PDA

View Full Version : Inilah Sebabnya Mengapa Ban Pesawat Dibuat Kecil


MikeGetho
3rd July 2010, 01:00 AM
Inilah Sebabnya Mengapa Ban Pesawat Dibuat Kecil (http://fathur-net.blogspot.com/2010/07/inilah-sebabnya-mengapa-ban-pesawat.html)



Ban pesawat terbang dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban yang berat, memberikan rasa nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika pesawat bergerak di landasan dengan kecepatan yang cukup tinggi.

http://1.1.1.3/bmi/catetanlaen.files.wordpress.com/2009/03/front_wheel_a1.jpg


Sebenarnya, ukuran ban pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban mobil. Memang ukuran ini tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat. Mengapa dipilih ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar menyulitkan ban tersebut menahan torsi berat pesawat.

http://1.1.1.1/bmi/img.photobucket.com/albums/v482/asw2989/Cabe08/P1040284.jpg


Ban pesawat bukan ban yang padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil penumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan berat pesawat yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih besar dari ban mobil.

http://1.1.1.5/bmi/foto.detik.com/images/content/2007/05/09/157/hawk3.jpg

Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali kecepatan maksimum mobil.

sumber:
Google.com

DWH
3rd July 2010, 01:05 AM
nice info ndaann... baru tahu nih.

MikeGetho
3rd July 2010, 01:10 AM
nice info ndaann... baru tahu nih.


ok ndan,,

semoga berguna untuk pengetahuan kita.

Mari berbagi bersama disini.

jojooukeh
3rd July 2010, 01:31 AM
Inilah Sebabnya Mengapa Ban Pesawat Dibuat Kecil (http://fathur-net.blogspot.com/2010/07/inilah-sebabnya-mengapa-ban-pesawat.html)



Ban pesawat terbang dirancang secara khusus untuk mampu menahan beban yang berat, memberikan rasa nyaman pada penumpang, dan bertahan ketika pesawat bergerak di landasan dengan kecepatan yang cukup tinggi.
(tekanan paling besar ada ketika mendarat)
http://1.1.1.3/bmi/catetanlaen.files.wordpress.com/2009/03/front_wheel_a1.jpg


Sebenarnya, ukuran ban pesawat terbang hampir sama dengan ukuran ban mobil. Memang ukuran ini tampak kecil bila dibandingkan dengan ukuran pesawat. Mengapa dipilih ban kecil, sebab ban dengan ukuran yang terlalu besar menyulitkan ban tersebut menahan torsi berat pesawat.
(ukuran ban pesawat,tergantung ukuran pesawatnya ndan, kalau pesawat yang masih pake propeler bannya memang kecil, tetapi mulai kategori light jet, seperti fokker F28, diameter bannya sudah lebih dari 1meter. Ban pesawat hanya terlihat kecil)
http://1.1.1.1/bmi/img.photobucket.com/albums/v482/asw2989/Cabe08/P1040284.jpg


Ban pesawat bukan ban yang padat. Di dalamnya ada gas/udara dengan tekanan yang cukup besar, sekitar enam kali lebih besar dari tekanan ban mobil penumpang. Tekanan sebesar ini dibutuhkan untuk menahan berat pesawat yang besar. Kelenturan atau deflection (perbedaan tinggi ban sebelum dan sesudah dipasang) ban pesawat sekitar 2 - 3 kali lebih besar dari ban mobil. (gas yang diisi di ban pesawat adalah nitrogen)

http://1.1.1.5/bmi/foto.detik.com/images/content/2007/05/09/157/hawk3.jpg

Kelenturan yang tinggi ini membuat penumpang pesawat lebih nyaman ketika pesawat mendarat. Ban pesawat juga diharapkan mampu bertahan ketika pesawat bergerak dengan kecepatan sekitar 340 km/jam atau sekitar dua kali kecepatan maksimum mobil.

sumber:
Google.com




nambahin dikit aja ndan

merdeka
3rd July 2010, 08:07 AM
wah pertanyaan ane dari SD sudah terjawab.. nais inpoh ndan..

