Log in

View Full Version : ->> Mobil Mogok Dijalan? Ini Solusinya ..


PermeenMint
20th October 2012, 04:45 PM
Pagi agan - agan wati seantero Raya,



Ane cuman pengen sharing setelah browsing-briwsing tentang proses troubleshooting mesin mobil yang mogok dijalan,



http://s.kaskus.id/images/2255946_20120328081953.jpg



mudah-mudahan ilustrasi di atas ga pernah terjadi sama agan-agan yang pada punya mobil,, apalagi kalo yang bawa mobilnya IGO bening kaya gini



http://s.kaskus.id/images/2255946_20120328082054.jpg



Untuk menghindari hal-hal diatas, ada beberapa saran yang dikemukanan sama narasumber ane dari blog ROTATING ENGINEER (http://rotatingengineer.blogspot.com)



ini sarannya gan ..



Troubleshooting mungkin dapat diartikan secara bebas sebagai mencari sebab permasalahan.

Berikut ini adalah panduan troubleshooting permasalahan pada mobil bensin berdasarkan gejala-gejala yang timbul. Panduan ini dibuat khusus untuk mobil yang memakai engine management system. Namun, bisa juga Anda gunakan untuk mobil-mobil konvensional sebagai panduan umum. Bedanya, mobil konvensional tidak memiliki sensor-sensor ataupun ada yang tidak memakai fuel injektor, melainkan memakai karburator.



MAP = Manifold Absolute Pressure

MAF = Manifold Air Flow

EGR = Exhaust Gas Regulator

TPS = Throttle Position Sensor

IAC = Idlespeed Control



http://s.kaskus.id/images/2255946_20120328082213.JPG



Engine noise

- Hiss (bunyi mendesis) � vacuum leaks

- Adanya loncatan busur api atau Electrical arching (snapping noise)



Engine mau distart tetapi engine tidak mau hidup

- charcoal canister full of fuel

- faulty MAP, MAF, or coolant sensor or circuit

- EGR valve stuck open

- Faulty canister vent valve

- Fuel pressure lack

- Fuel empty

- Water in fuel

- Aki soak (putaran starter pelan/lemah)

- Busi kotor

- Severe vacuum leak

- Injektor mampet

- Sirkuit start rusak

- Faulty air flow sensor

- IAC valve defective



Engine sulit hidup � dingin

- Leaking injectors



Engine sulit hidup � panas

- Aki soak

- Air filter sumbat

- Defective coolant sensor/circuit

- Defective intake air temperature sensor/circuit

- Defective MAP or MAF

- Faulty TPS or circuit

- Aki kotor

- Ground jelek

- Busi kotor

- Fuel pressure

- Air flow sensor faulty

- PCV valve stuck open

- Vacuum/air leak



Engine hidup tetapi tidak mau jalan

- Faulty canister vent valve

- EGR stuck open

- Coil & alternator loose

- Intake manifold vacuum leaks

- Airflow kurang



Engine �lopes� idle, rough, erratic

- Air filter clogged

- Throttle plate/bore kotor

- EGR

- Vacuum leak

- Air leak in intake duct/manifold

- IAC

- Lean injector

- Rich injector

- Fuel pump

- Cold only = PCV stuk

- Warm only = TPS or MAF



Engine mati saat langsam/idle.

- Busi kotor/gap

- Kabel busi

- EGR valve

- Fuel filter/line

- Vacuum leak

- Incorrect timing

- Kompresi silinde low/sinjal



Excessive idle speed

- vacuum leak

- throttle linkage macet



Engine misses throughout driving speed range

- Fuel filter kotor

- Fuel pump pressure

- Busi

- Kabel busi

- Kompresi piston lemah

- Ignition system

- Vacuum leak

- Lean injector



Hesitation/stumbles/stalls kalau pedal gas diinjak/ditekan untuk akselerasi.

- Busi kotor

- Fuel filter

- TPS

- Air temperature sensor

- MAP

- Air leak di manifold

- MAF

- Throttle plate/bore kotor

- Ignition coil/kabel

- Fuel pump pressure

- Fuel injektor



Engine lack power/sluggish performance

- Air filter mampet

- Exhaust mampet

- Vacuum leak

- EGR valve stuck open

- MAP

- Busi gap

- Fuel filter

- Vacuum leak

- Injektor



Stall on decal/coming to a quick stop

- EGR valve stuck/leakage around base

- TPS

- Idle air control valve malfunction

- Fuel filter

- Gap busi

- Vacuum leak



Surging at steady speed

- Air filter

- Vacuum leak

- Air leak

- EGR valve stuck/leak at base

- O2 sensor

- TPS

- MAF, MAP

- Loose fuel injector connector

- TCC (torque converter connector)

- Fuel pressure, pump

- Lean injector

- Defective computer/information sensor



Engine tidak mau mati (diesel/runs on) saat kunci kontak di-off-kan atau idle speednya terlalu tinggi

- vacuum leak

- EGR Valve

- Excessive engine operation temperature, overheating

- Incorrect spark plug selection



Engine "nembak" /Back firing (baik dari intake dan/atau exhaust)

- vacuum leak di PCV or canister purgeline

- vacuum leak at fuel injector, intake manifold air control valve or vacuum line

- Faulty secondary ignition system (busi retak, kabel)

- EGR

- Emission control system

- Faulty air valve

- Valve clearance

- Damaged valve spring, sticking, burned check by vacuum gage



Bensin boros

- air filter mampet

- PCV

- O2 sensor

- Timing

- Fuel leak

- Injector worn/damage

- Rem mampet

- Ban kempes/kurang angin



Detonasi (spark knock)

- EGR valve inoperative

- Vacuum leak

- Busi

- Knck sensor

- Fuel quality



Exhaust banyak asapnya

- Black (rich): air filter, intake duct mampet, O2 sensor

- Blue (burning oil): PCV valve stuck, PCV filter

- Brown/yellow (lean): fuel filter, lean injector



Bau bensin

- tank overfilled

- tank cap gasket

- lines leaking

- injector stuck open

- injector leak internally

- injector leak externally

- EVAP canister filter in EEC mampet

- Vapor leaks from Evaporative Emission Control System lines





Beberapa Tools yang sangat baik untuk dimiliki karena akan sangat membantu dalam troubleshooting:



- stetoskop khusus otomotif (ujungnya yang ditempelkan berbentuk panjang seperti tubing, sedangkan yang punya dokter, yang ditempelkan berbentuk bulat)

- Analyzer

- Vacuum gage

- termometer laser

- timing light

- power cylinder pessure gage



demikina agan - agan sharing dari ane, mudah mudahan buat yang punya mobil selalu bisa semangat pagi kaya mba yang satu ini..



http://s.kaskus.id/images/2255946_20120328082330.jpg



karna ane masih Nubi,, dan masih Abu juga, buat agan yang sudah ISO mohon bantuannya buat ngasih Ijo -Ijo nya gan ...

:melonndan: :melonndan: :melonndan:



Maaf kalo kurang berkenan, jangan sampe ngasih ini ya Gan



:cabendan:



sekali lagi ane masih nubi, masih amatir bikin thread,, makasih agan semua ..



:shakehand:

</div>