rumahmenteng
27th May 2012, 05:51 PM
Memanfaatkan kekuatan online dan segala tools yang ada di sana adalah salah satu bentuk dari kreativitas dan inovasi dalam membangun bisnis UKM. Karena sejatinya kekuatan yang ada di dunia online merupakan bentuk dari aktivitas pemasaran, apakah itu sekadar untuk saluran promosi, tempat jualan maupun saluran distribusi yang alternatif buat para UKM Indonesia.
Sebuah Studi dari konsultan McKinsey mengatakan pelaku UKM yang menggunakan teknologi online akan tumbuh dua kali lipat dari yang lain. Selain itu, melalui Internet, pelaku UKM dapat meningkatkan produktivitas usahanya sebesar 10%.
Namun di Indonesia ada ada dua tipe pelaku UKM. Bisnis UKM yang pertama yang memandang Internet sebagai hal yang rumit untuk ditelusuri, mahal biayanya, serta membutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari.
Kedua, mereka yang memiliki pandangan bahwa dunia online adalah sesuatu yang positif. Singkatnya menurut mereka, whatever the business, it�s an online business. Apapun bisnis mereka, mulai dari jualan nasi goreng hingga kerajinan tangan, sebetulnya banyak yang bisa di-online-kan, apakah itu untuk sarana promosi maupun channel alternatif.
Mereka yang ada di tipe pertama jumlahnya banyak. Contohnya jika kita lihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), hanya ada 75,000 dari sekitar 17 juta UKM di Indonesia yang memiliki website.
Mereka yang ada di tipe kedua punya pandangan positif terhadap dunia online. Dan merekalah juaranya. Laporan dari Deloitte Access Economics:�The Connected Archipelago: The Role of the Internet in Indonesia�s Economic Development� menemukan bahwa dari survey terhadap 200 pelaku UKM Indonesia, rata-rata 29% dari pendapatan per tahun mereka datang dari aktivitas online mereka.
Pemanfaatan dunia online bagi UKM bisa dalam berbagai macam cara, apakah itu cukup dengan buka website, ikut social media, atau yang lebih canggih lagi dengan memanfaatkan search engine optimization.
Kekaguman dan Pengakuan dari Marketeers
Mereka yang sudah memanfaatkan dunia online sudah sepatutnya diapresiasi. Maka dari itu, di dalam Marketeers edisi April 2012 ini, kami memberikan show-case terhadap 50 UKM di dunia online. Tujuannya agar aktivitas yang mereka lakukan dan berbagai keuntungan yang mereka raih dari pemanfaatan dunia online ini bisa memberikan inspirasi kepada para pelaku UKM yang masih berpikir offline.
Bisnis UKM yang sudah masuk ke dunia online sudah barang pasti jumlahnya lebih dari ribuan, dan yang berada di kategori best-practices pastinya lebih ratusan. Untungnya Marketeers dalam hal ini dibantu oleh banyak partners yang ikut mempromosikan pencarian Top 50 UKM di dunia online ini. Mereka antara lain adalah community partners Festival UKM Nasional 2012 termasuk Kaskus, Tangan Di Atas, UKM Goes Online, Young On TOP (YOT), Good News From Indonesia (GNFI), Entrepreneur Association (EA), Young Entrepreneur Academy, Multiply, @infojakarta, @infobandung, idBlogNetwork, Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA), Indonesia Marketing Association (IMA), dan banyak lagi lainnya. Banyak juga pelaku UKM yang menominasikan dirinya supaya bisa dipertimbangkan oleh tim redaksi Marketeers untuk masuk ke dalam �Marketeers Top 50 UKM di Dunia Online.�
�Marketeers Top 50 UKM di Dunia Online� ini bukan ranking, bukan kumpulan mana yang terbaik, bukan pula list website UKM paling bagus, namun sebuah kumpulan dari 50 bisnis UKM yang kami admire dan recognize usahanya dalam memanfaatkan dunia online untuk membangun bisnis mereka yang lebih solid. Tujuan kami membeberkan contoh 50 UKM ini adalah untuk memberikan motivasi kepada mereka yang selama ini masih offline, agar mulai memikirkan untuk masuk ke dunia online.
