PDA

View Full Version : Sejarah Perjalanan Honda GL-Pro Hingga Megapro di Indonesia


DorongLAgi
13th April 2016, 12:14 PM
http://s.kaskus.id/images/2015/02/13/5192606_20150213022557.jpg



GL-Pro pertama kali muncul sekitar tahun 1982 dengan memakai mesin 105cc dan pengapian platina, sepupu ane pernah punya nih gan GL-Pro dengan mesin 105cc pada blok silindernya dan pengapian platina. Nah buset yang bikin pusing nyetel platinanya itu kalo pas mbrebet di tengah jalan.... hahaha. Ciri khasnya mesin warna putih silver persis kayak gambar.



Honda GL-Pro 145 (white engine)

http://s.kaskus.id/images/2015/02/13/5192606_20150213023525.jpg



Belum puas dengan hadirnya GL Pro sebelumnya yang memiliki ciri khas mesin berwarna putih silver atau biasa disebut white engine. Honda mendatangkan Honda GL Pro secara CBU langsung dari Jepang dengan mesin berwarna hitam atau GL Pro Black Engine. Sekilas tidak ada perbedaan dengan kedua varian GL Pro berkapasitas 145cc ini. Selain mesin yang lebih awet dan tangguh, GL Pro Black Engine juga jauh lebih bertenaga serta akselerasinya sangat mengejutkan. Mungkin GL Pro ini merupakan jawaban atas kompetitor yang lebih bertenaga karena menggunakan mesin 2-tak, sedangkan Honda tetep pede dengan 4-tak. Hingga saat ini, GL Pro Black Engine masih menjadi incaran para pengguna sepedamotor. Bahkan menurut penuturan para "bikers", bahwa Honda GL Pro Black Engine mampu mengimbangi sepedamotor keluaran tahun terbaru yang berkapasitas 150cc.



Berikut spesifikasi GL Pro Black engine:

Mesin: 4-stroke, 1 silinder, OHC

Kapasitas mesin: 144,7 cc (145)

Bore x stroke: 61 x 49,5 mm

Rasio kompresi: 9,3 : 1

Max. power: 16 hp @ 8500 rpm

Pendingin: udara

Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)

Kopling: manual, tipe basah, double clutch

Battery/accu: 12V-4Ah

Busi: ND X24EP-U9 - NGK DP8EA-9

Pengapian: CDI-DC, battery

Drive: chain (rantai)

Berat: 103 kg

Starter: kick



Dimensi:

Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1062 mm

Jarak sumbu roda: 1281 mm

Tinggi jok: 772 mm

Jarak ke tanah: 149 mm



Rangka: diamond steel

Suspensi:



- depan: telescopic

- belakang: swing arm, double shockbreaker

Ban:

- depan: 2,75-18 - 42P

- belakang: 3,00-18 - 47P

Rem:

- depan: cakram, single piston

- belakang: drum (tromol)







Honda GL-Pro 160 (Neo Tech)

http://s.kaskus.id/images/2015/02/13/5192606_20150213024153.jpg



Mega Pro generasi pertama hadir sekitar tahun 1999-2001, yang dikenal dengan Megapro Neotech yang merupakan peralihan dari GL-Pro Neotech. Terjadi perubahan bentuk dari yang serba kotak menjadi serba membulat mulai dari body dan lampu. Mesin pun masih tetap sama menggunakan jenis GL-Pro 160cc Neo tech, tidak ada perubahan pada generasi ini. Kemudian Mega Pro generasi 2 hadir sekitar tahun 2002-2005. Bedanya dari generasi pertama hanya pada penambahan elektrik starter, terlihat jelas pada motor starter di dekat tutup aki sebelah kiri dimana terlihat lebih penuh. Untuk body sendiri tidak terjadi perubahan, perubahan tampilan hanya terjadi pada striping yang lebih manis dan mencolok. Dan pada tahun 2004 keluar versi velg CW untuk Megapro generasi ini yang merupakan edisi terakhir dari generasi Megapro ini hingga 2005.



http://s.kaskus.id/images/2015/02/13/5192606_20150213025723.jpg

Megapro CW





Honda Megapro 160 Advance (Primus)

http://s.kaskus.id/images/2015/02/13/5192606_20150213025822.jpg



Spesifikasi Honda Mega Pro Advance (Primus)



Dijual Tahun: 2006 - 2009



Mesin: 4-stroke, SOHC, 1 silinder

Diameter x langkah: 63.5 x 49.5 mm

Kapasitas mesin (volume langkah): 156.7cc (160)

Perbandingan kompresi: 9.0 : 1

Pendingin: udara

Max. power: 13.3 ps @ 8500 rpm

Max. torsi: 1.3 kgf.m @ 6000 rpm



Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)

