Log in

View Full Version : Vierra band paling populer di Indonesia


warungkopi
27th May 2012, 04:44 PM
Vierra menduduki peringkat empat jumlah fans Facebook page terbanyak di salingsilang. Di MTV Music Meter, Vierra berada di peringkat 56 di Top 100 artists mengalahkan lebih dari 1 juta musisi seluruh dunia.



Saat ini Vierra berhasil meraup 3.100.559 pengguna Facebook menjadi fans-nya. Akun Twitter-nya sendiri, @vierratale memang hanya mencapai 18.493 followers, namun akun-akun Twitter para personilnya punya angka cukup banyak. Followers akun Twitter drummer Trian Widjanarko (@tryanwidjanarko) mencapai 71.507, gitarisnya Raka Cyril (@rakaciril) mencapai 112.160 followers, keyboardist Kevin Aprilio (@apriliokevin) sebesar 358.686 followers, sementara si vokalis Widi (@widikidiw) memiliki 454.804 followers.



Pertanyaannya, apa yang membuat band bentukan Kevin Aprilio ini begitu populer di media sosial? Mari kita mulai dari Facebook page-nya. Facebook page Vierra lumayan rajin mengupdate jadwal konser atau penampilan Vierra di TV atau radio. Album foto dan video sendiri bisa dikatakan nggak terlalu sering ditambah. Total ada 9 video yang diupload oleh Vierra selama tahun 2011. Dari segi gaya bahasa juga biasa saja, malah cenderung singkat padat.



Misalnya, "Besok Vierra main di PRJ Jakarta". Tanpa penjelasan lain seperti waktu tampil. Namun status update sesingkat itu bisa menghasilkan lebih dari 4.000 likes dan 1.300 komentar. Dashyat, ya?



Lalu bagaimana dengan aktivitas Twitter? Setiap hari selalu ada update, baik berupa jadwal maupun komentar yang santai dan lebih personal. Tentunya ini cara berkomunikasi di Twitter yang pas, karena konten Twitter sebaiknya nggak melulu berpromosi dan lebih bersifat personal alias akrab.



Kadang, sebuah akun Twitter yang bukan milik pribadi terjebak dengan konten yang nggak pernah jauh dari promosi. Padahal bagi sebagian besar kasus, Twitter perlu disikapi dengan cara yang lebih fleksibel. Gunakan bahasa yang akrab buat target audince (followers), sapa dengan cara yang akrab dan usahakan jawab pertanyaan mereka.



Akun Twitter Vierra sendiri tak terlalu sering membalas, namun cukup sering meng-RT tweets followers. Paling nggak itu salah satu bentuk apresiasi yang menunjukkan kalau, �Hei, kami membaca tweet-mu lho. Terima kasih, ya.�

Jejaring sosial lain seperti MySpace dan �ehem- Friendster nampaknya jarang dijamah oleh Vierra. Namun hal ini cukup wajar karena sepertinya kedua jejaring sosial ini kebetulan memang tidak begitu diakrabi oleh fans Vierra.



Jika dilihat, Vierra selama ini mengkonsentrasikan diri pada Facebook dan Twitter. Ini strategi yang tepat mengingat fans Vierra yang notabene remaja rata-rata menggunakan dua jejaring sosial tersebut.



Namun dari segi konten, belum banyak kreativitas yang dikerahkan Vierra dan tim manajemennya untuk mengelola dua akun ini. Padahal Vierra sudah memiliki modal yang sangat pas menjadi salah satu band terpopuler di Indonesia, yaitu penampilan personil yang keren, lagu yang sangat catchy. Target audience mereka yang rata-rata remaja juga strategi yang tepat mengingat remaja selalu membutuhkan figur idola. Ditambah dengan tingginya aktivitas remaja yang menjadi fans Vierra di media sosial membuat band ini seakan jadi �magic word� di dunia media sosial.



Tentunya akan lebih baik jika Vierra dan tim meningkatkan kreativitas dalam konten media sosial mereka. Misalnya seperti Lady Gaga yang rajin memberikan post artikel maupun video-video live atau penampilannya di program TV. Bisa juga seperti Coldplay yang mengintegrasikan informasi di media sosial dengan situs dan photo blog mereka.



Kalau Vierra lebih memaksimalkan departemen konten ini, para fans pasti akan lebih senang dan bukan nggak mungkin merekomendasikannya ke teman-teman mereka. Hal simpel seperti memberikan posting dalam bentuk video saat personil-personil Vierra sedang latihan atau berada di belakang panggung bisa jadi materi menarik yang menyenangkan fans.



Kalau Anda menjadi tim manajemen Vierra, apa usul Anda supaya media sosial Vierra bisa lebih menggila lagi?

</div>