Berikut adalah Marketeers Top 50 UKM di Dunia Online (dalam alhaphetical order) yang resmi kami muat dalam sisipan khusus di Majalah Marketeers edisi April 2012:
1. Ahrsproducts.com: Bisnis Aksesori Balap Motor Ala AHRS
2. Amblefootwear: Oleh Orang Indonesia Yang Memiliki Taste Internasional
3. Aneka Bunga: Mengajak Konsumen Merangkai Bunga di Dunia Online
4. Bebitang.com: Bebitang Suguhkan Katering Ibu dan Bayi
5. Belowcepek.com: Jualan Pakaian Wanita Online Below Cepek
6. Brosurkilat.com: Membangun Kepercayaan Pelanggan Lewat Dunia Online.
7. Buluhjatnikadesign.com: Bambu Jatnika Melenggang Global
8. Cahaya Lampu: Memperkenalkan Nilai Estetis dari Lampu
9. Chocodot: Coklat Isi Dodol yang Membanggakan Garut
10. DogIsDog: Portal Untuk Anjing Yang Sehat Lahir dan Batin
11. DokterKomputer.com: Service Komputer
12. Farfallepasta.com: Jualan Pasta Online
13. Fetra Baby Set Collection: Hasil Binaan Pemerintah Daerah yang Sukses
14. Furniture Aktif: Mendaur ulang barang bekas, menjual lewat online.
15. Godong Ijo Menjual Alam dan Keasrian
16. KaosCouple99.net: Menjual Kaos Untuk ABG Yang Kasmaran
17. leginayba.com Leginayba Ubah Tulang Jadi Uang
18. Lorco.co.id: UKM yang Jualan Kampanye Keselamatan
19. Maber Teknindo: Memanfaatkan Usaha UKM yang Fleksibel
20. Magno-design.com: Radio Kayu Magno Dari Temanggung Untuk Dunia
21. Maicih.com: Mempraktekan Cara Baru Berjualan Keripik Pedas
22. Mendong K Craft: Selalu Berupaya Berbisnis dengan Etis
23. Natural House Deco: Mendunia karena online di www.bisnisgoonline.co.id (http://www.bisnisgoonline.co.id)
24. Omegastones.net: Menjual Batu Alam Ke 25 Negara
25. Pempek Lince: Order Meningkat 300% Semenjak Tahun 2010
26. Pesanlogo.net: Melayani Jasa Desain Dari Mojokerto
27. PETERSAYSDENIM: Jeans Lokal yang Merangkul Band-Band Internasional
28. Pourvous (www MyPourvous.com):Dari Industri Rumahan ke Dunia Online
29. Puff-IT Destructurizer (www puff-it-now.com): Lewat Online, Memasarkan Produk Perontokan Bulu
30. Rattanland.com: Modal Rp 5 juta membangun Bisnis Rotan di Internet
31. Rombongku: Si Pembuat Rombong dan Gerobak Cantik
32. SahabatBambu.com: Memasarkan Indonesia Lewat Bambu Awet
33. SahabatPC.com: Omset Rp 300 Juta per Bulan Lewat Aktivitas Online
34. SahabatSouvenir: UKM yang Bersahabat
35. Sarandi Karya Nugraha: Penyedia Alat Kesehatan 100% Indonesia
36. Sedapur.com: UKM dengan Layanan Untuk UKM
37. Situsmesin.com: UKM Penyedia Aneka Mesin untuk UKM
38. Sofiehandmade.com: Inspirasi Bagi Lingkungannya
39. Sourdjan-online.com: Dari door-to-door kini ke online
40. Steak Hotel by Holycow! Tanpa Website pun, Tetap Eksis di Dunia Online
41. subur-ceramic.com: Subur yang Subur Karena Keramik
42. Teak123.com: Omset Bermiliaran Rupiah Dengan Web Sederhana
43. TheBaliDriver.com: Jasa Tur Operator Yang Sadar Search Engine
44. Tokokerajinanjogja.com: Toko Penyedia Produk 101 Persen Asli Jogja
45. UD. Tri Mulya Onix: Produksi di Desa, Jualan dari Jerman sampai ke Spanyol
46. Unifarah: Jualan Rendang Lewat Online
47. Up (iwearUP.com): Membangun Bisnis UKM dengan passion + purpose
48. Wangsajelita.com: jualan Sabun Alami
49. WonderShoe.com: Website Rapih Tempat Jualan Sepatu
50. Yukai Shabu Sushi (www yukaishabusushi.com): Restoran Jepang Tanpa Bentuk Fisik
Sumber: http://the-marketeers.com/archives/m...ia-online.html (http://the-marketeers.com/archives/majalah-marketeers-top-50-ukm-di-dunia-online.html)
__________________________________
Jasa Pembuatan Toko Online (http://bisnisukm.web.id/services/toko-online-shopping-cart/)
</div>
Sebuah Studi dari konsultan McKinsey mengatakan pelaku UKM yang menggunakan teknologi online akan tumbuh dua kali lipat dari yang lain. Selain itu, melalui Internet, pelaku UKM dapat meningkatkan produktivitas usahanya sebesar 10%.
