KantorAsik
23rd October 2012, 10:58 PM
Pagi gan,ane coba mau share pengalaman ane gan, mulai dari CUPU cari lowongan kerja sampai pengalaman ane keterima kerja.
1.Kita pasti bingung nanti setelah wisuda/lulus(SMA,D3,D4,S1),memang wisuda/lulus agan - agan pasti bingung H+1 setalah LULUS,nah saran ane dan menurut pengalaman ane nech gan,SEBULAN ATAO minimal 2 minggu sebelum LULUS usahakan agan-agan semua,membiasakan diri untuk setidak-tidaknya memulai berpikir (MO DIBAWA KEMANA HIDUP GUE)supaya waktu LULUS uda ngg bingung,
1.mo KERJA (HAYUUUK),
2.mo NIKAH (HAYUUUUK),
3.mo nglanjutin STUdy (Juga HAYUUUK)
pilihan ada di tangan agan-aganwati semua
SARAN ane ya kerja(KHUSUS yang S1 atau D3 ATAU D4),Klau SMA(bisa kerja juga bisa nglanjutin STUDY)
Yang ane Lakuin sebulan sebelum LULUS mulai searching ILMU mengenai (LAMAR - MELAMAR PEKERJAAN )biar ngg gampang Dibodo'in gan.(soalnya DUNIA KERJA ITU KEJAM GAN,LEBIH KEJEM DARIPADA IBU TIRI OR IBUKOTA,So Bekalin diri agan-aganwati ttg pengetahuan ITU.
2.Mulailah mencari kerja di tempat yang paling dekat(MAKSUTNYA)Mulai dari KAMPUS agan Kuliah,di KAMPUS BIASANYA lowongan2 kerjanya jujur semua(BIASANYA gan),persentase untuk tertipu itu KECIL.
3.Saran ane selanjutnya cari kerja di WEB PENCARI KERJA(banyak GAN)yang boNAFIT yah,jangan yg ABAL-ABAL(WASPADA terus,jangan sampai LENGAH).
4.Sumber LAIN,adanya JOB FAIR,Or CAREER Fair.
5.koran gan(tetep WASPADA,ATAO be CAreFUl Kalau mencari lewat Koran Gan).
6.AGAN AGAN harus punya sebuah (CATATAN KECIL)untuk merekap apapun(ALL ABOUT)lowongan kerja,pasti sebuah catatan sangat diperlukan,guna "CATATAN KECIL"
a.Mencatat lowongan kerja(jangan sampai melamar dua kali di tempat yang sama,atao jangan sampai tertipu di TEMPAT yang sama).
b.Biar ngg Lupa kalau sewaktu - waktu dapat panggilan (Via telp,sms,email ato surat).
c.Sebagai fungsi "BUDGETing"supaya AGAN-AGAN tau pengeluarannyya(HIDUP HEMAT ATUUUH).
7.Surat LAMARAN(yang bisa ane saranin).
a.surat lamaran font Times new roman,11 or 12.
b.bahasa harus lugas,tepat hindari yang bertele -tele.
c.usahakan 1 lembar(biasanya HRD malas membaca 2 lembar).
d.sebelum membuat,kuasai dulu ILMU SURAT LAMARAN(banyak sumber di
INTERNET).
e.sebelum dikirim,usahakan dikroscek minimal dibaca 3 kali,supaya tidak terjadi kekeliruan dalam penulisan (AKIBATNYA FATAL,MENANDAKAN AGAN AGN TIDAK TELITI).
8.Curiculum vitae(yang bisa ane saranin)
a.Tertata baik,dan terkonsep
b.usahakan 1 lembar
c.hindari kalimat panjang dan bertele-tele
d.to do point
e.sebelum dikirim,usahakan dikroscek minimal dibaca 3 kali,supaya tidak terjadi kekeliruan dalam penulisan (AKIBATNYA FATAL,MENANDAKAN AGAN AGAN TIDAK TELITI).
