KabelBusi
20th October 2012, 08:33 PM
http://img50.imageshack.us/img50/1239/finalr.png (http://imageshack.us/photo/my-images/50/finalr.png/)
sumber logo shogun: jerren http://malaysianbikers.com.my/forum/...c,63029.0.html (http://malaysianbikers.com.my/forum/index.php/topic,63029.0.html)
Disini ane akan coba bahas mengapa Shogun 110 R (Shogun Kebo) bisa mencapai kecepatan 130 Km/Jam. jadi agan-agan mungkin bisa menerapkan kharakteristik tersebut di motor agan sendiri. Tidak Bermaksud menggurui, hanya berbagi.
Pertama
Shogun punye per klep doble gan di setiap klepnya, hal ini memberikan reaksi buka tutup klep yang bagus sehingga kuat di RPM tinggi.
per klep
http://img155.imageshack.us/img155/9307/photo1pf.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/155/photo1pf.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
[/spoiler] for per klep 2:
http://img847.imageshack.us/img847/936/photo2hq.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/847/photo2hq.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
Nah, bagi agan yang pengen punya per klep bagus hendaknya cari : Buat honda-per sonic OK tuh, atau per "toyota camry" atau per-per yang lain yang sekiranya punya track record yang bagus, ga tau deh kalau yang aftermarket kayak merek CLD dan semacamnya.
Kedua
Shogun Kebo memakai noken as berdurasi tinggi, dan yang ane liat durasi untuk tongolan exhaust-nya lebih besar dibanding intake-nya profil seperti ini didukung dengan lubang exhaust yang "pipih" di silinder head dan knalpot bawaan tipe "cyclone" bukan "free flow" pastinya
for noken as:
http://img35.imageshack.us/img35/7936/photo3wy.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/35/photo3wy.jpg/)
for noken ori n takayama:
http://img135.imageshack.us/img135/3463/noken.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/135/noken.jpg/)
kalau pengen seperti ini, tinggal bubut noken as atau beli aftermarket tipe racing
Ketiga
Shogun punya karburator yang terbilang "Oke" dengan nilai kpresisian main dan pilot jet yang cukup tinggi. dan dibandingkan karburator yang banyak di pakai di motor baru yang "tipe vakum" punya shogun jauh lebih baik. Motor agan yang pake karburator "tipe vakum" hendaknya diganti dengan "tipe konvensional" untuk pembakaran yang lebih bagus dan mengakomodasi hasrat speed loverhttp://static.kaskus.co.id/images/smilies/s_sm_peace.gif
for karburator:
http://img691.imageshack.us/img691/5598/photo4urw.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/691/photo4urw.jpg/)
untuk ini ane rekomendasikan karburator raider 125
Ketiga
Konon shogun kebo punye piston n klep yang terbuat dari material yang ringan tapi kuat (banyak diincar mekanik balap)
for piston:
http://img402.imageshack.us/img402/3834/photo5rk.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/402/photo5rk.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
for klep:
http://img845.imageshack.us/img845/4268/photo6b.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/845/photo6b.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
rekomendasi: per sonic atawa per Camry
keempat
shogun 110 memiliki profil stroke 48.8mm seperti satria FU, profil seperti ini adalah tipe mesin yang mengandalkan RPM atas atau power baru keluar di zona high end RPM, profil sperti ini bisa dimaksimalkan sampai batas 14.000-an RPM
for stroke:
http://img801.imageshack.us/img801/1579/photo7ko.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/801/photo7ko.jpg/)
rekomendasi: ganti kruk as (serius ente, janganlah kalau ga ngebet2 amat ama speed, masih bisa dimaksimalin kruk as standar)
kelima
