sendokpiso
27th May 2012, 04:45 PM
Tips aman sebelum berkendara di musim hujan
[/quote]
Jumlah pengendara sepeda motor khususnya di ibukota saat ini sepertinya sudah mencapai puncaknya. Karena mobilitas yang tinggi, serta hemat dari sisi biaya dibanding jenis kendaraan yang lain, membuat masyarakat memilih untuk menggunakan sepeda motor untuk aktifitas sehari-hari. Salah satu �musuh� dari pengendara motor adalah hujan. Wilayah DKI dan sekitarnya diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), masih akan mengalami hujan ringan selama Desember sampai Maret. Meski dengan skala kecil, sejak pagi hingga malam ini diprakirakan Ibu Kota akan dibahasi oleh rintikan hujan. Bagi pengendara sepeda motor, hujan bisa mengganggu perjalanan. Cuaca hujan memang tidak bersahabat dengan para pengendara motor. Ketika cuaca hujan biasanya berkendara motor menjadi sangat tidak nyaman sedikit lebih berbahaya dan berpotensi terjadinya kecelakaan karena kondisi jalan yang licin dan pandangan terganggu, serta sikap berkendara yang salah ketika turun hujan. Hal menyebalkan berikutnya ketika menerjang hujan adalah kalau sampai tunggangan kesayangan mengalami mogok, aktivitaspun jadi terhambat. Resiko berikutnya adalah kondisi sang bikers menjadi rentan sakit karena suhu yang dingin dan basah terkana air hujan. Tapi sayangnya kta tidak bisa menghindari datangnya hujan yang kadang2, juga disertai dengan banjir ringan di beberapa titik. Namun bagi sebagian bikers yang dalam dalam pekerjaannya sering berlalu lalang menggunakan motor, baik diwaktu kondisi cuaca sedang bersahabat maupun ketika kondisi turun hujan, tetep saja harus berangkat kan? Bisa2 dapur ga ngebul kalau kita berhenti hanya karena hujan. Di bawah ini beberapa bagi pengendara sepeda motor (khususnya) sehingga berkendara tetap aman dan nyaman saat hujan:
SEBELUM BERKENDARA
Ibarat sedang menuju medan perang, kita tidak mungkin saja berangkat tanpa persiapan, karena dengan persiapan yang baik kita akan mendapat hasil yang baik pula. Dalam proses ini kita juga harus sudah menyiapkan rencana jika ternyata kita kalah dalam perang tersebut.
1.PENGENDARA HARUS SEHAT
Sebelum berkendara sebaiknya poastikan anda dalam keadaan yang sehat dan siap untuk beraktifitas. Parameternya adalah anda sendiri, jika anda merasa kurang fit lebih baik urungkan niat untuk bepergian menggunakan sepeda motor. Jangan memaksa untuk berkendara, karena di waktu cuaca normal saja tidak disarankan apalagi ketika kondisi hujan, hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
2. MOTOR YANG SEHAT
Pastikan sepeda motor dalam kondisi yang baik, hal ini untuk menghindari keadaan mogok di tengah jalan pada saat hujan. Selalu bawa kain lap, busi cadangan, toolset standard terutama alat pemasang dan pencopot busi, obeng plus-minus dan kunci pas 8,10,12,14. Karena faktor utama yang sering menyebabkan sepeda motor mogok tatkala musim hujan adalah busi dan karburator kemasukan air. Masalahnya kita tidak tahu kapan sepeda motor kita mogok serta tidak tahu apakah saat sepeda motor kita mogok ada bengkel atau toko penjual suku cadang yang masih buka. Adabaiknya periksa terlebih dahulu komponen2 berikut :
Cek kondisi ban sebelum melakukan perjalanan dan gantilah ban yang sudah aus, karena ketahanan dan fungsi traksinya akan berkurang sehingga bisa menyebabkan slip dan membuat jarak pengereman semakin panjang. Ciri-cirinya antara lain, kembang ban terkikis sedalam 0.8 mm, botak, permukaan ban tidak rata (bergelombang), cepat bocor dan saat melewati genangan air, cipratan air di ban tidak dapat mengalir kearah samping. Akibatnya, ban akan mudah terangkat diatas permukaan air, sehingga motor cepat oleng.
