AnakIlangs
20th October 2012, 04:48 PM
kendaraan saya kijang krista tahun 2001 dengan plat nomor AG 48* R*, sekitar 1 bulan yang lalu kendaraan saya masuk ke auto2000 kertajaya karena keluhan mesin yang bunyi, setelah dicek dan diperiksa ternyata harus turun mesin, yang memakan waktu kurang lebih 1 bulan.
ketika masuk bengkel, dibawa oleh istri saya yg memasukan, dengan kondisi yang baik, tidak ada keluhan pada roda dan kondisi kaca film masih bagus ( bisa dibuktikan dengan surat terima kendaraan di auto2000 kertajaya surabaya)
hari jumat sore (17/2/2012 ) sekitar pukul 16.00 wib kemarin, mobil saya ambil keadaan kaca filmnya rusak parah depan dan belakang ( kaca film saya depan vcool yang belakang 3m) ada garis yg panjang di tengah kaca filmnya di depan dan dibelakang juga, baru 100m keluar dari bengkel, mobil terasa goyang sekali, saya langsung kembali ke auto2000 kertajaya, setelah dicek, ternyata ke empat rodanya benjo semua. akhirnya saya pulang dulu ke rumah, saya tidak tahu kondisi mobil sebelumnya, saya pikir istri saya merawat mobil dengan tidak benar
setelah sampai rumah, istri saya marahin, setelah dia cek kendaraan, dia juga kaget dengan kondisi mobil, soalnya waktu masuk tidak seperti itu, akhirnya besoknya saya komplain ke auto2000 kertajaya,
menurut pendapat saya:
1. apakah wajar ke empat rodanya benjo semua pada waktu yang bersamaan
2. kaca film juga rusak bersamaan depan belakang
apakah 2 kejadian itu dapat terjadi secara bersamaan jika tidak dipicu suatu kelalaian dari pihak auto2000 (mungkin ditaruh ditempat panas, atau ban nya dibiarkan kempes dalam waktu yang lama, dsb)
pihak auto2000 kertajaya, berkilah bahwa hal tersebut terjadi terpisah,
1. roda benjo, karena saya pernah disarankan untuk ganti terod, tapi tidak saya ganti
2. kaca film memang sudah usianya
besoknya hari sabtu ( tgl 18/2/2012 ) pukul 09.00 wib saya mengajukan komplain ke auto2000 kertajaya, ke kepala bengkel, bahkan sampai ke kepala cabang (melalui telp pada hari senin tgl 19/2/2012) , saya merasa kecewa sekali dengan tanggapan dari auto2000 kertajaya, saya tidak minta diganti baru ( mengingat saya juga cukup tau diri dengan kondisi mobil yang saya bawa saat itu (kijang krista tahun 2001) tapi saya mengharapkan adanya respon dan investigasi dari para pimpinan auto2000 kertajaya atas kondisi kendaran saya, yg saya tahu, mobil masuk dengan kondisi bagus, dan keluar juga dengan kondisi yang bagus atau bahkan lebih bagus
akhirnya pada hari selasa (tgl 21/2/2012) mobil dengan terpaksa saya bawa pulang, dan saya saya menuliskan keluhan saya di email Toyota astra motor (TAM), dan keesokan harinya, hari rabu (22/2/2012) saya tuliskan email juga ke keluhan pelanggan auto2000
yg saya tanyakan :
apakah dengan kondisi masuk mobil yang bagus ( dapat dibuktikan dengan surat terima kendaraan yg bagus (kaca film dan roda tidak ada keterangan gangguan )
mobil keluar dengan kondisi ke empat rodanya benjo semua dan kaca film depan dan belakang rusak (dapat dibuktikan dengan melihat langsung kondisi kendaraan saya pada waktu itu, yang sudah disaksikan dan difoto oleh pihak auto2000
apakah wajar jika hal tersebut terjadi secara bersamaan, karena saya menduga ini pasti terjadi karena ada kelalaian sehingga menyebabkan kerusakan secara bersamaan
saya tidak menggunakan maslah ini untuk mencari kesempatan dalam kesempitan,dan saya tidak menuntut harus diganti baru, saya cuman mengharapakn kepedulian dari auto2000 kertajaya, dan saya mengharapakn kejadian tersebut dapat menjadi koreksi dalam meningkatkan pelayanannya,
ini mobil sudah saya ganti baru, kaca film dan banya, saya tidak ada masalah biaya, cuman saya kecewa, setelah saya habiskan dana turun mesin lebih dari 20jt, saya mengharapkan service yang lebih baik, ternyata itu tidak saya temui di auto2000 kertajaya
