Gorillaks
20th October 2012, 05:29 PM
Susunan Pengurus ITZC (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=470770965&postcount=4059) dan Media ITZC (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=645216427&postcount=5846)
City adalah kendaraan subcompact buatan Honda, dibuat sejak tahun 1981, pada mulanya dibuat hanya untuk pasar Jepang, Eropa, dan Australia. Tapi pada tahun 1994, pemasarannya dihentikan tanpa ada kelanjutannya.
Nama City tidak hilang, namanya kembali digunakan untuk produk sedan 4 pintu, yang ditujukan untuk pasar negara berkembang, Asia-kecuali Jepang, meskipun di kemudian hari, juga diapsarkan di Amerika Latin dan Australia.
[/spoiler] for Gen 1 (1981-1986):
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/0qksqjk0.jpg
Honda City AA
1231cc, 67 PS
Keunikan: Ada versi pake turbo, dan bahkan ada option folded scooter 50cc :hammer:
for Gen 2 (1986-1994):
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/pfxepune.jpg
Honda City GA
Ga ada datanya... :hammer:
HONDA CITY GENERATION 3 (1996-2002)
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/rvqolik5.jpg
kode chassis 3A2 utk 1300 cc,
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/ywglbx6f.jpg
3A3 utk yang 1500cc.
Kode bodynya semua SX8, nah, City kita, yg kode chassisnya 3A3. Semua SX8 ini small 4-door sedan dengan mengambil basis dari Honda Civic EF (Grand Civic), ga heran bisa dibilang semua penampilannya mirip banget..,
SX8 didesain hanya untuk pasar Asia Tenggara, dengan produksi perdana di Thailand pada tahun 1996. Sekitar 70% partnya dibuat di Thailand. Seiring perkembangan, City juga diproduksi di Malaysia, Pakistan, Indonesia, India, dan Filiphina.
Chassis 3A3 mulai diperkenalkan di tahun 2000, ini yang dikenal dengan nama City Type Z, dipersenjatai dengan mesin 1500cc VTEC D15B (Vti), atau kita biasa menyebutnya Honda Type Z Vtec. Salah satu perubahan signifikan adalah penggunaan stabilizer pada suspensi belakang untuk handling yg lebih baik.
Kenapa Honda City Type Z termasuk collector item menurut gw:
for mesin:
Mesin D15B ini, yang orang bilang dilengkapi VTEC murni, sebenernya agak2 lebay... malah klo liat sejarahnya, justru mesin ini, �diturunkan� kebuasannya, dari 130 HP di versi JDM, menjadi 115 HP aja untuk pasar Asia. Pasti lu bingung kenapa?? Jawabannya simple, klo versi JDM nya di pasang... ni mesin perlu RON 95 utk bahan bakarnya... :ngakak (refer to Civic EK engine specification)
Trus 115 HP membuat kita sedih? :berdukas... nanti dulu... silahkan dilihat power mobil2 1500 cc masa kini... ada yg ampe 115?? setahu gw ga ada... . Masih jadi mobil paling bertenaga bahkan hingga kini. :iloveindonesias
Oke, meskipun kapasitasnya �diturunkan�, tapi karena desainnya terlahir kencang... ya masih kerasa banget beda... salah satu mobil dengan mesin terliar yang pernah gw pake... Berkali-kali gw bilang... mobil ini tidak sengaja didesain menjadi mobil sangat berkualitas dengan harga tidak terlalu mahal..
0-100 km/jam = sekitar 10 detik... :thumbup
for kaki-kaki:
Mobil ini memilki system suspensi yang sporty. Pada kelasnya, doi salah satu dari sedikit mobil sub-compact yang punya sistem suspensi full independent di belakang, enak handlingnya, manuver, dan fun to drive. System suspensi ini tidak dipake di City berikutnya karena mahal. (well, jadi keluarga Honda City setelah Type Z ini, suspensi belakangnya pake bar.. :berbusa
(catatan pribadi: masih bisa bagi gw, utk masuk akal klo low budget sedan pake bar, klo kelas Civic pake bar?? Tega amat yang jual... dan mau aja yg beli... :hammer: - pada tau kan lo maksud gw mobil paan.. :p)
Nah... udah tau sejarah Honda City... sekarang kembali ke Type Z, ada VTEC, ada Persona... gmana sejarahnya?
for sejarah Type Z:
Secara umum, cuman ada 2:
1. Type Z Vti, perbedaan besar adalah mesinnya VTEC dan aplikasi cakram di roda belakang.
for Type Z Vti.. perhatikan velgnya...:
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/rjzvubkj.jpg
2. Type Z Persona, mesinnya belum VTEC (meskipun udah injeksi PGM-FI), dan rem belakang model drum (tromol)
for type Z Persona.. perhatikan velg nya...:
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/2imsrlo1.jpg
Klo kaki2, interior, eksterior, sama plek, malah yang Persona udah pake foglamp...
