bakriegroup
27th May 2012, 03:31 PM
Selamat siang agan-agan sekalian :ceriwislove:
Udah lama ane pengen ngepost trit tentang KERETA API INDONESIA
Soalnya ane seneng banget ama alat transportasi yang satu ini :kiss:
Setelah muterin mbah GOOGLE plus liat ndiri dengan mata kepala telanjang http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/8.gif
Sedikit di bawah ini adalah keunikan kereta api inndonesia :loveindonesia:
1. Kereta Api Argo Dwipangga adalah satu-satunya kereta yang tidak menggunakan nama gunung meskipun di depannya menggunakan kata argo, seperti Argo Gede, Argo Lawu, Argo Wilis.
[/spoiler] for :
http://u.kaskus.co.id/3/4ihziv3r.jpg
2. Nama kereta Api Bangunkarta tujuan Jakarta-Jombang bukanlah nama kota, tetapi merupakan singkatan nama kota yang dilewatinya jomBANG madiUN jaKARTA.
for :
http://u.kaskus.co.id/3/lysv5g6n.jpg
3. Kereta Api Taksaka tujuan Jakarta-Yogyakarta berasal dari nama taksaka yang berarti naga
for :
http://u.kaskus.co.id/3/xvvsojbx.jpg
4. Sementara nama Kereta Api Sembrani berasal dari kata sembrani yang berarti kuda
5. Kereta Api Bima tujuan Jakarta-Surabaya yang melewati Yogyakarta dulu memiliki design berupa kamar, bukan tempat duduk
6. Jalur kereta api antara stasiun Cikini hingga Stasiun Jayakarta di Jakarta dulu menempel di tanah tidak dibangun rel layang seperti saat ini
7. Kalau anda mengira bahwa Terowongan Ijo adalah terowongan kereta api terpanjang di Indonesia, maka perkiraan anda salah. Terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang hingga saat tulisan ini dibuat masih aktif dlalui kereta api adalah Terowongan Sasaksaat yang terletak di antara Bandung dengan Purwakarta.
for :
http://u.kaskus.co.id/3/wgxnembn.jpg
8. Sementara jembatan kereta api terpanjang adalah Jembatan Cikubang yang berada di Jawa Barat, panjangnya sekitar 300 meter
for :
http://u.kaskus.co.id/3/wu2phd89.jpg
9. Di Jakarta stasiun dengan jumlah jalur keberangkatan terbanyak dan hampir semuanya aktif adalah Stasiun Jakarta Kota, dengan 12 jalur dan melayani seluruh penjuru kota Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan kota-kota di Pulau Jawa, dan ini adalah tantangan bagi para petugas untuk menginformasikan jalur pemberangkatan sesuai tujuan kereta kepada penumpang ;p
10. Stasiun yang telah bangun dari mati suri adalah Stasiun Tanjung Priok, setelah lama tidak berfungsi kini Stasiun Tanjung Priok yang merupakan peninggalan Belanda kini sudah melayani perjalanan dalam kota dan luar kota meskipun dalam jumlah yang terbatas
11. Depo kereta api terbesar di Asia Tenggara adalah depo kereta yang dibangun di Depok, Jawa Barat baru-baru ini
12. Di Jakarta mungkin terowongan kereta api hanya berada di sebelah selatan Stasiun Cawang yang di atasnya merupakan Jalan MT Haryono, sebuah jalan yang cukup lebar karena terdiri dari jalan tol dan jalan arteri
13. Di Jakarta anda masih bisa menemukan jalur kereta yang masih rel tunggal, yaitu antara Stasiun Duri hingga Stasiun Tangerang. Seharusnya jalur ini mampu membantu kepadatan Jaan Daan Mogot.
14. Pernah dengar Kereta Pakuan dan kereta ekspres lainnya di Jakarta? Di Jepang kereta tersebut adalah kereta kelas ekonomi, sementara di Jakarta?
