Log in

View Full Version : Sejarah Singkat E-Sports, Salah Satu Olahraga Yang Kini Makin Berkembang


Balibul999
21st April 2016, 10:48 AM
http://s.kaskus.id/images/2015/03/26/3854313_20150326033615.png



http://s.kaskus.id/images/2015/04/08/6205580_20150408093245.gif


<div class="spoiler">Spoiler for No Repost:
<div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_57184d9c0f70f" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">http://s.kaskus.id/images/2016/04/06/6205580_20160406070155.png


<div class="spoiler">Spoiler for HT #15:
<div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_57184d9c0f821" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">Quote:ALHAMDULILLAH HT #15 GAN http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1iothbu.gif



http://s.kaskus.id/images/2016/04/08/6205580_20160408092207.png



http://s.kaskus.id/images/2015/11/16/2940442_20151116010937.png



Tahukah agan kalo sekarang main games bukan sekedar mencari kesenangan atau hobi, namun bisa menjadi salah satu pekerjaan yang menghasilkan uang pula. Yap, kini bermain games dikategorikan sebagai E-Sports atau singkatan dari Electronic Sports atau Olahraga Rekreasi Masyarakat. Dengan adanya E-Sports, kini para pemuda dari seluruh dunia dapat menyalurkat bakat dan minatnya melalui cabang olahraga ini. Bahkan di Indonesia sendiri pun sudah didirikan IeSPA atau Indonesia E-Sports Association dibawah naungan Kemenpora. Sebelum berkembangnya seperti saat ini, E-Sports memiliki sejarah panjang seperti halnya cabang olahraga lainnya. Berikut Sejarah Singkat E-Sports</span></span>



<span style="display:block; text-align:center;">http://s.kaskus.id/images/2014/09/02/3854313_20140902112407.png



<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;"><span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;">1. Before The Internet (1972–1989)
<div class="spoiler">Spoiler for 1:
<div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_57184d9c0f918" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">https://www.teamnxl.com/wp-content/uploads/2015/11/b9gurqb5fdiankgdoy7o.jpg



<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:Quote:2. After Internet (1990–1999)
<div class="spoiler">Spoiler for 2:
<div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_57184d9c0fa0a" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">https://www.teamnxl.com/wp-content/uploads/2015/11/john-carmack-e32012.jpg



StarCraft



Selain itu, Johnathan “Fatal1ty” Wendel yang merupakan salah satu gamer profesional generasi pertama legendaris yang sampai hari ini namanya masih diasosiasikan dengan pro-gamer juga baru memulai debut perdananya di Oktober 1999 untuk game Quake III Arena di CPL.



http://gaygamer.net/images/000450692.jpg



Quote:Quote:3. Global Tournaments Era (2000 – Sekarang)
Spoiler for 3:
http://www.eslgaming.com/sites/default/files/styles/blog_big/public/20150823_Steffie_Wunderl_ESLOneCNG-293.jpg?itok=gQG4Po-1



Twitch, salah satu media eSports terkemuka





http://s.kaskus.id/images/2014/09/02/3854313_20140902112407.png





Setelah sejarah singkat tadi, ada beberapa aspek yang bisa kita pelajari bersama tentang faktor apa sajakah yang membuat E-Sports berkembang.



Di sini, ada 2 aspek yang terkait erat dalam menentukan perkembangan e-sports: aspek monetisasi dan informasi. Sebelum ada sponsorship yang masif seperti sekarang ini, tentu saja, kompetisi e-sports tidak akan berumur panjang karena, faktanya, semua kegiatan yang ada di dunia ini pasti membutuhkan dana. Namun di sisi lain, para sponsor juga tidak akan mengucurkan dana jika kegiatan tersebut tidak terekspos secara masif. Contohnya saja, Qatar Airways tidak akan mengucurkan dana sampai 35 juta Euro jika penonton yang menyaksikan pertandingan dan mengikuti perkembangan berita Barcelona hanya jutaan orang.



Akses internet yang jauh lebih mudah sekarang ini membuka peluang e-sports terekspos secara masif di dunia maya. Di sisi monetisasi, bentuk sponsorship memang cukup ideal (paling tidak sampai saat ini) bagi kedua belah pihak, tim dan sponsor. Bagi tim gamer profesional, sponsorship memberikan akses untuk dapat terus berlatih mengasah skill tanpa harus pusing mencari nafkah. Bagi para sponsor, mereka dapat memasarkan produk lebih tepat sasaran karena memang para penonton dan fans e-sports jauh lebih spesifik ketimbang penonton infotainment dan sinetron.



Coba saja bayangkan iklan sponsor gaming di TV Indonesia. Iklannya tentu saja tidak akan efektif karena memang banyak sekali penonton yang bahkan tidak tahu apa itu equip gaming. Lagipula, bukankah lebih baik dananya diberikan untuk memberikan dukungan kepada tim gaming agar bisa terus berprestasi, ketimbang diberikan untuk para pemilik media televisi yang memang sudah kaya raya?



Lalu bagaimana dengan perkembangan dunia e-sports di Indonesia? Well, faktanya, paradigma gaming masih dianggap negatif oleh orang-orang awam Indonesia. Itu juga sebabnya kenapa sponsor-sponsor tim gaming di Indonesia bukanlah perusahaan lokal, namun justru perusahaan internasional. Selama paradigma itu masih belum berubah, kondisi e-sports kita akan berjalan lamban seperti siput karena ada begitu banyak perusahaan besar lokal yang tidak ingin brand-nya diasosiasikan dengan anak-anak muda yang kerjanya ‘hanya’ main game setiap hari.



So, apa yang bisa kita lakukan? Jika Anda merupakan salah satu penggemar e-sports dan hobi bermain game, kita bisa memulainya dengan membuktikan diri ke orang-orang awam tersebut bahwa bermain game itu tidak seburuk yang mereka kira. Kita bisa berprestasi, kita bisa berguna untuk orang-orang di sekitar kita, dan kita tidak menyerah setiap kali tantangan menghadang.



http://s.kaskus.id/images/2014/09/02/3854313_20140902112407.png



Quote:Team nxl> (https://www.teamnxl.com/news/sejarah-singkat-e-sports)



Dengan beberapa perubahan..



http://s.kaskus.id/images/2015/11/16/2940442_20151116010647.png



http://s.kaskus.id/images/2015/01/24/5595555_20150124084701.png

* Klik melon untuk memberi TS melon http://cdn.kaskus.com/images/smilies/melons.gif



<span style="display:block; text-align:center;"><a target="_blank" href="http://www.kaskus.co.id/thread/5586e8cae05227995e8b4574/special-thread-kaskus---revolution-----part-21/" onclick="_gaq.push(['_trackEvent', 'outbond', 'click', 'http://www.kaskus.co.id/thread/5586e8cae05227995e8b4574/special-thread-kaskus---revolution-----part-21/']);dataLayer.push({'event': 'trackEvent','eventDetails.category': 'outbond', 'eventDetails.action': 'click', 'eventDetails.label': 'http://www.kaskus.co.id/thread/5586e8cae05227995e8b4574/special-thread-kaskus---revolution-----part-21/'}); ">