Shogun kebo punya CDI unlimiter, hal ini membuat mesin bebas bergerak sampai batas dari kemampuan mesin sendiri. Bagi agan yang belom tau, CDI ini adalah pengatur detak elektrik yang mengatur kapan busi menyala, sayangnya untuk motor2 baru CDI memiliki pembatas/limiter yaitu pada RPM tertentu dia berhenti memberikan progress
rekomendasi: beli CDI yang unlimiter, beli yang PLUG N PLAY aja, biasanya lebih presisi
Keenam
Konon Shogun kebo memiliki plat kopling yang bagus (pantesan mahal per satuan plat) dan per kopling yang responsif. Nah, bagi agan yang speed lover cukup mengganti per koplingnya aja kalau pengen kenceng mengingat susahnya mencari plat kopling yang handal tapi presisi
oya, jangan lupa "porting polish" ini bagus untuk membuat fluida lebih lancar masuk mesin
for porting sederhana:
http://img819.imageshack.us/img819/4560/porting.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/819/porting.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
motor ane udah tua gan, kompresinya udah turun, jadi untuk mengembalikan tenaga mudanya biasanya ane pasang "GENERATOR HIDROGEN" buatan sendiri pake gelas plastik n sendok stainless
for Generator hidrogen:
nanti aja ane upload videonyahttp://img52.imageshack.us/img52/6098/photo8he.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/52/photo8he.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
for spek shogun:
sumber: http://www.minimotors.pk/page/sprint...1711014828.jpg (http://www.minimotors.pk/page/sprinter-110cc-%28-the-beat-of-every-heart-%29-#i/photos/Sprinter%20110cc%20%28%20The%20Beat%20of%20Every%2 0Heart%20%29%20_011711014828.jpg).
http://cdn-u.kaskus.co.id/70/ulgllfh1.jpg
OKe mungkin segini aja dari ane, smoga bermanfaat
for info tambahan(DESMODROMIK):
kali ini ane pengen nyampein info2 seputar desmodromik berdasarkan pengertian ane gan
Desmodromik lahir dari dunia balap MotoGP, teknologi ini muncul karena adanya kebutuhan gerakan buka tutup katup/klep/valve yang cepat seiring dengan maraknya penggunaan mesin ber-stroke pendek dalam ajang balapan ini.
Mengapa teknologi lama dengan klep/katup/valve yang menggunakan per/pegas/spring ditinggalkan, ialah karena mesin dengan stroke pendek mampu menghasilkan putaran mesin (rpm) yang sangat tinggi (sampai kisaran 18-20ribu rpm), sehingga dengan menggunakan per/pegas/spring ada kelemahan yakni ada kalanya katup/klep/valve tidak kembali ke posisi semula karena saking cepatnya putaran mesin. hal tersebut menyebabkan power yang dihasilkan menurun saat high end rpm, padahal putaran puncak sangat berguna untuk menyalip rival...
desmodromic
lebih jelas lagi untuk desmo
begitu juga dengan katub pnumatik, alasannya pun sama mengapa sistem ini dipakai
sistem ini ada sistem hidroulik udara seperti yang dipakai pada pintu KRL
gerakan katup/klep/valve digerakkan oleh sistem hidraulik ini...
pnumatik
teknologi desmodromik ada yang tersedia untuk motor2 single silinder
for desmodromik http://cdn-u.kaskus.co.id/58/avcdydh1.jpg
beberapa motor di dunia otomotif indonesia yang berkarakteristik stroke pendek, antara lain
Suzuki : Shogun 110, smash generasi pertama, satria FU, Thunder 125
Honda : CS 1, CBR 150
Kawazaki: Ninja 250
Yamaha : stau ane ga ada, RX king iya-tapi toh dia ga pake katup/klep/valve
for info tambahan (MENGHITUNG TEKANAN TURBO):
dapet dari forum sebelah itungan untuk menentukan tekanan turbo berdasarkan kompresi mesin. Coba ane kasih ulasan sendiri
Rumusnya
E = C((B / 14.7) + 1)
E= Effective Compression B= boost psi, and C= Static compression
Contoh
Shogun punya kompresi 9.5:1 diberi tekanan boost 1 Psi
maka E=10.1462585
atau E adalah 10:1 bila diberi Boost 1 Psi
masalahnya ada gak super charger/ turbo yang boostnya 1 Psi???
