Log in

View Full Version : service genset sendiri. ini ada tipsnya gan...


minumwine
27th May 2012, 04:45 PM
sedikit tips mungkin bisa bermanfaat buat agan agan

clo bermanfaat kasih sedikitnya yah ijo ya....

ane mau ngejelasin nh ane dapet juga search sih tapi mungkin clo ane ngebarin mungkin bisa bermanfaat buat agan agan juga...

sedikit berhemat lah...





Motor Listrik



Generator AC 1 fasa



Generator 1 fasa adalah generator yang bisa menghasilkan tegangan 1 fasa jadi generator ini hanya memiliki satu kumparan stator saja.



Bagian dari generator ini terdiri dari



Stator adalah bagian generator yang tidak berputar

Rotor adalah bagian generator yang bergerak.



Kontruksi generator syinchon dapat dibedakan :



Generator kutup luar, biasanya bagian magnet yang tetap sedangkan kumparan tempat terbentuknya GGL adalah bagian yang bergerak / berputar.

Generator kutup dalam, pada generator ini bagian magnet adalah bagian yang bergerak / berputar sedangkan kumparan tempat terbentuknya GGL adalah bagian yang tidak bergerak.



Ditinjau dari jenis penguatan arus kemagnetan maka generator dibedakan menjadi



Generator penguat sendiri ( self exited )

Generator penguat terpisah ( separately Exinted ).



Motor 1 fasa G=24 P=4 Half coil



Jenis � jenis motor AC dapan dibedakan



1. Motor seri



2. Motor Shaded pole



3. Motor repulse



4. Motor universal



5. Run kapasitor



6. Star kapasitor



Motor star kapasitor biasanya mempunyai saklar sentifugal , saklar yang berfungsi untuk memutus kumparan bantu ( auxiliri winding )jika motor sudah berputar 75 % dari putaran normal, sehingga motor tersebuk yang bekerja hanya kumparan utamanya saja ( main winding ).



Untuk membalik arah putaran motor tersebut dapat dilakukan dengan membalik arah arus pada kumparan bantu atau pun kumparan utama, dengan syarat motor tersebut harus berhenti berputar dahulu�.



Motor 1 fasa G= 24 P=4 full ( Whole ) coil



Jenis � jenis motor kapasitor



1. Run kapasitor



2. Star kapasitor



3. Doble kapasitor



Motor kapasitor ini putarannya (n) sangat tertentu, yang dipengarui oleh:



1. Jumlah kutup magnet ( p )



2. Frekuensi listrik ( f )



Sehingga : n = 120 X f / p ( rpm )



Untuk melilit stator kita harus mengetahui



1. Jumlah kutupnya ( P )



2. Jumlah alur ( G )



3. Lebar kumparan ( yg )



4. Jumlah alur tiap fasa tiap kutup ( q )



Sehingga : yg = G/P



Motor listrik dilihat dari bentuk lilitanya dibedakan menjadi 2



1. Lilitan consentris ( memusat )



2. Lilitan distribusi ( tersebar )



Jenis lilitan stator dibedakan menjadi



1. Jenis lilitan Whole (full) coil



2. Jenis lilitan Half coil



Motor 3 fasa G=36 P=6 Whole (full) coil



Berdasarkan bentuk kepala penghubung antara sisi-sisi kumparan, maka stator dapat dibedakan



1. Barrel type yaitu biasanya menggunakan lilitan gelung lilitan yang bergeseran/tersebar(lilitan distri busi)



2. Spiral type merupakan motor yang lilitanya terpusat ( consentrin )



Berdasarkan perbandingan jumlah kelompok kumparan dengan jumlah kutup magnet yang digunakan, maka stator dapat dibedakan



1. Lilitan kumparan setengah ( half coil winding ) yaitu bila kelompok kumparan setengah lebih banyak jumlah kutup � kutup magnet.



2. Lilitan kumparan penuh ( whole coil winding ) yakni bila kelompok kumparan sama dengan jumlah kutup � kutup magnet.



Berdasarkan jarak antar kutup magnet, lilitan stator dapat dibedakan



1. Langkah penuh (full pitch ) yani bila langkah lilitan sisi-sisi kumparan pada satu kelompok kumparan sama dengan 180 derajat listrik. Y=π



2. Langkah pendek ( fracti � pitch ) yakni apabila langkah lilitan sisi-sisi kumparan pada satu kelompok kumparan lebil kecil dari 180 derajat listrik. Y