DemiDiaLho
15th April 2016, 09:50 AM
Selamat datang lagi gan, thanks udah mampir dimari. Setelah sebelumnya ane posting soal dilema UN di sekolah ane :
http://ceri.ws/56ff2ef198e31b7f688b456b/dilema-un-2016-di-sma-ane/1
ane jadi pengen cerita mengenai suka dan duka jadi guru, apalagi mengajar di sekolah inklusi. Mungkin banyak yg udah posting macem gini, tp yg ceritain gimana ngajar di sekolah inklusi, mungkin masih sedikit.
Ok, sebelum denger curhatan ane, ada baiknya kita samain pemahaman kita dulu mengenai sekolah inklusi. Agan bisa check di wikipedia atau sumber yg lain juga ya. Kalo menurut ane, sekolah inklusi itu sekolah yg juga menerima anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk ikut belajar dalam kelas umum/reguler. Tapi bukan SLB ya gan..sekolah inklusi gak menerima down sindrome aka idiot, tuna rungu, tuna wicara, tuna netra, dll..sekolah inklusi pada umumnya cuma nerima Macem anak autis gan.
Jadi sekolah ini simplenya, di kelas ntu anaknya campur, ada anak2 yg normal ada jg yg autis. Yg maho gak ada gan..kegiatan belajar mengajar normal, materi jg normal, cuma levelnya yg harus kita bedain..
Udah jelas dan kebayang gan? Ok, lanjut lagi, jadi dimana suka dan dukanya?
SUKA
1) yg kita salut buat mereka yg ABK adalah : mereka selalu datang sekolah paliiiing pagi. Lebih cpt mereka gan drpada satpam buka gerbang. jadi kalo kita sampe disekolah, mereka udah pada di loby dan menyambut kita..
2) anak2 ABK mempunyai dunia dan tingkah laku unik sendiri (bikin ketawa tiap hari) serta keahlian super unik. Murid ane ada yg itungan angkanya cepet, ngalahin guru mtk nya ngitung pake kalkulator..ada yg inget semua no plat kendaraan guru2nya, ulangtahun temen sekelas dan semua guru, bahkan no telfon ane dan yg lain gan..ada yg fluent bgt bahasa inggrisnya (kalo lagi marah, ngumpat dan ngoceh pake english bro), ada yg jago gambar (jadi kerjanya gambarrr trus, ane lagi ngajar aja digambar gan)
3) anak2 ABK itu perhatian bgt gan sama guru2nya..mereka karena dari pagi udah standby di loby, jadi tau urutan guru2 yg dateng..begitu ada guru yg gak dateng seperti biasanya, udah deh, ditanyain langsung ke kepseknya..
DUKA
1) karena di kelas dicampur, otomatis ane waktu ngajar harus nyiapin dua jenis materi dan soal sejenis tapi beda level. Juga perhatian lebih ke ABK. Alamat anak2 normal iri dan menganggap ane pilih kasih.
2) anak2 autis kalo hbs makan coklat, mereka bakal tantrum/ngamuk gan..alamat kelas gak kondusif bagi yg normal. Makanya kami harus pastiin coklat gak ada dalam makan mereka. Tapi kadang ada juga anak yg iseng ngasihin coklat waktu breaktime..1 jam kemudian, udah, pasti heboh di kelas itu..
udah gitu dulu gan, masih banyak sukanya sih gan daripada dukanya..
Mungkin agan ada yg nambahin..silakan
Salam guru</div></div></div>
http://ceri.ws/56ff2ef198e31b7f688b456b/dilema-un-2016-di-sma-ane/1
ane jadi pengen cerita mengenai suka dan duka jadi guru, apalagi mengajar di sekolah inklusi. Mungkin banyak yg udah posting macem gini, tp yg ceritain gimana ngajar di sekolah inklusi, mungkin masih sedikit.
Ok, sebelum denger curhatan ane, ada baiknya kita samain pemahaman kita dulu mengenai sekolah inklusi. Agan bisa check di wikipedia atau sumber yg lain juga ya. Kalo menurut ane, sekolah inklusi itu sekolah yg juga menerima anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk ikut belajar dalam kelas umum/reguler. Tapi bukan SLB ya gan..sekolah inklusi gak menerima down sindrome aka idiot, tuna rungu, tuna wicara, tuna netra, dll..sekolah inklusi pada umumnya cuma nerima Macem anak autis gan.
Jadi sekolah ini simplenya, di kelas ntu anaknya campur, ada anak2 yg normal ada jg yg autis. Yg maho gak ada gan..kegiatan belajar mengajar normal, materi jg normal, cuma levelnya yg harus kita bedain..
Udah jelas dan kebayang gan? Ok, lanjut lagi, jadi dimana suka dan dukanya?
SUKA
1) yg kita salut buat mereka yg ABK adalah : mereka selalu datang sekolah paliiiing pagi. Lebih cpt mereka gan drpada satpam buka gerbang. jadi kalo kita sampe disekolah, mereka udah pada di loby dan menyambut kita..
2) anak2 ABK mempunyai dunia dan tingkah laku unik sendiri (bikin ketawa tiap hari) serta keahlian super unik. Murid ane ada yg itungan angkanya cepet, ngalahin guru mtk nya ngitung pake kalkulator..ada yg inget semua no plat kendaraan guru2nya, ulangtahun temen sekelas dan semua guru, bahkan no telfon ane dan yg lain gan..ada yg fluent bgt bahasa inggrisnya (kalo lagi marah, ngumpat dan ngoceh pake english bro), ada yg jago gambar (jadi kerjanya gambarrr trus, ane lagi ngajar aja digambar gan)
3) anak2 ABK itu perhatian bgt gan sama guru2nya..mereka karena dari pagi udah standby di loby, jadi tau urutan guru2 yg dateng..begitu ada guru yg gak dateng seperti biasanya, udah deh, ditanyain langsung ke kepseknya..
DUKA
1) karena di kelas dicampur, otomatis ane waktu ngajar harus nyiapin dua jenis materi dan soal sejenis tapi beda level. Juga perhatian lebih ke ABK. Alamat anak2 normal iri dan menganggap ane pilih kasih.
2) anak2 autis kalo hbs makan coklat, mereka bakal tantrum/ngamuk gan..alamat kelas gak kondusif bagi yg normal. Makanya kami harus pastiin coklat gak ada dalam makan mereka. Tapi kadang ada juga anak yg iseng ngasihin coklat waktu breaktime..1 jam kemudian, udah, pasti heboh di kelas itu..
udah gitu dulu gan, masih banyak sukanya sih gan daripada dukanya..
Mungkin agan ada yg nambahin..silakan
Salam guru</div></div></div>