Balapanyuk
20th October 2012, 06:53 PM
Misi agan2 smua... mungkin udah jadi rahasia umum kalo yang namanya anak2 motor, ato bikers pada umumnya pada make klakson stebel nautilus. karena suaranya oke booo, bisa bikin yang laen minggir daripada ngalangin jalan bikin dongkol.
kaya apa sih klaksonnya, cekimprot :
[/spoiler] for stebel nautilus:
http://firetrader.com.au/images/stebel%20horn_%20lge.jpg
http://i374.photobucket.com/albums/oo190/monicogalicia/VCP/vcp-misc/IMG_1238-1.jpg
nah pada ngeh kaaan :2good:
nah sekarang yang jadi masalah, kadang2 ntu klakson kan suka metong...alias mati. daripada buang2 duit ke tukang klakson cuma buat benerin, mending kita sedikit berkarya di rumah... ni ikutin caranya :
berhubung lagi pada ngetren ngomongin klakson stebel nautilus, ni ane kasi cara serpisnya kalo tiba2 metong... cekicrot :
Klakson STABEL NAUTILUS menempatkan dirinya sebagai salah satu klakson pilihan dari banyak pilihan untuk Bikers yang suka Touring. Suaranya Ganazzz tapi jenaka...di jalanan mantab mampu menberikan peringatan dgn baik dan mampu membuat motorist lainnya ngeri (* melejit)
Dari segala kelebihannya, akan tetapi klakson ini rentan sekali terhadap kondisi medan jalanan yang buruk dengan kotor (berdebu), terkena Air (hujan, banjir,mencuci), ya ..resiko jika ditempatkan di tempat terbuka (motor).
Akhirnya...klakson akan (bisa) berbunyi fals, ngorok, bahkan membisu (*wafat), tapi tdk usah kuatir selama dinamo kompresor (tabung) kondisi baik masih bisa di service dengan ringan dan kembali seperti sediakala.
Alat yang diperlukan :
- Obeng Minus (-) Tipis dan Tebal : Mengungkit kuncian tabung kompresor dari body plastik.
- Pinset/Peniti : penahan klip setelah dinamo dilepas dan akan dipasangkan kembali.
- Pelumas : Oli - WD
- Kain : membersihkan kotoran
- Cuttonbut : mengorek2 kotoran di saluran angin
- Martil/Palu : membantu klem (kompresor) terpasang kembali dgn di getok (kombinasi dgn obeng tebal)
Cara :
1. Mulai dari saluran lubang tabung samping (IN) - *1, renggangkan perlahan sampai terbuka sedikit kemudian congkel dengan obeng tipis bagian Corong tabung - *2
Pelan-pelan saja, jangan sampai patah. Pada Corong tabung -*2 terdapat karet bantalan warna kuning.
for gambar 1:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs006.snc6/165661_1680402103243_1633263583_1546715_7605352_n. jpg
2. Bagian body tabung kompresor sudah terlepas dari body pelindung plastik
kotoran-kotoran biasanya akan tampak dan bisa dibersihkan, pergunakan kombinasi kain dan pelumas (WD) untuk menghilangkan kotoran -*1
Bersihkan pula bagian body Plastik secara seksama.
for gambar 2:
http://l22.sphotos.l3.fbcdn.net/hphotos-l3-snc6/hs076.snc6/168616_1680404263297_1633263583_1546717_516599_n.j pg
3. Pengerjaan selanjutnya Fokus pada tabung kompresor.
Ungkit klem penahan dgn obeng tipis. agak keras tapi santai saja...pasti bisa membuka dengan baik.
cleeek.....tarik kepala tabung kompresor.
for gambar 3:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs1359.snc4/163110_1680406623356_1633263583_1546723_237115_n.j pg
Bersihkan pula lubang corong tabung -*1 dengan cuttonbut (berikan pelumas) agar mudah rontok dengan mengorek2 pelan-pelan.
