Log in

View Full Version : Apakah JRPG Udah mati ? masih Sekarat ? atau masih kuat seperti sebelumnya ?


Ragnarocks
27th November 2012, 09:40 AM
�It�s the first RPG to surpass, instead of copy, movie-like storytelling"



[/spoiler] for kenangan:




http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:r68CqorXWqZ8dM::ngnews.files.wordpres s.com/2009/02/final-fantasy-vii-200804300438567861.jpg&t=1&h=195&w=260&usg=__OQTXx5YL4BkP6ZnxL9BdZhiVojU=

Golden era of JRPG :((










Sejenak nostalgia sama kata-kata majalah Electronic Game Monthly, Waktu mereview FFVIII (PsOne, 1997). Pada jamannya game ini merajai dunia video-game, dan sampai sekarang FFVII masih diperdebatkan sebagai RPG terbaik yang pernah dibuat. Terjual 2.3 juta keping pada 3 hari pertama penjualan DI JEPANG. Perbandingan aja, blockbuster game ps3 MGS IV aja "cuma" terjual 500rb keping di minggu pertama.



Tahun 90'an sepertinya era keemasan JRPG transisi konsol SNES ke PSX ga menghambat perkembangan JRPG. FF series, Earthbound, Dragon Quest, Xenogears bisa dibilang masterpiece RPG pada jamannya masing-masing. Cinematik yang bagus, Melodrama, Kata-kata rayuan gombal, turn based :p seakan jadi makanan sehari-hari, dan semakin menenggelamkan RPG barat yg tidak terdengar gaungnya di console.



Cukup nostalgianya, 13 tahun setelah era FFVII, FFXIII dirlis. Mengemban misi berat, mengembalikan kejayaan JRPG di dunia. Apakah berhasil ? Sayangnya ngga, karena cuma mendapat skor 83 di metacritics. Tentunya skor yg kecil untuk ukuran AAA Games + Ekspektasi sebagai penyelamat JRPG. Mungkin kalo grafiknya biasa-biasa aja FFXIII bakal tenggelam, bandingkan saja dengan Mass Effects Series, dan Fallout 3 yang mendapat rating 90++ di meta critics.



Jadi apakah JRPG Sudah mati ? Ya, setidaknya bagi saya :D:D



for borderlands:




]http://www.playgamehit.com/vdo/uploads/picture2/51.jpg

Cukup Jenius memasukan unsur RPG kedalam Game 1st Person










Penelitian mengatakan bahwa orang jepang takut bereksperimen itulah yang membuat JRPG tidak berkembang. Disaat RPG Barat sangat kreatif memasukan unsur RPG ke dalam sebuah game atau Memasukan unsur baru kepada sebuah RPG, seperti dialog wheels, good/bad. RPG jepang masih dengan ABG spiky bersenjata pedang menyelamatkan dunia, dunia fantasi, cewe magician cantik dengan sihir heal, grinding mati-matian supaya status naik.




[spoiler=open this] for charjrpg:




http://i420.photobucket.com/albums/pp288/foxmulder172/finalfantasy.jpg

stereotype -_-








Sedangkan di WRPG mengambil langkah 180 derajat. Character yg dibuat sendiri, skill yg kita bentuk sendiri, bahkan kebebasan menentukan nasib karakter kita. Menurut saya pribadi, gaya RPG barat yang sekarang lebih mengenai esensi "Role-Playing (bermain peran)" itu sendiri. Rasanya wajar jika formula belasan tahun lalu mengenai Anak ABG menyelamatkan dunia mulai ditinggalkan.



Tidak heran juga penggemar JRPG sekarang merupakan pemain lama yang sudah 10 tahun lebih bermain game. Sangat-sangat jarang gamer baru menjadi fans JRPG, apalagi ditambah makin kreatifnya WRPG. Kecuali mungkin apabila anda orang jepang, atau fans berat jejepangan :D:D:D. Pasalnya beberapa game yg nyaris tidak terdengar di kancah internasional menjadi jawara di Jepang seperti Dragon Quest VIII (yang saya mainkan selama 5 menit, setelah itu saya tinggalkan :hammer:) dan banyak contoh lainnya.



Monggo dicontreng, dikomen, dicaci, dan dimelonin :D:D:D http://static.kaskus.co.id/images/smilies/sumbangan/8.gif

</div>