9.PAKAIAN(jika dipanggil psikotest or interview).
a.usahakan pake kemeja(USAHAKAN DISETRIKA DULU GAN),celana hitam,sepatu pantofel
b.Rapi(MUTLAK)
c.Rambut disisir,kalau bisa pake minyak(usahakan SEMODIS MUNGKIN)karena pewawancara menilai anda dari SAMPUL ATAO COVER AGAN AGAN.
10.Saat dipanggil Psikotest
a.Makan dulu gan(perlu banget,karena akan menguras energi gan)
b.sebelumnya agan perlu tau psikotest ada beberapa macam(Bisa diliat dari berbagai sumber)
c.sebelumnya agan harus membiasakan diri terhadap soal-soal psikotes,biar ngg kaget(banyak sumber yang bisa didownload gan)
d.JANGAN LUPA agan agan bisa memperluas networking dengan berkenalan dengan sesama jobseeker,selain memperluas networking,agan juga memperluas INFO ttg pengalaman kerja,info lowongan kerja,dan masiiihh banyak lagi keuntungannya(SO,LUASKAN NETWORKING AGAN).
e.soal soal psikotest ada banyak macamnya
yang ane ingat tes berhitung atao LOGIKA,ternyata itu dasarnya kebanyakan pada pelajaran MATEMATIKA SLTP KELAS 2 ATAO KELAS IIX
f.Soal tes selanjutnya namanya"TES KRAEPTELIN"tunggu,akan dibahas tip tip mengerjakan "TES KRAEPTELIN"!!!!!!!
11.Saat dipanggil Interview.
a.Disini yang paling penting adalah Mindset,mental anda yang banyak berbicara.
b.siapkan mindset anda bahwa agan pantas dan layak untuk dapat bekerja di perusahaan ini.
c.Mental agan harus dipersiapkan karena akan banyak pertanyaan atau pernyataan dari interviewer yang akan mengintimidasi anda secara tidak langsung
d.Cari info ttg Perusahaan yang akan anda datangi,ini akan pasti ditanyakan
e.Cari info ttg Gaji di perusahaan yang akan agan datangi,ini pasti akan ditanyakan,buat patokan agan untuk dapat menjawab jika ditanyakan
f.Sikap agan,harus tegas,tegap,berwibawa tanpa dibuat buat
g.saat menjawab pertanyaan,tatap mata interviewer dengan santun
h.jangan duduk sebelum disuruh duduk
i.jabat tangan dengan keyakinan penuh
j.jangan melihat ke arah seluruh ruangan,FOKUS.FOKUS.FOKUS
k.Matikan HP anda
l.Jangan GAGAP ato kebanyakan menjawab pertanyaan diawali dengan "A...................."
M.SEBELUM MENJAWAB pertanyaaan,atur jeda menjawab,berhenti sejenak,untuk memikirkan jawaban yang matang dan relevan
N.Jangan tergesa gesa,rileks,santai TAPI sERIUS
O.Sebelum interview,ALANGKAH BAIKNYA,agan agan melakukan gladi resik
dihadapan KACA,biar ngga GROGI atopun NERVOUS.
P.Biasanya saat wawancara agan akan disuruh"INTRODUCE YOUR SELF"
saran ane
1.Jangan cepat2
2.Bicara sesuai fakta tapi "dibumbui"dengan cara "menjual diri"(positif)yang baik.
3.Terkonsep,jelas dan tertata
4.Alangkah baiknya disiapkan dulu"main menu"yang bakalan di utarakan(biar dapat terkonsep)
YANG TERAKHIR PERLU ANDA DAN AGAN AGAN INGAT
SEMUA INI BERPULANG ALLAH SWT YANG MENENTUKAN.
