Log in

View Full Version : 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Buat Anda Dibenci Rekan Kerja


Gusnan
20th April 2015, 11:09 AM
http://cat.jp.as.criteo.com/delivery/lg.php?cppv=1&cpp=cvGjlHxYRVpZMEJUZHhCZlR2YWdZblBacmxVK1FTU3BRNX VNZi80MjlWR1o2NWtvNm1GaGN6NUh0SXhRL0pYUTMzUmpjc2VZ VXVTTmw4aW54RmVFVm9RVitYV0Q3VElrZUxubHV6c1l3dDRCWG RwUkxVMm9aYmt3U0RZUlVFMnZLTDErY2JRc2tiNzJ0VkFTRzl4 UDFWb1J6RjlWTlE5WU1oVlRWV1RzUlU0RFFibWJoZm5RT1VVcm t0ZWxqVEFaSS9CaU9qUnpEUmFYN1Y1WmpVemNUbTl2WXZRPT18
http://beta.newopenx.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=10613&campaignid=3382&zoneid=1158&loc=1&referer=http%3A%2F%2Fwolipop.detik.com%2Fread%2F20 15%2F04%2F20%2F065620%2F2891725%2F1133%2F5-kebiasaan-buruk-yang-bisa-buat-anda-dibenci-rekan-kerja%3Fw991100most&cb=92e40929a1



http://images.detik.com/content/2015/04/20/1133/karyawan1.jpg Dok. Thinkstock
Jakarta - Hampir semua karyawan ingin disukai teman-temannya. Sayangnya beberapa kebiasaan membuat mereka diam-diam dibenci para rekan. Sebagian profesional mungkin lebih memikirkan bagaimana meningkatkan performa kerja agar mereka tetap dipertahankan oleh perusahaan dan disenangi teman kerja. Padahal kebanyakan orang membenci rekannya lebih karena sikap yang kurang menyenangkan dari pada masalah kemampuan. Apa saja kebiasaan yang secara tak sadar menyebabkan atasan serta kolega kurang menyukai Anda? Simak lima daftarnya berikut ini:

1. Menusuk dari Belakang
Sebagus apapun talenta dan performa kerja seseorang, ia tidak akan disenangi jika karakternya kurang baik. Meski tidak ada yang sempurna di dunia ini, orang dengan sikap yang baik tentu lebih disukai. Salah satu hal yang paling dibenci para pekerja adalah ketika rekannya suka menjatuhkan. Terlebih jika hal itu dilakukan diam-diam di belakang orang yang bersangkutan. Misalnya dengan membicarakan kesalahan kolega langsung pada bos. Ketika Anda ketahuan suka 'menusuk dari belakang', Anda akan selalu terlihat salah.

2. Gosip
Tak bisa dipungkiri baik wanita dan pria senang mengetahui keburukan orang lain. Di sela-sela kerja, mereka pun kerap berbagi 'cerita'. Meski terasa mengasyikkan dan bisa melepas stress, sebaiknya kegiatan bergosip tidak dilakukan di tempat kerja. Karena hal tersebut bisa membuat Anda kurang dipercaya atasan.

"Berkumpul untuk membicarakan kejelekan atau nasib buruk orang lain bisa menyakiti orang yang bersangkutan jika hal itu sampai padanya. Bergosip juga membuat Anda terlihat negatif dan galak setiap saat, itu garansi," ujar Dr Travis Bradberry, President TalentSmart kepada BBC.

Baca Juga: 50 Momen Menghebokan dari Pekan Mode Dunia (http://wolipop.detik.com/thespotlight/50momen)

3. Mengeluh tentang Pekerjaan
Menjatuhkan atau membicarakan keburukan rekan adalah sikap yang sudah jelas buruk. Namun ada sejumlah kebiasaan yang mungkin Anda tak tahu jika itu bisa berdampak buruk. Yakni mengeluhkan masalah pekerjaan. Ketika Anda curhat mengenai peristiwa buruk yang terjadi di kantor pada keluarga atau teman, mungkin itu tidak jadi masalah. Namun bila melakukannya di depan rekan-rekan, Anda bisa dicap orang negatif yang menurunkan mood pekerja lainnya.

"Para bos akan cepat menangkap orang-orang yang membawa pengaruh buruk pada tim dan mereka tahu ada banyak orang yang dengan senang hati menggantikan dia," kata Travis.

4. Mengonsumsi Makanan Berbau
Kesalahan ini mungkin terdengar sepele serta mudah dimaafkan. Namun jika hal itu jadi kebiasaan, rekan-rekan pasti menaruh sedikit rasa kesal pada Anda. Bila Anda ingin membawa sebuah hidangan yang sepertinya berbau kurang sedap bagi sebagian orang, jangan makan di meja kerja. Bawalah bekal ke pantry atau ruangan yang tidak banyak orang.

5. Menyombongkan Diri
Ketika tengah bercerita dengan teman, terkadang kita sering tak sengaja membanggakan diri. Kebiasaan ini juga membuat orang tidak disukai rekan-rekannya. Terlebih ketika sesuatu yang disombongkan terkait urusan kerja yang sebenarnya merupakan hasil tim. Ketika Anda membicarakan sebuah keberhasilan terus menurus para kolega juga bisa mengartikan jika Anda jarang meraih kesuksesan.