PDA

View Full Version : [Share] Ulasan dan Saran tentang Satria FU 150 Menurut Pengalaman TS


KakekJongkok
23rd April 2016, 10:03 AM
[Share] Ulasan dan Saran tentang Satria FU 150 Menurut Pengalaman TS



Quote:Original Posted By sukmawansfu ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Selamat datang di thread ane :D



Update Dulu ahh :



Selamat Tahun Baru 2014 FUers


Spoiler for Satria FU 150 New Projector HID:
http://i60.tinypic.com/2q32ovl.jpg





Insyaallah ga repost juga , Karena ini pengalaman pribadi ane :D

maaf sebelumnya kalo ane ngepost di the lounge, karena the lounge rakyatnya banyak http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif



Assalamualaikum Wr. Wb ceriwisser



Quote:Original Posted By sukmawansfu ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Pagi para agan-agan dan aganwati ceriwisser, pagi ini ane membuat thread tentang motor ane yaitu : Satria FU 150, di thread ini sih ane mau berbagi cerita tentang suka duka nih dan beberapa ulasan tentang nih motor.


Spoiler for Satria FU 150:
http://i42.tinypic.com/33wv1u1.jpg







Disini ane bercerita dulu, Ane sering denger atau liat kenapa orang selalu bertanya dan bingung untuk membeli/memilih motor dan menanyakan motor tentang “bagusan mana” terutama anak muda : dengan pertanyaan “Dengan modal sekitar 20 juta Pilih Satria FU, Vixion,Byson, atau New Jupiter MX ?”. Sebenernya kalau ingin membeli motor itu diliat dari selera masing-masing orang, kalo seandainya agan/sist ngikutin orang lain nanti malah jatohnya nyesel http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ox6pkrrrw.gif . Lebih baik agan atau aganwati sekalian sebelum membeli motor , agan harus mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan motor yang agan pilih apa aja ? sebagus-bagusnya atau semahal-mahalnya motor ya tetep aja kehujanan juga. http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif



Disini ane akan berbagi cerita dan informasi tentang motor ane (udah 1 tahun) biar agan dan aganwati agar gak bingung untuk memilih. kenapa ane memilih Satria FU 150 ? Ane akan jawab “Karena dengan harga 20 juta ane mendapatkan motor yang mempunyai keunggulan di bidang mesin dimulai dari DOHC,4Valve,SACS,6 Percepatan Transmisi Gear, 150cc.” ane memilih Satria bukan karena ane pengen bergaya atau apa, disini ane memilh karena ane menyesuaikan postur tubuh dan tinggi ane, ya lumayan paslah :D. jujur aja sebenernya ane lebih suka CBR 150R tapi karena budget jadi ane pilih ini http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtveegn8.gif



Oke mari kita bahas tentang motor ane “Satria FU 150” :D



Quote:Original Posted By 1 ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Pertama : Tentang Body


Spoiler for Body Satria FU 150:
http://i42.tinypic.com/2vt8x2t.jpg





Wah Mesinnya ini udah menggunakan DOHC,4 Valve, SACS (Suzuki Advance Cooling System). Pengalaman TS sih, ini motor kalo lawan SOHC pertama jelas kalah, kalo udah masuk RPM 7000 keatas baru dah ni motor ada tarikan dan TS udah pernah coba sampe 120 http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1itttkb.gif padahal masih bisa di gas lagi. Untuk Oli disaranin pake oli Enduro Racing 4 (Selain Baunya yang wangi permen karet juga membuat tarikan si FU sih ngacir) tapi kalo pengen nambah enak tarikannya pakailah Motul 5100 kalo gak salah 1 liternya Rp. 95.000,- di dkt rmh ane http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif



Quote:Original Posted By Bahan Bakar ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Tentang Bahan Bakar