Cek Karburator, karena saat hujan, kadar udara (02) sebagai pencampur bahan bakar yang disedot oleh karburator, banyak mengandung air. Sehingga, kinerja mesin tersendat dan tidak maksimal. Waspadai genangan air pada tanki, kran dan pipa bahan bakar.
Cek Oli Mesin, karena saat hujan dan banjir, genangan air yang tingginya lebih dari 30 cm (ukuran lutut orang dewasa), akan memudahkan air masuk ke dalam mesin dan tercampur dengan oli, ciri-cirinya berwarna putih susu. Segera lakukan penggantian oli, jika telah melewati jalan banjir yang cukup tinggi. Agar terhindar kerusakan yang lebih parah pada mesin.
Cek Filter Udara, Selain ke mesin, air bisa masuk ke filter udara, terutama ketika melewati area banjir. Contohnya cipretan atau gelombang air yang menghantam bagian depan motor dari kendaraan yang melaju berlawanan atau di samping Motor bikers. Jika jumlah air yang masuk terlalu banyak, dapat mengakibatkan water hammer. Water hammer adalah genangan air pada filter udara, yang menyebabkan pukulan keras pada ruang bakar. Akibatnya terjadi kerusakan parah pada mesin seperti, bengkoknya tangkai torak (Connecting Rod), Piston Pecah dan lain sebagainya.
Periksalah fungsi kerja rem depan dan belakang, lakukan simulasi pengereman beberapa kali sebelum mengendarai, untuk memastikan fungsinya bekerja dengan baik. Deteksilah apakah ada suara berdecit? jika ya, artinya permukaan lining kanvas rem sudah licin. Setelah itu, periksalah ketebalan rem dengan melihat langsung ke- rem disk dan lihat indikator ketebalan pada rem. Jika terlalu kecil, segera lakukan penggantian di bengkel.
Periksalah sistem kemudi untuk mendapatkan kestabilan yang prima, terutama berkendara saat hujan. Tujuannya agar lincah berkendara menghindari kondisi jalan berlubang , bebatuan atau saat menghindari pengendara lain yang tiba-tiba berhenti. Mintalah mekanik bengkel resmi untuk memeriksanya. Atau dapat lakukan tips berikut untuk pemeriksaan awal :
Posisikan sepeda motor pada standard utama (Main Stand).
Peganglah kedua Front Fork (Fork Depan) sambil berjongkok, tapi sebelum itu, pastikan posisi jari tangan Motobikers tidak terlalu dekat dengan disk brake depan, karena bisa terluka. Pastikan kondisi sepeda motor tidak goyang goyang dan tidak ada orang lain di sekitar Motobikers.
Dorong dan tarik kearah depan dan belakang
Rasakanlah apakah terdapat kelonggaran atau tidak. Jika terdapat kelonggaran (Oblak), segeralah minta mekanik untuk mengencangkannya dan periksa kembali berat dan ringan gerakan kemudinya.
3.ALAT PENUNJANG BERKENDARA
Sebelum jalan, pastian jas hujan sudah tersedia di bagasi motor, baiknya gunakan jas hujan yang berbentuk celana dan baju jangan yang ponco. Dalam memilih jas hujan atau mantel, usahakan menggunakan jas hujan atau mantel yang berwarna cerah. Agar dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara dibelakang kita. Pilihlah jas hujan yang prakstis dan sepasang (baju dan celana), walaupun pemakaiannya memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan model ponco, model pakaian memberikan perlindungan yang lebih baik. Selain itu jas hujan dengan model ponco bisa membahayakan dan sangat rawan terasangkut pada roda atau terjepit jari � jari dan gir motor. Tidak hanya itu, model jas hujan ini juga dapat menggangu pengendara yang lain karena sering berkibar � kibar.. Jas hujan model ini juga bisa menutupi kaca spion dan lampu kendaraan, baik lampu rem maupun lampu penanda berbelok. Bahan jas hujan sebaiknya terbuat dari PVC daripada bahan parasut. Bahan PVC lebih tebal dan lebih rapat sehingga air tidak merembes melalui pori-pori bahan yang digunakan. Bahan parasut juga tidak awet, karena biasanya bahan parasut dilapisi filament penangkal air yang lama-kelamaan filamentnya akan rontok.
