Log in

View Full Version : Alasan kenapa hidung pesawat Concorde dapat dibengkokkan...[+pengetahuan]


demokrat
27th May 2012, 03:46 PM
Biasanya di kaskus apabila bikin trit tentang concorde,pasti selalu berbicara tentang kecepatan pesawatnya,tapi kali ini ane coba bahas tentang "hidung" pesawat concorde tersebut,semoga tidak repost....





[/quote]





http://cdn-u.kaskus.co.id/58/8nqzdkmx.jpg]
Concorde adalah pesawat supersonik (pesawat dengan kecepatan suara) pertama yang diciptakan pada dekade 1950-an hasil kerjasama antara Inggris dan Perancis. Tambahan huruf 'e' pada nama Concorde diberikan Inggris sebagai ucapan terima kasih atas jasa Perancis dalam pembuatan pesawat ini. Concorde dioperasikan pertama kali tahun 1969.



http://cdn-u.kaskus.co.id/58/9a4lmn6f.jpg


Salah satu hal unik dari pesawat ini adalah bagian hidungnya yang dapat dibengkokkan. Sekilas pembengkokkan hidung Concorde hanya seperti aksesoris saja. Namun ternyata, penekukan hidung ini (sudut penekukannya 12,5 derajat hingga 30 derajat) perlu dilakukan saat hendak mendarat agar hidung Concorde tidak menghalangi pandangan pilot ke arah landasan lapangan terbang dibawah.



jadi begini alasan tepatnya

pesawat dengan wingspans pendek biasanya harus lepas landas dan mendarat di sudut serangan yang agak tinggi untuk mengangkat dan mengimbangi sayap yang lebih kecil. Sebagai sudut serangan meningkat, kokpit dipaksa lebih tinggi dan pilot harus melihat ke bawah pada sudut lebih curam untuk melihat tanah. makanya tu hidung pesawat selalu dibengkokkan ketika akan mendarat


Untuk mengendalikan nose tersebut,di cockpit telah disediakan tuas untuk mengatur dan mengendalikan hidung tersebut



http://cdn-u.kaskus.co.id/58/8jgx7abr.jpg

cockpit pesawat concorde



http://cdn-u.kaskus.co.id/58/0gosazdq.jpg

Nose Control

















Mekanisme pembengkokak hidung concorde



[/spoiler] for Posisi Pertama:






Posisi Pertama



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/nywaf35r.jpg

Hidung dan Visor telah ditarik sepenuhnya pada sampai posisi awal. ini digunakan selama penerbangan Supersonic dan ketika parkir



Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/z6irxm4c.gif



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/4sjrpxhb.gif



HASIL

http://cdn-u.kaskus.co.id/18/tqdmsmqq.jpg















for Posisi Kedua:






Posisi Kedua



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/zoalemsl.jpg

Hidung penuh, Visor ditarik ke hidung droop

Digunakan selama penerbangan subsonik pendek (misalnya terbang terakhir sebelum mendarat) dan pembersih kaca depan pesawat tersebut





Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/10serihh.gif



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/rsoc3zns.gif



HASIL

http://cdn-u.kaskus.co.id/18/dtlmbgrd.jpg

















for Posisi Ketiga:






Posisi Ketiga



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/fiaaxpi0.jpg

Hidung turun pada 5 derajat dan Visor ditarik ke hidung droop

Digunakan untuk pesawat ketika akan lepas landas





Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini

http://cdn-u.kaskus.co.id/18/bpwvygzj.gif



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/v0ee2lyc.gif



HASIL

http://cdn-u.kaskus.co.id/18/yg0xekpq.jpg















for Posisi Keempat:






Posisi Keempat



http://cdn-u.kaskus.co.id/18/s0ygjqbg.jpg

Hidung turun sebesar 12,5 derajat, Visor ditarik ke hidung droop

Digunakan untuk pendaratan,dan harus digerakkan dengan cepat ke posisi 3 untuk mencegah kerusakan