15. Hanya Jabotabek yang memiliki elektrisasi kereta api, namun bagi warga Bandung ada kabar gembira, pemerintah akan membangin jaringan listrik dari Jakarta ke Bandung, entah kapan terealisasinya.
16. Tau Kereta Api Harina tujuan Bandung Semarang? Dulunya kereta ini melalui Bandung-Kroya-Purwokert-Prupuk-Semarang namun karena rute yang sepi penumpang maka kini KA Harina berubah trayek Bandung-Cikampek-Cirebon-Semarang
17. Kereta api tercepat yang diakui sampai saat ini adalah Argo Bromo Anggrek, dengan harga tiket antara 200-350 ribu rupiah anda dapat menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya hanya dengan waktu 9 jam! Uniknya penobatan kereta api tercepat di Indonesia bukan berdasarkan kecepatan kereta saja, tapi lebih dihitung berdasarkan jarak tempuh dengan waktu tempuh. Kenapa? Karena lokomotif Kereta Api Argo Bromo Anggrek tidak ada bedanya dengan Lokomotif Kereta Ekonomi Progo Jakarta-Lempuyangan
18. Kecelakaan kereta api yang paling fatal adalah tragedi Bintaro yang menewaskan lebih dari 100 orang
19. Anda tahu Kota Temanggung? Meskipun berada di ketinggian, kota ini dulu memiliki jalur kereta dengan tujuan Magelang Jogjakarta dan Ambarawa.
20. Stasiun Kampung Bandan adalah stasiun terunik, ada dua jalur rel yang saling berpapasan satu dibawah stasiun dan satu lagi di atasnya.
Bonus ni gan:
for :
http://u.kaskus.co.id/3/1jixxney.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/hhrkv4xp.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/vgdmifme.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/2vr6hc9c.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/barjctmw.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/p1q3mwkh.jpg
Kalo agan punya info menarik lain tentang kereta api silahkan share disini :shakehand:
Tambahan dari agan:
for :
[/quote][quote]
Originally Posted by fourtysixaholic
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=224992342#post224992342)
salam railfans, gan..
ane numpang share sekaligus menjawab beberapa pertanyaan agan2 sesuai pengetahuan yg ane milikin..
menurut info yg ane dapet, penyebab utama bangkrutnya KA Parahyangan adalah karena kelalaian operator kereta api dan jalan tol..
sejak jalan tol Cipularang dibuka mendadak untuk mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung bagi para delegasi Konferensi Asia Afrika, KA Parahyangan dan KA Argo Gede yg semula jadi primadona jelas lumpuh..
sebelum ada jalan tol, KA jurusan Jakarta-Bandung memakan waktu tempuh 3 jam (lebih cepat dibandingkan kendaraan pribadi yaitu 4-5 jam)..
sementara itu disisi lain muncul moda transportasi baru bernama travel yg sanggup melayani penumpang lebih baik dgn on time performancenya, plus diantar langsung sampai alamat tujuan, yg mampu menempuh jarak Jakarta-Bandung dalam waktu 2 jam (lewat tol Cipularang tentunya.. hehe.. curang kan?)
berbagai cara telah ditempuh PT KAI, diantaranya mencukur harga tiket, promo tiket gratis setelah membeli 10 tiket, memberi pelayanan yg lebih baik, sampai masinisnya kudu "racing" dengan kendaraan yg melewati tol Cipularang untuk mencatatkan waktu terbaik (2 jam, sama dgn kendaraan pribadi via tol)..
namun kondisi trek Jakarta-Bandung yg berbukit2 ditambah adanya beberapa titik yg rawan jika dilalui dgn kecepatan tinggi (ini ane menyaksikan sendiri : masih ada proyek utk membuat "double-track", perbaikan jembatan, dan adanya peminta-minta disepanjang rel), membuat masinis terpaksa mengendurkan kembali tuas gasnya dan berakibat molornya waktu tempuh..