Selalu Gunakan Jacket sebagai salah satu perlengkapan wajib pengendara motor. Kenakan sarung tangan pilih yang berbahan kulit karena anti air. Saat hujan celana jangan di lipat. Mengapa ? Karena dapat membahayakan kaki anda. Pertama bahaya terkena panasnya mesin sepedamotor dan yang kedua berbahaya kalau terjatuh kaki tidak terlindungi sehingga rawan luka
Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara. Gunakan sepatu yang tidak licin sehingga mudah dalam pengoperasian tuas porseneling dan pedal rem, bukan alas kaki terbuka atau sandal. Pada umumnya orang lebih sayang sepatunya daripada keselamatan dirinya, padahal dengan menggunakan sepatu akan membuat kita lebih aman saat berkendara apalagi di saat hujan dimana jalan banyak yang licin.
Gunakah Helmet yang full-face dengan kaca bening kalau bisa yang antifog agar wajah terhindar dari percikan air hujan serta tidak menggangu pandangan kita ketika berkendara menerjang hujan. Tanpa kaca helm, muka jadi sakit akibat kena tamparan percikan air. �Kalau hujan disarankan pakai kaca bening. Apalagi kalau hujan deras, kaca berwarna malah akan jadi sangat mengganggu pandangan dan juga jarak pandang. Agar pandangan kita saat berkendara tidak terganggu terpaan hujan. Selain itu oleskan cairan anti silau yang biasa dipakai dimobil pada kaca helm. Atau oleskan tembakau pada permukaan kaca helm, diamkan sesaat kemudian bersihkan. Hal ini berguna untuk mengurangi embun.
Sedia kantong plastik ukuran besar dan tebal, jika sewaktu-waktu hujan turun, selamatkan handphone, dompet, laptop, tablet pc dan barang berharga lainnya dari kemungkinan terkena air. Sedia kantong plastik, dan masukkan barang-barang di dalamnya. Ini untuk mencegah jas hujan bocor dan merusak barang kesayangan kita.
http://thealwaysfit.com/Inventory/files/5starmetal.jpg
[quote]
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4mw6G1I6kO82HAaxOrnjI-HHOMpcogdvUG40LKcfHMPILAEqXIcZDP7hA
</div>
[/quote]
Jumlah pengendara sepeda motor khususnya di ibukota saat ini sepertinya sudah mencapai puncaknya. Karena mobilitas yang tinggi, serta hemat dari sisi biaya dibanding jenis kendaraan yang lain, membuat masyarakat memilih untuk menggunakan sepeda motor untuk aktifitas sehari-hari. Salah satu �musuh� dari pengendara motor adalah hujan. Wilayah DKI dan sekitarnya diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), masih akan mengalami hujan ringan selama Desember sampai Maret. Meski dengan skala kecil, sejak pagi hingga malam ini diprakirakan Ibu Kota akan dibahasi oleh rintikan hujan. Bagi pengendara sepeda motor, hujan bisa mengganggu perjalanan. Cuaca hujan memang tidak bersahabat dengan para pengendara motor. Ketika cuaca hujan biasanya berkendara motor menjadi sangat tidak nyaman sedikit lebih berbahaya dan berpotensi terjadinya kecelakaan karena kondisi jalan yang licin dan pandangan terganggu, serta sikap berkendara yang salah ketika turun hujan. Hal menyebalkan berikutnya ketika menerjang hujan adalah kalau sampai tunggangan kesayangan mengalami mogok, aktivitaspun jadi terhambat. Resiko berikutnya adalah kondisi sang bikers menjadi rentan sakit karena suhu yang dingin dan basah terkana air hujan. Tapi sayangnya kta tidak bisa menghindari datangnya hujan yang kadang2, juga disertai dengan banjir ringan di beberapa titik. Namun bagi sebagian bikers yang dalam dalam pekerjaannya sering berlalu lalang menggunakan motor, baik diwaktu kondisi cuaca sedang bersahabat maupun ketika kondisi turun hujan, tetep saja harus berangkat kan? Bisa2 dapur ga ngebul kalau kita berhenti hanya karena hujan. Di bawah ini beberapa bagi pengendara sepeda motor (khususnya) sehingga berkendara tetap aman dan nyaman saat hujan:
SEBELUM BERKENDARA
Ibarat sedang menuju medan perang, kita tidak mungkin saja berangkat tanpa persiapan, karena dengan persiapan yang baik kita akan mendapat hasil yang baik pula. Dalam proses ini kita juga harus sudah menyiapkan rencana jika ternyata kita kalah dalam perang tersebut.