mungkin kesalahan saya disini adalah terlalu percaya pada auto2000 kertajaya, sehingga tagihan saya bayar dulu semua, mobil baru saya coba, sehingga ketika ada keluhan, saya tidak mempunyai posisi lagi
agar lebih netral, saya berusaha meminta pendapat dari teman teman di forum otomotif (yg ahli dan mengerti tentang mobil) dapat dibaca di http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=13246613,
karena ada satu pertanyaan dari rekan ceriwisser, apakah pernah dicek selama 1 bulan disana, saya jadi inget bahwa saat itu sudah pernah dicek oleh karyawan saya 2 x, dan setelah saya croscek ternyata memang benar mobil tersebut tidak dinaikan/ didongkrak , dan tentu saja hal ini bertentangan dengan keterangan bapak kepala bengkel, " yg secara teori " mengatakan bahwa sistem sudah bagus, kalo turun mesin pasti dinaikan, ditaroh ditempat teduh, terjadwal, bla bla bla ( karena sebelumnya mobil ini tidak direncanakan untuk turun mesin, jadi sebelum turun mesin dilakukan proses pengecekan yg memakan waktu kurang lebih 2 minggu, mungkin memang s.o.p kalo turun mesin mobil didiongkrak, sekarang bagaimana posisi mobil sebelum turun mesinlah yg menurut saya menjadi penyebabnya )
[/spoiler] for update 25/2/2012:
update 25/2/12 pukul 08.49wib: setelah kemarin saya email ke TAM dan auto2000 nya, barusan saya ditelp oleh pihak auto2000 kertajaya surabaya, karena saya sudah terlanjur kecewa mendalam, dan saya meluangkan waktu yang tidak sedikit untuk menulis di forum2 dan mempersiapkan diri untuk menulis di koran, ketika saya ditanya tuntutan nya apa? ya saya katakan
1. kepala cabang dan kepala bengkel harus meminta maaf ke saya
2. uang penggantian 100% dari kerusakan kaca film dan ke 4 ban saya, dengan catatan, uang itu tidak akan saya gunakan untuk penggantian mobil saya, tapi akan saya sumbangkan atau bagikan untuk orang lain ( untuk membuktikan bahwa saya mengajukan komplain bukan untuk meminta kompensasi uang sebagai kesempatan untuk mengganti kerusakan ban dan kaca film saya yang lain )
for update 27/2/12:
update 27/2 (16:41)
barusan bapak kepala bengkel telp saya: kita tunggu saja, mungkin dia akan segera bergabung di forum ini
menurut beliau" ihi akan diajukan dulu ke jakarta ( akh masak sih ) ya ,semakin dia lama dalam menyelesaikan masalah, ya akan rugi sendiri, wong ini kasusnya terus dibahas disini
for update 28/2/12:
update 28/2/2012 bapak kepala bengkel sudah telp lagi, kayaknya bisa diganti, tinggal besok gimana prosesnya, kalau saya sih ok ok saja, asalkan pihak auto2000 dengan kesadaran sendiri ( bukan dari saya yg menuntut) datang menemui saya bapak kepala cabang dan kepala bengkel meminta maaf dan menyerahkan ganti rugi (yg tidak akan saya pergunakan untuk mobil saya)
for update 29/2/12:
Update 29/2/12 jam 13:44
Parahhh banget, bapak pimpinan cabang tidak berani datang, jadi terpaksa tidak jadi ada perdamaian, wahhh auto2000 kertajaya koq parah banget ya, wah sebentar lagi kayaknya kudu masuk koran nih, padahal tadi sebelum berangkat saya sudah katakan melalui sms, kalau tidak ada bapak pimpinan cabang ya dicancel saja ( kurang jelas apa saya coba) dan berusaha menyakinkan saya untuk menerima terlebih dahulu uang ganti ruginya ( apa dikira saya bego atau gimana sih, ya jelas jelas kalau uang saya terima, pasti masalah selesai, dan ini bukan hanya masalah uang saja ), super duper parah banget auto2000 kertajaya
for update 1/3/12:
ada oknum a2k kertajaa yg bergabung di forum ini, bisa dilihat komentar mereka di http://livebeta.kaskus.us/thread/000...aya-surabaya/3 (http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000013261912/keluhan-saya-terhadap-auto2000-kertajaya-surabaya/3)
for update 2/3/12:
