demokrat
27th May 2012, 02:59 PM
Kembali ane mau share tips yang sangat berguna bagi agan yang mempunyai kendaraan bermotor(Bikers) moga aja ngga:repost: ,selamat membaca...
-17 tips cara mengiritkan bahan bakar di motor : :ngebut::ngebut:
1.cek tekanan ban:
sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat
menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum
mengendarainya.
2.cek kondisi roda
contoh dr kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya.sevav bila putaran roda berat atau tak presisi,jelas
akan memperlambat laju motor.pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan
sebagai na.
3.atur jarak main rem.
sebab,"bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat.sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama
jarak tempuh motor".makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main
tuas secara keseluruhan."jangan telalu rapat,krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".
4.pelumas.
daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna.ini akan menciptakan power mesin lebih optimal.sehingga lari motor lebih cepad(jarak tempuh jauh),namun
bensin hemat.ingat pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM),akan
membuat performa mesin selalu segar dan putaran na lancar.
5.setel klep.
celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih
dalam demi meraih akselerasi cepat.efek na,BBM banyak terpakai,untuk itu,kerenggangan komponen ini kudu disetel
tepat.sesuai spesifikasi motor masing".
6.setel kopling.
ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling
ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd
tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah
tipis/aus segeralah ganti baru.
7.busi.
umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM.lebih dr itu,performa busi mulai menurun.hasil
pembakaran di ruang bakar juga ngedrop.alhasil pemakaian BBM menjadi boros.sebab campuran gas jadi takterbakar
dengan sempurna.tenaga mesin pun loyo.oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin" lah dibersihkan saat servis rutin.sebab
bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi.selain itu,atur pula kerenggangan
elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
8.filter karburator.
dr data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km)komponent ini sudah cukup tebal di
tumpuki debu.padahal filter jenis viscous element yg di anut na tak boleh di bersihkan atau disemprot angin
bertekanan.sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.bila tampak kotor kudu
diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci.nah,saat sebelum filter karbu di ganti,konsumsi BBM vario itu
dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter.namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter.tarikan
motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.
9.servis/setel karburator.
di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran.sehingga selalu
didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air
screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga
0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
10.menaikan kompresi.
ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah.jd saat berakselerasi awal,rider tidak perlu buka gas terlalu
dalam,bensin pun irit.tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head.melain kan cukup
mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
11.upgrade sistem pendinginan.
stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu.makanya,akali dengan memasang oil cooler.untuk
motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario,CBR 150,kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan
mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.
12.upgrade mesin.
ditujukan buat motor berjam terbang tinggi,sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus.misal ring
piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.cukup mengembalikan kepresisian komponen" itu jadi
normal lagi.maka selain tenaga mesin meningkat,pemakaian BBM juga lebih irit.
13.pakai fuel saver.
tak haram lo,jika mau aplikasi part" pengirit bensin kayak:
-power FX
-femax
-ring bensin
-dan sebagai na.
sebab berdasarkan hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
14.upgrade pengapian.
sudah disinggung,busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas
percikannya.contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil
racing.langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
15.cdi racing.
mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing pengapian.umumnya dibikin lebih maju
dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing.dr hasil test,penerapan langkah ini
terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
16.ringan kan beban motor.
motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat.jd
sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yg
berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.
17.cara berkendara
kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!.kalo anda masuk suka
kebut"an,sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor
dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahanwaktu berakselerasi,memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan
putaran mesin yg pas,dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
Semoga bermanfaat...
Sumber :
[/spoiler][spoiler=open this] for Sumber:
Forum hai-online
ceriwiser yang baik selalu tinggalkan koment yang bermutu..
Agan yang sudah iso ane tunggu melonnya yah he.he... http://static.kaskus.co.id/images/smilies/melons.gif http://static.kaskus.co.id/images/smilies/melons.gif http://static.kaskus.co.id/images/smilies/melons.gif
Kalau yang belum iso tolong di bantu rate yah,biar thread ini bisa di baca bikers semua.http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/113.gif http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/113.gif
</div>
-17 tips cara mengiritkan bahan bakar di motor : :ngebut::ngebut:
1.cek tekanan ban:
sepele,tapi besar manfaatnya dlm menekan konsumsi bensin.karena klo tekanan angin kurang,sesuai riset,dapat
menimbulkan keborosan BBM 10-15%.jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum
mengendarainya.
2.cek kondisi roda
contoh dr kelurusan putaran,kelancaran putaran roda dan lainnya.sevav bila putaran roda berat atau tak presisi,jelas
akan memperlambat laju motor.pemicunya pelek tidak center(speleng),bearing roda aus,atau kurang pelumasan dan
sebagai na.
3.atur jarak main rem.
sebab,"bila rem sampai menempel,tentu akan bikin lari motor jadi berat.sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama
jarak tempuh motor".makanya,atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main
tuas secara keseluruhan."jangan telalu rapat,krn dikhawatirkan kampas rem jd menempel".
4.pelumas.
daya lumas oli yg baik,mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna.ini akan menciptakan power mesin lebih optimal.sehingga lari motor lebih cepad(jarak tempuh jauh),namun
bensin hemat.ingat pengantian oli yg rutin dan tak melebihi batas servis yg di anjurkan(tiap 2.000-2.500KM),akan
membuat performa mesin selalu segar dan putaran na lancar.