1.PENGENDARA HARUS SEHAT
Sebelum berkendara sebaiknya poastikan anda dalam keadaan yang sehat dan siap untuk beraktifitas. Parameternya adalah anda sendiri, jika anda merasa kurang fit lebih baik urungkan niat untuk bepergian menggunakan sepeda motor. Jangan memaksa untuk berkendara, karena di waktu cuaca normal saja tidak disarankan apalagi ketika kondisi hujan, hal ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.
2. MOTOR YANG SEHAT
Pastikan sepeda motor dalam kondisi yang baik, hal ini untuk menghindari keadaan mogok di tengah jalan pada saat hujan. Selalu bawa kain lap, busi cadangan, toolset standard terutama alat pemasang dan pencopot busi, obeng plus-minus dan kunci pas 8,10,12,14. Karena faktor utama yang sering menyebabkan sepeda motor mogok tatkala musim hujan adalah busi dan karburator kemasukan air. Masalahnya kita tidak tahu kapan sepeda motor kita mogok serta tidak tahu apakah saat sepeda motor kita mogok ada bengkel atau toko penjual suku cadang yang masih buka. Adabaiknya periksa terlebih dahulu komponen2 berikut :
Cek kondisi ban sebelum melakukan perjalanan dan gantilah ban yang sudah aus, karena ketahanan dan fungsi traksinya akan berkurang sehingga bisa menyebabkan slip dan membuat jarak pengereman semakin panjang. Ciri-cirinya antara lain, kembang ban terkikis sedalam 0.8 mm, botak, permukaan ban tidak rata (bergelombang), cepat bocor dan saat melewati genangan air, cipratan air di ban tidak dapat mengalir kearah samping. Akibatnya, ban akan mudah terangkat diatas permukaan air, sehingga motor cepat oleng.
Cek Karburator, karena saat hujan, kadar udara (02) sebagai pencampur bahan bakar yang disedot oleh karburator, banyak mengandung air. Sehingga, kinerja mesin tersendat dan tidak maksimal. Waspadai genangan air pada tanki, kran dan pipa bahan bakar.
Cek Oli Mesin, karena saat hujan dan banjir, genangan air yang tingginya lebih dari 30 cm (ukuran lutut orang dewasa), akan memudahkan air masuk ke dalam mesin dan tercampur dengan oli, ciri-cirinya berwarna putih susu. Segera lakukan penggantian oli, jika telah melewati jalan banjir yang cukup tinggi. Agar terhindar kerusakan yang lebih parah pada mesin.
Cek Filter Udara, Selain ke mesin, air bisa masuk ke filter udara, terutama ketika melewati area banjir. Contohnya cipretan atau gelombang air yang menghantam bagian depan motor dari kendaraan yang melaju berlawanan atau di samping Motor bikers. Jika jumlah air yang masuk terlalu banyak, dapat mengakibatkan water hammer. Water hammer adalah genangan air pada filter udara, yang menyebabkan pukulan keras pada ruang bakar. Akibatnya terjadi kerusakan parah pada mesin seperti, bengkoknya tangkai torak (Connecting Rod), Piston Pecah dan lain sebagainya.
Periksalah fungsi kerja rem depan dan belakang, lakukan simulasi pengereman beberapa kali sebelum mengendarai, untuk memastikan fungsinya bekerja dengan baik. Deteksilah apakah ada suara berdecit? jika ya, artinya permukaan lining kanvas rem sudah licin. Setelah itu, periksalah ketebalan rem dengan melihat langsung ke- rem disk dan lihat indikator ketebalan pada rem. Jika terlalu kecil, segera lakukan penggantian di bengkel.
Periksalah sistem kemudi untuk mendapatkan kestabilan yang prima, terutama berkendara saat hujan. Tujuannya agar lincah berkendara menghindari kondisi jalan berlubang , bebatuan atau saat menghindari pengendara lain yang tiba-tiba berhenti. Mintalah mekanik bengkel resmi untuk memeriksanya. Atau dapat lakukan tips berikut untuk pemeriksaan awal :
Posisikan sepeda motor pada standard utama (Main Stand).