ADA PEPATAH LAMA"RIGHT MAN THE RIGHT JOB"
melonNYA GAN"NANTIKAN KELANJUTANNYA DI THREAD SELANJUTNYA"
MOHON MAAF JIKA ADA KATA KATA YANG KURANG BERKENAN
</div>
1.Kita pasti bingung nanti setelah wisuda/lulus(SMA,D3,D4,S1),memang wisuda/lulus agan - agan pasti bingung H+1 setalah LULUS,nah saran ane dan menurut pengalaman ane nech gan,SEBULAN ATAO minimal 2 minggu sebelum LULUS usahakan agan-agan semua,membiasakan diri untuk setidak-tidaknya memulai berpikir (MO DIBAWA KEMANA HIDUP GUE)supaya waktu LULUS uda ngg bingung,
1.mo KERJA (HAYUUUK),
2.mo NIKAH (HAYUUUUK),
3.mo nglanjutin STUdy (Juga HAYUUUK)
pilihan ada di tangan agan-aganwati semua
SARAN ane ya kerja(KHUSUS yang S1 atau D3 ATAU D4),Klau SMA(bisa kerja juga bisa nglanjutin STUDY)
Yang ane Lakuin sebulan sebelum LULUS mulai searching ILMU mengenai (LAMAR - MELAMAR PEKERJAAN )biar ngg gampang Dibodo'in gan.(soalnya DUNIA KERJA ITU KEJAM GAN,LEBIH KEJEM DARIPADA IBU TIRI OR IBUKOTA,So Bekalin diri agan-aganwati ttg pengetahuan ITU.
2.Mulailah mencari kerja di tempat yang paling dekat(MAKSUTNYA)Mulai dari KAMPUS agan Kuliah,di KAMPUS BIASANYA lowongan2 kerjanya jujur semua(BIASANYA gan),persentase untuk tertipu itu KECIL.
3.Saran ane selanjutnya cari kerja di WEB PENCARI KERJA(banyak GAN)yang boNAFIT yah,jangan yg ABAL-ABAL(WASPADA terus,jangan sampai LENGAH).
4.Sumber LAIN,adanya JOB FAIR,Or CAREER Fair.
5.koran gan(tetep WASPADA,ATAO be CAreFUl Kalau mencari lewat Koran Gan).
6.AGAN AGAN harus punya sebuah (CATATAN KECIL)untuk merekap apapun(ALL ABOUT)lowongan kerja,pasti sebuah catatan sangat diperlukan,guna "CATATAN KECIL"
a.Mencatat lowongan kerja(jangan sampai melamar dua kali di tempat yang sama,atao jangan sampai tertipu di TEMPAT yang sama).
b.Biar ngg Lupa kalau sewaktu - waktu dapat panggilan (Via telp,sms,email ato surat).
c.Sebagai fungsi "BUDGETing"supaya AGAN-AGAN tau pengeluarannyya(HIDUP HEMAT ATUUUH).
7.Surat LAMARAN(yang bisa ane saranin).
a.surat lamaran font Times new roman,11 or 12.
b.bahasa harus lugas,tepat hindari yang bertele -tele.
c.usahakan 1 lembar(biasanya HRD malas membaca 2 lembar).
d.sebelum membuat,kuasai dulu ILMU SURAT LAMARAN(banyak sumber di
INTERNET).
e.sebelum dikirim,usahakan dikroscek minimal dibaca 3 kali,supaya tidak terjadi kekeliruan dalam penulisan (AKIBATNYA FATAL,MENANDAKAN AGAN AGN TIDAK TELITI).
8.Curiculum vitae(yang bisa ane saranin)
a.Tertata baik,dan terkonsep
b.usahakan 1 lembar
c.hindari kalimat panjang dan bertele-tele
d.to do point
e.sebelum dikirim,usahakan dikroscek minimal dibaca 3 kali,supaya tidak terjadi kekeliruan dalam penulisan (AKIBATNYA FATAL,MENANDAKAN AGAN AGAN TIDAK TELITI).