Taun 2002an, Type Z Vti minor change:
- interior jadi coklat dari tadinya item
- ada glass holder di doortrim, sebelumnya ga ada,
- 3rd brake lamp, sebelumnya ga ada
- console tengah, sebelumnya ga ada
- velg spoke 5x2 jari, sebelumnya 5 palang aja
- speedometer dengan latar belakang hitam sebelumnya tadinya biru tua
- jarum speedometer merah dari sebelumnya kuning
for Type Z Vti face lift.. perhatikan velg nya:
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/fvdxrhly.jpg
Ada juga versi �transisi� yang kaya gw pake, keluar di 2 bulan terakhir 2001, semua sama plek seperti di atas, hanya interiornya masih hitam. Begitu nyenggol 2002, interior coklat semua...
for sejarah tambahan dari Om Adit...:
pertama (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=426641186&postcount=3570)
kedua (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=426657972&postcount=3571)
Oke, sejarah jelas... sekrang masalah apa sih yg sering terjadi di Type Z ini...
for masalah:
1. kaki-kaki
Yups, kaki2 menempati urutan nomor satu dari masalah si Type Z ini... sebenernya bukan karena kualitasnya jelek... tapi banyak bengkel yang ga paham ama system kaki-kaki Type Z. Mereka nyamain aja ama mobil2 merk lain... hasilnya: salah diagnosa atau bunyi2an keluar lagi setelah beberapa saat. Duit keluar banyak, tapi problem ga solve.
Solusinya gampang... klo kaki2, bunyi, ganti langsung. Jangan diakalin. Ganti yg ori lebih baik lagi. Hati-hati beli partnya, usahakan di toko spare part terpercaya...
Klo bunyi klutuk2 di belakang... coba tarik rem tangan dikit. Klo ilang, masalahnya di kaliper rem yg kering. Buka kaliper rem belakang, cabut pin kalipernya, dan kasih grease silicone, jgn grease biasa.
Kadang bagasi dan tempat duduk belakang juga bikin bunyi2an ini. Resepnya kosongin bagasi termasuk ban serep, bawa jalan deh. Klo kira2 ada yg perlu ganjel, ganjel aje pake karet ban dalem, atau peredam aspal. Langsung senyap
2. Doortrim retak2
Gw sendiri ga ngalamin, tapi banyak yang ngalamin nih. Ga bisa tidak, bawa ke tukang interior. Biasanya ditambal, atau lapis kulit sekalian...
Gmana? Da mulai jelas dong sejarah Type Z ini...
Klo gitu, sekarang silahkan baca-baca thread ini, mo nanya2 boleh...
Klo penasaran soal teknis, silahkan buka di bawah...
for spesifikasi teknis:
Honda City Type Z
Spesifikasi Teknis:
Kompresi 9,5:1
Isi silinder 1493 cc
Diameter x Langkah 75 x 84,5
Daya maksimum (hp/rpm) 115/6800 (Vti aka. VTEC)
Torsi maksimum (kgm/rpm) 14,2/4600 (Vti aka. VTEC)
Gear ratio
1 3,230
2 1,909
3 1,250
4 0,937
5 0,771
R 3,153
Final 4,058
Rem
Depan Cakram berventilasi
Belakang Cakram/drum (exi/persona)
Suspensi
Depan Independent Mcpherson strut + stabilizer
Belakang Independent Mcpherson strut + stabilizer/ independent mcpherson strut (exi/persona)
Panjang lebar tinggi (mm) 4270 x 1690 x 1385
Jarak sumbu roda (mm) 2500
Berat kosong (kg) 980 (mt) 1000 (at)
Radius putar (m) 4,8
Ukuran ban 185/60 R14
Kapasitas tanki (ltr) 45
Kalo mau beli mobil ini 2nd, gmana?
for klo mau beli mobil ini (2nd):
1. Harga.. maaf, kita bukan dealer mobil, so liat Pos Kota aja or liat iklan2 di internet. dengan liat iklan2 ini, kita bisa tau range harganya.
