Motorplus
20th October 2012, 08:34 PM
Mohon Dibantu Agan2 yang terhormat buat threat pertama saya.
Mudah2an Gak Repost.
[/spoiler] for bukti no repost:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/repost.jpg
[/quote]
Sepeda Motor yang beredar di dunia saat ini memiliki bermacam2 jenis. mulai dari bebek sampai yang disebut motor jantan di Indonesia. Setiap sepeda motor tersebut memiliki bermacam-macam suspensi yang digunakan untuk menunjang kenyaman dan teknologi yang digunakan. Berikut akan dijelaskan 10 jenis Suspensi sepeda motor yang ada. Mudah2an berguna buat agan2 yang ingin memodifikasi suspensi motornya.
Twin-shock, regular swingarm
for twin shock:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_double.jpg
Jenis ini begitu banyak kita temui di jalan-jalan Indonesia, dengan bentuk khasnya yang berbentuk H. Pada kedua sisi swing armnya terdapat shockbreaker ganda untuk menahan guncangan. Suspensi ini banyak digunakan karena penggunaan material yang lebih sedikit pada swingarmnya sehingga dapat lebih murah dalam ongkos produksinya.
Monoshock, regular swingarm
for monoshock:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_monoshock1.jpg
Monoshock jenis ini pertama kali berkembang pada tahun 1930, namun baru diaplikasikan di dunia balap dan motor-motor tertentu baru pada tahun 1970an dengan pemegang trademark awal yaitu Yamaha. Pada mulanya pengembangan monoshock didasarkan pada keinginan para insinyur untuk mengurangi beban berat dengan mendesain ulang suspensi belakang dengan menguranginya menjadi satu saja. Desain akhirnya yaitu menempatkan shockbreaker berada pada tengah-tengah swingarm.
Monoshock, regular swingarm (perkembangan dari sebelumnya)
for monoshock, newer style:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_monoshock2.jpg
Monoshock jenis ini merupakan perkembangan dari jenis monoshock sebelumnya. Jenis ini lebih rumit dari sebelumnya karena terdapat sistem penghubung yang menghubungkan antara swing arm dan shockbreaker. Saat ini berkembang sudah sistem2 yang dipakai pada suspensi ini dengan menambahkan Pro-Link, Unitrak, Monocross, dll.
JENIS2 MONOSHOCK =
1. MONOCROSS
for diagram monocross:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/monocross.jpg
for monocross linkage:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/monocross1.gif
for monocross scorpio:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/monocrosspio.jpg
Prinsip kerjanya kurang lebih seperti ini : saat swing arm dari titik A naik ke titik C akan mendorong naik coilover titik A ke titik C. Linkage yang terhubung ke coilover dan sasis akan mendorong naik shockbreaker (shockbreaker akan rebound).
JENIS2 MONOSHOCK =
2. Pro-Link
for diagram pro-link:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/Pro-Link-1.gif
for pengembangan pro-link terbaru:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/prolink_diagram.jpg
for aplikasi pro-link:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/Pro-Link.jpg
prinsip kerjanya bisa dilihat di diagram pro-linknya. jenis ini hampir mirip dengan unitrack. namun jika disimak kerjanya maka antara pro-link dan unitrack prinsip kerjanya sangat berbeda. Gerakan rebound shockbreaker terjadi karena linkage tertarik langsung oleh swingarm.
JENIS2 MONOSHOCK =
3. Unitrak
for diagram unitrak:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/Unitrack1.jpg
for unitrak:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/unitrack2.jpg
for aplikasi unitrak:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/unitrak.gif
prinsip kerjanya kurang lebih seperti ini : saat swingarm naik akan menarik connecting linkage yang terhubung dengan linkage sehingga linkage akan terdorong ke atas (shockbreaker rebound).
Monoshock, single-sided swingarm
for Monoshock, single-sided swingarm:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_singlesided-1.jpg
Perkembangan monoshock sampai saat ini merupakan jenis ini. Suspensi ini sangat ringan dan kuat. Namun dalam aplikasinya dituntut untuk presisi dan benar dalam pemasangannya. karena beban dari motor seluruhnya ditopang oleh 1 swingarm.