kalo di pulau jawa, transportasi kereta api dibagi menjadi beberapa Daop (Daerah Operasi)..
misal Daop I Jakarta, Daop II Bandung, Daop IV Semarang, Daop VI Yogyakarta, Daop VIII Surabaya, dst..
sedangkan untuk luar pulau jawa (sumatera), dibagi menjadi 3 Divre (Divisi Regional) antara lain : Divre I Sumatera Utara & NAD, Divre II Sumatera Barat, dan Divre III Sumatera Selatan..
di pulau Sumatera, jasa angkutan kereta api lebih melegenda utk urusan mengangkut barang, meskipun ada juga kereta api penumpang yg menjadi andalan (seperti KA Sri Bilah, KA Putri Deli, KA Siantar Ekspres, KA Sriwijaya, dll.) ataupun KA Wisata (seperti KA Wisata Dangtuanku, KA Wisata Danau Singkarak, dan KA Wisata Mak Itam)..
kereta api non-passenger yg menjadi primadona adalah KA Babaranjang (Kereta Api BAtuBAra RAngkaian paNJANG)..
kereta ini umumnya ditarik oleh lokomotif CC 202 yg di-double traksi (dirangkai ganda)..
for penampakan CC 202:
http://i642.photobucket.com/albums/uu141/fourtysixaholic/p4200614pw6.jpg
selain itu, di sumatera ada juga pihak swasta yg turut terlibat mengoperasikan jasa angkutan kereta api dengan membeli lokomotif seri CC 203 sebanyak 4 unit..
ya, PT TEL (Tanjung Enim Lestari), sebuah perusahaan swasta yg menyediakan bahan baku pembuatan kertas..
perbedaan lokomotif CC 203 PT TEL dgn lokomotif CC 203 PT KAI terletak pada warna dan stripingnya..
jika lokomotif CC 203 milik PT KAI seluruhnya berwarna putih dengan gandar berwarna abu2 dan striping biru, lokomotif CC 203 milik PT TEL diwarnai hijau pada bodi, hitam pada gandar, dan menggunakan striping orange-kuning..
for penampakan CC 203 milik PT TEL:
http://i642.photobucket.com/albums/uu141/fourtysixaholic/3450569031_c105309cbc.jpg
di indonesia (utk operator KRL Jabodetabek, PT KAI Commuter) kelas ekonomi dibagi 2 jenis : KRL Ekonomi biasa dan KRL Ekonomi AC..
nah, KRL Ekonomi AC inilah yg merupakan kereta impor dan/atau hibah dari Jepang..
KRL Ekonomi AC dan KRL Ekspres sebenernya adalah rangkaian yg sama..
hanya saja perbedaanya terletak pada stasiun pemberhentiannya..
jika KRL Ekonomi AC berhenti di tiap2 stasiun dan perhentian, tidak demikian dengan KRL Ekspres..
KRL Ekspres hanya berhenti di stasiun awal, stasiun tujuan, ditambah 1 atau 2 stasiun besar...
jadi perbedaannya bukan dari segi fasilitas, tapi waktu tempuh yg relatif lebih cepat kalo agan naik KRL Ekspres..
jadi baik di Jepang dan Indonesia, sama2 kereta EKONOMI kan?
bedanya adalah di Jepang, itu kereta BEKAS..
masuk Indonesia, jadi kereta BARU..
:D
[spoiler=open this] for penampakan KRL Ekonomi AC Jabodetabek:
http://i642.photobucket.com/albums/uu141/fourtysixaholic/s2809080902.jpg
KEMANAPUN TUJUANNYA, KERETA API KENDARAANNYA..