Namun di Indonesia ada ada dua tipe pelaku UKM. Bisnis UKM yang pertama yang memandang Internet sebagai hal yang rumit untuk ditelusuri, mahal biayanya, serta membutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari.
Kedua, mereka yang memiliki pandangan bahwa dunia online adalah sesuatu yang positif. Singkatnya menurut mereka, whatever the business, it�s an online business. Apapun bisnis mereka, mulai dari jualan nasi goreng hingga kerajinan tangan, sebetulnya banyak yang bisa di-online-kan, apakah itu untuk sarana promosi maupun channel alternatif.
Mereka yang ada di tipe pertama jumlahnya banyak. Contohnya jika kita lihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), hanya ada 75,000 dari sekitar 17 juta UKM di Indonesia yang memiliki website.
Mereka yang ada di tipe kedua punya pandangan positif terhadap dunia online. Dan merekalah juaranya. Laporan dari Deloitte Access Economics:�The Connected Archipelago: The Role of the Internet in Indonesia�s Economic Development� menemukan bahwa dari survey terhadap 200 pelaku UKM Indonesia, rata-rata 29% dari pendapatan per tahun mereka datang dari aktivitas online mereka.
Pemanfaatan dunia online bagi UKM bisa dalam berbagai macam cara, apakah itu cukup dengan buka website, ikut social media, atau yang lebih canggih lagi dengan memanfaatkan search engine optimization.
Kekaguman dan Pengakuan dari Marketeers
Mereka yang sudah memanfaatkan dunia online sudah sepatutnya diapresiasi. Maka dari itu, di dalam Marketeers edisi April 2012 ini, kami memberikan show-case terhadap 50 UKM di dunia online. Tujuannya agar aktivitas yang mereka lakukan dan berbagai keuntungan yang mereka raih dari pemanfaatan dunia online ini bisa memberikan inspirasi kepada para pelaku UKM yang masih berpikir offline.
Bisnis UKM yang sudah masuk ke dunia online sudah barang pasti jumlahnya lebih dari ribuan, dan yang berada di kategori best-practices pastinya lebih ratusan. Untungnya Marketeers dalam hal ini dibantu oleh banyak partners yang ikut mempromosikan pencarian Top 50 UKM di dunia online ini. Mereka antara lain adalah community partners Festival UKM Nasional 2012 termasuk Kaskus, Tangan Di Atas, UKM Goes Online, Young On TOP (YOT), Good News From Indonesia (GNFI), Entrepreneur Association (EA), Young Entrepreneur Academy, Multiply, @infojakarta, @infobandung, idBlogNetwork, Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA), Indonesia Marketing Association (IMA), dan banyak lagi lainnya. Banyak juga pelaku UKM yang menominasikan dirinya supaya bisa dipertimbangkan oleh tim redaksi Marketeers untuk masuk ke dalam �Marketeers Top 50 UKM di Dunia Online.�
�Marketeers Top 50 UKM di Dunia Online� ini bukan ranking, bukan kumpulan mana yang terbaik, bukan pula list website UKM paling bagus, namun sebuah kumpulan dari 50 bisnis UKM yang kami admire dan recognize usahanya dalam memanfaatkan dunia online untuk membangun bisnis mereka yang lebih solid. Tujuan kami membeberkan contoh 50 UKM ini adalah untuk memberikan motivasi kepada mereka yang selama ini masih offline, agar mulai memikirkan untuk masuk ke dunia online.
