tahugejrot
27th May 2012, 03:29 PM
Thread Pertama Nich!
http://static.kaskus.co.id/images/smilies/iloveindonesias.gif
Banyak mobil maupun sepeda motor sekarang yang menggunakan rem ABS, apaan sich ABS itu?
Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking sistem (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.
Sistem ini bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif.
http://cdn-u.kaskus.co.id/56/9syqvhkn.jpg
Nich contoh mobil yang pakai rem ABS , S class seri terbaru, mobil TS d masa depan, haha2http://static.kaskus.co.id/images/smilies/malus.gif
http://cdn-u.kaskus.co.id/56/u1uccyq5.jpg
Cara kerjanya
Cara Kerja
Ide dibalik teknologi ABS pada dasarnya sederhana. Biasanya saat rem diinjak secara penuh, keempat roda kendaraan akan langsung mengunci. Setelah itu, mobil meluncur lurus ke depan tak bisa dikendalikan dalam posisi membelok. Ketidakstabilan itulah yang sering terjadi pada sistem rem nonABS. Hal seperti itu, tentu menimbulkan risiko kecelakaan, apalagi bila di depannya ada rintangan.
Lain lagi dengan sistem ABS. Rem ini dirancang anti mengunci dengan tujuan untuk mencegah selip. Selain itu, membantu pengemudi memantapkan kendali pada setir dalam situasi pengereman mendadak. Dengan kata lain, ABS mencegah roda kendaraan untuk mengunci, mengurangi jarak yang diperlukan untuk berhenti dan memperbaiki pengendalian pengemudi di saat pengereman mendadak.
Proses kerja ABS, yaitu saat pengemudi menginjak rem, keempat roda langsung mengunci. Namun, saat pengemudi tiba-tiba membelokkan setir ke kiri atau ke kanan, komputer secara otomatis melepas roda yang terkunci. Dengan sistem itu, maka mobil bisa dikendalikan dan dihentikan, sekaligus menghindari rintangan di depannya.
Cara kerja ABS adalah mengurangi tekanan tiba-tiba minyak/oli rem pada kaliper kanvas yang menjepit piringan rem atau teromol. Tekanan minyak rem disalurkan secara bertahap. Sehingga secara perlahan-lahan kendaraan dapat dihentikan saat pengereman mendadak.
Jadi pada intinya dengan sistem ABS, maka kendaraan menjadi lebih aman, dan tentunya keselamatan penguna meningkat!
Sumber
[/quote][quote]
http://panjimitiqo.wordpress.com/201...raking-sistem/ (http://panjimitiqo.wordpress.com/2010/05/22/rem-abs-anti-lock-braking-sistem/)
TS mengharapkan :melon: dari yang sudah Iso
Tidak menerima :cabendan:
kalo belum ISO kasih :rate5
Maaf kalo :repost:
</div>
http://static.kaskus.co.id/images/smilies/iloveindonesias.gif
Banyak mobil maupun sepeda motor sekarang yang menggunakan rem ABS, apaan sich ABS itu?
Sistem rem anti terkunci atau anti-lock braking sistem (ABS) merupakan sistem pengereman pada mobil agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.
Sistem ini bekerja apabila pada mobil terjadi pengereman keras sehingga salah sebagian atau semua roda berhenti sementara mobil masih melaju, membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali. Ketika sensornya mendeteksi ada roda mengunci, ia akan memerintahkan piston rem untuk mengendurkan tekanan, lalu mengeraskannya kembali begitu roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, bisa mencapai 15 kali/detik. Efeknya adalah mobil tetap dapat dikendalikan dan jarak pengereman makin efektif.
http://cdn-u.kaskus.co.id/56/9syqvhkn.jpg
Nich contoh mobil yang pakai rem ABS , S class seri terbaru, mobil TS d masa depan, haha2http://static.kaskus.co.id/images/smilies/malus.gif
http://cdn-u.kaskus.co.id/56/u1uccyq5.jpg
Cara kerjanya
Cara Kerja
Ide dibalik teknologi ABS pada dasarnya sederhana. Biasanya saat rem diinjak secara penuh, keempat roda kendaraan akan langsung mengunci. Setelah itu, mobil meluncur lurus ke depan tak bisa dikendalikan dalam posisi membelok. Ketidakstabilan itulah yang sering terjadi pada sistem rem nonABS. Hal seperti itu, tentu menimbulkan risiko kecelakaan, apalagi bila di depannya ada rintangan.
Lain lagi dengan sistem ABS. Rem ini dirancang anti mengunci dengan tujuan untuk mencegah selip. Selain itu, membantu pengemudi memantapkan kendali pada setir dalam situasi pengereman mendadak. Dengan kata lain, ABS mencegah roda kendaraan untuk mengunci, mengurangi jarak yang diperlukan untuk berhenti dan memperbaiki pengendalian pengemudi di saat pengereman mendadak.
Proses kerja ABS, yaitu saat pengemudi menginjak rem, keempat roda langsung mengunci. Namun, saat pengemudi tiba-tiba membelokkan setir ke kiri atau ke kanan, komputer secara otomatis melepas roda yang terkunci. Dengan sistem itu, maka mobil bisa dikendalikan dan dihentikan, sekaligus menghindari rintangan di depannya.
Cara kerja ABS adalah mengurangi tekanan tiba-tiba minyak/oli rem pada kaliper kanvas yang menjepit piringan rem atau teromol. Tekanan minyak rem disalurkan secara bertahap. Sehingga secara perlahan-lahan kendaraan dapat dihentikan saat pengereman mendadak.
Jadi pada intinya dengan sistem ABS, maka kendaraan menjadi lebih aman, dan tentunya keselamatan penguna meningkat!
Sumber
[/quote][quote]
http://panjimitiqo.wordpress.com/201...raking-sistem/ (http://panjimitiqo.wordpress.com/2010/05/22/rem-abs-anti-lock-braking-sistem/)
TS mengharapkan :melon: dari yang sudah Iso
Tidak menerima :cabendan:
kalo belum ISO kasih :rate5
Maaf kalo :repost:
</div>