Log in

View Full Version : Tips Perawatan Mesin Pada Kendaraan ANda


GadoGado
18th September 2010, 08:10 PM
Perawatan Rutin Menurut Jarak Tempuh Kendaraan

Pada kendaraan perlu dilakukan perawatan rutin meliputi sejumlah komponen penting. Apa saja dan pada kilometer berapakah komponen kendaraan anda perlu diperiksa ?

Sebaiknya anda baca tips berikut ini:

- Setiap 5.000 km. Filter oli mesin dirawat dengan mengganti oli mesin sintetis (pada mesin turbo).Setiap 10.000 km.
- Periksa system rem tangan dan setel ulang jika dianggap sudah terlalu tinggi (lebih dari 4 bunyi "klik").
- Periksa dan setel kembali system penghapus kaca dan lampu besar termasuk fungsi pencuci atau penyemprotan.
- Pastikan penghapus kaca lampu besar selalu berada pada posisi yang benar di atas stoppernya.
Jika tidak, dampaknya merusak motor penggeraknya.
- Berikan tambahan gemuk pada engsel pintu dan tutup mesin atau bagasi dengan menggunakan grease gun.
- Kencangkan baut-baut system kemudi dan suspensi depan.
- Periksa ban khususnya yang bersangkutan dengan masalah balancing.
- Periksa sepatu rem sekaligus system cakramnya barangkali sudah terjadi keausan yang tidak wajar.
- Ganti sepatu atau kanvas rem jika tingkat ketebalannya mencapai minimun 3 mm. Periksa girboks manual untuk mengecek
kemungkinan terjadinya kebocoran di samping jumlah oli yang ada di girboks.
- Cek knalpot anda, mungkin terjadi kerusakan pada pegangannya dan mungkin terjadi kebocoran.
- Kencangkan baut-baut suspensi belakang dan lakukan pemeriksaan final drive, mungkin terjadi kebocoran.
- Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kebocoran terjadinya kebocoran pada mesin, dan
bersihkan serta cuci mesinnya untuk memperoleh efek pendingin yang lebih baik serta umur mesin jadi lebih panjang.
- Ganti saringan oli mesin. Setiap 20.000 km.
- Periksa dan setel ulang pemilih gir apakah pergerakan tuas transmisi otomatisnya sesuai.
- Lakukan pemeriksaan rutin pada system kemudi dan suspensi depan.
- Periksa pipa-pipa rem dan redam kejut untuk menjaga kemungkinan terjadinya kebocoran.Kencangkan baut-baut suspensi
belakang setelah 10.000 km pengencangan pertama.
- Periksa apakah pada system rem dan saluran bahan bakar terjadi kebocoran jika perlu kencangkan klem-klemnya. Setiap
40.000 km.
- Periksa kemungkinan terjadi kerusakan pada system propeller shaft, bearing universal dan rubber joint. Merawat transmisi otomatis dengan cara mengganti oli transmisi .