9.PAKAIAN(jika dipanggil psikotest or interview).
a.usahakan pake kemeja(USAHAKAN DISETRIKA DULU GAN),celana hitam,sepatu pantofel
b.Rapi(MUTLAK)
c.Rambut disisir,kalau bisa pake minyak(usahakan SEMODIS MUNGKIN)karena pewawancara menilai anda dari SAMPUL ATAO COVER AGAN AGAN.
10.Saat dipanggil Psikotest
a.Makan dulu gan(perlu banget,karena akan menguras energi gan)
b.sebelumnya agan perlu tau psikotest ada beberapa macam(Bisa diliat dari berbagai sumber)
c.sebelumnya agan harus membiasakan diri terhadap soal-soal psikotes,biar ngg kaget(banyak sumber yang bisa didownload gan)
d.JANGAN LUPA agan agan bisa memperluas networking dengan berkenalan dengan sesama jobseeker,selain memperluas networking,agan juga memperluas INFO ttg pengalaman kerja,info lowongan kerja,dan masiiihh banyak lagi keuntungannya(SO,LUASKAN NETWORKING AGAN).
e.soal soal psikotest ada banyak macamnya
yang ane ingat tes berhitung atao LOGIKA,ternyata itu dasarnya kebanyakan pada pelajaran MATEMATIKA SLTP KELAS 2 ATAO KELAS IIX
f.Soal tes selanjutnya namanya"TES KRAEPTELIN"tunggu,akan dibahas tip tip mengerjakan "TES KRAEPTELIN"!!!!!!!
11.Saat dipanggil Interview.
a.Disini yang paling penting adalah Mindset,mental anda yang banyak berbicara.
b.siapkan mindset anda bahwa agan pantas dan layak untuk dapat bekerja di perusahaan ini.
c.Mental agan harus dipersiapkan karena akan banyak pertanyaan atau pernyataan dari interviewer yang akan mengintimidasi anda secara tidak langsung
d.Cari info ttg Perusahaan yang akan anda datangi,ini akan pasti ditanyakan
e.Cari info ttg Gaji di perusahaan yang akan agan datangi,ini pasti akan ditanyakan,buat patokan agan untuk dapat menjawab jika ditanyakan
f.Sikap agan,harus tegas,tegap,berwibawa tanpa dibuat buat
g.saat menjawab pertanyaan,tatap mata interviewer dengan santun
h.jangan duduk sebelum disuruh duduk
i.jabat tangan dengan keyakinan penuh
j.jangan melihat ke arah seluruh ruangan,FOKUS.FOKUS.FOKUS
k.Matikan HP anda
l.Jangan GAGAP ato kebanyakan menjawab pertanyaan diawali dengan "A...................."
M.SEBELUM MENJAWAB pertanyaaan,atur jeda menjawab,berhenti sejenak,untuk memikirkan jawaban yang matang dan relevan
N.Jangan tergesa gesa,rileks,santai TAPI sERIUS
O.Sebelum interview,ALANGKAH BAIKNYA,agan agan melakukan gladi resik
dihadapan KACA,biar ngga GROGI atopun NERVOUS.
P.Biasanya saat wawancara agan akan disuruh"INTRODUCE YOUR SELF"
saran ane
1.Jangan cepat2
2.Bicara sesuai fakta tapi "dibumbui"dengan cara "menjual diri"(positif)yang baik.
3.Terkonsep,jelas dan tertata
4.Alangkah baiknya disiapkan dulu"main menu"yang bakalan di utarakan(biar dapat terkonsep)
YANG TERAKHIR PERLU ANDA DAN AGAN AGAN INGAT
SEMUA INI BERPULANG ALLAH SWT YANG MENENTUKAN.
ADA PEPATAH LAMA"RIGHT MAN THE RIGHT JOB"
melonNYA GAN"NANTIKAN KELANJUTANNYA DI THREAD SELANJUTNYA"
MOHON MAAF JIKA ADA KATA KATA YANG KURANG BERKENAN
</div>