Posisi Kendali Nose Concorde pada tahapan ini

http://cdn-u.kaskus.co.id/18/3pj5idea.gif



HASIL

http://cdn-u.kaskus.co.id/18/p4c2c1si.jpg















for Bagian - Bagian nose Pesawat concorde:






http://cdn-u.kaskus.co.id/18/db0twe3n.jpg
Keterangan:

1. Pitot Head

2. Radome

3. Radar Cuaca

4. Visor Hidrolik

5. Poros Kepala Sekunder

6. Droop hidung (posisi kebawah)

7. Proble

8. Pelindung Rel

9. Hidrolik Jack Hidung

10.Retractable visor

11.Panel kaca Internal












[spoiler=open this] for Mekanisme:








http://cdn-u.kaskus.co.id/18/zxtwf70g.gif http://cdn-u.kaskus.co.id/18/ueciddsr.jpg

Hidung terletak ke depan sekat tekanan, tetapi engsel kasar berada di bawah kursi pilot. Hidung bergerak di rel yang berjalan di kedua sisi sekat tekanan. hidung ini digerakkan oleh sepasang tandem jack hidrolik yang bekerja secara paralel. kedua jack memiliki silinder atas dan mereka melekat pada sekat tekanan maju serta silinder mereka yang lebih rendah dari struktur hidung.Kedua jack menyediakan jalur beban bantalan alternatif. Sepasang up-kunci terlibat di posisi atas untuk mengamankan sekat hidung, tekanan hidrolik menyimpannya di tempat penyimpanan hidrolik dan berhenti ketika gaya aerodinamik bekerja dan menggerakkan hidung tersebut.
















Tambahan dari agan2 semua.









Originally Posted by kapilapics
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=357688101#post357688101)


ane tambahin gan



inggris ngasih tambahan huruf 'e' dibelakang kata concord karena dalam bahasa perancis 'concorde' artinya kerukunan,

mungkin dengan nama itu berharap terjadinya kerukunan antara perancis dan inggris gan



taro di pejwan kalo berkenan :D



:2good:














Originally Posted by kailanov
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=396231423#post396231423)


ane mau nambahin sebabnya gan..

setau ane,

Seperti yg udah dijelasin, concord pesawat supersonic, makanya sayapnya spannya gak panjang tp jadi bentuk segitiga..



Kenapa segitiga? Panjang penjelasannya. Kuliah aerodinamika dl. Tp yang pasti sayap ga bisa lebar2 amad dikarenakan bisa ancur berantakan strukturnya pas terbang pd kecepatan supersonic.



Tapi pas pesawat mendarat, kan ga mungkin mendarat dgn kecepatan supersonic. Karena gaya angkat atau gaya terbang pesawat dipengaruhi sama kecepatan terbang dan lebar sayap. Maka pesawat konkord yg bersayap kecil harus terbang cepat biar gak kehilangan gaya angkat atau stall..



Nah, pas mendarat kan ga boleh ngebut2..? Disitu lah sudut serang atau angle of attack(aoa) berperan.. Semakin besar aoa(dalam batasan tertentu), gaya angkat akan semakin besar, jadi pesawat konkord itu bisa tetep terbang walau kecepatannya rendah.



Karena aoa terlalu besar, maka kokpit bengkok dah, biar keliatan landasan pacunya..



Sy melengkapi aja, semoga bermanfaat.



















Menerima :melonndan: :melonndan:












Tidak Menerima :cabendan: :cabendan:












Maaf kalo :repost: :repost:






[quote]





mampir gan....



Alasan Kenapa Roda Pesawat Itu Kecil...[+pengetahuan] (http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6544087)

Kalkulator Casio dari masa ke masa (http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7932111)

Sejarah Printer Epson yang Agan Tidak Ketahui [+ pengetahuan] (http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7928793)







</div>