PDA

View Full Version : Kapasitas mesin moto gp tahun 2012 naik menjadi 1.000 cc


dkijakarta
27th May 2012, 04:46 PM
FIM: 2012, Kapasitas Mesin MotoGP 1.000 Cc



Permisi Gan... permisi penghuni Se KASKUS..



ane Cuma Share...



http://cdn-u.kaskus.co.id/46/vdr3j7ns.jpg



SemoGA Tidak :bluerepost



hehehe



CekidoT...





Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM) Vito Ippolito sepakat dengan gagasan peningkatan kapasitas mesin MotoGP menjadi 1.000 cc. Dia sekaligus membantah bahwa hal tersebut (1.000cc) akan menimbulkan konflik dengan World Superbike Championship.



Sebenarnya, ide untuk menggunakan mesin 1.000cc ini sudah dilontarkan oleh CEO Dorna (pemegang hak MotoGP), Carmelo Ezpeleta, pada awal tahun ini. Dia berharap, mesin 1.000 cc itu mulai digunakan tahun 2012. Versi modifikasi dari motor ini tampaknya boleh diadopsi asalkan produksi mesin memenuhi syarat. Namun, hal itu tidak wajib.



Ippolito yakin, peralihan mesin ke 1.000 cc akan disambut dengan sangat baik oleh tim-tim MotoGP. Pasalnya, perubahan dari 990 cc ke 800 cc pada tahun 2007 gagal mewujudkan harapan untuk menghemat biaya atau mengurangi kecepatan motor saat menikung.



"Para tim pabrikan MotoGP menginginkan mesin 1.000 cc sehingga sekarang adalah jalannya," ungkap Ippolito kepada Motosprint.



"Formula 800 cc tidak berjalan dengan baik karena tenaganya kurang lebih sama seperti 990 cc, malah kecepatan saat menikung lebih tinggi. Selain itu, biayanya juga bertambah."



Sontak, promotor Superbike Infront Motor Sports langsung bereaksi mendengar ide pertama Ezpeleta tentang MotoGP 1.000 cc ini pada musim panas, meskipun Ippolito mengatakan bahwa akan tetap ada pemisahan yang jelas antara dua seri ini. Menurut Ippolito, motor MotoGP tetap menggunakan mesin balapan prototipe.



"Perbedaannya adalah aturan tentang homologasi, sebuah motor bisa homologasi atau tidak," terang Ippolito. "Diskusi dimulai dan berakhir di sini. Tidak masalah, apakah kapasitas mesinnya 1.000, 1.200, atau 750 cc. MotoGP tidak bisa dihomologasi. Karena itu, selama pembedaan tersebut jelas, maka persoalan mesin tak jadi masalah," tambahnya.



Ippolito juga yakin, MotoGP dan Superbike memiliki penggemar yang berbeda. Dengan demikian, apa pun peraturan yang dikeluarkan, penggemar dengan senang menyambutnya.



"Kami puas dengan dua seri ini karena mereka mempertemukan keinginan para penggemar," ungkap Ippolito. "SBK menawarkan kesempatan membalap dan menunjukkan kehebatan bagi mereka yang kurang berbakat, sedangkan MotoGP merupakan gambaran menyeluruh tentang balapan motor," ucapnya.



"Karena itu, kita membutuhkan kedua-duanya. Namun, hal penting yang harus dipertahankan adalah perbedaan di antara kedua hal tersebut. Orang yang menonton Superbike hanya menonton balapan motornya sendiri. Adapun MotoGP berbeda karena orang yang menyaksikannya ingin melihat sesuatu yang lain."





KALO BERKENAN LEMPAR IJO2NYA yAH GAN..



maklum ane masi pemula

</div>