Peganglah kedua Front Fork (Fork Depan) sambil berjongkok, tapi sebelum itu, pastikan posisi jari tangan Motobikers tidak terlalu dekat dengan disk brake depan, karena bisa terluka. Pastikan kondisi sepeda motor tidak goyang goyang dan tidak ada orang lain di sekitar Motobikers.
Dorong dan tarik kearah depan dan belakang
Rasakanlah apakah terdapat kelonggaran atau tidak. Jika terdapat kelonggaran (Oblak), segeralah minta mekanik untuk mengencangkannya dan periksa kembali berat dan ringan gerakan kemudinya.
3.ALAT PENUNJANG BERKENDARA
Sebelum jalan, pastian jas hujan sudah tersedia di bagasi motor, baiknya gunakan jas hujan yang berbentuk celana dan baju jangan yang ponco. Dalam memilih jas hujan atau mantel, usahakan menggunakan jas hujan atau mantel yang berwarna cerah. Agar dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara dibelakang kita. Pilihlah jas hujan yang prakstis dan sepasang (baju dan celana), walaupun pemakaiannya memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan model ponco, model pakaian memberikan perlindungan yang lebih baik. Selain itu jas hujan dengan model ponco bisa membahayakan dan sangat rawan terasangkut pada roda atau terjepit jari � jari dan gir motor. Tidak hanya itu, model jas hujan ini juga dapat menggangu pengendara yang lain karena sering berkibar � kibar.. Jas hujan model ini juga bisa menutupi kaca spion dan lampu kendaraan, baik lampu rem maupun lampu penanda berbelok. Bahan jas hujan sebaiknya terbuat dari PVC daripada bahan parasut. Bahan PVC lebih tebal dan lebih rapat sehingga air tidak merembes melalui pori-pori bahan yang digunakan. Bahan parasut juga tidak awet, karena biasanya bahan parasut dilapisi filament penangkal air yang lama-kelamaan filamentnya akan rontok.
Selalu Gunakan Jacket sebagai salah satu perlengkapan wajib pengendara motor. Kenakan sarung tangan pilih yang berbahan kulit karena anti air. Saat hujan celana jangan di lipat. Mengapa ? Karena dapat membahayakan kaki anda. Pertama bahaya terkena panasnya mesin sepedamotor dan yang kedua berbahaya kalau terjatuh kaki tidak terlindungi sehingga rawan luka
Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara. Gunakan sepatu yang tidak licin sehingga mudah dalam pengoperasian tuas porseneling dan pedal rem, bukan alas kaki terbuka atau sandal. Pada umumnya orang lebih sayang sepatunya daripada keselamatan dirinya, padahal dengan menggunakan sepatu akan membuat kita lebih aman saat berkendara apalagi di saat hujan dimana jalan banyak yang licin.
Gunakah Helmet yang full-face dengan kaca bening kalau bisa yang antifog agar wajah terhindar dari percikan air hujan serta tidak menggangu pandangan kita ketika berkendara menerjang hujan. Tanpa kaca helm, muka jadi sakit akibat kena tamparan percikan air. �Kalau hujan disarankan pakai kaca bening. Apalagi kalau hujan deras, kaca berwarna malah akan jadi sangat mengganggu pandangan dan juga jarak pandang. Agar pandangan kita saat berkendara tidak terganggu terpaan hujan. Selain itu oleskan cairan anti silau yang biasa dipakai dimobil pada kaca helm. Atau oleskan tembakau pada permukaan kaca helm, diamkan sesaat kemudian bersihkan. Hal ini berguna untuk mengurangi embun.
Sedia kantong plastik ukuran besar dan tebal, jika sewaktu-waktu hujan turun, selamatkan handphone, dompet, laptop, tablet pc dan barang berharga lainnya dari kemungkinan terkena air. Sedia kantong plastik, dan masukkan barang-barang di dalamnya. Ini untuk mencegah jas hujan bocor dan merusak barang kesayangan kita.
http://thealwaysfit.com/Inventory/files/5starmetal.jpg
[quote]
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4mw6G1I6kO82HAaxOrnjI-HHOMpcogdvUG40LKcfHMPILAEqXIcZDP7hA
</div>