makanya kompresi harus di turunin jadi 8:1, coba ya contoh Shelbi Super Car Ultimate Aero
Shelbi SC Ultimate Aero C = (8.975:1) boost 8 psi (versi SSC pertama),
maka E=13.85935374
jadi kompresi=13.8:1 setelah diberi boost
boost seri berikutnya 14 psi,
Maka E=17.52261905
jadi kompresi=17.5:1 setelah boost
dan mereka mengklaim bisa pake gasoline oktan 91
(mungkin) setingan pengapiannya diatur sedemikian rupa biar gak knocking
kita coba supra X C=9:1 boost 2.5 psi Maka E=10.53061224 dan kompresinya menjadi sama dengan vixion yaitu 10.5:1
coba kalo kita turunin kompresi semua motor jadi 8:1, brapa boost yang boleh dipakai agar tetep bisa minum pertamax dan gak usah mengubah setingan CDI . Coba boost 4 Psi, maka
E=10.17687075 maka C=10.2 : 1 boostnya 4 psi
4 psi atau sama dengan
0.2757902912 BAR atau
0.27218382826 ATM [standard]
0.28122783132 ATM [technical]
ini info kebutuhan bahan bakar berdasarkan nilai kompresi
Kompresi 7:1 � 9:1 cukup pekai Premium (Oktan 88)
Kompresi 9:1 � 10:1 sebaiknya mengunakan Pertamax (Oktan 92)
Kompresi 10:1 � 11:1 pakai Pertamax Plus (Oktan 95) saja
smoga infonya berguna gan
Kalau suka jangan lupa ngasih melon:melonndan:
Kalau agan Benci, jangan di- BATA :cabendan:ya
for reaksi elektrolisis:
'-'
http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=...9&postcount=51 (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=637935189&postcount=51)
[spoiler=open this] for catatan:
"yang mau nekat pakai aja ini http://i806.photobucket.com/albums/y...C07745KP35.jpg (http://i806.photobucket.com/albums/yy345/penzauto/DSC07745KP35.jpg) "
</div>
sumber logo shogun: jerren http://malaysianbikers.com.my/forum/...c,63029.0.html (http://malaysianbikers.com.my/forum/index.php/topic,63029.0.html)
Disini ane akan coba bahas mengapa Shogun 110 R (Shogun Kebo) bisa mencapai kecepatan 130 Km/Jam. jadi agan-agan mungkin bisa menerapkan kharakteristik tersebut di motor agan sendiri. Tidak Bermaksud menggurui, hanya berbagi.
Pertama
Shogun punye per klep doble gan di setiap klepnya, hal ini memberikan reaksi buka tutup klep yang bagus sehingga kuat di RPM tinggi.
per klep
http://img155.imageshack.us/img155/9307/photo1pf.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/155/photo1pf.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
[/spoiler] for per klep 2:
http://img847.imageshack.us/img847/936/photo2hq.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/847/photo2hq.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
Nah, bagi agan yang pengen punya per klep bagus hendaknya cari : Buat honda-per sonic OK tuh, atau per "toyota camry" atau per-per yang lain yang sekiranya punya track record yang bagus, ga tau deh kalau yang aftermarket kayak merek CLD dan semacamnya.
Kedua
Shogun Kebo memakai noken as berdurasi tinggi, dan yang ane liat durasi untuk tongolan exhaust-nya lebih besar dibanding intake-nya profil seperti ini didukung dengan lubang exhaust yang "pipih" di silinder head dan knalpot bawaan tipe "cyclone" bukan "free flow" pastinya
for noken as:
http://img35.imageshack.us/img35/7936/photo3wy.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/35/photo3wy.jpg/)
for noken ori n takayama:
http://img135.imageshack.us/img135/3463/noken.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/135/noken.jpg/)
kalau pengen seperti ini, tinggal bubut noken as atau beli aftermarket tipe racing
Ketiga
Shogun punya karburator yang terbilang "Oke" dengan nilai kpresisian main dan pilot jet yang cukup tinggi. dan dibandingkan karburator yang banyak di pakai di motor baru yang "tipe vakum" punya shogun jauh lebih baik. Motor agan yang pake karburator "tipe vakum" hendaknya diganti dengan "tipe konvensional" untuk pembakaran yang lebih bagus dan mengakomodasi hasrat speed loverhttp://static.kaskus.co.id/images/smilies/s_sm_peace.gif
for karburator:
http://img691.imageshack.us/img691/5598/photo4urw.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/691/photo4urw.jpg/)
untuk ini ane rekomendasikan karburator raider 125
Ketiga
Konon shogun kebo punye piston n klep yang terbuat dari material yang ringan tapi kuat (banyak diincar mekanik balap)
for piston:
http://img402.imageshack.us/img402/3834/photo5rk.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/402/photo5rk.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
for klep:
http://img845.imageshack.us/img845/4268/photo6b.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/845/photo6b.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
rekomendasi: per sonic atawa per Camry
keempat
shogun 110 memiliki profil stroke 48.8mm seperti satria FU, profil seperti ini adalah tipe mesin yang mengandalkan RPM atas atau power baru keluar di zona high end RPM, profil sperti ini bisa dimaksimalkan sampai batas 14.000-an RPM
for stroke:
http://img801.imageshack.us/img801/1579/photo7ko.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/801/photo7ko.jpg/)
rekomendasi: ganti kruk as (serius ente, janganlah kalau ga ngebet2 amat ama speed, masih bisa dimaksimalin kruk as standar)
kelima
Shogun kebo punya CDI unlimiter, hal ini membuat mesin bebas bergerak sampai batas dari kemampuan mesin sendiri. Bagi agan yang belom tau, CDI ini adalah pengatur detak elektrik yang mengatur kapan busi menyala, sayangnya untuk motor2 baru CDI memiliki pembatas/limiter yaitu pada RPM tertentu dia berhenti memberikan progress
rekomendasi: beli CDI yang unlimiter, beli yang PLUG N PLAY aja, biasanya lebih presisi
Keenam
Konon Shogun kebo memiliki plat kopling yang bagus (pantesan mahal per satuan plat) dan per kopling yang responsif. Nah, bagi agan yang speed lover cukup mengganti per koplingnya aja kalau pengen kenceng mengingat susahnya mencari plat kopling yang handal tapi presisi
oya, jangan lupa "porting polish" ini bagus untuk membuat fluida lebih lancar masuk mesin
for porting sederhana:
http://img819.imageshack.us/img819/4560/porting.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/819/porting.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
motor ane udah tua gan, kompresinya udah turun, jadi untuk mengembalikan tenaga mudanya biasanya ane pasang "GENERATOR HIDROGEN" buatan sendiri pake gelas plastik n sendok stainless
for Generator hidrogen:
nanti aja ane upload videonyahttp://img52.imageshack.us/img52/6098/photo8he.jpg (http://imageshack.us/photo/my-images/52/photo8he.jpg/)
Uploaded with ImageShack.us (http://imageshack.us)
for spek shogun:
sumber: http://www.minimotors.pk/page/sprint...1711014828.jpg (http://www.minimotors.pk/page/sprinter-110cc-%28-the-beat-of-every-heart-%29-#i/photos/Sprinter%20110cc%20%28%20The%20Beat%20of%20Every%2 0Heart%20%29%20_011711014828.jpg).
http://cdn-u.kaskus.co.id/70/ulgllfh1.jpg
OKe mungkin segini aja dari ane, smoga bermanfaat
for info tambahan(DESMODROMIK):
kali ini ane pengen nyampein info2 seputar desmodromik berdasarkan pengertian ane gan
Desmodromik lahir dari dunia balap MotoGP, teknologi ini muncul karena adanya kebutuhan gerakan buka tutup katup/klep/valve yang cepat seiring dengan maraknya penggunaan mesin ber-stroke pendek dalam ajang balapan ini.
