sendokpiso
27th May 2012, 04:04 PM
Assalamualaikum Wr. Wb.
Ane newbie yang baru kali ini bikin thread. Jadi mohon maaf kalo ane rada acak-acakan bikin thread ini. Ditambah lagi, ane bikin thread ini murni pake opera mini 5 karena ane ga punya modem. Mo bikin di warnet, ane ga kebagian tempat gara-gara warnetnya penuh ma ababil yang maen game online :cd:
Ane bikin thread ini karena ane abis baca thread sebelah yang juga bicarain cara memilih tempat duduk di pesawat dari sisi kenyamanan dan "kenikmatan" ( Lion Air dan Garuda). Dalam hal ini ane coba share dari sudut pandang ane dari sisi keamanan da keselamatan. Jadi Insya Allah ga :repost:
Pesawat dalam, hal ini semua pesawat komersil, di desain untuk selalu dalam aman untuk di terbangkan. Bahkan semua pesawat dengan mesin lebih dari satu di desain untuk dapat terbang hanya dengan satu mesin. Tapi manusia hanya bisa berusaha, sisanya Allah SWT yang menentukan.
Check out this photos: (mudah-mudahan gambarnya nongol. Ane baru kali ini bikin thread ada gambarnya..)
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH1.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH2.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH3.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH4.jpg
Accident....
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH5.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH6.jpg
Kalo agan agan perhatikan, bagian mana dari pesawat yang tersisa? Bener banget ,Gan! EKOR PESAWAT.
Kok bisa ekor pesawat?!!! Ini dikarenakan karakter dari semua pesawat apabila terbang dengan power mesin yang tidak sesuai a.k.a loss power, maka pesawat akan tendensi untuk nose down (idung pesawat rada turun). Berkebalikan apabila setting power mesin dah sesuai atawa normal flight, idung pesawat tendensi untuk nose up sekitar 3 derajat. ( pesawat cruising ga ada yang terbang lurus nol derajat). Dalam hal ini ane ga tau kenapa bisa tiga derajat coz ane hanya montir, Gan. Bukan ahli fisika.
Bicara terbang abnormal, (baca: mendarat darurat), tendensi nose down selalu terjadi karena karakter pesawat yang seperti itu. Otomatis yang remuk duluan bagian depannya. Dan apabila kecelakaan yang terjadi ga terlalu parah, umumnya bagian ekor pesawat masih ada bentuknya. Oleh karena itu juga , black box yang ada di pesawat umumnya di pasang di ekor pesawat. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan dari black box tadi. (Meskipun black box di desain tahan banting, tahan api, dan tahan air). Black box yang sebenernya ga berwarna item, adalah satu-satunya harapan terakhir untuk ngedapetin petunjuk penyebab kecelakaan pesewat karena dalam black box terekam semua pembicaraan di cockpit (CVR: Cockpit Voice Recorder) dan semua kondisi yang terjadi pada pesawat dalam 25 jam terakhir : posisi bidang kemudi, beban gravitasi "G" yang diterima pesawat, kondisi mesin pesawat dan ratusan parameter lain.-(FDR: Flight Data Recorder).
Lokasi FDR Boeing 737 -200/-300/-400/-500:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-LOCATION.jpg
Lokasi FDR MD-80 Series:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-LOCATION-3.jpg
Lokasi FDR Dornier 328:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-dornier.jpg
Untuk agan- agan yang belu tau bentuknya black box, nih gambarnya:
FLIGHT DATA RECORDER / FDR:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-001.jpg
COCKPIT VOICE RECORDER / CVR:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CVR-001.jpg
Jadi, menurut ane, tempat duduk paling aman adalah seat paling belakang tapi emang suara mesin kedenger lumayan kenceng di posisi ini. Contohnya waktu kecelakaan Lion Air yang di Solo. Mayoritas penumpang yang selamat adalah yang duduk di barisan belakang. Alternatif tempat duduk yang aman adalah di samping jendela darurat atawa emergency exit window yang diatas sayap. Karena di lokasi ini ada tali yang bisa bantu kita turun dengan cepat. Tapi jangan lupa, sayap pesawat adalah tempat penyimpanan bahan bakar. Jadi kalo kasusnya adalah kebakaran mesin, yang duduk disini harus buru-buru baca syahadat.
Mudah-mudahan info ini berguna untuk ceriwiser yang lebih memilih keamanan dari pada kenyamanan. Tapi jangan lupa, manusia hanya berusaha dan Yang Di atas lah yang menentukan. Intinya: BERDOALAH SEBELUM MELAKUKAN PERJALANAN.
Mampir juga Gan ke thread ane yang laen tentang penerbangan:
BAHAYA!! BUANG SAMPAH DI TOILET PESAWAT BISA BIKIN ENGINE PESAWAT HANCUR! (http://ceriwis.us/showthread.php?t=9822758)
GA KEBAGIAN TIKET PESAWAT?! INI TIPS, TRICK DAN SOLUSINYA! (http://ceriwis.us/showthread.php?t=10458360)
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Oh iya, kalo yang dah ISO dan ngerasa info ini berguna, ane ikhlas nerima melonnya.http://img.kaskus.co.id/images/kaskusmobile_hp.gif
Oh iya lagi, kalo yang belum ISO dan ngerasa info ini bermanfaat, kalo berkenan tolong thread ini di rate supaya makin banyak yang baca, supaya ceriwiser ga nerima aja kalo ada yang ngajak tukeran tempat duduk.
