PDA

View Full Version : DKI Akan Batasi Motor Pada Jam Sibuk!


skillfulmen
27th July 2010, 11:25 AM
http://u.ceriwis.us/img/93305sepeda_motor.jpg

DKI Akan Batasi Motor Pada Jam Sibuk
Pertumbuhan sepeda motor di Jakarta sudah mencapai 900 unit per hari.

http://media.vivanews.com/thumbs2/2009/06/19/72498_sepeda_motor_300_225.jpg

Pemerintah DKI akan membatasi sepeda motor untuk mengatasi kemacetan di Jakarta pada jam-jam sibuk. Ini dikarenakan pertumbuhan sepeda motor di Jakarta sudah mencapai 900 unit per hari.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, kajian akan segera dilakukan untuk menerapkan jam bebas kendaraan bermotor di kawasan tertentu. Rekayasa teknik jalan ini diharapkan dapat meminimalisir kemacetan yang kian parah.

Selain itu, Pemerintah DKI telah meminta Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI untuk menertibkan sepeda motor yang masih banyak melaju di sembarang jalur.

Pembatasan sepeda motor itu merupakan bagian dari berbagai rencana yang sedang disusun Pemerintah Jakarta untuk mengatasi kemacetan di Ibukota yang semakin parah.
Selain pembatasan sepeda motor, Pemerintah DKI juga sedang terus mengkaji penerapan sistem electronic road pricing (ERP) yang sudah memasuki tahap pembahasan final.

"Pengembangan sarana transportasi menjadi prioritas utama dalam agenda pembangunan. Itu tidak bisa ditawar lagi," kata Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta. Seperti dikutip dari beritajakarta.com, Selasa, 27 Juli 2010.

Rekayasa teknik jalan juga akan diterapkan melalui sterilisasi jalan dari parkir liar di Jalan Raya Pasar Minggu dan Jalan Buncit Raya, Jakarta Selatan. Kedua kawasan ini dianggap langganan macet. Banyaknya parkir liar di pinggir jalan pada dua kawasan itu sangat mengganggu arus kendaraan bermotor.

�Bila Pasar Minggu macet, maka kemacetan akan sampai ke pusat kota. Ini yang akan kita pecahkan dengan langkah-langkah penertiban dan pengaturan lalu lintas," kata Fauzi.

Selain itu Pemerintah DKI juga akan melakukan langkah-langkah untuk memperlancar alur lalu lintas di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, yang selama ini selalu saja menjadi simpul kemacetan. (kd)
sumber: vivanews

gini kalo pemerintah berpikiran sempit, harusnya yang dibenahi tuh infrastruktur jalan dan perbaikan kualitas transportasi umum, kalo itu udah bagus, ga perlu dibatasi juga para pengguna kendaraan pribadi termasuk motor bakal milih angkutan umum dan otomatis kepadatan kendaraan di jalan raya berkurang kan..

jojooukeh
27th July 2010, 12:33 PM
makin susah ya hidup di jakarta

kazuya
27th July 2010, 01:41 PM
menyangkut judul Pembatasan Motor pada Jam Sibuk ....
ya berarti berhubungan dengan jam kerja kantor
karena biasanya jam sibuk yaitu pada saat orang berangkat kerja dan pulang kerja.
dahulu pernah dibahas soal pengaturan jam masuk dan pulang kerja untuk daerah jaktim,jaksel,jakut,jakbar dan jakpus sehingga mengurang kemacetan

wacana yang bagus tapi semua itu hanya wacana dan sampai sekarang tidak terlaksana. jadinya tidak bagus lagi....