2. Mahal or murah itu relatif. Limo 2005 yg udah Vios Wannabe hanya 75 juta. Murah kan? Mau? saya tidak mau. Tapi percayalah ada yang mau.
3. Yang harus diperiksa? Biasa lah, surat2, body (pernah tabrakan ga), kaki2 masih sip, kondisi ruang mesin, dan test jalan. Jangan pernah berpatokan ama KM kendaraan. Klo KM tinggi tapi terawat dan mulus, why not?
4. jangan maksain beli mobil berharga murah, tapi kualitas pas2an... bakalan merongrong elu di kemudian hari... ya kecuali lu siap mental untuk memperbaiki semuanya...
5. Selalu siapin dana 10-15 juta utk beres2 abis beli mobil bekas (makasih Om Adit :p ). Ini bukan utk aksesoris, tapi utk ganti semua liquid (power steering, oil, minyak rem, kuras radiator, service AC-freon), semua belt, check/ganti/service rem, klo perlu kopling, atau ganti semua ban. kalo ternyata ga perlu ganti... lumayan berkurang budgetnya, silahkan mo ditabung lagi or beliin aksesoris...
6. beli mobil ntu jodoh2an... jadi rasain bener2. jangan keburu nafsu. klo beli mobil, apalagi second, sambil santai aje. kecuali emang kepept harus beli ye...
7. Oh iya, terakhir, mobil mulus ntu ga harus lu dapetin, tapi bisa lu perbaikin dikit2 mobil lu, ampe akhirnya cakep. pelan2, bertahap, jadi daripada nyari mobil 2nd yg kinclong tapi murah (yg gw yakin susah bgt dapetinnya), mending beli yg kondisi seoriginal mungkin, harganya wajar, trus dikit2 lu dandanin... :thumbup - Kota Roma (yang katanya indah) ga dibuat dalam waktu sehari..., yah, kira-kira sama ma mobil2 agan.. bisa cakep, tapi ga sehari dan langsung jadi... :)
Source: Wikipedia.org, google, and Kaskus post...
[spoiler=open this] for update terakhir Kopdar:
Update terakhir KopDar (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=439988002&postcount=3708)
Gallery...
Brosur Type Z 2002 (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=438795026&postcount=3696) - by nyalamurup
Gathering (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=203526681&postcount=5)
Common Issues (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=203526699&postcount=17)
</div>
City adalah kendaraan subcompact buatan Honda, dibuat sejak tahun 1981, pada mulanya dibuat hanya untuk pasar Jepang, Eropa, dan Australia. Tapi pada tahun 1994, pemasarannya dihentikan tanpa ada kelanjutannya.
Nama City tidak hilang, namanya kembali digunakan untuk produk sedan 4 pintu, yang ditujukan untuk pasar negara berkembang, Asia-kecuali Jepang, meskipun di kemudian hari, juga diapsarkan di Amerika Latin dan Australia.
[/spoiler] for Gen 1 (1981-1986):
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/0qksqjk0.jpg
Honda City AA
1231cc, 67 PS
Keunikan: Ada versi pake turbo, dan bahkan ada option folded scooter 50cc :hammer:
for Gen 2 (1986-1994):
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/pfxepune.jpg
Honda City GA
Ga ada datanya... :hammer:
HONDA CITY GENERATION 3 (1996-2002)
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/rvqolik5.jpg
kode chassis 3A2 utk 1300 cc,
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/ywglbx6f.jpg
3A3 utk yang 1500cc.
Kode bodynya semua SX8, nah, City kita, yg kode chassisnya 3A3. Semua SX8 ini small 4-door sedan dengan mengambil basis dari Honda Civic EF (Grand Civic), ga heran bisa dibilang semua penampilannya mirip banget..,
SX8 didesain hanya untuk pasar Asia Tenggara, dengan produksi perdana di Thailand pada tahun 1996. Sekitar 70% partnya dibuat di Thailand. Seiring perkembangan, City juga diproduksi di Malaysia, Pakistan, Indonesia, India, dan Filiphina.
Chassis 3A3 mulai diperkenalkan di tahun 2000, ini yang dikenal dengan nama City Type Z, dipersenjatai dengan mesin 1500cc VTEC D15B (Vti), atau kita biasa menyebutnya Honda Type Z Vtec. Salah satu perubahan signifikan adalah penggunaan stabilizer pada suspensi belakang untuk handling yg lebih baik.