Update 2/3/2012 kondisi oli mesin menetes dan merembes, kasus sudah diambil alih pusat, tinggal menunggu perkembangan dari pusat, kondisi mobil yg olinya merembes ( yg masih garansi pengerjaan selama 1 bulan, dialihkan oleh pusat ke cabang auto2000 yg lain)
for dugaan penyebabnya:
HASIL INVESTIGASI BERSAMA DISKUSI TEMAN,SAUDARA YG MENGERTI KENDARAAN yg mendekati kebenaran:
1.penyebab ke 4 banya benjo, karena selama turun mesin 1 bulan lebih, ternyata tidak pernah dinaikan/didongkrak (sesuai juga dengan fakta keterangan dari karyawan saya yg cek 2x )dan ini kemungkinan karena ban nya kempes pas didiamkan
2. penyebab kaca film rusak, adalah karena kondisi pintu dan kaca tertutup dalam jangka waktu yg lama, sehingga posisi panas/lembab dari dalam mobil menyebabkan kondisi kaca film rusak
[spoiler=open this] for ENDINGNYA:
update 10/3/2012
mobil saya diambil alih cabang lain, hari ini saya ambil, pas ambil akhirnya kepala cabang, dan kepala bengkel auto2000 kertajaya surabaya datang ke cabang tersebut bersedia menemui saya dan meminta maaf serta memberikan ganti rugi, jadi masalah sudah saya anggap selesai
padahal saya sudah kontak ke dunlopnya ( sesuai masukan dari temen di sini) dan rencananya akan diperiksa oleh pihak pabrik melalui distributornya disini, dan pihak dunlop jakarta memberikan respon yang positif untuk memeriksa penyebab ke 4 ban saya kenapa bisa begitu
tapi karena sudah ada kesepakatan, maka kasus ini saya anggap selesai, nanti tinggal saya update foto foto kemana uang itu akan saya sumbangkan :
1. donator kaskus selama 1 tahun
2. sisa nya saya sumbangkan untuk semua karyawan saya(+-60 orang) semoga bisa menjadi berkat buat mereka dan keluarganya
update 11/3/2012
kaskus donator selama 1 tahun, sudah dilaksanakan
update 14/3/2012
penyerahan sumbangan ke perwakilan karyawan secara simbolis
foto ada di halaman 7 (sory mau ditongolin di halaman 1, tapi tempat terbatas)
hitungan sementara, karyawan semua yg menerima direncanakan +- 100 orang ( termasuk karyawan musiman dan bangunan )
thank you all, berkat masukan dan dukungan kalian semua saya bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik
</div>
ketika masuk bengkel, dibawa oleh istri saya yg memasukan, dengan kondisi yang baik, tidak ada keluhan pada roda dan kondisi kaca film masih bagus ( bisa dibuktikan dengan surat terima kendaraan di auto2000 kertajaya surabaya)
hari jumat sore (17/2/2012 ) sekitar pukul 16.00 wib kemarin, mobil saya ambil keadaan kaca filmnya rusak parah depan dan belakang ( kaca film saya depan vcool yang belakang 3m) ada garis yg panjang di tengah kaca filmnya di depan dan dibelakang juga, baru 100m keluar dari bengkel, mobil terasa goyang sekali, saya langsung kembali ke auto2000 kertajaya, setelah dicek, ternyata ke empat rodanya benjo semua. akhirnya saya pulang dulu ke rumah, saya tidak tahu kondisi mobil sebelumnya, saya pikir istri saya merawat mobil dengan tidak benar
setelah sampai rumah, istri saya marahin, setelah dia cek kendaraan, dia juga kaget dengan kondisi mobil, soalnya waktu masuk tidak seperti itu, akhirnya besoknya saya komplain ke auto2000 kertajaya,
menurut pendapat saya:
1. apakah wajar ke empat rodanya benjo semua pada waktu yang bersamaan
2. kaca film juga rusak bersamaan depan belakang
apakah 2 kejadian itu dapat terjadi secara bersamaan jika tidak dipicu suatu kelalaian dari pihak auto2000 (mungkin ditaruh ditempat panas, atau ban nya dibiarkan kempes dalam waktu yang lama, dsb)
pihak auto2000 kertajaya, berkilah bahwa hal tersebut terjadi terpisah,
1. roda benjo, karena saya pernah disarankan untuk ganti terod, tapi tidak saya ganti
2. kaca film memang sudah usianya