Berikut adalah Marketeers Top 50 UKM di Dunia Online (dalam alhaphetical order) yang resmi kami muat dalam sisipan khusus di Majalah Marketeers edisi April 2012:
1. Ahrsproducts.com: Bisnis Aksesori Balap Motor Ala AHRS
2. Amblefootwear: Oleh Orang Indonesia Yang Memiliki Taste Internasional
3. Aneka Bunga: Mengajak Konsumen Merangkai Bunga di Dunia Online
4. Bebitang.com: Bebitang Suguhkan Katering Ibu dan Bayi
5. Belowcepek.com: Jualan Pakaian Wanita Online Below Cepek
6. Brosurkilat.com: Membangun Kepercayaan Pelanggan Lewat Dunia Online.
7. Buluhjatnikadesign.com: Bambu Jatnika Melenggang Global
8. Cahaya Lampu: Memperkenalkan Nilai Estetis dari Lampu
9. Chocodot: Coklat Isi Dodol yang Membanggakan Garut
10. DogIsDog: Portal Untuk Anjing Yang Sehat Lahir dan Batin
11. DokterKomputer.com: Service Komputer
12. Farfallepasta.com: Jualan Pasta Online
13. Fetra Baby Set Collection: Hasil Binaan Pemerintah Daerah yang Sukses
14. Furniture Aktif: Mendaur ulang barang bekas, menjual lewat online.
15. Godong Ijo Menjual Alam dan Keasrian
16. KaosCouple99.net: Menjual Kaos Untuk ABG Yang Kasmaran
17. leginayba.com Leginayba Ubah Tulang Jadi Uang
18. Lorco.co.id: UKM yang Jualan Kampanye Keselamatan
19. Maber Teknindo: Memanfaatkan Usaha UKM yang Fleksibel
20. Magno-design.com: Radio Kayu Magno Dari Temanggung Untuk Dunia
21. Maicih.com: Mempraktekan Cara Baru Berjualan Keripik Pedas
22. Mendong K Craft: Selalu Berupaya Berbisnis dengan Etis
23. Natural House Deco: Mendunia karena online di www.bisnisgoonline.co.id (http://www.bisnisgoonline.co.id)
24. Omegastones.net: Menjual Batu Alam Ke 25 Negara
25. Pempek Lince: Order Meningkat 300% Semenjak Tahun 2010
26. Pesanlogo.net: Melayani Jasa Desain Dari Mojokerto
27. PETERSAYSDENIM: Jeans Lokal yang Merangkul Band-Band Internasional
28. Pourvous (www MyPourvous.com):Dari Industri Rumahan ke Dunia Online
29. Puff-IT Destructurizer (www puff-it-now.com): Lewat Online, Memasarkan Produk Perontokan Bulu
30. Rattanland.com: Modal Rp 5 juta membangun Bisnis Rotan di Internet
31. Rombongku: Si Pembuat Rombong dan Gerobak Cantik
32. SahabatBambu.com: Memasarkan Indonesia Lewat Bambu Awet
33. SahabatPC.com: Omset Rp 300 Juta per Bulan Lewat Aktivitas Online
34. SahabatSouvenir: UKM yang Bersahabat
35. Sarandi Karya Nugraha: Penyedia Alat Kesehatan 100% Indonesia
36. Sedapur.com: UKM dengan Layanan Untuk UKM
37. Situsmesin.com: UKM Penyedia Aneka Mesin untuk UKM
38. Sofiehandmade.com: Inspirasi Bagi Lingkungannya
39. Sourdjan-online.com: Dari door-to-door kini ke online
40. Steak Hotel by Holycow! Tanpa Website pun, Tetap Eksis di Dunia Online
41. subur-ceramic.com: Subur yang Subur Karena Keramik
42. Teak123.com: Omset Bermiliaran Rupiah Dengan Web Sederhana
43. TheBaliDriver.com: Jasa Tur Operator Yang Sadar Search Engine
44. Tokokerajinanjogja.com: Toko Penyedia Produk 101 Persen Asli Jogja
45. UD. Tri Mulya Onix: Produksi di Desa, Jualan dari Jerman sampai ke Spanyol
46. Unifarah: Jualan Rendang Lewat Online
47. Up (iwearUP.com): Membangun Bisnis UKM dengan passion + purpose
48. Wangsajelita.com: jualan Sabun Alami
49. WonderShoe.com: Website Rapih Tempat Jualan Sepatu
50. Yukai Shabu Sushi (www yukaishabusushi.com): Restoran Jepang Tanpa Bentuk Fisik
Sumber: http://the-marketeers.com/archives/m...ia-online.html (http://the-marketeers.com/archives/majalah-marketeers-top-50-ukm-di-dunia-online.html)
__________________________________
Jasa Pembuatan Toko Online (http://bisnisukm.web.id/services/toko-online-shopping-cart/)
</div>