Ip03L
3rd July 2010, 09:11 PM
:tanya::tanya:

Baru tau ndan

saimantya
3rd July 2010, 09:21 PM
ohh... begitu ya ndan....
tapi aneh juga ya ndan ban sekecil gitu bisa nahan pesawat dengan berat berton2

BetterThanYou
3rd July 2010, 09:27 PM
pesawat modipan ada ga ndan. pake ban gede gitu kaya motor matic :hope:

jojooukeh
3rd July 2010, 09:49 PM
ohh... begitu ya ndan....
tapi aneh juga ya ndan ban sekecil gitu bisa nahan pesawat dengan berat berton2




Konstruksi ban pesawat nih ndan. (http://www.aircrafttyres.com/Aircraft%20tire%20construction.htm)

http://www.aircrafttyres.com/images/aircrafttyre%2022%20ply.JPG

http://www.aircrafttyres.com/images/aircrafttyre%20with%20steel.jpg

http://www.aircrafttyres.com/images/aircraft%20tire%20cross%20section.JPG

http://www.aircrafttyres.com/images/aircrafttyre_construction.jpg

No conventional tire of comparable size is constructed as durable and strong as an aircraft tire.
Why use aircraft tires:
-the thickest sidewalls made.
-the strongest pneumatic casings available.
-different profiles specific to the application.
-Increased wear and good traction in normal use
-Increased wear and traction for heavy duty use
-Increased stability
-Increased carrying capacity
The thick rubber tread contains heat-welded nylon cords and shredded wire. Along with extra sturdy sidewalls, this heavy tread protects the cord body from moisture, bruises, snags and cuts.
Super strength of the aircraft tire is achieved by plies of nylon cord imbedded in rubber with each layer directionally angled to assure balance. Reinforced by additional fabric breakers between the tread and core body, this compact construction distributes shock and impact over a wider area giving the tire greater strength and protection under the heavy duty tread.
Layers of steel wire beads with tightly wound toe and heel anchors are imbedded in rubber entwined in strong fabric to provide a solid base for the plies; this assures a snug fit on the wheel.
Additional chafer strips at the base of the cord body and sidewall protect the plies from damage during mounting or removal of tire from wheel and tend to minimize chafing contact with the rim.



nambahin info aja nih ndan.... semoga bermanfaat

18
16th July 2010, 05:14 AM
Kalo Gede namanya BANdara ndan :pede:

CeriwisIjo
16th July 2010, 11:12 AM
Kalo Gede namanya BANdara ndan :pede:

Betul ndan,klo kecilin lagi namanya BANdo,hehehe

aannotbegenk
16th July 2010, 02:51 PM
ohh gitu ya ndan ..
baru tau ane...

reinshin
16th July 2010, 02:59 PM
bagus ne buat tambahan pengetahuan. ane jg baru nyadar ahaha thx om untuk infonya

logite
16th July 2010, 04:06 PM
pesawat ada ban serep na ga ndan.......:tanya:

junk
16th July 2010, 05:54 PM
menambah ilmu ni

iznardy
16th July 2010, 06:11 PM
wah infonya bagus ndan.. kiarain dlu pake roda kecil karena klo gede susah masuk ke pesawatnya wktu terbang. hehe...
thanks ya..

eve
16th July 2010, 06:25 PM
Kalo Gede namanya BANdara ndan :pede:
hahahahahahhahaha ane ngakak bacanya. hahaha

IamaFreeMan
16th July 2010, 08:43 PM
oh gitu ya ndan, thx buat infonya :mantap:

KoZ
18th July 2010, 11:41 PM
oooo gitu to ndannn...

baru tau gw ndann... :tanya::tanya::tanya:

ArmadaDewa
18th July 2010, 11:57 PM
Baru tau nih, tapi kalo udah ada anginya keliatan gede yah :mantap:

senoabt02
20th July 2010, 05:33 PM
:ide::ide::ide::ide:

younoob
23rd July 2010, 02:08 AM
wah wah...
baru tau niih..
mantap dan..
trus berkarya..