Rear monolever
for Rear Monolever:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_monolever.jpg
Pada Tahun 1980 BMW mengembangkan suspensi monolever jenis ini. Suspensi jenis ini hanya menggunakan swingarm tunggal yang juga berfungsi untuk mengurangi beban beban torsional yg terjadi pada swing arm tunggal ini.
Rear paralever, first generation.
for Rear paralever, first generation:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_paralever1.jpg
Pada tahun 1987 BMW mengimprovisasi design sebelumnya menjadi paraleve. Jenis ini menggunakan prinsip basic yang sama dengan jenis sebelumnya, hanya merubah titik bebannya.
Rear paralever, second generation
for Rear paralever, second generation:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_paralever2.jpg
Pada tahun 1993 generasi kedua dari system paralever dikembangkan. Jenis ini hampir sama dengan generasi sebelumnya, hanya merubah letak shockbreaker ke tengah sasis.
Rear paralever, third generation.
for Rear paralever, third generation.:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_paralever3.jpg
jenis ini dikembangkan pada akhir tahun 2004. Jenis ini diaplikasikan pada R1200 GS.
Front telelever.
for Front telelever.:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_telelever.jpg
Pada tahun 1993 BMW juga mengembangkan suspensi jenis ini.
Front duolever.
for Front Duolever:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_duolever.jpg
Pada Tahun 1994 BMW mengembangkan jenis ini. Sistem suspensi ini mirip seperti rear paralever namun suspensi ini memiliki sistem rangka ganda. Pada sistem ini shockbreaker tidak terhubung pada handle kemudi.
[spoiler=open this] for SUMBER:
The Motorbike Suspension Bible
[quote]
SEMOGA BERGUNA BUAT AGAN-AGAN. JANGAN LUPA BAGI DONG:melonndan::melonndan:
</div>
Mudah2an Gak Repost.
[/spoiler] for bukti no repost:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/repost.jpg
[/quote]
Sepeda Motor yang beredar di dunia saat ini memiliki bermacam2 jenis. mulai dari bebek sampai yang disebut motor jantan di Indonesia. Setiap sepeda motor tersebut memiliki bermacam-macam suspensi yang digunakan untuk menunjang kenyaman dan teknologi yang digunakan. Berikut akan dijelaskan 10 jenis Suspensi sepeda motor yang ada. Mudah2an berguna buat agan2 yang ingin memodifikasi suspensi motornya.
Twin-shock, regular swingarm
for twin shock:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_double.jpg
Jenis ini begitu banyak kita temui di jalan-jalan Indonesia, dengan bentuk khasnya yang berbentuk H. Pada kedua sisi swing armnya terdapat shockbreaker ganda untuk menahan guncangan. Suspensi ini banyak digunakan karena penggunaan material yang lebih sedikit pada swingarmnya sehingga dapat lebih murah dalam ongkos produksinya.
Monoshock, regular swingarm
for monoshock:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_monoshock1.jpg
Monoshock jenis ini pertama kali berkembang pada tahun 1930, namun baru diaplikasikan di dunia balap dan motor-motor tertentu baru pada tahun 1970an dengan pemegang trademark awal yaitu Yamaha. Pada mulanya pengembangan monoshock didasarkan pada keinginan para insinyur untuk mengurangi beban berat dengan mendesain ulang suspensi belakang dengan menguranginya menjadi satu saja. Desain akhirnya yaitu menempatkan shockbreaker berada pada tengah-tengah swingarm.
Monoshock, regular swingarm (perkembangan dari sebelumnya)
for monoshock, newer style:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_monoshock2.jpg
Monoshock jenis ini merupakan perkembangan dari jenis monoshock sebelumnya. Jenis ini lebih rumit dari sebelumnya karena terdapat sistem penghubung yang menghubungkan antara swing arm dan shockbreaker. Saat ini berkembang sudah sistem2 yang dipakai pada suspensi ini dengan menambahkan Pro-Link, Unitrak, Monocross, dll.
