Ceriwis

Ceriwis (https://forum.ceriwis.com/forum.php)
-   Lounge (https://forum.ceriwis.com/forumdisplay.php?f=9)
-   -   Wujud Uang 6,7 Triliyun Bank Century Jika Ditumpuk (https://forum.ceriwis.com/showthread.php?t=21521)

MrBrock 14th June 2010 04:47 PM

Wujud Uang 6,7 Triliyun Bank Century Jika Ditumpuk
 
Menyangkut masalah Bank Century dengan bill-out 6,7 triliun dinalisa secara matematika sbb:

Wujud Rp 6,7 Triliun Bank Century
Begitu mendengar kata "Rp 6,7 Triliun" kemungkinan besar pikiran kita langsung mengasosiasikannya pada kasus bank Century. Tapi pernahkah kita bertanya dalam hati: Bagaimana sih wujudnya uang Rp 6,7 triliun tersebut?

Berikut ini visualisasinya.

Sebuah kertas HVS Folio 80gram bisa "menampung" 7 lembar uang kertas pecahan 100ribu dengan menyisakan sedikit ruangan dengan panjang 6,5cm dan lebar 3cm. Jika mau akurat, 1 buah kertas HVS Folio bisa menampung 7,2 lembar uang kertas.



Dalam keadaan terpacking, 1 rim (500 lembar) kertas memiliki ukuran:
panjang x lebar x tinggi = 33 x 21,5 x 5,5 cm



Jika kita asumsikan tebal kertas yang sama, maka 1 rim kertas bisa menampung uang sebesar:
500 x 7,2 lembar uang
= 3600 lembar uang
= 3600 * Rp 100ribu
= Rp 360 000 000
Angka diatas dibaca: Rp 360juta
Jadi 1 rim kertas HVS Folio muat 360juta.

Lantas seberapa besarkah ukuran Rp 6,7 triliun jika ditumpuk dalam pecahan Rp 100ribuan?
Jawabannya ada dalam hitungan sederhana:

1 ribu = 1 000
1 juta = 1 000 000
1 milyar = 1 000 000 000
1 triliun = 1 000 000 000 000

Rp 6,7 triliun / Rp 360 juta
= 6 700 000 000 000 / 360 000 000
= 6 700 000 000 000 / 360 000 000
= 6 700 000 / 360
= 18 611,1111

Wow, ternyata uang Rp 6,7 triliun sebanding dengan 18ribuan rim kertas HVS Folio. Jika diletakkan dalam sebuah gudang, tak terbayangkan berapa besarnya gudang tersebut.

Jika di tumpuk dengan ukuran 1 rim kertas HVS tadi, berapakah tingginya?
18 611, 1111 x 5,5cm
= 102 361 cm
= 1023,61 meter
Angka diatas dibaca: 1 kilometer lebih.
Itu 7 kali lebih tinggi dari Monas.


wafermocca 14th June 2010 04:54 PM

yang pasti banyak banget tuh ndan,,,,

pengen tau rasany puny duit sebanyak itu,,,,,coba ada melenceng2 dikit gtu ke rekening ane,,,

apa TSny aja yang kasi ke ane,,,:cling::cling:

nanok 14th June 2010 05:02 PM

mau donk uang segitu....!

MrBrock 14th June 2010 05:46 PM

antri dulu di loket teller bank century
ane aja blom dapat sesenpun :cling::cling:

mr47 15th June 2010 05:15 PM

buset tinggi amat

Bobo 15th June 2010 06:45 PM

wah tinggi juga ya...

tapi kalo bicara masalah pansus century, ane harap semoga para ceriwiser juga mengetahui hal ini :


cekidot

Inuzuka 15th June 2010 06:57 PM

Wow ?
7 kali lebih tinggi dari monas ..
Gilaaa ..

