Log in

View Full Version : CN-295, Pesawat Terbaru Produksi Indonesia


jonykebot
27th May 2012, 04:46 PM
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/07/C-295.JPG/800px-C-295.JPG


Setelah lama memproduksi pesawat CN-235 dan NC-212, kali ini PT Dirgantara Indonesia (PT DI) akan memproduksi pesawat varian terbaru hasil kerja sama dengan Airbus Military, yaitu CN-295 http://static.kaskus.co.id/images/smilies/iloveindonesias.gif



Sekilas CN-295



CN-295 adalah pesawat angkut militer dengan mesin turboprop ganda yang diproduksi oleh Airbus Military di Spanyol, dan akan diproduksi oleh PT DI Indonesia.



CN-295 adalah pesawat yang dikembangkan dari pesawat CN-235 (yang dirancang bareng oleh Spanyol dan Indonesia) dengan adan pesawat (fuselage) yang diperpanjang, dengan kapasitas angkut 50% lebih besar serta mesin turboprop baru jenis PW127G. CN-295 pertama terbang tahun 1998, dengan pesanan pertama datang dari angkatan udara Spanyol.



Sejarah Operasional



Pesawat CN-295 telah dipergunakan oleh Angkatan Udara di 11 negara. Sampai 4 Agustus 2011, 85 pesawat CN-295 telah diproduksi oleh Spanyol (produksi Spanyol dengan nama C-295). 75 pesawat tengah aktif, dan satu telah jatuh dalam kecelakaan.



C-295 menjadi kandidat kuat untuk pesawat angkut Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force Joint Cargo Aircraft/JCA. C-295 juga menjadi kandidat pengganti pesawat de Havilland Canada DHC-5 Buffalo milik Angkatan Udara Kanada dan pengganti pesawat Antonov An-32 Angkatan Udara Peru.



Di Angkatan Udara Indonesia sendiri akhirnya C-295 menjadi pengganti pesawat Fokker F27, mengalahkan pesawat C-27 Spartan

An-32.



Varian

C-295M

Versi transport militer, dengan kapasitas 73 pasukan, 48 pasukan paratroops, 27 stretchers, 5 2.24 � 2.74 m (88 � 108 inches) pallets atau tiga kendaraan ringan



C-295MPA/Persuader

Versi patrol maritim/antikapal selam. Mempunyai 6 tempat senjata



AEW&C

Prototipe pesawat peringatan dan kontrol dini udara (AEW&C) dengan piringan radar 360 derajat. Radar AESA dikembangkan oleh IAI dan mempunyai sistem IFF yang terintegrasi.



Pengguna



Algeria - 6 pesawat

Brazil - 12 pesawat (dinamakan C-105A Amazonas)

Cile - 3 pesawat (versi C-295 MPA)

Kolombia - 4 pesawat (pesanan)

Ceko - 4 pesawat (pesanan)

Mesir - 3 pesawat (pesanan)

Finlandia - 2 pesawat

Ghana - 2 pesawat (pesanan)

Indonesia - 6 pesawat (pesanan, 3 dirakit di PT DI)

Jordania - 2 pesawat

Meksiko - 7 pesawat

Polandia - 12 pesawat

Portugal - 12 pesawat (5 dari 12 merupakan versi C-295 MPA)

Spanyol - 13 pesawat (dinamakan T.21)



Spesifikasi

General characteristics

Crew: Two

Capacity: 71 troops

Payload: 9,250 kg (20,392 lbs)

Length: 24.50 m (80 ft 3 in)

Wingspan: 25.81 m (84 ft 8 in)

Height: 8.60 m (28 ft 3 in)

Wing area: 59 m� (634.8 ft�)

Loaded weight: 9,250 kg (20,392 lbs)

Max takeoff weight: 23,200 kg (51,146 lbs)

Powerplant: 2 � Pratt & Whitney Canada PW127G Hamilton Standard 586-F (six bladed), 1,972 kW each (2,645 hp each) each



Performance

Maximum speed: 576 km/h (311 knots, 358 mph)

Cruise speed: 480 km/h (260 knots, 300 mph)

Range: 4,300 km (2,600 mi) 2,300 nmi; (with 4,550 kilograms (10,000 lb) payload)

Range with full payload: 1,333 km (828 mi; 720 nmi)

Ferry range: 5,220 km (3,240 mi; 2,820 nmi)

Service ceiling: 7,620 m (25,000 ft)

Takeoff run: 670 m (2,200 ft)

Landing run: 320 m (1,050 ft)



ane update gambarnya bentar lagi http://static.kaskus.co.id/images/smilies/malus.gif

sumber: wikipedia



bagi melon/rate5 dong om :D

tapi ane belom bisa bales.. belom ISO :((

</div>