berikut linknya ....setahun yang lalu
http://www.detiknews.com/read/2009/01/06/212431/1064126/10/pemprov-dki-akan-gelar-sosialisasi-jam-masuk-kantor-swasta

thole
27th July 2010, 02:36 PM
ah dasar fauzi bowo geblek

junk
28th July 2010, 01:55 PM
[SPOILER] gini kalo pemerintah berpikiran sempit, harusnya yang dibenahi tuh infrastruktur jalan dan perbaikan kualitas transportasi umum, kalo itu udah bagus, ga perlu dibatasi juga para pengguna kendaraan pribadi termasuk motor bakal milih angkutan umum dan otomatis kepadatan kendaraan di jalan raya berkurang kan.. ane krg stuju ndan, jangan terburu menyalahkan pemerintah, menyalahkan emg mudah

ada benarnya kalo misal kita memakai alat transpotasi umum mgkin bs mengurangi macet, cz pengguna jalan ga sepadat ini
lagian dg gt bs hemat BBM jg kan,

yg menurut ane perlu pemerintah lakuin, perbaikin transportasi umum, kita sbg warga jg memilih memakai alat transportasi umum sbg solusi yang ditawarkan pemerintah

proteus
28th July 2010, 03:03 PM
Dasar Foke geblek.......
menang kumisnye aje......
:capedeh::capedeh:

ardi92
28th July 2010, 04:15 PM
Lebih bagusnya kalau yang dibatasi bukan hanya motor, tetapi KENDARAAN PRIBADI, karena selama ini yangmenjadi masalah ialah orang yang punya kendaraan pribadi tidak mau memakai KENDARAAN UMUM yang jelas2 mengurangi kemacetan.

IamaFreeMan
28th July 2010, 06:07 PM
Tauk lah tuh si foke, ga ada terobosan n solusi sama sekali dari dia. Yg ada malah menyalahkan warga. Klo gitu doang, semua orang jg bisa :capedeh:

e99r
28th July 2010, 08:22 PM
harusnya bikin busway yg terbang g makan jalan orang yang tadinya adem2 za malah dibkin sempit.

tuwagapat
28th July 2010, 10:35 PM
Kebijakan yg guobbblloookkkkkkkkkkk...SAMBER GELEDEK KL JD DITETAPKAN!!!
Jelas2 pengguna kendaraan motor itu warga menengah kebawah, dan motor tidak membuat macet krn gak makan lebar jalan, eh malah motor yg disalahin,...
Trus orang2 kaya yg satu keluarga punya 5-10 mobil kaga ada regulasi yg mengatur...
bener2 sampahhhhhh yg bikin kebijakan!!!
YANG KAYA MAKIN NYAMAN, YANG SUSAH TAMBAH DIBIKIN SUSAH...

sindhu
28th July 2010, 11:44 PM
...Jelas2 pengguna kendaraan motor itu warga menengah kebawah, dan motor tidak membuat macet krn gak makan lebar jalan, eh malah motor yg disalahin,...
Trus orang2 kaya yg satu keluarga punya 5-10 mobil kaga ada regulasi yg mengatur...
bener2 sampahhhhhh yg bikin kebijakan!!!
YANG KAYA MAKIN NYAMAN, YANG SUSAH TAMBAH DIBIKIN SUSAH...

S.E.T.U.J.U
kebijakan yg aneh & tolol.

freewilly
29th July 2010, 12:08 AM
http://www.pics24h.com/img/fun/long-cat.jpg

warnawarni
29th July 2010, 12:25 AM
sorry nih sebelumnya

coba pada lewat jl.s parman ampe halim

pada jam pulang kantor

yang bikin macet cuma pas pada mau masuk tol aja

sehabis masuk tol,.

Lancaaaaaaaaaaarrrrrr!!!!!!!!!

IrvanBanget
29th July 2010, 06:39 AM
ane krg stuju ndan, jangan terburu menyalahkan pemerintah, menyalahkan emg mudah

ada benarnya kalo misal kita memakai alat transpotasi umum mgkin bs mengurangi macet, cz pengguna jalan ga sepadat ini
lagian dg gt bs hemat BBM jg kan,

yg menurut ane perlu pemerintah lakuin, perbaikin transportasi umum, kita sbg warga jg memilih memakai alat transportasi umum sbg solusi yang ditawarkan pemerintah

Kebijakan yg guobbblloookkkkkkkkkkk...SAMBER GELEDEK KL JD DITETAPKAN!!!
Jelas2 pengguna kendaraan motor itu warga menengah kebawah, dan motor tidak membuat macet krn gak makan lebar jalan, eh malah motor yg disalahin,...
Trus orang2 kaya yg satu keluarga punya 5-10 mobil kaga ada regulasi yg mengatur...
bener2 sampahhhhhh yg bikin kebijakan!!!
YANG KAYA MAKIN NYAMAN, YANG SUSAH TAMBAH DIBIKIN SUSAH...

