tahugejrot
27th May 2012, 03:25 PM
ane kasih contoh kasus : kalo agan markir motor/mobil di parkiran mall yang masuknya pake karcis dan tiba2 g ada angin g ada ujan motor/mobil agan ilang agan pasti kesel kan? :cabendan: mw komplen tapi di karcisnya ada tulisan kendaraan yang hilang/rusak pihak parkiran tidak bertanggung jawab (wtf g?) padahal agan kan dah bayar karcis,, so,, what you gona do?
:ide::ide:
SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG NO.8 TAHUN 1999, tentang perlindungan konsumen. Apabila konsumen merasa dirugikan maka konsumen dapat mengajukan gugatan secara litigasi ataupun non litigasi contohnya BPSK.
hal semacam tadi bisa agan gugat di BPSK gan karena tidak adanya tanggung jawab dari pihak mall tersebut,, (malah kasus kaya gini udah jadi YURISPUDENSI gan). jadi agan2 yang nanti kejadian hal kaya gini jangan sungkan2 ngegugat gan. BPSK juga melayani kasus2 lain yang menyangkut sengketa konsumen gan.
:2good:
jadi, buat agan yang mempunyai masalah sebagai konsumen BPSK bisa jadi solusinya gan,, kalo ke pengadilan pasti prosesnya lama dan butuh biaya yang banyak,, tp hal2 tersebut g bakal kejadian di BPSK gan. Karena di BPSK prosesnya singkat n murah gan,, penjelasanya pun cukup dengan menceritakan kronologi kejadian n bukti2 yang simple aja gan.
:loveindonesia
buat lebih rincinya ane kasih detainya nih gan
Bagaimana Cara Pengaduan Dilakukan ...?
Membuat surat permohonan kepada Ketua BPSK, Mengisi formulir pengaduan di kantor BPSK yang berisi :
-Nama, Alamat Pengadu dan Alamat yang diadukan
-Keterangan waktu/tempat terjadinya transaksi
-kronologis kejadian
-bukti-bukti yang lengkap seperti: Faktur, Kwitansi, Bon dll.
-Foto copy KTP pengadu.
Bagaimana Tata Cara Penyelesaian Sengketa di BPSK ...?
BPSK hanya menangani kasus PERDATA saja yang umumnya bersifat ganti rugi langsung yang dialami oleh konsumen atas kesalahan/kelalaian Pelaku Usaha.
Cara penyelesaian sengketa di BPSK dilakukan dengan cara :
1. KONSILIASI
2. MEDIASI
3. ARBITRASE.
Bagaimana Keputusan BPSK ...?
Keputusan BPSK bersifat FINAL dan MENGIKAT atau dengan kata lain wajib dan harus dipatuhi oleh Para Pihak yang bersengketa.
Prinsip BPSK Dalam Penyelesaian Sengketa
Prinsip BPSK melakukan penyelesaian sengketa adalah:
- Mengutamakan Musyawarah
- Cepat
- Murah
- Adil
tapi sayangnya g semua orang tau gan cz kurangnya dana sosialisasi, ane dapet info ini dari dosen ane dan lumayan buat bagi2 info buat agan2 biar para ceriwiser kalo dapet kejadian yang merugikan agan sebagai konsumen agan bisa nentang orang2 yang ngebodohin kita pake alesan g jelas.:maho
jadi,, semoga bermanfaat gan :shakehand::shakehand::shakehand:
</div>
:ide::ide:
SESUAI DENGAN UNDANG-UNDANG NO.8 TAHUN 1999, tentang perlindungan konsumen. Apabila konsumen merasa dirugikan maka konsumen dapat mengajukan gugatan secara litigasi ataupun non litigasi contohnya BPSK.
hal semacam tadi bisa agan gugat di BPSK gan karena tidak adanya tanggung jawab dari pihak mall tersebut,, (malah kasus kaya gini udah jadi YURISPUDENSI gan). jadi agan2 yang nanti kejadian hal kaya gini jangan sungkan2 ngegugat gan. BPSK juga melayani kasus2 lain yang menyangkut sengketa konsumen gan.
:2good:
jadi, buat agan yang mempunyai masalah sebagai konsumen BPSK bisa jadi solusinya gan,, kalo ke pengadilan pasti prosesnya lama dan butuh biaya yang banyak,, tp hal2 tersebut g bakal kejadian di BPSK gan. Karena di BPSK prosesnya singkat n murah gan,, penjelasanya pun cukup dengan menceritakan kronologi kejadian n bukti2 yang simple aja gan.
:loveindonesia
buat lebih rincinya ane kasih detainya nih gan
Bagaimana Cara Pengaduan Dilakukan ...?
Membuat surat permohonan kepada Ketua BPSK, Mengisi formulir pengaduan di kantor BPSK yang berisi :
-Nama, Alamat Pengadu dan Alamat yang diadukan
-Keterangan waktu/tempat terjadinya transaksi
-kronologis kejadian
-bukti-bukti yang lengkap seperti: Faktur, Kwitansi, Bon dll.
-Foto copy KTP pengadu.
Bagaimana Tata Cara Penyelesaian Sengketa di BPSK ...?
BPSK hanya menangani kasus PERDATA saja yang umumnya bersifat ganti rugi langsung yang dialami oleh konsumen atas kesalahan/kelalaian Pelaku Usaha.
Cara penyelesaian sengketa di BPSK dilakukan dengan cara :
1. KONSILIASI
2. MEDIASI
3. ARBITRASE.
Bagaimana Keputusan BPSK ...?
Keputusan BPSK bersifat FINAL dan MENGIKAT atau dengan kata lain wajib dan harus dipatuhi oleh Para Pihak yang bersengketa.
Prinsip BPSK Dalam Penyelesaian Sengketa
Prinsip BPSK melakukan penyelesaian sengketa adalah:
- Mengutamakan Musyawarah
- Cepat
- Murah
- Adil
tapi sayangnya g semua orang tau gan cz kurangnya dana sosialisasi, ane dapet info ini dari dosen ane dan lumayan buat bagi2 info buat agan2 biar para ceriwiser kalo dapet kejadian yang merugikan agan sebagai konsumen agan bisa nentang orang2 yang ngebodohin kita pake alesan g jelas.:maho
jadi,, semoga bermanfaat gan :shakehand::shakehand::shakehand:
</div>