5.setel klep.
celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. pengendara pun cenderung membetot gas lebih
dalam demi meraih akselerasi cepat.efek na,BBM banyak terpakai,untuk itu,kerenggangan komponen ini kudu disetel
tepat.sesuai spesifikasi motor masing".
6.setel kopling.
ini juga berpengaruh terhadap konsumsi BBM.setelanya jngn sampai terlalu sensitif.maksudnya,saat tuas kopling
ditekan,gigitan kampas kopling jd cepat ngelos.hal ini bikin kopling mudah selip saat gas di pelintir.lari motor pun jd
tertahan,tp putaran mesin meninggi.selain itu,pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik.bisa sudah
tipis/aus segeralah ganti baru.
7.busi.
umur kerja busi,efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM.lebih dr itu,performa busi mulai menurun.hasil
pembakaran di ruang bakar juga ngedrop.alhasil pemakaian BBM menjadi boros.sebab campuran gas jadi takterbakar
dengan sempurna.tenaga mesin pun loyo.oh ya,bila umur busi masih efektif,rajin" lah dibersihkan saat servis rutin.sebab
bila elektroda busi sampai diselimuti kerak,bisa menurunkan kualitas percikan busi.selain itu,atur pula kerenggangan
elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
8.filter karburator.
dr data hasil riset pada honda vario keluaran mei 2007(jarak tempuh 14.000Km)komponent ini sudah cukup tebal di
tumpuki debu.padahal filter jenis viscous element yg di anut na tak boleh di bersihkan atau disemprot angin
bertekanan.sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya.bila tampak kotor kudu
diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci.nah,saat sebelum filter karbu di ganti,konsumsi BBM vario itu
dalam pemakaian normal hanya 34-35km/liter.namun setelah di ganti baru,konsumsi BBM tembus 38km/liter.tarikan
motor pun jauh lebih enteng dibanding sebelum ganti filter.
9.servis/setel karburator.
di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran.sehingga selalu
didapap efek pengabutan bahan bakar yg sempurna.selain itu,setelan ketinggian pelampung,sekrup udara atau pilot air
screw jg sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin.bila dilakukan tepat,dapat memperbaiki power mesin hingga
0,5dk,dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
10.menaikan kompresi.
ini langkah meningkatkan torsi mesin di putaran bawah.jd saat berakselerasi awal,rider tidak perlu buka gas terlalu
dalam,bensin pun irit.tentu proses peninggian kompresi mesin tak ekstrem harus papas head.melain kan cukup
mengurangi ketebalan paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
11.upgrade sistem pendinginan.
stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu.makanya,akali dengan memasang oil cooler.untuk
motor penganut sistem pendingin cair kayak honda vario,CBR 150,kawasaki ninja dan lainnya,bila ingin sihu radiator dan
mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet,bisa menambahkan kipas pendingin.
12.upgrade mesin.
ditujukan buat motor berjam terbang tinggi,sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yg aus.misal ring
piston lemah,clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya.cukup mengembalikan kepresisian komponen" itu jadi
normal lagi.maka selain tenaga mesin meningkat,pemakaian BBM juga lebih irit.
13.pakai fuel saver.
tak haram lo,jika mau aplikasi part" pengirit bensin kayak:
-power FX
-femax
-ring bensin
-dan sebagai na.
sebab berdasarkan hasil riset,part" itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
14.upgrade pengapian.
sudah disinggung,busi berperan penting bagi tenaga mesin.nah,ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas
percikannya.contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil
racing.langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
15.cdi racing.
mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin,lewat mengatur ulang timing pengapian.umumnya dibikin lebih maju
dari timing standartnya.paling gampang,ganti otak pengapian dengan CDI tipe racing.dr hasil test,penerapan langkah ini
terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15% lo.
16.ringan kan beban motor.
motor yg berat,bikin lari ikut berat.pengendara jadi sering memilintir gas dalam" saat mau berakselerasi cepat.jd
sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yg dapat membuat bobot motor bertambah.gunakan variasi yg
berbobot enteng/ringan.misal pelek alumunium,swing arm dan sebagainya.
17.cara berkendara
kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yg benar!!.kalo anda masuk suka
kebut"an,sering memblayer gas saat motor berhenti,sering main selip kopling dan lain"nya.sebaiknya,jalankan motor
dengan kalem,mengurut gas perlahan-lahanwaktu berakselerasi,memposisikan perseneling pd kondisi kecepatan dan
putaran mesin yg pas,dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
Semoga bermanfaat...
Sumber :
[/spoiler][spoiler=open this] for Sumber:
Forum hai-online
ceriwiser yang baik selalu tinggalkan koment yang bermutu..
Agan yang sudah iso ane tunggu melonnya yah he.he... http://static.kaskus.co.id/images/smilies/melons.gif http://static.kaskus.co.id/images/smilies/melons.gif http://static.kaskus.co.id/images/smilies/melons.gif
Kalau yang belum iso tolong di bantu rate yah,biar thread ini bisa di baca bikers semua.http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/113.gif http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/113.gif
</div>