Mengapa teknologi lama dengan klep/katup/valve yang menggunakan per/pegas/spring ditinggalkan, ialah karena mesin dengan stroke pendek mampu menghasilkan putaran mesin (rpm) yang sangat tinggi (sampai kisaran 18-20ribu rpm), sehingga dengan menggunakan per/pegas/spring ada kelemahan yakni ada kalanya katup/klep/valve tidak kembali ke posisi semula karena saking cepatnya putaran mesin. hal tersebut menyebabkan power yang dihasilkan menurun saat high end rpm, padahal putaran puncak sangat berguna untuk menyalip rival...
desmodromic
lebih jelas lagi untuk desmo
begitu juga dengan katub pnumatik, alasannya pun sama mengapa sistem ini dipakai
sistem ini ada sistem hidroulik udara seperti yang dipakai pada pintu KRL
gerakan katup/klep/valve digerakkan oleh sistem hidraulik ini...
pnumatik
teknologi desmodromik ada yang tersedia untuk motor2 single silinder
for desmodromik http://cdn-u.kaskus.co.id/58/avcdydh1.jpg
beberapa motor di dunia otomotif indonesia yang berkarakteristik stroke pendek, antara lain
Suzuki : Shogun 110, smash generasi pertama, satria FU, Thunder 125
Honda : CS 1, CBR 150
Kawazaki: Ninja 250
Yamaha : stau ane ga ada, RX king iya-tapi toh dia ga pake katup/klep/valve
for info tambahan (MENGHITUNG TEKANAN TURBO):
dapet dari forum sebelah itungan untuk menentukan tekanan turbo berdasarkan kompresi mesin. Coba ane kasih ulasan sendiri
Rumusnya
E = C((B / 14.7) + 1)
E= Effective Compression B= boost psi, and C= Static compression
Contoh
Shogun punya kompresi 9.5:1 diberi tekanan boost 1 Psi
maka E=10.1462585
atau E adalah 10:1 bila diberi Boost 1 Psi
masalahnya ada gak super charger/ turbo yang boostnya 1 Psi???
makanya kompresi harus di turunin jadi 8:1, coba ya contoh Shelbi Super Car Ultimate Aero
Shelbi SC Ultimate Aero C = (8.975:1) boost 8 psi (versi SSC pertama),
maka E=13.85935374
jadi kompresi=13.8:1 setelah diberi boost
boost seri berikutnya 14 psi,
Maka E=17.52261905
jadi kompresi=17.5:1 setelah boost
dan mereka mengklaim bisa pake gasoline oktan 91
(mungkin) setingan pengapiannya diatur sedemikian rupa biar gak knocking
kita coba supra X C=9:1 boost 2.5 psi Maka E=10.53061224 dan kompresinya menjadi sama dengan vixion yaitu 10.5:1
coba kalo kita turunin kompresi semua motor jadi 8:1, brapa boost yang boleh dipakai agar tetep bisa minum pertamax dan gak usah mengubah setingan CDI . Coba boost 4 Psi, maka
E=10.17687075 maka C=10.2 : 1 boostnya 4 psi
4 psi atau sama dengan
0.2757902912 BAR atau
0.27218382826 ATM [standard]
0.28122783132 ATM [technical]
ini info kebutuhan bahan bakar berdasarkan nilai kompresi
Kompresi 7:1 � 9:1 cukup pekai Premium (Oktan 88)
Kompresi 9:1 � 10:1 sebaiknya mengunakan Pertamax (Oktan 92)
Kompresi 10:1 � 11:1 pakai Pertamax Plus (Oktan 95) saja
smoga infonya berguna gan
Kalau suka jangan lupa ngasih melon:melonndan:
Kalau agan Benci, jangan di- BATA :cabendan:ya
for reaksi elektrolisis:
'-'
http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=...9&postcount=51 (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=637935189&postcount=51)
[spoiler=open this] for catatan:
"yang mau nekat pakai aja ini http://i806.photobucket.com/albums/y...C07745KP35.jpg (http://i806.photobucket.com/albums/yy345/penzauto/DSC07745KP35.jpg) "
</div>