</div>
Ane newbie yang baru kali ini bikin thread. Jadi mohon maaf kalo ane rada acak-acakan bikin thread ini. Ditambah lagi, ane bikin thread ini murni pake opera mini 5 karena ane ga punya modem. Mo bikin di warnet, ane ga kebagian tempat gara-gara warnetnya penuh ma ababil yang maen game online :cd:
Ane bikin thread ini karena ane abis baca thread sebelah yang juga bicarain cara memilih tempat duduk di pesawat dari sisi kenyamanan dan "kenikmatan" ( Lion Air dan Garuda). Dalam hal ini ane coba share dari sudut pandang ane dari sisi keamanan da keselamatan. Jadi Insya Allah ga :repost:
Pesawat dalam, hal ini semua pesawat komersil, di desain untuk selalu dalam aman untuk di terbangkan. Bahkan semua pesawat dengan mesin lebih dari satu di desain untuk dapat terbang hanya dengan satu mesin. Tapi manusia hanya bisa berusaha, sisanya Allah SWT yang menentukan.
Check out this photos: (mudah-mudahan gambarnya nongol. Ane baru kali ini bikin thread ada gambarnya..)
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH1.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH2.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH3.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH4.jpg
Accident....
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH5.jpg
Accident...
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CRASH6.jpg
Kalo agan agan perhatikan, bagian mana dari pesawat yang tersisa? Bener banget ,Gan! EKOR PESAWAT.
Kok bisa ekor pesawat?!!! Ini dikarenakan karakter dari semua pesawat apabila terbang dengan power mesin yang tidak sesuai a.k.a loss power, maka pesawat akan tendensi untuk nose down (idung pesawat rada turun). Berkebalikan apabila setting power mesin dah sesuai atawa normal flight, idung pesawat tendensi untuk nose up sekitar 3 derajat. ( pesawat cruising ga ada yang terbang lurus nol derajat). Dalam hal ini ane ga tau kenapa bisa tiga derajat coz ane hanya montir, Gan. Bukan ahli fisika.
Bicara terbang abnormal, (baca: mendarat darurat), tendensi nose down selalu terjadi karena karakter pesawat yang seperti itu. Otomatis yang remuk duluan bagian depannya. Dan apabila kecelakaan yang terjadi ga terlalu parah, umumnya bagian ekor pesawat masih ada bentuknya. Oleh karena itu juga , black box yang ada di pesawat umumnya di pasang di ekor pesawat. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan dari black box tadi. (Meskipun black box di desain tahan banting, tahan api, dan tahan air). Black box yang sebenernya ga berwarna item, adalah satu-satunya harapan terakhir untuk ngedapetin petunjuk penyebab kecelakaan pesewat karena dalam black box terekam semua pembicaraan di cockpit (CVR: Cockpit Voice Recorder) dan semua kondisi yang terjadi pada pesawat dalam 25 jam terakhir : posisi bidang kemudi, beban gravitasi "G" yang diterima pesawat, kondisi mesin pesawat dan ratusan parameter lain.-(FDR: Flight Data Recorder).
Lokasi FDR Boeing 737 -200/-300/-400/-500:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-LOCATION.jpg
Lokasi FDR MD-80 Series:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-LOCATION-3.jpg
Lokasi FDR Dornier 328:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-dornier.jpg
Untuk agan- agan yang belu tau bentuknya black box, nih gambarnya:
FLIGHT DATA RECORDER / FDR:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/FDR-001.jpg
COCKPIT VOICE RECORDER / CVR:
http://i1222.photobucket.com/albums/dd496/konyolkambing/CVR-001.jpg
Jadi, menurut ane, tempat duduk paling aman adalah seat paling belakang tapi emang suara mesin kedenger lumayan kenceng di posisi ini. Contohnya waktu kecelakaan Lion Air yang di Solo. Mayoritas penumpang yang selamat adalah yang duduk di barisan belakang. Alternatif tempat duduk yang aman adalah di samping jendela darurat atawa emergency exit window yang diatas sayap. Karena di lokasi ini ada tali yang bisa bantu kita turun dengan cepat. Tapi jangan lupa, sayap pesawat adalah tempat penyimpanan bahan bakar. Jadi kalo kasusnya adalah kebakaran mesin, yang duduk disini harus buru-buru baca syahadat.
Mudah-mudahan info ini berguna untuk ceriwiser yang lebih memilih keamanan dari pada kenyamanan. Tapi jangan lupa, manusia hanya berusaha dan Yang Di atas lah yang menentukan. Intinya: BERDOALAH SEBELUM MELAKUKAN PERJALANAN.
Mampir juga Gan ke thread ane yang laen tentang penerbangan:
BAHAYA!! BUANG SAMPAH DI TOILET PESAWAT BISA BIKIN ENGINE PESAWAT HANCUR! (http://ceriwis.us/showthread.php?t=9822758)
GA KEBAGIAN TIKET PESAWAT?! INI TIPS, TRICK DAN SOLUSINYA! (http://ceriwis.us/showthread.php?t=10458360)
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Oh iya, kalo yang dah ISO dan ngerasa info ini berguna, ane ikhlas nerima melonnya.http://img.kaskus.co.id/images/kaskusmobile_hp.gif
Oh iya lagi, kalo yang belum ISO dan ngerasa info ini bermanfaat, kalo berkenan tolong thread ini di rate supaya makin banyak yang baca, supaya ceriwiser ga nerima aja kalo ada yang ngajak tukeran tempat duduk.
</div>