:ceriwislove::loveindonesia
nb : kalo menurut agan TS nih info bermutu, tlg pajang di pejwan ya gan..
salam railfans
Sebelumnya maap kalo ane :repost: :repost:
Salam sukses buat perkeretaapian Indonesia :loveindonesia
BANZAI INDONESIAN RAILWAYS
</div>
Udah lama ane pengen ngepost trit tentang KERETA API INDONESIA
Soalnya ane seneng banget ama alat transportasi yang satu ini :kiss:
Setelah muterin mbah GOOGLE plus liat ndiri dengan mata kepala telanjang http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/8.gif
Sedikit di bawah ini adalah keunikan kereta api inndonesia :loveindonesia:
1. Kereta Api Argo Dwipangga adalah satu-satunya kereta yang tidak menggunakan nama gunung meskipun di depannya menggunakan kata argo, seperti Argo Gede, Argo Lawu, Argo Wilis.
[/spoiler] for :
http://u.kaskus.co.id/3/4ihziv3r.jpg
2. Nama kereta Api Bangunkarta tujuan Jakarta-Jombang bukanlah nama kota, tetapi merupakan singkatan nama kota yang dilewatinya jomBANG madiUN jaKARTA.
for :
http://u.kaskus.co.id/3/lysv5g6n.jpg
3. Kereta Api Taksaka tujuan Jakarta-Yogyakarta berasal dari nama taksaka yang berarti naga
for :
http://u.kaskus.co.id/3/xvvsojbx.jpg
4. Sementara nama Kereta Api Sembrani berasal dari kata sembrani yang berarti kuda
5. Kereta Api Bima tujuan Jakarta-Surabaya yang melewati Yogyakarta dulu memiliki design berupa kamar, bukan tempat duduk
6. Jalur kereta api antara stasiun Cikini hingga Stasiun Jayakarta di Jakarta dulu menempel di tanah tidak dibangun rel layang seperti saat ini
7. Kalau anda mengira bahwa Terowongan Ijo adalah terowongan kereta api terpanjang di Indonesia, maka perkiraan anda salah. Terowongan kereta api terpanjang di Indonesia yang hingga saat tulisan ini dibuat masih aktif dlalui kereta api adalah Terowongan Sasaksaat yang terletak di antara Bandung dengan Purwakarta.
for :
http://u.kaskus.co.id/3/wgxnembn.jpg
8. Sementara jembatan kereta api terpanjang adalah Jembatan Cikubang yang berada di Jawa Barat, panjangnya sekitar 300 meter
for :
http://u.kaskus.co.id/3/wu2phd89.jpg
9. Di Jakarta stasiun dengan jumlah jalur keberangkatan terbanyak dan hampir semuanya aktif adalah Stasiun Jakarta Kota, dengan 12 jalur dan melayani seluruh penjuru kota Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan kota-kota di Pulau Jawa, dan ini adalah tantangan bagi para petugas untuk menginformasikan jalur pemberangkatan sesuai tujuan kereta kepada penumpang ;p
10. Stasiun yang telah bangun dari mati suri adalah Stasiun Tanjung Priok, setelah lama tidak berfungsi kini Stasiun Tanjung Priok yang merupakan peninggalan Belanda kini sudah melayani perjalanan dalam kota dan luar kota meskipun dalam jumlah yang terbatas
11. Depo kereta api terbesar di Asia Tenggara adalah depo kereta yang dibangun di Depok, Jawa Barat baru-baru ini
12. Di Jakarta mungkin terowongan kereta api hanya berada di sebelah selatan Stasiun Cawang yang di atasnya merupakan Jalan MT Haryono, sebuah jalan yang cukup lebar karena terdiri dari jalan tol dan jalan arteri
13. Di Jakarta anda masih bisa menemukan jalur kereta yang masih rel tunggal, yaitu antara Stasiun Duri hingga Stasiun Tangerang. Seharusnya jalur ini mampu membantu kepadatan Jaan Daan Mogot.
14. Pernah dengar Kereta Pakuan dan kereta ekspres lainnya di Jakarta? Di Jepang kereta tersebut adalah kereta kelas ekonomi, sementara di Jakarta?