Pada bagian IN -*2, juga dibersihkan
for gambar 4:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs040.snc6/167070_1680408503403_1633263583_1546726_5684101_n. jpg
4. Check sekalian, Lepas Dinamo Kompresor, hanya dengan menariknya saja.
Agak keras sedikit karena ditahan oleh magnet -*1 di sisi tabung...tidak usah ragu...sreeet..
for gambar 5a:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs065.snc6/167572_1680422263747_1633263583_1546761_7107404_n. jpg
5. Ketika rangkaian dinamo dan penonjoknya keluar, check pada bagian sisi besi penahan kumparannya.
terkadang kelihatan kotor oleh karat, bersihkan dengan kain yang dibasahi Pelumas WD
for gambar 5b:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs063.snc6/167310_1680418743659_1633263583_1546746_3675700_n. jpg
6. Jika kondisi dirasa sudah bersih, sambil coba ditest dgn tiup manual (mulut) pada corongnya pic.4 -*1...lancar,terasa wuussh..wushh....maka dipastikan kondisi lanjar jaya (begitu pula tiup sebaliknya di pic.4 -*2)
atau test dgn asap rokok (bagi perokok) untuk mengetahui aliran (flow) dari angin yang ditiupkan.
Pasang kembali rangkaian dinamo kompresor ke tempatnya, bantu dengan pinset untuk menahan pada posisi lobang intip belakang -*1
check pada gambar inset (posisi dalam pic 5a -*2)
[spoiler=open this] for gambar 6:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash2/hs045.ash2/35624_1680419303673_1633263583_1546748_5089881_n.j pg
Pasang secara urutan terbalik.perhatikan batang penojok harus masuk dan pas dengan kepala tabung yang terlepas tadinya (ada lobangnya) - Pic.4
Untuk melakukan klem kembali tabung kompresor yang terbuka, bisa dibantu dengan Obeng tebal di getok dengan martik sampai rapat dan tidak goyang (oblak).
Atur kembali kabel dan jalur pemasangan dan kemudian TEST Klakson.
Jika terdengar Dhooooooout..dhooooooooout dan suara lebih empuk dari sebelumnya maka anda telah berhasil dengan baik dalam service ringan ini.
*) 1 buah klakson STABEL NAUTILUS seharga kurang lebih Rp.200.000,- akan sayang jika rusak dan tidak bisa dilakukan service.
*) mungkin ada cara yang lebih simple, silakan di share....ini bisanya begini dan telah mengembalikan klaksonku bunyi setelah KO.
*) waktu bongkar pasang, estimasi 15-20 menit.
Semoga bermanfaat.
dari sharing temen (http://www.facebook.com/note.php?note_id=192095210805892)
kalo misalkan berguna en enggak :repost:repost, boleh dong gan ane minta ntu yang seger-segernya..dah lama nih gak jajan ntu
semoga bermanfaat
</div>
kaya apa sih klaksonnya, cekimprot :
[/spoiler] for stebel nautilus:
http://firetrader.com.au/images/stebel%20horn_%20lge.jpg
http://i374.photobucket.com/albums/oo190/monicogalicia/VCP/vcp-misc/IMG_1238-1.jpg
nah pada ngeh kaaan :2good:
nah sekarang yang jadi masalah, kadang2 ntu klakson kan suka metong...alias mati. daripada buang2 duit ke tukang klakson cuma buat benerin, mending kita sedikit berkarya di rumah... ni ikutin caranya :
berhubung lagi pada ngetren ngomongin klakson stebel nautilus, ni ane kasi cara serpisnya kalo tiba2 metong... cekicrot :
Klakson STABEL NAUTILUS menempatkan dirinya sebagai salah satu klakson pilihan dari banyak pilihan untuk Bikers yang suka Touring. Suaranya Ganazzz tapi jenaka...di jalanan mantab mampu menberikan peringatan dgn baik dan mampu membuat motorist lainnya ngeri (* melejit)
Dari segala kelebihannya, akan tetapi klakson ini rentan sekali terhadap kondisi medan jalanan yang buruk dengan kotor (berdebu), terkena Air (hujan, banjir,mencuci), ya ..resiko jika ditempatkan di tempat terbuka (motor).
Akhirnya...klakson akan (bisa) berbunyi fals, ngorok, bahkan membisu (*wafat), tapi tdk usah kuatir selama dinamo kompresor (tabung) kondisi baik masih bisa di service dengan ringan dan kembali seperti sediakala.
Alat yang diperlukan :
- Obeng Minus (-) Tipis dan Tebal : Mengungkit kuncian tabung kompresor dari body plastik.
- Pinset/Peniti : penahan klip setelah dinamo dilepas dan akan dipasangkan kembali.
