Log in

View Full Version : Ane kena tipu di Alfa Midi gan??


JagoNyinyir
13th April 2016, 11:37 AM
barusan ane belanja di Alfa Midi, di deket puspiptek, muncul, tangsel, Banten,

ane gak mau pake sensor biar temannya, manager, karyawan, bos, alfamidi baca..,

dimana Profesionalnya Alfa Midi????

dari pada ane mengadukan ke YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) tentang usaha penipuan



ceritanya gini :

ane dan mantan pacar belanja buat sodara ane yang sakit, semisal biskuit, susu, buah2an dll,

pas lihat bandrol di bawah biskuit Roma sari kelapa, mantan pacar ane

bilang, "yah beli ini aja, kan harganya lbh murah dr yg lain", ane cek emang

Rp. 6.800, ane penasaran trus baca ketrangannya, bener Biscuit Roma Sari Kelapa, Rp. 6.800,-



yaudah mantan pacar ane ambil 4 buah dan beli barang yg lainnya,

karena buru2 langsung menuju kasir,

pas pertama kali di scan kan biskuit roma sari kelapa, ane lihat harganya Rp. 8.300,-



ane protes dong,

"mba kok harganya segitu, di rak bukan sgitu,.."

trus kasir dan ane menuju rak roma tersebut, dan bener harganya Rp. 6.800 , dan harga bandrol di ambil sm kasir

kalo ane ga protes mungkin lbh banyak lg yg kena tipu, karena bandrolnya gak diambil.

si emba diem aja dan menuju ke kasirnya

"kok bisa gitu mba,"

"iya mas ini blm di ganti udah update harga tanggal 16",

(pdahal skrang sudah jam 19.30 masa gak ada wktu buat ganti bandrol dari pagi? karyawan distu ngapain aja?)

"trus gmn? "

"ya harganya sesuai yg di kasir mas"

(gak profesional bgt kan) masa sudah ketahuan mau nipu masih enak blg gt,

trus ane udah kasih isyarat ke mantan pacar untuk cancel (gak jadi beli)

tapi karena buru2 mantan pacar ane gak faham, ya sudah di bayar lah sm mantan pacar ane.



padahal yg ane tahu, di carrefour, ada tulisan di tempat penitipan barang, klo gak salah sih.

"Beda harga barang di rak dan kasir, bayar yg lebih murah"



ane yakin sudah banyak yg kena tipu, karena barangnya tinggal sisa 2 lagi stlh mantan Pacar ane ambil 4

seharusnya kalo alfa midi gak mau konsmennya kabur, bukan gini caranya

(pura pura buat alibi harga lbh murah di rak, padahal di kasih mahal"



ane jg dulu pernah bolak balik ke indomart, untuk protes karena bandrol yg setahu ane di rak bukan segitu, masa di struk lbh mahal. krn baru cek di rumah.



nyesel bgt ane gak bisa foto harga yang ada di rak, karna buru2 lupa bawa HP... http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fb5ly1xldg9p.gif



Pesan TS:

==========

buat agan, yg mau belanja di mana aja, bukan di alfa aja, selalu cek harga di rak sama di kasir



ane gak mau ngejatuhin alda midi, karena alfa midi yg buat dirinya begitu, bangkrut or tambah maju bukan urusan ane, ane hanya konsumen merasa di rugikan



ane cuma mau di rate ato di coment biar tetep di atas, sukur sukur ada yng kasih melon, karena ane marasa haus udah kesel sm kasir alfa midi

supaya gak ada lagi konsumen yang di tipu oleh alfa midi
Spoiler for comment:

Quote:Original Posted By gaustf ► (https://www.ceriwis.com/post/516d64b77c1243a340000003#post516d64b77c1243a340000 003)
Ngeri jg y?ane pernah baca si gan ad ceriwisser bikin TS tentang temennya yg jadi kasir tapi dapet penghasilan besar,,die cerita temennya itu klo pas kembalian suka dikurangin,kadang kan klo kita belanja lsg pergi aj ga ngitung kembalian,..makanya kita harus waspada ama modus ky gini







Quote:Original Posted By Nuno_1 ► (https://www.ceriwis.com/post/516d70da1ad719a41f000005#post516d70da1ad719a41f000 005)
minggu lalu gw beli bir di alfa midi kampung tengah, condet

harga di rak beda dengan harga di scanner/kasir

gw baru sadar pas lagi jalan menuju pintu keluar

trus gw ajukan keluhan, ama supervisor nya selisih duit gw dikembalikan

emang cuman selisih 800 perak sih.

tp gw ga pake marah2 ato kesel, cuman bicara baik2 aje

memang peraturannya, kalo harga di kasir beda dengan harga di rak, yang berlaku adalah harga di rak

jadi kalo kasir tidak mengembalikan selisih harganya, itu sebuah pelanggaran

saran gw, selalu cek lagi harga di struk pembelian sebelum meninggalkan kasir :)

Quote:Original Posted By sundarkness88 ► (https://www.ceriwis.com/post/516d70f86012433a5200000d#post516d70f86012433a52000 00d)
Mau sedikit sharing gan..



Dulu ane mantan karyawan Indomar*t, tetangga sebelahnya.. tapi ane dibagian HRD'nya dan training kryawan (pramu & kasir), dan karna sama" perusahaan ritel minimarket jadi ane rasa sistemnya juga hampir sama..