ane setuju banget sama post agan ber2 ini....
kalo emang mau dibikn kaya gitu bener kata agan junk perbaikin dulu fasilitasnya, kalo memang nyaman kan malah lebih enak naik transportasi umum nah kalo kata agan tuwagapat bener banget juga tuh gimana gak macet mobil tuh lebih gede dari pada motor.... coba kalo kepemilikan kendaraan mobil dibatasi 1 keluarga hanya boleh memiliki 1 mobil.... pasti lebih lega tuh jalanan.
:senyum2: :senyum2: :senyum2:

kesatriabergetar
29th July 2010, 08:13 AM
kalo menurut ane... justru Kendaran Roda Empat (mobil) yang perlu dibatasi.
kalo diliat perbandingan antara besar 1 unit mobil = 3 sampai 4 unit sepeda motor.

udah gede eh cuma dikendarai sama 1 orang....

Mubazir banget kan.....

(ane Ga terima balesan atas komen ane.... sekali lagi ini cuma pendapat ane) :deff:

sanitaryland
29th July 2010, 12:24 PM
lagi-lagi bang kumis asal jeplak :ngupil:

suman
29th July 2010, 08:09 PM
ane krg stuju ndan, jangan terburu menyalahkan pemerintah, menyalahkan emg mudah

ada benarnya kalo misal kita memakai alat transpotasi umum mgkin bs mengurangi macet, cz pengguna jalan ga sepadat ini
lagian dg gt bs hemat BBM jg kan,

yg menurut ane perlu pemerintah lakuin, perbaikin transportasi umum, kita sbg warga jg memilih memakai alat transportasi umum sbg solusi yang ditawarkan pemerintah

ente ga tinggal di jakarta sih :gg:
Posted via Mobile Device

kazuya
29th July 2010, 08:26 PM
ente ga tinggal di jakarta sih :gg:
Posted via Mobile Device

kalo saja pernah ngerasain antrianbusway yang puanjaaangg....:capedeh:
sampe kalo mau naek tuh dibeberapa halte buswayharus nunggu berapa kali putaran....uda desak2an ..dorong2an.......mending kl tertib.

itu juga masih mending kl busway nya berhenti di halte kadang terjadi halte dilewatin ama busway karena uda ga menampung lagi penumpangnya
tingkat kenyamanan minim.....tempat duduk penuh berdiri pun himpit2an,soal AC uda jangan ditanya lagi...ga bakal kerasa kl penuh sesak penumpang kyk gitu.

waktu jam kerja (pergi n pulang jam kerja kantor )uda dipastikan penuh sesak,diluar jam kerja juga masih juga penuh........
gimana orang mau pindah ke busway kalo kenyamanannya kyk gitu
murah sih murah.......tapi kl kyk gitu mending ane pake kendaraan pribadi.

udah frustasi tuh pemerintah DKI bikin ide batasin kendaraan pribadi ..
coba dulu wacana yang dulu pernah digagas ...penggiliran jam kerja...

PENGGILIRAN JAM KERJA lebih efektif dibanding ide gila kayak gitu............untuk mengatasi kemacetan
sekarang gmn coba aplikasi pembatasan kendaraan pribadi??
dengan jumlah kendaraan yang boleh keluar pada saat jam kerja??
dengan plat ganjil/genap yang diatur bergiliran pada hari kerja??

kalo penggiliran /pengaturan jam kerja di tiap wilayah DKI sudah diterapkan tapi masih tidak efektif baru cari gagasan lain....

sekian unek-unek dari ane yang "pernah" menggunakan busway sebagai alat transportasi untuk menuju kantor dan belom ada pikiran untuk kembali menggunakan transportasi tersebut sementara ini

younoob
24th August 2010, 07:24 PM
mungkin bisa nge fek nih :mantap:

pendekarloak
16th September 2010, 10:36 PM
:riang::riang: