PDA

View Full Version : KIA Carens Users, masuk sini gan....


PermeenMint
20th October 2012, 04:53 PM
Sebelumnya ane mohon ijin sama agan semua utk bikin Thread tentang Carens



kebetulan ane lagi kepengen beli mobil ini, scara info yg ada sangat minim maka ane bikin Thread ini



sebenernya Thread ini lanjutan dari tret di link :http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=9546426

yg udah di gembok sama momod Satyabudi (http://www.kaskus.co.id/member.php?u=446505)



Ini juga saran dari mod Satyabudi (http://www.kaskus.co.id/member.php?u=446505) utk bikin Thread diskusi seputar Carens yg memang blom ada di index FR4 kaskus



nah ane minta pendapat sharing dan pengalaman dari pengguna Carens 1 dan Carens 2 baik yg a/t maupun m/t



Klo ane sendiri ada beberapa pertanyaan :

Klo carens 1 mendingan pilih yg matic atau manual ya?

katanya Carens 1 kurang bagus di tanjakan ya?

klo mau beli cr 1 a/t apa aja yg mesti di perhatiin?

jenis / tipe matic carens itu apa sih?

agan dah pake brp lama?

masalah dengan transmisinya apa aja yg pernah agan alamin?

udah pernah servis apa aja?

pernah lewat puncak / nagrek gan? kuat ga tuh klo lewat nagrek pas macet??

oh iya, carens penyakit khas nya apa ya?



sebagian info yg udah ane dapet dari agan2 skalian :




[/quote]






Originally Posted by lqtralala
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=465858175#post465858175)


ane punya dirumah cr1. AT 2001 handal, bantingannya empuk, handling ok

untuk tanjakan ane fine2 ajah.. ga buat masalah bgt,ane sabtu minggu jkt-bandung lanciiiirrrrr 140 msh anteng2 aja om ga ada getar.. sparepart/bengkel msh blm mengkawatirkan karena beres or non beres buanyaaakkk jkt-bdg.

fitur okeh,jok kulit,abs,airbag,roofrack,safety 3 baris, nyaman di dalam mobil.
















Originally Posted by lqtralala
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=465970173#post465970173)


permasalahan ane 6bulan yg lalu gan.. pas mau cari cr1 juga hehe (cr1 vs...)

berarti ane -+ udah punya cr1 baru 6bulan yg lalu.. selama 6 bulan ane baru ganti kampas rem, diskbrake (600+200rb) ganti oli (t*tal) pk t*p 1 pernah, mesin kasar ganti oli transmisi. trus ganti karet2 di as kaki2 (50rban) ganti packing karena ada rembes. kurang lebih ane ngedandanin habis 2jtan gan..

tanjakan yg ane liwati jalur sukabumi aja gan, ama pantura arah tegal guci. itu jg tanjakan lumayan gan.. bawa 6 org dewasa 3 org bocah. emang mantapan xenia di tanjakan tapi itu msh bisa dilalui kok gan.. msh bisa stop n go.



paling harus rajin cek kaki2 sama kelistrikan karena sensi di listrik jd ya standar aja konsumsi listrik nya gan..

perhatiin maticnya gan, kasar ga? trus test drive kec. 60 ada ndut2an apa ga. sama powersteering belokin patah bunyi apa ga? trus kick down.. mesinnya brebet ga? stabil ga bunyi mesinnya.. (ane sotoy aja ya gan hehe mnurut ane sih gitu)
















Originally Posted by lqtralala
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=466553702#post466553702)


ganti gearbox se-set estimasi 9jt an.

umur matic itu ga bisa di prediksi berapa tahun umurnya, asal makenya sopan awet2 aja gan..yg penting test drive gan, pada kec. >60 kerasa nyentak ga perpindahan giginya? (klo alus bearti aman) OD sistem berfungsi apa ga? klo kerasa fungsinya/bedanya (aman) yg penting kenyamanannya dapet klo pake mobil matic apalagi di kota besar, sering nanjak2..wuiiih nyaman gann make matic kaga pegelllllll



ane berasa di manjain naik mobil matic gan..xixixixii

sebelumnya ane pake manual trus sih gan.














Originally Posted by putramahendra
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=467848130#post467848130)


Yess,,,ada juga rumah khusus untuk Carens user Kaskus hehee...

Saya coba review2 juga pak karena saya juga pengguna Carens I 2000

1. Matic/manual? kalau saya pakai manual karena ditempat saya tidak seramai jakarta n kota besar lainnya yang macet, sehingga manual masih enak.

2. Tanjakan? yup, tanjakan dia tidak segarang avanza dsb, tapi itu cuma ditarikan awal saja, setelah lewat tarikan pertama dia oke kok...

saya juga sempet bawa keluarga kalo gak salah 6 orang, lewat tanjakan saya terpaksa pake gigi 1, tapi setelah itu aman.

3. Yang perlu diperhatikan? relatif sih apalagi kalau beli seken, tergantung yang pakai sebelumnya, kalau saya dulu yaaaah apa adanya lah, musti ganti sana ganti sini, seperti koil, busi, fuel pump...

