Log in

View Full Version : langkah2 UML itu gimana???


Permenkaret
20th November 2011, 02:02 AM
buat agan2 yang suka mrogram java ato mungkin mau membuat aplikasi yang terstruktur dengan perancangan??mungkin bisa di discuss di mari....gan...





mungkin ane juga masi noob tentang per-UMLan ini gan....tapi mungkin setelah di discuss dengan agan2 yang sudah master dalam pemrograman java / c / c# yang OOP mungkin bisa menambah ilmu gan.......



agan2 sekalian bisa download tools untuk membuat UML disini:



Maaf, link sebelumnya ga free license...



ane cari2 akhirnya ane pake ini:



http://www.softwareideas.net/



mungkin ini free (untuk user non commercial)



CMIIW



agan bisa download di sana.......



sekali lagi makasi agan2 yang udah mau share di mari....



dan ane pasti bakalan update ni tret karena ane punya seribu pertanyaan tentang UML



post agan2 yang udah di mari




Quote:






Originally Posted by phonoscope
http://static.kaskus.us/images/buttons/viewpost.gif (http://ceriwis.us/showthread.php?p=252648178#post252648178)


bukannya langkah nya bikin sendiri berdasarkan logika ? mau di taro dimana itu proses nya tergantung keinginan ?



seinget ane sih gitu gan... tapi ikutin aja perkuliahan nya... klo ga palak dosen nya buat private course :D







Quote:






Originally Posted by khaest
http://static.kaskus.us/images/buttons/viewpost.gif (http://ceriwis.us/showthread.php?p=252688751#post252688751)


==> Use case dibuat berdasar keperluan actor, merupakan �apa� yang dikerjakan system, bukan �bagaimana� system mengerjakannya

==>Use case diberi nama yang menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor.

Intinya...kita liat apa aja yg dikerjakan system

contoh :

http://u.kaskus.us/7/9jripgjt.jpg



Class Diagram = Membantu dalam visualisasi struktur kelas-kelas dari suatu system dan hubungan antar kelas (inheritance, aggregation, and association) dan penjelasan detail tiap kelas (methode/function/behavior dan atribut/property/data)

Statechart = Untuk memodelkan behavior/methode (lifecycle) sebuah kelas atau object

Activity Diagram = urutan2 kejadian dr system tersebut



jadi gunanya usecase :D coba agan pikirkan kan dari perbedaan2 tersebut :P

gtu bukan gan :D







Quote:






Originally Posted by 1x4n
http://static.kaskus.us/images/buttons/viewpost.gif (http://ceriwis.us/showthread.php?p=252690551#post252690551)


mending cari ebooknya biar enak

penjelasan agan khaest dah mantap tapi untuk yang dah ngerti

kalo masih lum ngerti mending googling cari ebooknya en video tutsnya



saya sendiri kuliah RPL ga ngerti pas dosen nerangin :D

lebih enak cari2 sendiri :naikkuda:

kalo saya urutannya sih buat

1. use case

2. class

3. sequence

4. collaboration

5. statechart

6. activity (if needed)








</div>