PDA

View Full Version : 16 Fakta Tentang Boeing 747


Sambalado99
15th April 2016, 09:29 AM
Salam buat Mimin, Momod dan ceriwisser se-Kaskus raya

Kali ini ane mencoba bikin thread yang bergubungan dan dunia pesawat gan. Yap, khususnya tentang Boeing 747. Bagi yang masih asing apa itu Boeing 747, nih ane coba kasih sedikit penjelasan dari om Wiki :



Quote:"Boeing 747, juga dikenal sebagai Jumbo Jet, adalah pesawat penumpang berbadan lebar terbesar kedua saat ini, setelah pesawat A380 beroperasi pada akhir Oktober 2007.



Pesawat empat mesin ini, diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, menggunakan konfigurasi dua dek dimana dek atas digunakan untuk kelas bisnis. Konfigurasi 3-kelas (kelas pertama, kelas bisnis dan kelas ekonomi) mampu menampung 400 penumpang dan konfigurasi 1-kelas (hanya kelas ekonomi saja) mampu menampung 600 penumpang.



747 dapat terbang pada kecepatan yang tinggi (umumnya 0,85 Mach atau 909 kilometer per jam) dan mampu terbang antara benua (dengan jarak maksimum 13.570 km sampai 15.000 km). Pada tahun 1989, Qantas terbang tanpa henti dari London ke Sydney, jarak penerbangan tersebut adalah sejauh 18.000 km dan di selesaikan dalam waktu 20 jam 9 menit. Namun penerbangan itu tidak mengangkut penumpang maupun kargo (pesawat kosong). Pada Mei 2004, 1382 pesawat Boeing 747, dengan berbagai konfigurasi, telah diperbaiki atau disempurnakan, menjadikan 747 salah satu produk Boeing yang paling sukses."



Jadi intinya pesawat Boeing jenis 747 ini merupakan pesawat penumpang berbadan lebar dan terbesar ke dua saat ini. Jangan salah, sebelumnya Boeing 747 ini pernah memegang rekor sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia sebelum 'dikalahkan' oleh Airbus A380 yang mulai beroperasi mulai tahun 2007. Bahkan saking ikonik-nya nih pesawat sampe dapat julukan "Queen of the Skies" lhoo.. :D



Sedikit Pict Boeing 747 :


Spoiler for 1:
http://img.planespotters.net/photo/252000/original/PK-GSE-Garuda-Indonesia-Boeing-747-200_PlanespottersNet_252286.jpg




Spoiler for 3:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/16/Boeing_747-8_N6067E_Paris_Air_Show_Beltyukov.jpg


Pesawat Boeing 747 pertama kali 'mengudara' pada Februari 1969 , hanya lima bulan sebelum Apollo 11 mendarat di bulan


.

Spoiler for Fakta 2:
http://www.boldmethod.com/images/blog/lists/2014/11/16-little-known-facts-about-the-boeing-747/2.jpg


Pendiri maskapai Pan Am (Pan American World Airways), Juan Trippe, mendorong Boeing untuk menciptakan sebuah jet yang dua kali lipat lebih besar dari pesawat jenis Boeing 707. Pada saat itu, lalu lintas bandara itu menjadi padat, dan lebih sedikit, pesawat dengan badan besar akan membantu Pan Am beroperasi lebih efisien.




Spoiler for Fakta 4:
http://www.boldmethod.com/images/blog/lists/2014/11/16-little-known-facts-about-the-boeing-747/4.jpg


Salah satu alasan utama dirancangnya dek atas (upper deck) adalah untuk memungkinkan 747 untuk dapat dengan mudah dikonversi menjadi pesawat kargo. Pada saat itu, perancang B747 berpikir transportasi supersonik akan membuat 747 cepat usang/ketinggalan jaman, dan perannya sebagai pesawat kargo akan sangat penting.




Spoiler for Fakta 6:
http://www.boldmethod.com/images/blog/lists/2014/11/16-little-known-facts-about-the-boeing-747/6.jpg


Penggunaan perangkat High-Lift (High-lift devices) yang kompleks membuat Boing 747 dapat beroperasi di bandara yang ada. Bilah slats (Leading edge slats) dan tiga bagian flaps (three-part fowler flaps) meningkatkan area sayap sebesar 21% dan meningkatkan daya angkat sebesar 90%.






Spoiler for Fakta 8:
http://www.boldmethod.com/images/blog/lists/2014/11/16-little-known-facts-about-the-boeing-747/8.jpg


Model awal dari 747 punya masalah getaran dikecepatan tinggi pada sayap. Para engineers memecahkan masalah dengan menempatkan depleted uranium counterweight (penjelasan soal ini ada yg bisa bantu jelasin? ane kurang faham :D) di mesin tempelnya.




Spoiler for Fakta 10:
http://www.boldmethod.com/images/blog/lists/2014/11/16-little-known-facts-about-the-boeing-747/10.jpg


Pengembangan 747-400 dimulai pada 1985. Dengan kaca kokpit baru, kebutuhan kru kokpit dikurangi dari tiga menjadi dua pilot.




Spoiler for Fakta 12:
http://www.boldmethod.com/images/learn-to-fly/aerodynamics/wing-sweep/primary.jpg


Pesawat Evergreen 747 Supertanker, sebuah modifikasi dari 742-200, adalah yang pesawat pemadam kebakaran terbesar di dunia. Pesawat ini dapat menyimpan hingga 20.000 galon bahan kimia untuk pemadam kebakaran.




Spoiler for Fakta 14:
http://www.boldmethod.com/images/blog/lists/2014/11/16-little-known-facts-about-the-boeing-747/14.jpg


NASA memilih 747 untuk mengangkut pesawat ulang-alik C-5 Galaxy karena dua alasan.

1) desain sayap yang rendah membuatnya mudah untuk mengangkut pesawat ulang-alik, dan

2) NASA bisa memiliki pesawat 747, sementara NASA tidak bisa memiliki Air Force C-5 (Pesawat angkut militer AS).






<div class="spoiler">Spoiler for Fakta 16:
<div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_57105211b949b" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">