kerashati
27th May 2012, 04:11 PM
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat siang agan/sista ceriwiser http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/008.gif
Ane kali ini mau sharing tentang satu mobil asal Jepang yang layak diberi judul Supercar, Honda NSX.
Proyek Honda NSX berawal dari proyek Honda HPX, kerjasama Honda dan Pininfarina, desainer boil asal Italia. Proyek itu bukan cuma prototip biasa, NSX langsung dibuat tahun 1990, menargetkan Ferrari 348. Tujuan Honda membuat NSX adalah membuat mobil yang kemampuannya setara dengan mobil Ferrari, tapi harganya lebih murah, lebih bisa diandalkan, dan lebih praktis untuk penggunaan harian, dan oleh karena itu, mesin 2 liter V6 di konsep HPX dibuang, dan diganti mesin 3 liter V6 berteknologi VTEC bertenaga 270 hp pada 7500 rpm. NSX ini adalah mobil yang pertama kali pakai body monokok aluminium, sasis alumunium ekstrusi, suspensi aluminium, kemiringan ban yang netral, rem antikunci di keempat roda, batang penghubung titanium (biar mesinnya bisa kerja sampe rpm atas 7000), power steering listrik, VTEC (pertama di AS), dan throttle control listrik (gile banyak bener http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/amazed.gif)
Salah satu orang yang berjasa dalam pengembangan supercar ini adalah almarhum pembalap F1, om Ayrton Senna. Ia orang yang mengatakan kepada Honda "sasisnya tolong lebih kaku sedikit" saat prototipnya diuji di Suzuka, Jepang. Hasilnya? Senna dikasih gratis 2 mobil ini tahun 1993.
Tinggi mobil ini hanya 117 cm, sedikit lebih tinggi dari Ford GT40 (pas 1 meter), dan cat mobilnya berlapis coating (pelapis) yang dipakai di pesawat terbang. Balik ke mesin, redlinenya ada di 8000 rpm (plong tuh, plooooong)
Nih gambarnya:
[/spoiler] for NSX gen pertamax:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a1/NSX-policecar.jpg
Performanya lebih bagus dari Ferrari 348, 0-100km/h hanya dalam 5,03 detik. Mobil ini juga dianggap mobil eksotis paling andal, masih bisa sampe 160.000km tanpa rusak berat. Oh ya, mobil ini posisi mesinnya di belakang kursi supir, jadi pembagian beratnya sempurna dan mobil ini bisa :ngebut: dengan stabil.
Tahun 97, ada perubahan di sana-sini. Bodi ga ganti, tapi mesin ganti, 3200cc V6, tenaga jadi 280hp/7500 rpm. Juga ditambah 2 tipe, Type S dan S-Zero. Dua-duanya udah siap balap, karena kaki-kakinya dibikin biar tahan lama, dan yang S-Zero, ga ada AC, GPS, dan radio.
Generasi kedua muncul tahun 2002, tidak ada perubahan besar kecuali lampunya jadi lampu paten, bukan pop-up lagi, dan mesinnya masih ditingkatkan lagi sampe 290hp (ada yang bilang tenaga sebenarnya masih lebih besar, mungkin sampe 325hp). Nih gambarnya:
for NSX keduax, makin ganas powernya:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/03/Honda_NSX_typeIII.JPG
Versi high performancenya, NSX-R, menyelesaikan putaran Nurburgring dalam 7:56, sama cepat dengan Ferrari 360 Challenge Stradale, yang dimana, Ferrari lebih kuat 80hp (370hp). Karena kepraktisan untuk dipakai sehari-hari, desainer McLaren F1 (mobil terkencang 90an) Gordon Murray mengatakan kalo NSX adalah "supercar yang bisa dipakai setiap hari".
Tahun 1994, NSX masuk balap ketahanan Le Mans 24 Hour, dimana ada 3 mobil NSX dikemudikan oleh Keiichi Tsuchiya (si raja Drift), Akira Iida, dan Kunimitsu Takahashi (penemu Drift), dan finish urutan 8 keseluruhan dengan 275 putaran. Tahun 1996 mobil ini juga ikut, dan menyelesaikan 305 putaran dan posisi 16 keseluruhan.
[spoiler=open this] for NSX Le Mans 94:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/bb/Honda_NSX_Le_Mans_Racer.JPG
Di acara otomotif Inggris, Top Gear, waktu yang diraih Honda NSX adalah 1:33, tapi menurut presenternya, performanya bisa disandingkan dengan Lamborghini Gallardo.
