PDA

View Full Version : Penting dan Mendesak


vals
31st July 2011, 08:07 AM
Penting dan Mendesak


http://3.bp.blogspot.com/_DU1HScGzyNU/S0cXxnaL9wI/AAAAAAAAAYc/3GzlOB9QBGA/s320/materi_training_penting_mendesak.jpg


Satu fakta sederhana yang membedakan efektif dan tidak efektif. Efektif berarti melakukan hal yang penting untuk dikerjakan. Pernahkah anda merasa, Menghabiskan waktu untuk kesibukan anda, tetapi setelah anda menyelesaikannya, anda merasa tidak memperoleh apapun? Problem tersebut tidak menunjukkan anda malas atau tidak produktif. Terlalu banyak hal yang kita lakukan seperti memeriksa email, fb/twitter-an, membersihkan meja kerja dan merapikannya. Sebenarnya anda tidak sesibuk itu, tapi kita melakukannya, menganggap hal itu seakan penting pada saat itu. Setelah menyelesaikan hal-hal "penting" ini, anda akan mendapati bahwa anda tidak sedang mencapai sesuatu, tidak merasakan kepuasan pada apa yang anda kerjakan. Kenapa anda merasa demikian? Ketika anda menghabiskan banyak waktu bekerja pada hal-hal mendesak, tak satupun dari apa yang anda kerjakan itu merupakan hal penting.

5 Cara yang dapat membuat anda tetap fokus pada hal yang lebih penting:

1. Membuat 3 Daftar Pekerjaan Paling Penting untuk 1 Hari ( MIT = Most Important Task )
Mungkin cara ini bukan salah satu cara terbaik untuk mengetahui apa pekerjaan yang paling penting. Tapi, membuat suatu daftar pekerjaan yang sangat penting dalam hari itu, bukanlah suatu ide yang buruk bukan. Mungkin anda perlu juga untuk bertanya kepada diri anda sendiri : " Jika saya hanya bisa melakukan tiga pekerjaan hari ini, Apa yang akan memberikan rasa kepuasan dalam melakukan/menyelesaikannya? "

2. Nilailah Pekerjaan
Cara termudah untuk mengetahui apa yang sudah anda kerjakan merupakan hal penting atau mendesak adalah memperhitungkan nilai/efek dari pekerjaan yang anda kerjakan terhadap diri anda sendiri ataupun kepada yang lain. "Berapa banyak nilai/dampak yang anda lakukan untuk diri sendiri atau orang lain?"

3. Dampak dari Pekerjaan
Cara lain untuk mengetahui seberapa penting pekerjaan yang anda lakukan adalah fokus pada dampak dari pekerjaan anda. Dampak yang positif dari pekerjaan anda untuk jangka waktu yang lama akan sangat berguna bagi anda. Melakukan updating status di fb/twiter memiliki dampak yang singkat daripada menulis sebuah artikel yang lebih berguna, yang dapat dibaca orang bertahun-tahun dari sekarang. Olahraga dan makanan sehat memiliki dampak yang lebih besar daripada hanya minum jus yang anda beli dari supermarket.

4. Utamakan yang paling Penting
Menyelesaikan MIT anda di pagi hari merupakan hal yang sangat bagus. Ketika anda menghabiskan waktu anda melakukan pekerjaan yang mendesak tetapi tidak penting, anda akan merasakan diri anda super sibuk. Pada saat anda mulai mencoba untuk melakukan pekerjaan yang benar-benar penting pada saat itu, pastinya lebih banyak gangguan pada hal-hal yang kelihatan lebih penting.

Menyelesaikan 3 pekerjaan paling penting pada pagi hari akan membuat suatu perbedaan pada hari itu. Sesibuk apapun anda pada hari itu tentu anda sudah melakukan pencapaian. Dan kesibukan-kesibukan anda yang lain dapat anda lakukan lagi.

5. Visi yang Jelas
Sejalan dengan menentukan pekerjaan paling penting tetapi kita juga harus memikirkan visinya. Jika anda tidak dapat mengukurnya, anda tidak akan bisa mengelolanya. Membuat visi adalah melihat secara obyektif 5,10 atau 20 tahun mendatang, hal ini akan menentukan posisi yang anda inginkan pada tahun-tahun tersebut. Hal ini juga dapat membuat anda berpikir tentang bagaimana rasanya, nantinya akan kelihatan seperti apa, bagaimana kedengarannya dan apakah anda akan menikmatinya, jika tujuan anda itu telah tercapai. Jika kita sudah mengerti gambaran masa depan yang kita inginkan, akan jauh lebih mudah untuk tetap fokus pada hal yang penting dan anda tidak akan terjebak dengan kesibukan anda

sumber: http://www.pickthebrain.com/blog/important-vs-urgent-5-ways-to-focus-on-what-really-matters/

dionless
31st July 2011, 12:28 PM
Ane dulu pernah di training leader ship. salah satu pembahasannya persis trit ts

:mantap:

vals
31st July 2011, 01:11 PM
Ane dulu pernah di training leader ship. salah satu pembahasannya persis trit ts

:mantap:
kalo mo ikut lagi,
besok tgl 7 agustus,
ogut yg fasilitasin,
buat mandan free deh..