GOGOV 15th June 2010 07:40 PM

Century pun kini jadi kenangan.... Entah mana yang benar atau salah... tapi sepertinya semua khasus yang butuh penyelesaian dengan gamblang dan jelas akan bernasib seperti ini.

ceriwis 15th June 2010 08:46 PM

walah, sampe sebanyak itu ndan :capedeh:

seandainya digunakan baik2 pasti bermanfaat :shine: :swell:

anta19 15th June 2010 08:50 PM

:parno:7x monas

ethmush 15th June 2010 09:28 PM

pengen ngantongin jadinya ndan

Haiqalpooterer 15th June 2010 09:37 PM

ada yg mau memberi saya uang.........
kalo mau kirim ke saya ya.......:cling:




uang sebanyak itu abis berapa tahun buat hidup :parno::jacuzi::bahagia:

ceriwiswis 16th June 2010 12:13 AM

mau ditaro dimana tuh kalo ada dirumah gw. :D

rottenegg 16th June 2010 12:44 AM

udah bisa bikin kenyang ane sama anak cucu tuh ndan

IsenkDoank 16th June 2010 12:46 AM

waoww keren ndan daripada gak tau tuh duid kemana n dibuat apa mending buat repair negara ndiri --

DWH 16th June 2010 01:03 AM

wah klo punya uang segitu bisa buat rumah dari uang tuh... gile bener...

cexhau 16th June 2010 01:18 AM

banyak bener ndan, kayak hujan duit

rastafaranev 16th June 2010 04:04 AM

emang harus diusut masalah ini biar kita punya monas yang dari uang...:ngigo:

KyO 16th June 2010 05:04 AM

duit sapa tu ndan :kocak:

westwae 16th June 2010 05:39 AM

banyak ya ndan :gg:

MrBrock 16th June 2010 11:10 AM

Quote:

Originally Posted by rastafaranev (Post 209942)
emang harus diusut masalah ini biar kita punya monas yang dari uang...:ngigo:

ane setuju nih.. biar kita punya gedung tertinggi didunia... petronas bisa kalah tuh

mREdgar 16th June 2010 11:12 AM

gileeeee...
banyak amat..
ilang kmana ya tuh duit?

fendy 16th June 2010 11:22 AM

kalo utang indonesia, pasti lebih tinggi lagi tuh ndan..
:gg:

MrBrock 22nd June 2010 09:42 AM

Quote:

Originally Posted by fendy. (Post 211163)
kalo utang indonesia, pasti lebih tinggi lagi tuh ndan..
:gg:


ada yg mau itung?

geloksiak 22nd June 2010 03:04 PM

koq bs ya terlintas pikiran buat ngitungin sbrp tinggi uang 6,7 triliun klo ditumpuk??
ane aj ga pnah mkir bgtuan, ane cm mkir nol ny ad brp doank. :nyahaha:

darkvader 22nd June 2010 03:14 PM

niat banget ndan ampe di itung kayak gitu segala
hehehehehehehehe

GLamourousCat 22nd June 2010 03:28 PM

:lari2:menyambut uang segitu banyak........

boss 22nd June 2010 09:59 PM

wooowww!!!
7x monas?
gileee

impal 23rd June 2010 01:12 AM

wahhhhhhh....

banyak bener tuh duit ndan?!?

kalo di beliin chip poker berapa B yahhhh

grrrrrrrrrr:annoy:

tameng 23rd June 2010 02:20 AM

baekbaek rubuh dan numpuk duitnye :deff:

Mr000 23rd June 2010 04:21 PM

wii 7x monas, tertiup angin lgs direbutin tuh wkk

MrBrock 24th June 2010 12:09 AM

up dulu ah... mantau perkembangan trit :ngantuk:

anwaramsyah 24th June 2010 12:16 AM

wah kalau di bawa kimpoi bisa sampai tua tuh,
sama aartis-artis lagi kimpoinya :konak:

younoob 24th July 2010 01:53 AM

picnya gk keliatan ndan..
apa inet ane yang oot?


All times are GMT +7. The time now is 02:33 PM.