Log in

View Full Version : Teori Belajar BERPIKIR KRITIS


sendokpiso
27th May 2012, 04:41 PM
WELCOME TO MY THREAD


____________________


Dijaman yang serba modern dan canggih ini terkadang diperlukan untuk berpikir kritis. Faktor Ekonomi, Persaingan Bisnis dan Politik membuat banyak orang yang mengalami Stress.



Berikut ini adalah Teori untuk Belajar Bepikir Kritis....


[/quote][quote]





http://s.kaskus.id/images/4127504_20120401091356.jpg

A. PENDAHULUAN



Berpikir kritis adalah suatu aktifitas kognitif yang berkaitab dengan penggunaan nalar. Belajar untuk berpikir kritis berarti menggunakan proses-proses mental, seperti memperhatikan, mengkategorikan, seleksi, dan menilai/memutuskan.



Kemampuan dalam berpikir kritis memberikan arahan yang tepat dalam berpikir dan bekerja, dan membantu dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya dengan lebih akurat. Oleh sebab itu kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam pemecahan masalah / pencarian solusi, dan pengelolaan proyek.Pengembangan kemampuan berpikir kritis merupakan integrasi beberapa bagian pengembangan kemampuan, seperti pengamatan (observasi), analisis, penalaran, penilaian, pengambilan keputusan, dan persuasi. Semakin baik pengembangan kemampuan-kemampuan ini, maka kita akan semakin dapat mengatasi masalah-masalah/proyek komplek dan dengan hasil yang memuaskan.





Berpikir kritis meliputi aktivitas-aktivitas:

1. Memperhatikan detil secara menyeluruh

2. Identifikasi kecenderungan dan pola, seperti memetakan informasi,

identifikasi kesamaan dan ketidaksamaan, dll

3. Mengulangi pengamatan untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan

4. Melihat informasi yang didapat dari berbagai sudut pandang

5. Memilih solusi-solusi yang lebih disukai secara obyektif

6. Mempertimbangkan dampak dan konsekuensi jangka panjang dari solusi yang

dipilih



Bagi siswa, berpikir kritis dapat berarti :

1. Mencari dimana keberadaan bukti terbaik bagi subyek yang didiskusikan

2. Mengevaluasi kekuatan bukti untuk mendukung argumen-argumen yang berbeda

3. Menyimpulkan berdasarkan bukti-bukti yang telah ditentukan

4. Membangun penalaran yang dapat mengarahkan pendengar ke simpulan yang

telah ditetapkan berdasarkan pada bukti-bukti yang mendukungnya

5. Memilih contoh yang terbaik untuk lebih dapat menjelaskan makna dari

argumen yang akan disampaikan

6. Dan menyediakan bukti-bukti untuk mengilustrasikan argumen tersebut







</div>