Kenapa Honda City Type Z termasuk collector item menurut gw:
for mesin:
Mesin D15B ini, yang orang bilang dilengkapi VTEC murni, sebenernya agak2 lebay... malah klo liat sejarahnya, justru mesin ini, �diturunkan� kebuasannya, dari 130 HP di versi JDM, menjadi 115 HP aja untuk pasar Asia. Pasti lu bingung kenapa?? Jawabannya simple, klo versi JDM nya di pasang... ni mesin perlu RON 95 utk bahan bakarnya... :ngakak (refer to Civic EK engine specification)
Trus 115 HP membuat kita sedih? :berdukas... nanti dulu... silahkan dilihat power mobil2 1500 cc masa kini... ada yg ampe 115?? setahu gw ga ada... . Masih jadi mobil paling bertenaga bahkan hingga kini. :iloveindonesias
Oke, meskipun kapasitasnya �diturunkan�, tapi karena desainnya terlahir kencang... ya masih kerasa banget beda... salah satu mobil dengan mesin terliar yang pernah gw pake... Berkali-kali gw bilang... mobil ini tidak sengaja didesain menjadi mobil sangat berkualitas dengan harga tidak terlalu mahal..
0-100 km/jam = sekitar 10 detik... :thumbup
for kaki-kaki:
Mobil ini memilki system suspensi yang sporty. Pada kelasnya, doi salah satu dari sedikit mobil sub-compact yang punya sistem suspensi full independent di belakang, enak handlingnya, manuver, dan fun to drive. System suspensi ini tidak dipake di City berikutnya karena mahal. (well, jadi keluarga Honda City setelah Type Z ini, suspensi belakangnya pake bar.. :berbusa
(catatan pribadi: masih bisa bagi gw, utk masuk akal klo low budget sedan pake bar, klo kelas Civic pake bar?? Tega amat yang jual... dan mau aja yg beli... :hammer: - pada tau kan lo maksud gw mobil paan.. :p)
Nah... udah tau sejarah Honda City... sekarang kembali ke Type Z, ada VTEC, ada Persona... gmana sejarahnya?
for sejarah Type Z:
Secara umum, cuman ada 2:
1. Type Z Vti, perbedaan besar adalah mesinnya VTEC dan aplikasi cakram di roda belakang.
for Type Z Vti.. perhatikan velgnya...:
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/rjzvubkj.jpg
2. Type Z Persona, mesinnya belum VTEC (meskipun udah injeksi PGM-FI), dan rem belakang model drum (tromol)
for type Z Persona.. perhatikan velg nya...:
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/2imsrlo1.jpg
Klo kaki2, interior, eksterior, sama plek, malah yang Persona udah pake foglamp...
Taun 2002an, Type Z Vti minor change:
- interior jadi coklat dari tadinya item
- ada glass holder di doortrim, sebelumnya ga ada,
- 3rd brake lamp, sebelumnya ga ada
- console tengah, sebelumnya ga ada
- velg spoke 5x2 jari, sebelumnya 5 palang aja
- speedometer dengan latar belakang hitam sebelumnya tadinya biru tua
- jarum speedometer merah dari sebelumnya kuning
for Type Z Vti face lift.. perhatikan velg nya:
http://cdn-u.kaskus.co.id/45/fvdxrhly.jpg
Ada juga versi �transisi� yang kaya gw pake, keluar di 2 bulan terakhir 2001, semua sama plek seperti di atas, hanya interiornya masih hitam. Begitu nyenggol 2002, interior coklat semua...
for sejarah tambahan dari Om Adit...:
pertama (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=426641186&postcount=3570)
kedua (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=426657972&postcount=3571)
Oke, sejarah jelas... sekrang masalah apa sih yg sering terjadi di Type Z ini...
for masalah:
1. kaki-kaki
Yups, kaki2 menempati urutan nomor satu dari masalah si Type Z ini... sebenernya bukan karena kualitasnya jelek... tapi banyak bengkel yang ga paham ama system kaki-kaki Type Z. Mereka nyamain aja ama mobil2 merk lain... hasilnya: salah diagnosa atau bunyi2an keluar lagi setelah beberapa saat. Duit keluar banyak, tapi problem ga solve.
Solusinya gampang... klo kaki2, bunyi, ganti langsung. Jangan diakalin. Ganti yg ori lebih baik lagi. Hati-hati beli partnya, usahakan di toko spare part terpercaya...
Klo bunyi klutuk2 di belakang... coba tarik rem tangan dikit. Klo ilang, masalahnya di kaliper rem yg kering. Buka kaliper rem belakang, cabut pin kalipernya, dan kasih grease silicone, jgn grease biasa.