15. Hanya Jabotabek yang memiliki elektrisasi kereta api, namun bagi warga Bandung ada kabar gembira, pemerintah akan membangin jaringan listrik dari Jakarta ke Bandung, entah kapan terealisasinya.
16. Tau Kereta Api Harina tujuan Bandung Semarang? Dulunya kereta ini melalui Bandung-Kroya-Purwokert-Prupuk-Semarang namun karena rute yang sepi penumpang maka kini KA Harina berubah trayek Bandung-Cikampek-Cirebon-Semarang
17. Kereta api tercepat yang diakui sampai saat ini adalah Argo Bromo Anggrek, dengan harga tiket antara 200-350 ribu rupiah anda dapat menempuh perjalanan Jakarta-Surabaya hanya dengan waktu 9 jam! Uniknya penobatan kereta api tercepat di Indonesia bukan berdasarkan kecepatan kereta saja, tapi lebih dihitung berdasarkan jarak tempuh dengan waktu tempuh. Kenapa? Karena lokomotif Kereta Api Argo Bromo Anggrek tidak ada bedanya dengan Lokomotif Kereta Ekonomi Progo Jakarta-Lempuyangan
18. Kecelakaan kereta api yang paling fatal adalah tragedi Bintaro yang menewaskan lebih dari 100 orang
19. Anda tahu Kota Temanggung? Meskipun berada di ketinggian, kota ini dulu memiliki jalur kereta dengan tujuan Magelang Jogjakarta dan Ambarawa.
20. Stasiun Kampung Bandan adalah stasiun terunik, ada dua jalur rel yang saling berpapasan satu dibawah stasiun dan satu lagi di atasnya.
Bonus ni gan:
for :
http://u.kaskus.co.id/3/1jixxney.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/hhrkv4xp.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/vgdmifme.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/2vr6hc9c.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/barjctmw.jpg
for :
http://u.kaskus.co.id/3/p1q3mwkh.jpg
Kalo agan punya info menarik lain tentang kereta api silahkan share disini :shakehand:
Tambahan dari agan:
for :
[/quote][quote]
Originally Posted by fourtysixaholic
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=224992342#post224992342)
salam railfans, gan..
ane numpang share sekaligus menjawab beberapa pertanyaan agan2 sesuai pengetahuan yg ane milikin..
menurut info yg ane dapet, penyebab utama bangkrutnya KA Parahyangan adalah karena kelalaian operator kereta api dan jalan tol..
sejak jalan tol Cipularang dibuka mendadak untuk mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung bagi para delegasi Konferensi Asia Afrika, KA Parahyangan dan KA Argo Gede yg semula jadi primadona jelas lumpuh..
sebelum ada jalan tol, KA jurusan Jakarta-Bandung memakan waktu tempuh 3 jam (lebih cepat dibandingkan kendaraan pribadi yaitu 4-5 jam)..
sementara itu disisi lain muncul moda transportasi baru bernama travel yg sanggup melayani penumpang lebih baik dgn on time performancenya, plus diantar langsung sampai alamat tujuan, yg mampu menempuh jarak Jakarta-Bandung dalam waktu 2 jam (lewat tol Cipularang tentunya.. hehe.. curang kan?)
berbagai cara telah ditempuh PT KAI, diantaranya mencukur harga tiket, promo tiket gratis setelah membeli 10 tiket, memberi pelayanan yg lebih baik, sampai masinisnya kudu "racing" dengan kendaraan yg melewati tol Cipularang untuk mencatatkan waktu terbaik (2 jam, sama dgn kendaraan pribadi via tol)..
namun kondisi trek Jakarta-Bandung yg berbukit2 ditambah adanya beberapa titik yg rawan jika dilalui dgn kecepatan tinggi (ini ane menyaksikan sendiri : masih ada proyek utk membuat "double-track", perbaikan jembatan, dan adanya peminta-minta disepanjang rel), membuat masinis terpaksa mengendurkan kembali tuas gasnya dan berakibat molornya waktu tempuh..