Kopling: manual, tipe basah dan plat majemuk

Battery/ accu: 12V - 5 Ah

Pengapian: DC - CDI, Battery

Starter: electric dan kick

Busi: ND X 24 EP - U9/MGK DP8 EA-9

Tangki bbm: 13,2 liter

Berat:

- 126 kg, tipe SW

- 127 kg, tipe CW



Dimensi:

Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1065 mm

Jarak sumbu roda: 1281 mm

Jarak ke tanah: 149 mm

Tinggi jok: 774 mm



Rangka: pola berlian (diamod style)

Suspensi:

- depan: teleskopik

- belakang: swing arm, double shockbreaker

Ban:

- depan: 2.75 - 18 42P

- belakang: 3.00 - 18 47P

Rem:

- depan: cakram hidrolik dengan piston ganda

- belakang: tromol





Honda New Megapro 150

http://s.kaskus.id/images/2015/02/13/5192606_20150213030846.jpg



Spesifikasi New Megapro FI:

Kapasitas mesin: 149,5 cc (150)

Bore x stroke: 57,3 x 57,84 mm

Rasio kompresi: 9,5 : 1

Max power: 9,8 kw (13,3 ps) @ 8500 rpm

Max torque: 12,3 nm (1,25 kgf.m) @ 6500 rpm

Sistem bahan bakar: Full Injection (FI)

Kopling: manual, multiplate, wet clutch with coil spring

Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)

Starter: electric dan kick



Perlistrikan:

Battery (accu): 12v-3,5Ah

Busi: NGK CPR9EA-9

Pengapian: Full Transisterized



Dimensi:

Panjang x lebar x tinggi: 2052 x 742 x 1079 mm

Jarak sumbu roda: 1316 mm

Jarak ke tanah: 156 mm

Olie mesin: 1,0 liter (penggantian periodik)

Tangki bbm: 12,3 liter

Berat: 135 kg



Rangka: diamond

Suspensi:

- depan: telescopic

- belakang: swingarm, monoshock

Ban:

- depan: 80/100-17 M/C 46P

- belakang: 100/90-17 M/C 55P

Rem:

- depan: disc (cakram) hidraulik, double piston

- belakang: disc (cakram) hidraulik, single piston



Jika dilihat dari spesifikasinya, New Megapro FI ini mengalami penurunan power dari versi karbu, sebelumnya 13,7ps, kini hanya 13,3ps. Tapi yang sangat disayangkan dari hampir semua generasi Honda Pro series ini mulai jaman GL-Pro hingga Megapro selalu mengalami masalah pada tangki yang kerap bocor, mungkin material logam yang digunakan pada motor ini kurang baik, atau mungkin untuk menekan cost. Berbeda sekali dengan tangki kompetitor yang jarang mengalami masalah bocor. Inilah faktor minus dari motorsport keluaran Honda ini, tangkinya gak bisa awet gan.



Jika dilihat dari desain memang yang gak enak dilihat adalah desain setirnya yang terlalu tinggi, tidak lebar seperti saingannya Yamaha Byson yang lebih enak dilihat http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif. Dan untuk kaki-kaki juga meskipun telah memakai ukuran 17 untuk depan dan belakang, tetapi bannya masih kurang lebar, tidak seperti Byson http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif. Desain tutup tangki New Megapro ini masih terlihat jadul dan berbeda dari desain CB150 Dazzler yang beredar di India http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif mungkin untuk mengurangi cost lagi. Atau bisa jadi desain tutup tangki sengaja dibuat jadul agar memudahkan dalam penggantian tangki yang katanya kerap bocor http://cdn.kaskus.com/images/smilies/bingungs.gif. Bisa jadi... Karena dari dulu Honda di Indonesia selalu melengkapi motorsportnya dengan fitur tangki bocor http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif. Tapi info yang ane dapat untuk generasi New Megapro mulai 2011 ini Honda merevisi material logamnya sehingga lebih awet dari Megapro sebelumnya.



Kabarnya desain New Megapro ini adalah murni rancangan desain orang AHM Indonesia, tapi kenapa desain ini lebih dahulu muncul di india dengan nama CB 150 Dazzler? Entahlah, mungkin yang buat desain Indonesia, lalu yang pertama launching India http://cdn.kaskus.com/images/smilies/bingungs.gif.



Well, itulah sedikit ulasan tentang perjalanan GL-Pro hingga Megapro di Indonesia, yang hingga sekarang masih tetap dijual gan meskipun penjualannya kalah dari Honda Verza dan CB150R.



Sumber: dari segala sumber di Internet diedit dan digabung jadi satu :D



Tunggu update trit lainnya gan....</div></div></div>