Kadang bagasi dan tempat duduk belakang juga bikin bunyi2an ini. Resepnya kosongin bagasi termasuk ban serep, bawa jalan deh. Klo kira2 ada yg perlu ganjel, ganjel aje pake karet ban dalem, atau peredam aspal. Langsung senyap
2. Doortrim retak2
Gw sendiri ga ngalamin, tapi banyak yang ngalamin nih. Ga bisa tidak, bawa ke tukang interior. Biasanya ditambal, atau lapis kulit sekalian...
Gmana? Da mulai jelas dong sejarah Type Z ini...
Klo gitu, sekarang silahkan baca-baca thread ini, mo nanya2 boleh...
Klo penasaran soal teknis, silahkan buka di bawah...
for spesifikasi teknis:
Honda City Type Z
Spesifikasi Teknis:
Kompresi 9,5:1
Isi silinder 1493 cc
Diameter x Langkah 75 x 84,5
Daya maksimum (hp/rpm) 115/6800 (Vti aka. VTEC)
Torsi maksimum (kgm/rpm) 14,2/4600 (Vti aka. VTEC)
Gear ratio
1 3,230
2 1,909
3 1,250
4 0,937
5 0,771
R 3,153
Final 4,058
Rem
Depan Cakram berventilasi
Belakang Cakram/drum (exi/persona)
Suspensi
Depan Independent Mcpherson strut + stabilizer
Belakang Independent Mcpherson strut + stabilizer/ independent mcpherson strut (exi/persona)
Panjang lebar tinggi (mm) 4270 x 1690 x 1385
Jarak sumbu roda (mm) 2500
Berat kosong (kg) 980 (mt) 1000 (at)
Radius putar (m) 4,8
Ukuran ban 185/60 R14
Kapasitas tanki (ltr) 45
Kalo mau beli mobil ini 2nd, gmana?
for klo mau beli mobil ini (2nd):
1. Harga.. maaf, kita bukan dealer mobil, so liat Pos Kota aja or liat iklan2 di internet. dengan liat iklan2 ini, kita bisa tau range harganya.
2. Mahal or murah itu relatif. Limo 2005 yg udah Vios Wannabe hanya 75 juta. Murah kan? Mau? saya tidak mau. Tapi percayalah ada yang mau.
3. Yang harus diperiksa? Biasa lah, surat2, body (pernah tabrakan ga), kaki2 masih sip, kondisi ruang mesin, dan test jalan. Jangan pernah berpatokan ama KM kendaraan. Klo KM tinggi tapi terawat dan mulus, why not?
4. jangan maksain beli mobil berharga murah, tapi kualitas pas2an... bakalan merongrong elu di kemudian hari... ya kecuali lu siap mental untuk memperbaiki semuanya...
5. Selalu siapin dana 10-15 juta utk beres2 abis beli mobil bekas (makasih Om Adit :p ). Ini bukan utk aksesoris, tapi utk ganti semua liquid (power steering, oil, minyak rem, kuras radiator, service AC-freon), semua belt, check/ganti/service rem, klo perlu kopling, atau ganti semua ban. kalo ternyata ga perlu ganti... lumayan berkurang budgetnya, silahkan mo ditabung lagi or beliin aksesoris...
6. beli mobil ntu jodoh2an... jadi rasain bener2. jangan keburu nafsu. klo beli mobil, apalagi second, sambil santai aje. kecuali emang kepept harus beli ye...
7. Oh iya, terakhir, mobil mulus ntu ga harus lu dapetin, tapi bisa lu perbaikin dikit2 mobil lu, ampe akhirnya cakep. pelan2, bertahap, jadi daripada nyari mobil 2nd yg kinclong tapi murah (yg gw yakin susah bgt dapetinnya), mending beli yg kondisi seoriginal mungkin, harganya wajar, trus dikit2 lu dandanin... :thumbup - Kota Roma (yang katanya indah) ga dibuat dalam waktu sehari..., yah, kira-kira sama ma mobil2 agan.. bisa cakep, tapi ga sehari dan langsung jadi... :)
Source: Wikipedia.org, google, and Kaskus post...
[spoiler=open this] for update terakhir Kopdar:
Update terakhir KopDar (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=439988002&postcount=3708)
Gallery...
Brosur Type Z 2002 (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=438795026&postcount=3696) - by nyalamurup
Gathering (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=203526681&postcount=5)
Common Issues (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=203526699&postcount=17)
</div>