- Pelumas : Oli - WD
- Kain : membersihkan kotoran
- Cuttonbut : mengorek2 kotoran di saluran angin
- Martil/Palu : membantu klem (kompresor) terpasang kembali dgn di getok (kombinasi dgn obeng tebal)
Cara :
1. Mulai dari saluran lubang tabung samping (IN) - *1, renggangkan perlahan sampai terbuka sedikit kemudian congkel dengan obeng tipis bagian Corong tabung - *2
Pelan-pelan saja, jangan sampai patah. Pada Corong tabung -*2 terdapat karet bantalan warna kuning.
for gambar 1:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs006.snc6/165661_1680402103243_1633263583_1546715_7605352_n. jpg
2. Bagian body tabung kompresor sudah terlepas dari body pelindung plastik
kotoran-kotoran biasanya akan tampak dan bisa dibersihkan, pergunakan kombinasi kain dan pelumas (WD) untuk menghilangkan kotoran -*1
Bersihkan pula bagian body Plastik secara seksama.
for gambar 2:
http://l22.sphotos.l3.fbcdn.net/hphotos-l3-snc6/hs076.snc6/168616_1680404263297_1633263583_1546717_516599_n.j pg
3. Pengerjaan selanjutnya Fokus pada tabung kompresor.
Ungkit klem penahan dgn obeng tipis. agak keras tapi santai saja...pasti bisa membuka dengan baik.
cleeek.....tarik kepala tabung kompresor.
for gambar 3:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs1359.snc4/163110_1680406623356_1633263583_1546723_237115_n.j pg
Bersihkan pula lubang corong tabung -*1 dengan cuttonbut (berikan pelumas) agar mudah rontok dengan mengorek2 pelan-pelan.
Pada bagian IN -*2, juga dibersihkan
for gambar 4:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs040.snc6/167070_1680408503403_1633263583_1546726_5684101_n. jpg
4. Check sekalian, Lepas Dinamo Kompresor, hanya dengan menariknya saja.
Agak keras sedikit karena ditahan oleh magnet -*1 di sisi tabung...tidak usah ragu...sreeet..
for gambar 5a:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs065.snc6/167572_1680422263747_1633263583_1546761_7107404_n. jpg
5. Ketika rangkaian dinamo dan penonjoknya keluar, check pada bagian sisi besi penahan kumparannya.
terkadang kelihatan kotor oleh karat, bersihkan dengan kain yang dibasahi Pelumas WD
for gambar 5b:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc6/hs063.snc6/167310_1680418743659_1633263583_1546746_3675700_n. jpg
6. Jika kondisi dirasa sudah bersih, sambil coba ditest dgn tiup manual (mulut) pada corongnya pic.4 -*1...lancar,terasa wuussh..wushh....maka dipastikan kondisi lanjar jaya (begitu pula tiup sebaliknya di pic.4 -*2)
atau test dgn asap rokok (bagi perokok) untuk mengetahui aliran (flow) dari angin yang ditiupkan.
Pasang kembali rangkaian dinamo kompresor ke tempatnya, bantu dengan pinset untuk menahan pada posisi lobang intip belakang -*1
check pada gambar inset (posisi dalam pic 5a -*2)
[spoiler=open this] for gambar 6:
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash2/hs045.ash2/35624_1680419303673_1633263583_1546748_5089881_n.j pg
Pasang secara urutan terbalik.perhatikan batang penojok harus masuk dan pas dengan kepala tabung yang terlepas tadinya (ada lobangnya) - Pic.4
Untuk melakukan klem kembali tabung kompresor yang terbuka, bisa dibantu dengan Obeng tebal di getok dengan martik sampai rapat dan tidak goyang (oblak).
Atur kembali kabel dan jalur pemasangan dan kemudian TEST Klakson.
Jika terdengar Dhooooooout..dhooooooooout dan suara lebih empuk dari sebelumnya maka anda telah berhasil dengan baik dalam service ringan ini.
*) 1 buah klakson STABEL NAUTILUS seharga kurang lebih Rp.200.000,- akan sayang jika rusak dan tidak bisa dilakukan service.
*) mungkin ada cara yang lebih simple, silakan di share....ini bisanya begini dan telah mengembalikan klaksonku bunyi setelah KO.
*) waktu bongkar pasang, estimasi 15-20 menit.
Semoga bermanfaat.
dari sharing temen (http://www.facebook.com/note.php?note_id=192095210805892)
kalo misalkan berguna en enggak :repost:repost, boleh dong gan ane minta ntu yang seger-segernya..dah lama nih gak jajan ntu
semoga bermanfaat
</div>