intelligence and Counterintelligence (OICI)
Office of Naval Intelligence (ONI)

Yang dibawah Departemen Keamanan Dalam Negeri

Office of Intelligence and Analysis (I&A)
Coast Guard Intelligence (CGI)

Yang dibawah Departemen Hukum

Federal Bureau of Investigation (FBI)
Drug Enforcement Administration (DEA)

Yang dibawah Departemen Luar Negeri

Bureau of Intelligence and Research (INR)

Yang dibawah Departemen Keuangan

Office of Terrorism and Financial Intelligence (TFI)

mantab juga komandan satu ini

dionless 5th September 2011 11:45 AM

Quote:

Originally Posted by dede_suganda (Post 1446972)
mantab juga komandan satu ini

baru tau ya ente :gg:
nice share ndan inin :rate5

mikirin 5th September 2011 12:01 PM

hmm ternyata itu toh perbedaaannya
thx infonyaa... :)

Palgunadix 5th September 2011 01:32 PM

Quote:

Originally Posted by dede_suganda (Post 1446972)
mantab juga komandan satu ini

Iya ndan, jadi kalau untuk masalah inteljen dalam negeri, yang setara dengan CIA (dalam artian ruang lingkup inteljennya hampir sama) adalah NSA, bukan FBI. Namun NSA ini berada di bawah naungan Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

idsayainipanjangbukanmain 6th September 2011 10:38 AM

klo Sector 7 ada ga tuh ndan :gg:

kirain Fans Berat Inul ndan :gg:

bhadrika 6th September 2011 07:45 PM

lebih kerenan SATPOL PP ...produck lokal n'dan...
:loveindonesia

sabilihuda 6th September 2011 07:55 PM

ane baru tau :army:

nitaajahh 10th November 2011 01:26 AM

owh jadi itu y perbedaannya.. klo indonesia punya ap y??

mistre 10th November 2011 02:49 AM

kerenan FBI gan :D

ugh9561 10th November 2011 03:01 AM

owh,,..gitu ya ndan,,..ane bru tw,,..nice info ndan,...

don 10th November 2011 03:03 AM

hmmm... kalo DEA yang sering muncul di film2 juga apa ya?

dhanydhany 10th November 2011 11:44 AM

mantap gan

Arzkid 10th November 2011 12:31 PM

oww itu ya bedanya

wisnujati 10th November 2011 12:33 PM

mantab infonya :ganteng:

cupidios 10th November 2011 12:49 PM

oo gitu toh bedanya. tq infonya ndan

nasireik 10th November 2011 01:31 PM

jadi ngerti perbedaa nya . nic info yah bro

cacenkpks 10th November 2011 02:23 PM

beda CIA ama FBI ama FPI apa yaaaa?????:cd::cd::cd::cd:

jey 10th November 2011 02:33 PM

nice inpoh ndan...

android10 10th November 2011 02:55 PM

makasih ndan atas informasi yg bagus.. :mantap::mantap::mantap:

jojos 10th November 2011 03:10 PM

oh begiciu toh,,,,,

kempret 10th November 2011 03:13 PM

pgn jadi CIA, tp yg pro Indonesia

Warpapsby 11th November 2011 08:39 PM

mantap infoya ndan....
smoga BIN kita bisa menirunya...:loveindonesia

jhepz 11th November 2011 09:10 PM

nice inpo ndan

ascop038 11th November 2011 09:11 PM

nice info :mantap:

ironcross 11th November 2011 09:33 PM

sepintas tugasnya mirip tapi tidak sama

Acungjoker31 11th November 2011 09:45 PM

tetep yang juara gegana dan :loveindonesia


All times are GMT +7. The time now is 09:19 AM.