Hal tersebut (yang agan alami) sangat sering sekali terjadi gan, ga cuma di minimarket yg agan sebutin tadi, di tempat ane dulu dan ane yakin di brand minimarket lain pun hal seperti ini sering sekali terjadi.. Dan penyebab utamanya sebenernya ada di SDMnya gan, ya karyawan toko itu sendiri.. Jadi bukan dari pihak manajemen perusahaannya yg menyuruh memakai taktik itu tapi emang dari sisi kemalasan karyawan tokonya..



kalo ditempat ane dulu bisa terjadi karna kasir tidak rutin update price tag setiap hari, karena setiap hari(pagi hari) manajemen kantor cabang sudah mengirimkan email update price tag.. Dan yang bertugas/bertanggung jawab untuk mencetak price tag baru dan menggantinya itu adalah tugas kasir.. Seringkali mereka malas untuk menggantinya, krna ga semua SDM yg ane rekruit dulu bener-bener bagus gan..



Dan memang bener kata agan, kalo antara harga di rak dan di kasir beda agan berhak mendapatkan harga yang paling murah.. nah satu lagi kecurangan yg dilakukan kasir tersebut adalah dia tidak memberikan agan harga yg termurah, sebab apa? sebab yg bakal dirugikan nantinya adalah kasir itu sendiri (bukan tim toko, bukan juga perusahaan), karna setelah tutup shift uang hasil penjualan akan dicocokan dengan data input penjualan harian, jika uang di kasiran minus maka kekurangan uang tersebut murni kasir yang saat itu menjaga shift tersebut sendiri yang menggantinya (termasuk salah kasi kembalian, salah struk, dsb), makanya dia bilang agan harus bayar sesuai harga di kasiran, agar dia gak ganti kekurangan selisih harganya (padahal memang harusnya tanggung jwb dia, karna itu kesalahan dia)



Saran ane: di dalam satu toko ada struktur organisasinya gan, pramuniaga dan kasir itu level paling bawah, di atasnya ada pemegang shift, agan bilang langsung aja, saya mau bicara dengan pemegang shifnya disini (pasti mereka langsung ketakutan), agan ancam saja kalo saya tidak mendapatkan harga termurah saya akan adukan ke info layanan konsumen.. karna di setiap toko ada nomor telpon untuk pengaduan konsumen gan..



Sekilas Info dari saya mudah-mudahan sedikit membantu http://s.kaskus.id/images/smilies/smilies_fbeqyos6i5nk.gif

Quote:Original Posted By ollacil ► (https://www.ceriwis.com/post/516d7c720975b4fe4600000c#post516d7c720975b4fe46000 00c)
emang suka gitu gan, gak cuma alfamidi, tp disemuaa minimarket seperti itu.

ane pernah mau beli cemilan rumput laut gitu di indomeret. di rak harganya 10rb, eh pas dikasir 11rb. emang si cm beda seribu, tapi kantetep aja merasa di rugikan n mereka gak konsisten banget ngasi harga



Quote:Original Posted By totokul ► (https://www.ceriwis.com/post/516d76598127cfce2d000009#post516d76598127cfce2d000 009)
ane kerja d toserba yog**,, yg pasti d prusahaan retail tu kepuasan konsumen tu d atas segala2x,, jd klo kesalahan harga mau gak mau konsumen cuma bayar yg tertera di pricetag tersebut walaupun salah,, klo perusahaan gk mau konsumen berhak komplain atas penipuan harga,,,



Quote:Original Posted By sepokat99 ► (https://www.ceriwis.com/post/516d74fb0b75b42d33000009#post516d74fb0b75b42d33000 009)
ane mantan pegawai alf* juga gan tapi bukan mi*i sekarang udah keluar. ane juga pernah gan kaya gitu di alfa mi*i. malah harga nya terpaut jauh tapi ane lupa berapa. di bilang penipuan sih menurut ane bukan juga gan dan yg pasti pegawai nya pada males ganti price tag update harga gan jadinya harga yg lama di biarin aja ga di ganti. dan ketika itu kejadian di toko ane dulu, konsumen membayar harga yg lebih murah yg ada di price tag tsb.



kalo berkenan taro page one gan.



Quote:Original Posted By douglaz ► (https://www.ceriwis.com/post/516d74a28227cf0551000008#post516d74a28227cf0551000 008)
sedikit mau jelasin soal 'Perubahan Harga' di usaha retail pasar modern seperti mini/middle/super/hyper market yang ada..



harga sebuah produk kan ga selalu sama, kadang naik - kadang turun,

untuk pasar modern sekelas alfamidi (middle mart) item yg di jual bisa >8000 jenis,

kebayang jika ada perubahan harga 10% saja dr item yg di jual (800'an jenis), wajar kalau ada yg terlewat/lupa di update harga barang (label price) yang ada di rak.. (namanya juga manusia) http://cdn.kaskus.com/images/smilies/s_sm_peace.gif



memang ada unsur keteledoran dari pihak toko/retailer, karena ada produk yg lupa di update harga di rak nya, padahal harga di komputer sudah update..

soalnya kan harga di rak itu harus di print terus di tempel manual di rak, utk item sbnyak itu kemungkinan terlewat bisa terjadi.



jadi TS jgn langsung menuduh retailer tsb menipu, ga mungkin lah sekelas carefour ato alfamidi mw melakukan kecurangan seperti itu, karena semua menyangkut nama baik Brand masing2.. http://cdn.kaskus.com/images/smilies/s_sm_peace.gif



ane tau karena IT Support di retail, tapi bukan retail yg lagi TS bahas..

Quote:Original Posted By dabuy09 ► (https://www.ceriwis.com/post/516d53901b76083c0f000008#post516d53901b76083c0f000 008)
saran bagus TS ane selama ini jg g pernah cek harga kalo beli apa2

kadang2 kalo beli rokok,rinso,kopi sabun,dll masa jadi mahal dah..padahal pas milih barang udh ngitung2 g akan lebih gocap..eh tau2'a lbih

g enak sih belanja di alfa2,make harga critical,susah ngitung jumlah'a







</div></div></div>