Log in

View Full Version : HARUS TAU! Perbedaan SBK VS GP !


kumisfauzi
27th May 2012, 03:38 PM
:ngebut: :ngebut: :ngebut: :ngebut: :ngebut: :ngebut:_____:tank2: :loveindonesia

hallo , ane cuma ngasih info mengenai SBK VS GP nih

di simak yaa jangan lupa :melonndan: :melonndan:


[/spoiler] for Harus Tau:




http://cdn-u.kaskus.co.id/51/dshkilip.jpg







Banyak pendapat atau pun opini yang sering keluar ketika membahas mengenai balap motor MotoGP dan Superbike. Tetapi yang paling aneh adalah opini dari awam yang selalu menganggap bahwa MotoGP dan Superbike adalah sama, sama dari segi motor atau pun pembalap, bahkan tak jarang pembalap MotoGP dicap memiliki kualitas yang sama dengan Superbike (bahkan sebaliknya). Kesalahan persepsi ini bisa jadi karena para awam melihat motor yang digunakan untuk balap MotoGP atau Superbike hampir sama secara fisik (jika dilihat secara sekilas), selain itu tampilan wearpack (kostum balap) yang digunakan oleh para pembalapnya juga hampi-hampir mirip . Padahal jika dicermati dengan seksama, MotoGP dan Superbike benar-benar jauh berbeda, bagaikan bumi dan langit. Di sini akan diuraikan beberapa perbedaan mendasar yang membedakan MotoGP dan Superbike.




for Harus Tau:




http://cdn-u.kaskus.co.id/51/qlgdmmsf.jpg





**

:hope: :hope: :hope:

Agar tidak kalah dengan MotoGP diajang Superbike para teknisinya diperbolehkan mengganti atau merombak beberapa komponen motor untuk membuat motor yang dilombakan menjadi (sekedar) lebih kenceng. Meskipun diperbolehkan mengganti beberapa komponenya, para teknisi Superbike tidak boleh asal main ganti komponen, karena mereka masih tercekik oleh peraturan teknis yang ada di Superbike . Misal cover mesin tidak boleh diganti (ber-ubah), rangka haram diutak-atik, dan yang paling memberatkan pihak pabrikan adalah, semua komponen pengganti yang dipakai di Superbike harus tersedia dipasar, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Meski Superbike serba dicabeinsi, para penggemar Superbike di Inggris masih cinta mati pada balap motor yang satu ini, alasan utamanya karena motor-motor mereka bisa disulap jadi motor Superbike (karena komponen pengganti tersedia dipasar) dan dana yang dibutuhkan untuk merombak motor harian menjadi motor Superbike masih terjangkau kantong.




for Harus Tau:




]http://cdn-u.kaskus.co.id/51/c9xkmbbi.jpg





**

:hope: :hope: :hope:

Ngomongin masalah mesin Superbike rada repot bin rumit. Karena tiap mesin yang dipakai di Superbike dicabeinsi oleh konfigurasi silinder, kapasitas CC sampai dengan bobot motor. Contoh : mesin 2 silinder diijinkan memiliki CC sampai dengan 1200 CC dan mesin 4 silinder hanya dicabeinsi sampai dengan 1000 CC, sedangkan kapasitas motor yang diijinkan untuk ikut Siperbike adalah di atas 750 CC. Kalo ada motor dengan kapasitas di bawah 750 CC, maka motor ikut harus ikut kelas Supersport bukan Superbike. Regulasi teknis Superbike yang membatasi kapasitas mesin berdasarkan jumlah silinder, mungkin akan berubah tiap tahun, bergantung dari pabrikan motor peserta Superbike akan memproduksi motor massal yang seperti apa.






[spoiler=open this] for Harus Tau:




http://cdn-u.kaskus.co.id/51/zg1pfgcs.jpg





**

:hope: :hope: :hope:

Berbeda dengan MotoGP, dalam MotoGP motor yang digunakan bebas mau diapain aja, asal tidak melanggar regulasi yang ada, regulasi yang ada sekarang (2008) membatasi kapasitas mesin maksimal 800cc untuk semua konfigurasi mesin, baik inline, 4 silinder, 5 silinder, V-Twin, dll (setahu saya). Teknologi canggih yang dikembangkan oleh para insiyur motor yang terlibat dalam MotoGP, diharapkan bisa diadopsi oleh motor harian. Sehingga jangan heran kalo ada yang menyebut MotoGP adalah sebuah proyek riset atau laboratorium berjalan.





http://cdn-u.kaskus.co.id/51/olv8urpl.jpg

http://cdn-u.kaskus.co.id/51/6qrqur0s.jpg

http://cdn-u.kaskus.co.id/51/9npyqyuf.jpg

http://cdn-u.kaskus.co.id/51/o2cxxop0.jpg

:hope: :hope: :hope:



:rate5 :melonndan: :rate5 :melonndan: :rate5 :melonndan:

</div>