JENIS2 MONOSHOCK =
1. MONOCROSS
for diagram monocross:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/monocross.jpg
for monocross linkage:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/monocross1.gif
for monocross scorpio:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/monocrosspio.jpg
Prinsip kerjanya kurang lebih seperti ini : saat swing arm dari titik A naik ke titik C akan mendorong naik coilover titik A ke titik C. Linkage yang terhubung ke coilover dan sasis akan mendorong naik shockbreaker (shockbreaker akan rebound).
JENIS2 MONOSHOCK =
2. Pro-Link
for diagram pro-link:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/Pro-Link-1.gif
for pengembangan pro-link terbaru:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/prolink_diagram.jpg
for aplikasi pro-link:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/Pro-Link.jpg
prinsip kerjanya bisa dilihat di diagram pro-linknya. jenis ini hampir mirip dengan unitrack. namun jika disimak kerjanya maka antara pro-link dan unitrack prinsip kerjanya sangat berbeda. Gerakan rebound shockbreaker terjadi karena linkage tertarik langsung oleh swingarm.
JENIS2 MONOSHOCK =
3. Unitrak
for diagram unitrak:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/Unitrack1.jpg
for unitrak:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/unitrack2.jpg
for aplikasi unitrak:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/unitrak.gif
prinsip kerjanya kurang lebih seperti ini : saat swingarm naik akan menarik connecting linkage yang terhubung dengan linkage sehingga linkage akan terdorong ke atas (shockbreaker rebound).
Monoshock, single-sided swingarm
for Monoshock, single-sided swingarm:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_rear_singlesided-1.jpg
Perkembangan monoshock sampai saat ini merupakan jenis ini. Suspensi ini sangat ringan dan kuat. Namun dalam aplikasinya dituntut untuk presisi dan benar dalam pemasangannya. karena beban dari motor seluruhnya ditopang oleh 1 swingarm.
Rear monolever
for Rear Monolever:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_monolever.jpg
Pada Tahun 1980 BMW mengembangkan suspensi monolever jenis ini. Suspensi jenis ini hanya menggunakan swingarm tunggal yang juga berfungsi untuk mengurangi beban beban torsional yg terjadi pada swing arm tunggal ini.
Rear paralever, first generation.
for Rear paralever, first generation:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_paralever1.jpg
Pada tahun 1987 BMW mengimprovisasi design sebelumnya menjadi paraleve. Jenis ini menggunakan prinsip basic yang sama dengan jenis sebelumnya, hanya merubah titik bebannya.
Rear paralever, second generation
for Rear paralever, second generation:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_paralever2.jpg
Pada tahun 1993 generasi kedua dari system paralever dikembangkan. Jenis ini hampir sama dengan generasi sebelumnya, hanya merubah letak shockbreaker ke tengah sasis.
Rear paralever, third generation.
for Rear paralever, third generation.:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_paralever3.jpg
jenis ini dikembangkan pada akhir tahun 2004. Jenis ini diaplikasikan pada R1200 GS.
Front telelever.
for Front telelever.:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_telelever.jpg
Pada tahun 1993 BMW juga mengembangkan suspensi jenis ini.
Front duolever.
for Front Duolever:
http://i1239.photobucket.com/albums/ff501/yurydelano/suspensi%20sepeda%20motor/bike_bmw_duolever.jpg
Pada Tahun 1994 BMW mengembangkan jenis ini. Sistem suspensi ini mirip seperti rear paralever namun suspensi ini memiliki sistem rangka ganda. Pada sistem ini shockbreaker tidak terhubung pada handle kemudi.
[spoiler=open this] for SUMBER:
The Motorbike Suspension Bible
[quote]
SEMOGA BERGUNA BUAT AGAN-AGAN. JANGAN LUPA BAGI DONG:melonndan::melonndan:
</div>