besoknya hari sabtu ( tgl 18/2/2012 ) pukul 09.00 wib saya mengajukan komplain ke auto2000 kertajaya, ke kepala bengkel, bahkan sampai ke kepala cabang (melalui telp pada hari senin tgl 19/2/2012) , saya merasa kecewa sekali dengan tanggapan dari auto2000 kertajaya, saya tidak minta diganti baru ( mengingat saya juga cukup tau diri dengan kondisi mobil yang saya bawa saat itu (kijang krista tahun 2001) tapi saya mengharapkan adanya respon dan investigasi dari para pimpinan auto2000 kertajaya atas kondisi kendaran saya, yg saya tahu, mobil masuk dengan kondisi bagus, dan keluar juga dengan kondisi yang bagus atau bahkan lebih bagus
akhirnya pada hari selasa (tgl 21/2/2012) mobil dengan terpaksa saya bawa pulang, dan saya saya menuliskan keluhan saya di email Toyota astra motor (TAM), dan keesokan harinya, hari rabu (22/2/2012) saya tuliskan email juga ke keluhan pelanggan auto2000
yg saya tanyakan :
apakah dengan kondisi masuk mobil yang bagus ( dapat dibuktikan dengan surat terima kendaraan yg bagus (kaca film dan roda tidak ada keterangan gangguan )
mobil keluar dengan kondisi ke empat rodanya benjo semua dan kaca film depan dan belakang rusak (dapat dibuktikan dengan melihat langsung kondisi kendaraan saya pada waktu itu, yang sudah disaksikan dan difoto oleh pihak auto2000
apakah wajar jika hal tersebut terjadi secara bersamaan, karena saya menduga ini pasti terjadi karena ada kelalaian sehingga menyebabkan kerusakan secara bersamaan
saya tidak menggunakan maslah ini untuk mencari kesempatan dalam kesempitan,dan saya tidak menuntut harus diganti baru, saya cuman mengharapakn kepedulian dari auto2000 kertajaya, dan saya mengharapakn kejadian tersebut dapat menjadi koreksi dalam meningkatkan pelayanannya,
ini mobil sudah saya ganti baru, kaca film dan banya, saya tidak ada masalah biaya, cuman saya kecewa, setelah saya habiskan dana turun mesin lebih dari 20jt, saya mengharapkan service yang lebih baik, ternyata itu tidak saya temui di auto2000 kertajaya
mungkin kesalahan saya disini adalah terlalu percaya pada auto2000 kertajaya, sehingga tagihan saya bayar dulu semua, mobil baru saya coba, sehingga ketika ada keluhan, saya tidak mempunyai posisi lagi
agar lebih netral, saya berusaha meminta pendapat dari teman teman di forum otomotif (yg ahli dan mengerti tentang mobil) dapat dibaca di http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=13246613,
karena ada satu pertanyaan dari rekan ceriwisser, apakah pernah dicek selama 1 bulan disana, saya jadi inget bahwa saat itu sudah pernah dicek oleh karyawan saya 2 x, dan setelah saya croscek ternyata memang benar mobil tersebut tidak dinaikan/ didongkrak , dan tentu saja hal ini bertentangan dengan keterangan bapak kepala bengkel, " yg secara teori " mengatakan bahwa sistem sudah bagus, kalo turun mesin pasti dinaikan, ditaroh ditempat teduh, terjadwal, bla bla bla ( karena sebelumnya mobil ini tidak direncanakan untuk turun mesin, jadi sebelum turun mesin dilakukan proses pengecekan yg memakan waktu kurang lebih 2 minggu, mungkin memang s.o.p kalo turun mesin mobil didiongkrak, sekarang bagaimana posisi mobil sebelum turun mesinlah yg menurut saya menjadi penyebabnya )
[/spoiler] for update 25/2/2012:
update 25/2/12 pukul 08.49wib: setelah kemarin saya email ke TAM dan auto2000 nya, barusan saya ditelp oleh pihak auto2000 kertajaya surabaya, karena saya sudah terlanjur kecewa mendalam, dan saya meluangkan waktu yang tidak sedikit untuk menulis di forum2 dan mempersiapkan diri untuk menulis di koran, ketika saya ditanya tuntutan nya apa? ya saya katakan
1. kepala cabang dan kepala bengkel harus meminta maaf ke saya
2. uang penggantian 100% dari kerusakan kaca film dan ke 4 ban saya, dengan catatan, uang itu tidak akan saya gunakan untuk penggantian mobil saya, tapi akan saya sumbangkan atau bagikan untuk orang lain ( untuk membuktikan bahwa saya mengajukan komplain bukan untuk meminta kompensasi uang sebagai kesempatan untuk mengganti kerusakan ban dan kaca film saya yang lain )
for update 27/2/12:
update 27/2 (16:41)
barusan bapak kepala bengkel telp saya: kita tunggu saja, mungkin dia akan segera bergabung di forum ini
menurut beliau" ihi akan diajukan dulu ke jakarta ( akh masak sih ) ya ,semakin dia lama dalam menyelesaikan masalah, ya akan rugi sendiri, wong ini kasusnya terus dibahas disini
for update 28/2/12:
update 28/2/2012 bapak kepala bengkel sudah telp lagi, kayaknya bisa diganti, tinggal besok gimana prosesnya, kalau saya sih ok ok saja, asalkan pihak auto2000 dengan kesadaran sendiri ( bukan dari saya yg menuntut) datang menemui saya bapak kepala cabang dan kepala bengkel meminta maaf dan menyerahkan ganti rugi (yg tidak akan saya pergunakan untuk mobil saya)
for update 29/2/12:
Update 29/2/12 jam 13:44
Parahhh banget, bapak pimpinan cabang tidak berani datang, jadi terpaksa tidak jadi ada perdamaian, wahhh auto2000 kertajaya koq parah banget ya, wah sebentar lagi kayaknya kudu masuk koran nih, padahal tadi sebelum berangkat saya sudah katakan melalui sms, kalau tidak ada bapak pimpinan cabang ya dicancel saja ( kurang jelas apa saya coba) dan berusaha menyakinkan saya untuk menerima terlebih dahulu uang ganti ruginya ( apa dikira saya bego atau gimana sih, ya jelas jelas kalau uang saya terima, pasti masalah selesai, dan ini bukan hanya masalah uang saja ), super duper parah banget auto2000 kertajaya
for update 1/3/12:
ada oknum a2k kertajaa yg bergabung di forum ini, bisa dilihat komentar mereka di http://livebeta.kaskus.us/thread/000...aya-surabaya/3 (http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000013261912/keluhan-saya-terhadap-auto2000-kertajaya-surabaya/3)
for update 2/3/12:
Update 2/3/2012 kondisi oli mesin menetes dan merembes, kasus sudah diambil alih pusat, tinggal menunggu perkembangan dari pusat, kondisi mobil yg olinya merembes ( yg masih garansi pengerjaan selama 1 bulan, dialihkan oleh pusat ke cabang auto2000 yg lain)
for dugaan penyebabnya:
HASIL INVESTIGASI BERSAMA DISKUSI TEMAN,SAUDARA YG MENGERTI KENDARAAN yg mendekati kebenaran:
1.penyebab ke 4 banya benjo, karena selama turun mesin 1 bulan lebih, ternyata tidak pernah dinaikan/didongkrak (sesuai juga dengan fakta keterangan dari karyawan saya yg cek 2x )dan ini kemungkinan karena ban nya kempes pas didiamkan
2. penyebab kaca film rusak, adalah karena kondisi pintu dan kaca tertutup dalam jangka waktu yg lama, sehingga posisi panas/lembab dari dalam mobil menyebabkan kondisi kaca film rusak
[spoiler=open this] for ENDINGNYA:
update 10/3/2012
mobil saya diambil alih cabang lain, hari ini saya ambil, pas ambil akhirnya kepala cabang, dan kepala bengkel auto2000 kertajaya surabaya datang ke cabang tersebut bersedia menemui saya dan meminta maaf serta memberikan ganti rugi, jadi masalah sudah saya anggap selesai
padahal saya sudah kontak ke dunlopnya ( sesuai masukan dari temen di sini) dan rencananya akan diperiksa oleh pihak pabrik melalui distributornya disini, dan pihak dunlop jakarta memberikan respon yang positif untuk memeriksa penyebab ke 4 ban saya kenapa bisa begitu
tapi karena sudah ada kesepakatan, maka kasus ini saya anggap selesai, nanti tinggal saya update foto foto kemana uang itu akan saya sumbangkan :
1. donator kaskus selama 1 tahun
2. sisa nya saya sumbangkan untuk semua karyawan saya(+-60 orang) semoga bisa menjadi berkat buat mereka dan keluarganya
update 11/3/2012
kaskus donator selama 1 tahun, sudah dilaksanakan
update 14/3/2012
penyerahan sumbangan ke perwakilan karyawan secara simbolis
foto ada di halaman 7 (sory mau ditongolin di halaman 1, tapi tempat terbatas)
hitungan sementara, karyawan semua yg menerima direncanakan +- 100 orang ( termasuk karyawan musiman dan bangunan )
thank you all, berkat masukan dan dukungan kalian semua saya bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik
</div>