Sekian dari ane, kalo trit ini bagus, boleh dong rate limanya dan :melonndan:
Kalo ga berkenan ga usah di :cabendan:
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
</div>
Ane kali ini mau sharing tentang satu mobil asal Jepang yang layak diberi judul Supercar, Honda NSX.
Proyek Honda NSX berawal dari proyek Honda HPX, kerjasama Honda dan Pininfarina, desainer boil asal Italia. Proyek itu bukan cuma prototip biasa, NSX langsung dibuat tahun 1990, menargetkan Ferrari 348. Tujuan Honda membuat NSX adalah membuat mobil yang kemampuannya setara dengan mobil Ferrari, tapi harganya lebih murah, lebih bisa diandalkan, dan lebih praktis untuk penggunaan harian, dan oleh karena itu, mesin 2 liter V6 di konsep HPX dibuang, dan diganti mesin 3 liter V6 berteknologi VTEC bertenaga 270 hp pada 7500 rpm. NSX ini adalah mobil yang pertama kali pakai body monokok aluminium, sasis alumunium ekstrusi, suspensi aluminium, kemiringan ban yang netral, rem antikunci di keempat roda, batang penghubung titanium (biar mesinnya bisa kerja sampe rpm atas 7000), power steering listrik, VTEC (pertama di AS), dan throttle control listrik (gile banyak bener http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/amazed.gif)
Salah satu orang yang berjasa dalam pengembangan supercar ini adalah almarhum pembalap F1, om Ayrton Senna. Ia orang yang mengatakan kepada Honda "sasisnya tolong lebih kaku sedikit" saat prototipnya diuji di Suzuka, Jepang. Hasilnya? Senna dikasih gratis 2 mobil ini tahun 1993.
Tinggi mobil ini hanya 117 cm, sedikit lebih tinggi dari Ford GT40 (pas 1 meter), dan cat mobilnya berlapis coating (pelapis) yang dipakai di pesawat terbang. Balik ke mesin, redlinenya ada di 8000 rpm (plong tuh, plooooong)
Nih gambarnya:
[/spoiler] for NSX gen pertamax:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a1/NSX-policecar.jpg
Performanya lebih bagus dari Ferrari 348, 0-100km/h hanya dalam 5,03 detik. Mobil ini juga dianggap mobil eksotis paling andal, masih bisa sampe 160.000km tanpa rusak berat. Oh ya, mobil ini posisi mesinnya di belakang kursi supir, jadi pembagian beratnya sempurna dan mobil ini bisa :ngebut: dengan stabil.
Tahun 97, ada perubahan di sana-sini. Bodi ga ganti, tapi mesin ganti, 3200cc V6, tenaga jadi 280hp/7500 rpm. Juga ditambah 2 tipe, Type S dan S-Zero. Dua-duanya udah siap balap, karena kaki-kakinya dibikin biar tahan lama, dan yang S-Zero, ga ada AC, GPS, dan radio.
Generasi kedua muncul tahun 2002, tidak ada perubahan besar kecuali lampunya jadi lampu paten, bukan pop-up lagi, dan mesinnya masih ditingkatkan lagi sampe 290hp (ada yang bilang tenaga sebenarnya masih lebih besar, mungkin sampe 325hp). Nih gambarnya:
for NSX keduax, makin ganas powernya:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/03/Honda_NSX_typeIII.JPG
Versi high performancenya, NSX-R, menyelesaikan putaran Nurburgring dalam 7:56, sama cepat dengan Ferrari 360 Challenge Stradale, yang dimana, Ferrari lebih kuat 80hp (370hp). Karena kepraktisan untuk dipakai sehari-hari, desainer McLaren F1 (mobil terkencang 90an) Gordon Murray mengatakan kalo NSX adalah "supercar yang bisa dipakai setiap hari".
Tahun 1994, NSX masuk balap ketahanan Le Mans 24 Hour, dimana ada 3 mobil NSX dikemudikan oleh Keiichi Tsuchiya (si raja Drift), Akira Iida, dan Kunimitsu Takahashi (penemu Drift), dan finish urutan 8 keseluruhan dengan 275 putaran. Tahun 1996 mobil ini juga ikut, dan menyelesaikan 305 putaran dan posisi 16 keseluruhan.
[spoiler=open this] for NSX Le Mans 94:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/bb/Honda_NSX_Le_Mans_Racer.JPG
Di acara otomotif Inggris, Top Gear, waktu yang diraih Honda NSX adalah 1:33, tapi menurut presenternya, performanya bisa disandingkan dengan Lamborghini Gallardo.
Sekian dari ane, kalo trit ini bagus, boleh dong rate limanya dan :melonndan:
Kalo ga berkenan ga usah di :cabendan:
wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
</div>