Log in

View Full Version : Toyota bermesin 4A-GE di Indonesia ?


PalingBisa
20th October 2012, 04:48 PM
gan, ane kan nubie nih soal otomotif, nah makanya ane mau nanya nih

ane lagi mempelajari mesin2 toyota gan, terutama 4A-GE

nah, ada agan yang tau nggak toyota apa aja yg mesin nya pake mesin 4A-GE?

ane nggak mengharapkan bata ataupun melon, ane hanya ingin belajar

dan mohon maaf juga kalo repost

:ceriwislove:




Berawal dari pertnyaan ane diatas, ane berniat sekalian bikin thread tentang mesin ini....





[/spoiler][spoiler=open this] for 4AGE 16V:




Pada kesempatan kali ini mari kita bahas sedikit tentang mesin 4A-GE yuk, yang heboh pas di pake di mobil Toyota Trueno AE86 di film Initial D. :D


Secara garis besar, Mesin 4A-GE ini terbagi menjadi 2. Yaitu 4A-GE 16katup dan 4A-GE 20katup.



Nah, pada kesempatan kali ini kita bahas yang 16katup ya :D



Specifications:



* Engine displacement: 1.6 litres (1587 cc)

* Layout: DOHC Inline-4 (Straight-4)

* Bore and Stroke: 81 mm � 77 mm

* Dry Weight (with T50 gearbox): 154 kg (340 lb)

* Valves: 16, 4 per each cylinder

* Power: 115�140 hp (86�104 kW) @ 6600 rpm

* Torque: 148 N�m (109 lb�ft) @ 5800 rpm

* Redline: 7600 rpm

* Fuel Delivery System: MPFI





Mesin 4A-GE ini pertama kali dibuat pada tahun 1983 dengan konfigurasi mesin inline 4 silinder 16katup dengan pencampuran antara BBM dengan Udara sudah menggunakan EFI (Electronic Fuel Injection). Cylinder pada mesin ini di buat oleh Yamaha Motor Corporation.







Generasi pertama 4A-GE

http://cdn-u.kaskus.co.id/26/jfxxdo9l.jpg
diperkenalkan pada tahun 1983 untuk menggantikan mesin 2T-G. Pertama kali mesin ini diperkenal kan dengan menggunakan silver cover top. yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 112HP(84KW) @660rpm dengan Torsi 131N.m @4800rpm dengan menggunakan MAF (Air Flow Meter) pada Versi Amerika. Tetapi pada versi Jepang, mesin ini tidak menggunakan MAF melainkan menggunakan MAP (Manifold Absolute Pressure) sensor maka tidak heran apabila versi Jepang ini memiliki tenaga yang lebih besar sektiar 96KW.



Toyota mendesain mesin ini dengan sudut katup sekitar 50 derajat. Sehingga banyak orang yang menyebut mesin ini adalh bigport, karena memiliki lubang intake yang sangat besar. Sehingga membuat torsi yang dihasilkan menjadi kecil. Untuk mengeliminir hal tersebut, pihak Toyota dual intake pada mesin 4A-GE generasi pertama. Dual Intake ini masing - masing melayani 4lubang intake. Sehingga saat mesin dalam putaran rendah, hanyak 4lubang yang terbuka. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan udara dan atomisasi antara BBM dan Udara. Perbandingan kompresi yang dimiliki mesin ini adalah 1:9,4







Generasi Kedua 4A-GE

http://cdn-u.kaskus.co.id/26/eobobgwd.jpg
Pada generasi kedua ini yang mana diproduksi pada sejak tahun 1987-1989 ini memiliki beberapa pembaharuan seperti diameter connecting rod big ends yang lebih besar (42mm) dan penambahan 3 penguat belakang mesin. Selain itu, mesin generasi kedua ini juga telah diaplikasi dengan T-VIS (Toyota Variable Induction System) sehingga tenaga yang disemburkan menjadi 115HP (86KW). Perlu teman � teman ketahui, mesin generasi pertama dan kedua ini merupakan mesin favorit pada modifikator karena mesin ini sangat mudah di modifikasi, ringan, dan memiliki desain yang simple







Generasi ketiga 4A-GE

http://cdn-u.kaskus.co.id/26/gzb24kyb.jpg


Red Top 4AGE




Mesin generasi ketiga ini diproduksi pada tahun 1989-1991. Julukan dari nama mesin ini adalah Red Top, mengapa disebut seperti itu? Karena pada cover head cylinder ini memiliki tulisan berwarna merah. Pihak Toyota meningkatkan kompresi rasio dari 1:9,4 menjadi 1:10,3. Selain itu untuk mengatasi masalah lubang intake yang terlalu besar pada generasi sebelumnya, Toyota memodifikasi lubang intake menjadi lebih kecil untuk meningkatkan kecepatan aliran udara. Untuk meningkatkan daya tahan mesin, Toyota juga menambahkan oli untuk pendingin piston yang terletak dibawah piston. Juga con rod (stang piston) yang dipertebal dan terjadi perubahan pada sisi desain piston. Maka dari itu tidak heran apabila terjadi peningkatan tenaga menjadi 140HP @7200rpm dan Torsi 149Nm@4800rpm.





Applications:



* AA63 Carina 1983.06�1985 (Japan only)

* AT160 Carina 1985�1988 (Japan only)

* AT171 Carina 1988�1992 (Japan only)

* AA63 Celica 1983.08�1985

* AT160 Celica 1985�1989

* AE82 Corolla saloon, FX 1984.10�1987

* AE86 Corolla Levin 1983.05�1987

* AE92 Corolla 1987�1993

* AT141 Corona 1983.10�1985 (Japan only)

* AT160 Corona 1985�1988 (Japan only)

* AW11 MR2 1984.06�1989

* AE82 Sprinter 1984.10�1987 (Japan only)

* AE86 Sprinter Trueno 1983.05�1987 (Japan only)

* AE92 Sprinter 1987�1992 (Japan only)

* AE86/AE92 Corolla GLi Twincam/Conquest RSi 1986�1993 (South Africa)

* Chevrolet Nova (based on Corolla AE82)

* Geo Prizm GSi (based on Toyota AE92 chassis) 1990�1992











Sumber:http://willycar.wordpress.com/2010/0...valves-engine/ (http://willycar.wordpress.com/2010/09/17/4a-ge-16valves-engine/)


</div>