Saran ane sih agan-agan yang punya Satria FU 150 pakailah “Pertamax” karena TS sendiri melihat sudah banyak orang-orang yang pake Premium http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtveegn8.gif, padahal ni motor kompresinya gede kalo gak salah sih 10:1 jadi minimal ya ngisi Pertamaxlah, lebih bagus lagi pake Shell Super Extra. http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif . kalo ente paksain pake premium dalam jangka waktu dekat dipastikan motor ente terutama mesin akan batuk-batuk http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif maksudnya itu motor agan mesinnya cepat panas karena oktan yang terkandung dalam premium 88 cukup rendah dan cepat terbakar sedangkan kompresi motor ini (10:1) membutuhkan pembakaran yang agak lama dikit dibandingkan premium yaitu pertamax (92) dan membutuhkan banyak biaya perawatan mesin biasanya sih kalo service besar kalo ente pake premium, kalo TS sih cari aman aja, ane isi pertamax mulu biar terawatt mesinnya, dan sampai sekarang bunyinya masih normal :D. http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif. Satria FU juga termasuk motor yang boros ane sering loh jemput ke kampus cewe ane (UNJ) bolak balik bojonggede –jakarta kira-kira jarak 120 km. dan itu memakan bensin 2 ¾ liter. Berarti ane isi pertamax ya abis Rp. 30.000,- , haduhhh http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif



<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;">Original Posted By 3 ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Ketiga : Tentang Velg dan Ban,Knalpot, dan Jok



Quote:Original Posted By Velg dan Ban ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Velg dan Ban


Spoiler for Satria FU 150:
http://i40.tinypic.com/34rf391.jpg





Untuk knalpot juga TS pakai yang standar, tujuannya biar ramah lingkungan dan tidak mengganggu disekitar lingkungan, kalo pengguna FU sih ane liat-liat banyak yang mengganti knlpot mereka menjadi knalot racing. Padahal knalpot racing itu salah satu penyebab menjadi mengubah suara mesin menjadi aneh, perubahan pada knalpot racing juga dapat memperboros si FU( udah Boros tambah boros pula) http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif. Ini udah dibuktikan loh, tmn ane juga beli ditahun yang sama, hanya berbeda beberapa bulan disaat dia menggunakan knalpot racing suaranya emang bikin pusing kepala, pas di tegur sama lingkungan sekitar,dia langsung ganti knalpot asli dan apa yang terjadi ?? suara mesinnya berubah jadi gak normal http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1itttkb.gif



<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;">Original Posted By Jok ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Jok


Spoiler for Jok Satria FU 150:
http://i42.tinypic.com/2wh1ohc.jpg





Quote:Original Posted By Tombol ECO ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Tombol ECO pada mode berfungsi sebagai alat untuk memberi informasi si pengguna motor FU agar menghemat penggunaan bahan bakar jika si pemakai menggunakan si FU dengan kecepatan tinggi atau lebih dari 5.000 RPM maka indicator warna putih akan menyala. Dengan menandakan si pengguna harus mengurangi kecepatan motor yang sudah ditentukan agar menghemat bahan bakar yang digunakan. Kebanyakan sih orang awam yang belum ngerti FU ,mereka salah pengertian mereka menggunakan mode eco tapi kebut2an dan bilang “pake mode eco aja biar irit !” padahal sama aja tong…. Tong…http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fbeg2zaps8px.gif


Spoiler for Mode ECO Satria FU 150:
http://i43.tinypic.com/2ylpbn5.jpg





Quote:Original Posted By Normal ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
Jika ditekan 3 x maka akan kembali ke mode normal , indicator juga tidak menyala tujuannya supa menghemat aki juga :D


Spoiler for Mode Normal Satria FU 150:
http://i43.tinypic.com/1z4fx2q.jpg





Quote:Original Posted By Service ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
B. Service 1 bulan sekali dan tepat waktu mengganti saringan oli



Nih ni yang musti harus dan kudu wajib (banyak amattttt) http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif , yap harus rajin ganti oli jangan sampai telat ya gan/sist ?? maximal sebulanlah kalau sering dipake, kalau jarang ya 1 bulan setengah lah, tujuannya ya untuk merawat mesin, kalo oli gak diganti bisa bobrok mesin http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif tau sendiri kan mesin FU tuh panasnya bukan main :D (tapi jangan buat masak telor dadar ya gan kalo mesin FU lagi panas ? :D gak disaranin soalnya http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtyfyn16.gif) kegunaan oli juga membuat agar tidak slip perkopling,nyaman dalam mengoper gigi, tarikan juga makin ngacir brooo http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif



Saringan oli juga sangat penting dalam jarak KM tertentu untuk rutin dalam penggantian, pertama ganti pas 500 KM kedua 7500 km, tujuan dari saringan oli adalah untuk memompa si oli naik keatas :D itu menurut pendapat yang sering nyervice motor ane. :D