4. Saya sih baru pake 1 taunan ini...

5 Masalah Transmisi? sejauh ini saya belum mengalami masalah transmisi (amit2 ketok2 meja)

6. Saya pernah servis koil, busi, fuelpump dan yang paling dewa adalah ganti dinamo cas seperangkat karena udah kena...

7. Penyakit khas carens? wah kalau carens saya maklum umur udah 10 taunan wajar kalau ada sakit2an, tapi paling berasa sih isi bensin, tp itu kan bisa2nya kita gimana make mobilnya CMIIW...














Originally Posted by JogjaBolic
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=472618093#post472618093)


Share aja



Ane pemakai CR dari CR1 m/t thn 2000 dan skrg pake CR2 m/t thn 2006.



Utk tanjakan tidak ada masalah asalkan bisa menjaga RPM karna karakter CR ini tenaga baru terasa pada RPM tengah (diatas 1200).



Waktu mudik terakhir ke Kintamani, kondisi jalan nanjak terus +- 40km CR2 ane dgn muatan full barang dan orang oke2 aja tuh. Tanjakan Patuk Wonosari jg gak ada masalah. Mungkin tergantung kesehatan CR nya juga ya...



Konsumsi CR2 saya sekitar 1:8 - 9, sedikit lebih boros dari CR1 dulu yg bisa tembus 1:9-10 dalkot Jogja. Lukot CR2 sekitar 1:12an (Jogja - Bali premium 350rb-an waktu harga premium 4.500/liter)



Pada jalan keriting ban memang agak berisik , sy pake bridgestone turanza. Mgkn karna peredaman agak kurang baik dan jenis ban jg berpengaruh. Walau bgt tp ane demen ama turanza, diaspal grip banget, kondisi hujan tetep lengket dan kalo ngelibas genangan air stir gak terlalu goyang (Info dari temen pake michelin jauh lebih enak, tp lumayan merobek kantong)



Suspensi empuk dan bantingan juga lembut. Kl keluar kota anak istri tidur dgn lelap. Di tikungan penumpang gak terpental2 kekiri/kekanan kayak mobil2 jepun sejuta umat itu.



Mobil ini juga lumayan kenceng, 120kmh gampang diraih. Asal nyali gede bisa digeber lagi karna pedal gas masih sisa separuh (Safety First)



Masalah sparepart gak ada masalah. Gampang dicari dan banyak aftermarketnya. Bagi yg dipedalaman atau jauh dari kota skrg udh banyak toko yg bisa dipesan online. Harga juga sangat terjangkau.



Semoga membantu. CMIIW



Regards

Rofiq Siregar














Originally Posted by D1RT
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=475301507#post475301507)


Salam kenal agan2...ane mantan pemakai Carens I 2001 AT, 1 hal yang ane kurang puas sama mobil ini cuma boros dan tenaganya agak kurang. Selain itu semuanya OK! Sekarang ane udah pake Grand Livina 2010 AT, soal kenyamanan GL ane kalah sama Carens http://static.kaskus.co.id/images/smilies/s_sm_peace.gif.....juga soal luas kabin lagi2 GL kalah sama Carens http://ceri.ws/smilies/small_capedech.gif.







[quote]






Originally Posted by addovie
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=474817909#post474817909)


Salam kenal,

Saya juga pemakai Carens II SE Thn 2004.

Mau share juga, setuju dengan sharingnya agan putramahendra, dulu pas pertama ambil ini mobil dari yang punya (saya beli bekas), setelah cek sana cek sini langsung geber di jalan tol grogol - bandara cengkareng, kaget pas jarum nunjuk 150 km/jam dan pedal gas belum mentok ....., adal lagi yang bikin kaget, pas kecepatan segitu pas lewat tikungan ke kiri, badan saya dah siap2 nempel dipintu, (kebiasaan dulu bawa mobil "yang tiada duanya"), eh .. ternyata pas di tikungan badan gak begitu kebanting ke pintu, malah cenderung lurus2 aja, padahal kalau pakae mobil yang sebelumnya dah pasti badan nempel ama pintu.



untuk bensin emang lumayan boros utk di dalam kota (1:8-9) saya di jakarta, tapi untuk luar kota kalau bawanya adem2 aja bisa dapet (1-15)



untuk performa yang di bilang di tanjakan lemot, untuk carens saya gak terjadi, dah sering pulang ke pringsewu lampung, lewat bakahuni lancar2 aja, malah di tanjakan ambil kanan terus, ngikutin mobil2 travel lancar2 aja.



setelah lihat di bawah mesin, dan ngliat pipa knalpot (header), ternyata konfigurasi sudah 4-1, kayak mobil2 drag, nah ini bener gak, atau pemilik lama saya sudah pernah modif. emang tarikan ama topspeed enak banget.



Untuk tips biar lumayan ngirit, bawa carennya usahakan rpm nya di bawah 3000, ini sudah saya buktikan bisa dapet 1:15 untuk jalur jakarta - jogya.






klo ada rekan2 lain yg mau nambahin review tentang carens silahkan masukin di Thread ini ya gan :handshake:

</div>