DreamWorld
31st July 2011, 01:57 PM
kalo mo ikut lagi,
besok tgl 7 agustus,
ogut yg fasilitasin,
buat mandan free deh..
wah ndan jadi panitia nya :tanya:

vals
1st August 2011, 12:21 PM
wah ndan jadi panitia nya :tanya:
iya ndan, kebtulan ogut jadi co-fasilitatornya,
dateng ndan..
ok ok ....:mantap:

dionless
1st August 2011, 01:12 PM
iya ndan, kebtulan ogut jadi co-fasilitatornya,
dateng ndan..
ok ok ....:mantap:

TKP di mana ndan? :tanya:

ChandraDewi
1st August 2011, 01:33 PM
itu bedanya antara urgent dan important, zona 1, 2, 3, 4.
pasti semua bilang semua urusan sebisa mungkin dibikin jadi important but not urgent....
gimana ngga urgent kalo customer udah ngomel2 minta dikirimin...

ujung2nya jadi important dan urgent....

DodoLLipeT
1st August 2011, 05:30 PM
Point No.3 Doang Yg Gak Ane Jalanin !!! :shutup:

sonodhanny
1st August 2011, 06:28 PM
wah ilmu baru nih buat ane jalani,,, :belajar:

vals
1st August 2011, 11:15 PM
TKP di mana ndan? :tanya:
di limo, depok, setelah kubah mas,
persisnya lum tau, lum dksih rutenya dr pihak panitia

itu bedanya antara urgent dan important, zona 1, 2, 3, 4.
pasti semua bilang semua urusan sebisa mungkin dibikin jadi important but not urgent....
gimana ngga urgent kalo customer udah ngomel2 minta dikirimin...

ujung2nya jadi important dan urgent....
itu2 tuh yg bikin customer service suka jengkel,
custumer hanya ingin hak nya terpenuhi,
tapi ga ngerti kewajibannya :hammer:

Point No.3 Doang Yg Gak Ane Jalanin !!! :shutup:
bisa ndan..
lakuiin aja dulu, trus evaluasi,
dr hasil evaluasi itu, pasti dpt ptunjuk yg sip...:2good:
wah ilmu baru nih buat ane jalani,,, :belajar:
ini sbnernya udah lama, n biasa di pake di organisasi n perusahaan,
tapi sebenernya untuk kehidupan kita sehari-hari semua nya bisa ditrapkna n dilakukan..

DodoLLipeT
1st August 2011, 11:21 PM
di limo, depok, setelah kubah mas,
persisnya lum tau, lum dksih rutenya dr pihak panitia


itu2 tuh yg bikin customer service suka jengkel,
custumer hanya ingin hak nya terpenuhi,
tapi ga ngerti kewajibannya :hammer:


bisa ndan..
lakuiin aja dulu, trus evaluasi,
dr hasil evaluasi itu, pasti dpt ptunjuk yg sip...:2good:

ini sbnernya udah lama, n biasa di pake di organisasi n perusahaan,
tapi sebenernya untuk kehidupan kita sehari-hari semua nya bisa ditrapkna n dilakukan..
Udah Gak Bisa Ndan,,,Biarpun Ane Punya Jabatan Di Kantor Tapi Ane Masih Tetep Getol Buat Kerja !!! :shutup:

vals
1st August 2011, 11:38 PM
Udah Gak Bisa Ndan,,,Biarpun Ane Punya Jabatan Di Kantor Tapi Ane Masih Tetep Getol Buat Kerja !!! :shutup:
yg tertulis disitu sekedar contoh,
sekarang kan dah punya posisi yg sip n getol kerja..
saya mlihat bahwa mandan dah mampu utk fokus, dimana
mandan yg getol kerja, pada akhirnya memliki posisi jabatan di kantor.
jika mandan lebih fokus lagi pda pekerjaan pasti dampak positif itu akan bertambah, dan akan mendapatkan kenaikan jabatan/posisi/pendapatan dkantor

DodoLLipeT
1st August 2011, 11:45 PM
yg tertulis disitu sekedar contoh,
sekarang kan dah punya posisi yg sip n getol kerja..
saya mlihat bahwa mandan dah mampu utk fokus, dimana
mandan yg getol kerja, pada akhirnya memliki posisi jabatan di kantor.
jika mandan lebih fokus lagi pda pekerjaan pasti dampak positif itu akan bertambah, dan akan mendapatkan kenaikan jabatan/posisi/pendapatan dkantor
Meskipun Perkerjaan Ane Udah Mulai Terganggu Sama Ceriwis !!! :hammer:

vals
2nd August 2011, 12:04 AM
Meskipun Perkerjaan Ane Udah Mulai Terganggu Sama Ceriwis !!! :hammer:
aaah.. waktu kan bisa diatur..
kapan kita ngerjain pekerjaan utama
juga kapan kita nyeriwis bersama..
jangan sampe waktu yg ngatur kita..
bisa bablas semuanyaa..