Quote:Original Posted By Adjuster FU ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
C. Usahakan jangan sering menggeber si FU atau penarikan gas yang membuat Mesin FU terhentak/Kaget



Saran TS sih sebagai pengguna motor yang standar , jangan sering2 ngegeber atau menarik gas secara kasar, nanti malah ujung-ujungnya yang kena Adjuster Tensioner pada FU , apa itu adjuster tensioner adalah penyetting rantai keteng secara automatic yang tadinya kendor menjadi tidak kendor, alat ini bekerja dengan cara mendorong si rantai keteng agar tidak kendor menggunakan per yang kuat(haduh bahasanya http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif). Nah , disini terungkap kalau FU gampang sakit Karena si adjuster tensioner lemah dan ga kuat mendorong si rantai keteng pada mesin. Otomatis yang terkena dampaknya kalau ga cepat-cepat diganti semakin lama pemakaian ,semakin cepat pula klep yang rusak pada mesin . klep pada satria FU ada 4, kalo empat-empatnya ini bengkok gara-gara rantai keteng, otomatis maka mesin akan mati dan biaya yang dikeluarkan cukup besar 1 klep bisa mencapai 130 ribu/klep. Bisa agan hitung deh Rp 130.000 x 4 = 520.000 . gila kan biayanya ? http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fbeg2zaps8px.gif belum lagi biaya pemasangan klep dan lain2. Padahal hanya karena adjuster tensionernya gak diganti malah jadi fatal begini http://ceri.ws/smilies/c-mewek.gif. Oh iya kemaren si TS udah ganti Adjuster Tensioner dengan harga Rp. 175.000 (Ori), sama biaya pemasangan juga 25 ribu jadi total Rp. 200.000,- . oh iya TS gak menyarankan untuk main-main dengan Adjuster ya, karena sangat bahaya sekali bagi FU. http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1itttkb.gif



ciri-ciri kalo Adjuster Tensioner lemah biasanya saat mesin dingin ketika di sela atau dinyalakan maka akan bunyi (tek tek tek) bunyinya juga akan hilang saat mesin panas. Tapi kalo adjusternys uda lemah banget bunyi (tek tek tek) akan hadir dsetiap kita menarik gas pada motor, hal ini sangat rishi sekali buat TS http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif


Spoiler for Adjuster Tensioner Satria FU 150:
http://i44.tinypic.com/2ziablf.jpg





Quote:Original Posted By Kopling dan Rantai ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
D. Kopling dan Rantai pada motor



Untuk Kopling disarankan untuk di semprot pake chainlube, tujuannya biar gak seret saat meremas-remas kopling dan tidak cepat kering pada tali kopling (wah http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtvdpjkq.gif. Jangan ngeres ya pikirannya http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif)

Untuk rantai juga TS menggunakan chainlube , tujuannya juga sama agar rantai tidak kering dan tarikan makin lancar jaya :D , kekurangannya kalo terjadi ujan ya pasti tuh chainlube kalah. http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ohtveegn8.gif. Jadi seminggu sekali TS musti semprot dah tuh http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif


Spoiler for Rantai Satria FU 150:
http://i42.tinypic.com/30ml4hy.jpg





Nih chainlube yang TS gunakan :D
Spoiler for Chainlube:
http://i40.tinypic.com/4jqrvd.jpg





Di bagian leher pada knalpot juga sering terdapat banyak kerak yang menempel. Kalo TS sih rajin banget ampe bersih nih leher/ pipa knalpot http://ceri.ws/smilies/small_ngakak.gif


Spoiler for Pipa Knalpot FU:
http://i42.tinypic.com/e7zbrs.jpg





<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;">Original Posted By Busi pada FU ► (https://www.ceriwis.com/post/000000000000000000000000#post000000000000000000000 000)
F. Busi



Wah para pengguna FU harus hati-hati ni dijalan karena busi FU gampang kemasukan air ,karet penutup busi juga gampang robek oleh karena itu dicek ya para pengguna motror ini, daripada motor ente mogok ditengah jalan gara-gara busi kemasukan air http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif. Kalo ane sih rajin ngecek sekali sobek langsung dah cepet-cepet ganti tuh karetnya. Harganya sih sekitar Rp. 30.000,-


Spoiler for Busi FU:
http://i44.tinypic.com/mrsciu.jpg




<div class="spoiler">Spoiler for Lecet:
<div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_571ae5f281b1b" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">