kalo di pulau jawa, transportasi kereta api dibagi menjadi beberapa Daop (Daerah Operasi)..
misal Daop I Jakarta, Daop II Bandung, Daop IV Semarang, Daop VI Yogyakarta, Daop VIII Surabaya, dst..
sedangkan untuk luar pulau jawa (sumatera), dibagi menjadi 3 Divre (Divisi Regional) antara lain : Divre I Sumatera Utara & NAD, Divre II Sumatera Barat, dan Divre III Sumatera Selatan..
di pulau Sumatera, jasa angkutan kereta api lebih melegenda utk urusan mengangkut barang, meskipun ada juga kereta api penumpang yg menjadi andalan (seperti KA Sri Bilah, KA Putri Deli, KA Siantar Ekspres, KA Sriwijaya, dll.) ataupun KA Wisata (seperti KA Wisata Dangtuanku, KA Wisata Danau Singkarak, dan KA Wisata Mak Itam)..
kereta api non-passenger yg menjadi primadona adalah KA Babaranjang (Kereta Api BAtuBAra RAngkaian paNJANG)..
kereta ini umumnya ditarik oleh lokomotif CC 202 yg di-double traksi (dirangkai ganda)..
for penampakan CC 202:
http://i642.photobucket.com/albums/uu141/fourtysixaholic/p4200614pw6.jpg
selain itu, di sumatera ada juga pihak swasta yg turut terlibat mengoperasikan jasa angkutan kereta api dengan membeli lokomotif seri CC 203 sebanyak 4 unit..
ya, PT TEL (Tanjung Enim Lestari), sebuah perusahaan swasta yg menyediakan bahan baku pembuatan kertas..
perbedaan lokomotif CC 203 PT TEL dgn lokomotif CC 203 PT KAI terletak pada warna dan stripingnya..
jika lokomotif CC 203 milik PT KAI seluruhnya berwarna putih dengan gandar berwarna abu2 dan striping biru, lokomotif CC 203 milik PT TEL diwarnai hijau pada bodi, hitam pada gandar, dan menggunakan striping orange-kuning..
for penampakan CC 203 milik PT TEL:
http://i642.photobucket.com/albums/uu141/fourtysixaholic/3450569031_c105309cbc.jpg
di indonesia (utk operator KRL Jabodetabek, PT KAI Commuter) kelas ekonomi dibagi 2 jenis : KRL Ekonomi biasa dan KRL Ekonomi AC..
nah, KRL Ekonomi AC inilah yg merupakan kereta impor dan/atau hibah dari Jepang..
KRL Ekonomi AC dan KRL Ekspres sebenernya adalah rangkaian yg sama..
hanya saja perbedaanya terletak pada stasiun pemberhentiannya..
jika KRL Ekonomi AC berhenti di tiap2 stasiun dan perhentian, tidak demikian dengan KRL Ekspres..
KRL Ekspres hanya berhenti di stasiun awal, stasiun tujuan, ditambah 1 atau 2 stasiun besar...
jadi perbedaannya bukan dari segi fasilitas, tapi waktu tempuh yg relatif lebih cepat kalo agan naik KRL Ekspres..
jadi baik di Jepang dan Indonesia, sama2 kereta EKONOMI kan?
bedanya adalah di Jepang, itu kereta BEKAS..
masuk Indonesia, jadi kereta BARU..
:D
[spoiler=open this] for penampakan KRL Ekonomi AC Jabodetabek:
http://i642.photobucket.com/albums/uu141/fourtysixaholic/s2809080902.jpg
KEMANAPUN TUJUANNYA, KERETA API KENDARAANNYA..
:ceriwislove::loveindonesia
nb : kalo menurut agan TS nih info bermutu, tlg pajang di pejwan ya gan..
salam railfans
Sebelumnya maap kalo ane :repost: :repost:
Salam sukses buat perkeretaapian Indonesia :loveindonesia
BANZAI INDONESIAN RAILWAYS
</div>