Log in

View Full Version : Strategi Apple, Facebook dan Blackberry


baksourat
27th May 2012, 03:23 PM
Apple, Facebook dan Blackberry sekarang sepertinya menjadi tren di seluruh dunia. Cukup banyak orang yang memiliki pandangan bahwa jika punya apple, facebook, blackberry dan tiap hari kita berkutat dengannya ( misalnya tiap hari BBM an, facebookan, pegang2 handset apple/blackberry ) maka orang tersebut merasa sudah gaul, sukses, gaya, puas, mengikuti trend, dan rasa kesenangan dan kepuasan yang lain.

Terjadinya pembentukan trend ini entah di sengaja atau tidak, tentunya akan sangat menguntungkan ketiga merek di atas karena produk - produk mereka akan menjadi laris.

Sebenarnya strategi apa sih yang membuat ketiga perusahaan tersebut bisa membuat trend yang demikian dahsyat. Tentunya kita harus flashback beberapa tahun ke belakang dan melihat suatu titik waktu dimana suatu kejadian bisa membuat booming ketiga merek tersebut.



Pertama adalah Facebook.



http://www.mercuryfm.co.id/imager/Facebook_icon.png



Sebelum terjadinya kampanye presiden barack obama, saya melihat facebook saat itu masih setara dengan friendster dan bahkan di indonesia friendster lebih mendominasi di banding facebook, dan bahkan friendster bisa di bilang menjadi trend pengguna internet saat itu. Kemudian muncullah seorang obama yang dengan keunikannya mencalonkan diri sbg presiden USA. Dan karena keunikannya juga maka obama menjadi sorotan semua media dunia dan akhirnya menjadi calon yang sangat di unggulkan. Presdien pertama dari kulit hitam dan kampanye menggunakan facebook merupakan 2 keunikan yang paling sering di sorot di media di seluruh dunia. Akibatnya...blaaammm...seluruh dunia menjadi penasaran dgn facebook dan mencoba membuat akun dan bermain2 dgn facebook. Dan akhirnya facebook pun menjadi laris manis dan menjadi trend di karenakan obama dan liputan media seluruh dunia.



Kedua adalah Blackberry.



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/archive/7/73/20100402234136!Logo_Blackberry.jpg



Bagaimana blackberry bisa menjadi trend. Saya sendiri kurang menangkap kapan tepatnya blackberry mulai menjadi trend. Yang saya tahu tiba-tiba banyak artis indonesia yang dengan bangganya menunjukkan bahwa HP nya adalah blackberry, ga tahu para artis tersebut ikut2an artis luar yang pada pake blackberry juga atau si artis2 tersebut memang di ajak bekerja sama oleh RIM utk memboomingkan merek blackberry tsb.

Di karenakan banyak artis indo yg pake blackberry menjadikan merek ini menjadi trend di indonesia, dan karena harga saat itu yang berkisar 5 jutaan per HP menjadikan para pemegang blackberry seolah2 adalah para tajir, sukses, yang gaul dan mengikuti trend.



Ketiga adalah Apple.



http://www.tdwclub.com/wp-content/uploads/2011/04/Apple_Logo.jpg



Saya melihat bahwa Apple membentuk trend dengan cara menyisipkan iklan2 di film2 holllywood, khususnya film2 yang sukses dan menjadi box office. Bentuk iklannya sangat sederhana, sang pemeran utama memegang laptop atau handset yang ada gambar logo apple nya. Strategi yang sederhana ini terbukti ampuh membentuk tren pasar dunia karena banyak orang yang penasaran dengan logo apple tersebut dan kenapa para artis hollywood pada pake produk apple di film. Tidak hanya pada film, iklan2 ipod dan ipad juga banyak di sisipkan melalui berbagai kesempatan yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Bahkan presiden SBY pun pernah berpidato live se nusantara dengan ada logo apple yang ikut nampang di depannya. Penyisipan iklan di berbagai kesempatan sepertinya merupakan strategi ampuh apple membuat trend pasar.



Kalau menurut agan, strategi apa yang paling ampuh untuk membentuk trend pasar ?

</div>