Log in

View Full Version : Vtec, vvt-i & mivec


SopDaging
20th October 2012, 04:45 PM
Teknologi mesin mobil terus berkembang, dengan nama - nama yang tak jarang membuat kita bingung. Disini saia coba menjelaskan kepada agan-2x semua, mengenai teknologi mesin yg sering kita dengar saat ini.



Saia coba dengan bahasa yg sesederhana mungkin n penjelasan yg mudah dimengerti.



Saya mulai dari teknologi yang mengatur klep (valve) dan pengapian (ignition)




[/spoiler] for 1. VTEC:






Singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, yaitu teknologi pengatur katup yang ditemukan oleh Honda, dan sampai sekarang masih digunakan oleh jajaran mesin Honda. Keunggulan teknologi VTEC terletak di kemampuan mesin bersilinder kecil dalam menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mesin yang bersilinder besar, dan di samping itu juga memberikan konsumsi bahan bakar yang baik, serta juga dapat digunakan secara harian.



http://www.hondaphil.com/images/i-vtec.gif

http://z.about.com/d/autorepair/1/0/e/N/vtec_press_sw.jpg



Dasar penciptaan VTEC adalah permasalahan setelan klep. Kalo agan dulu hobi setel mesin, pasti dah tau kalo setelan klep masuk / isap dengan bukaan besar enaknya utk RPM tinggi, tapi RPM Rendah ngempos. Sedangkan bukaan kecil enaknya utk RPM Rendah sampai sedang, tapi di RPM tinggi, tenaganya Ngeden.



Nah, VTEC ini mengkombinasikan kedua-2x nya alias Ada sistem mekanis yg terletak di Rocker Arm yg dapat merubah besaran bukaan klep.



Jadinya kalo pas RPM rendah, Bukaan Klep masuk / hisap kecil, jadinya tenaganya enak n irit bensin. Pas pengen ngebut, begitu masuk RPM tinggi, VTEC Pressure Switch (gambar atas) akan aktif n menggerakkan mekanis VTEC sehingga Rocker Arm menekan klep lebih dalam alias bukaan klep lebih besar, sehingga tenaganya gak ngeden...




[/quote]






Originally Posted by andi_liani
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=131591994#post131591994)


TOP ..... melon meluncur .........





kalau I-VTEC ?










Selain VTEC ada juga i-VTEC (intelligent VTEC) yang juga dilengkapi mekanisme memajukan dan memundurkan pengapian. Tentu hasilnya lebih maksimal untuk meningkatkan efisiensi mesin.












for 2. VVT-I:






VVT-i atau Variable Valve Timing-intelligent bisa diterjemahkan dalam kalimat awam pengaturan pintar waktu buka tutup valve yang variatif. Secara garis besar, sistem kerja pada VVT- I, yg diatur bukan besarnya bukaan klep, tetapi timing bukaan klep terserbut. Pengaturannya juga tidak hanya berdasarkan RPM tapi juga menghitung volume udara masuk, posisi throttle (pijakan pedal gas) temperatur mesin dan beban yang ditanggung. VVT-I juga bersifat CONTINUES ,berarti perubahannya realtime mengikuti perubahan RPM. Tidak melalui tahap2/ steper seperti halnya Vtec dan Mivec yg hanya 2 atau 3 stage.



http://www.wiringdiagrams21.com/wp-content/uploads/2009/05/vvti-schematic-diagram.png












for 3. MIVEC:






Sama ama VTEC hampis di semua sisi. Bedanya hanya di sistem mekanis di rocker arm yg mengatur besaran buka tutup klep tersebut..



http://3.bp.blogspot.com/_JZfDnIprD1w/S9uMh8MCw-I/AAAAAAAAARQ/nOcN9u4FiMw/s320/mivec_ilst02.gif











================================================== ========


for Video Perbandingan VTEC, VVT-I & MIVEC:
















================================================== ========






for 4. Valvetronic & Vi Vanos:














Originally Posted by wonbincool
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=134131901#post134131901)


Teknologi BMW tuh VALVETRONIC,Bi Vanos...



Mohon penjelasan juragan2...apakah menang dibandingkan teknologi jepang?



Btw....kenapa motor SOHC bisa menang tenaganya dr DOHC ya?



Contoh : Kasus All new Jazz..tenaganya jauh lebih gede dibanding Nissan GL, Toyota Yaris, dan suzuki Swift..padahal 3 merk ini DOHC lho...



padahal kan dalemannya sama...



Mohon petunjuk..thanks








VALVETRONIC n Bi Vanos



Prinsip kerjanya Valvetronic bisa kita umpamakan seperti VTEC.



Valvetronic bisa mengubah besarnya bukaan klep (nggap pake tahap / stage).



Penggerak pengubah besar bukaan klep digerakkan oleh dinamo.

http://autooboz.omega.kz/disc/image/valvetronic02.jpg

Maap, gambarnya cuma ada yg pake tulisan Rusia...





Sedangkan Vanos mengatur durasi (lama / cepatnya) bukaan klep. Seperti VVT-I lah...

Sedangkan Bi Vanos adalah vanos di cam utk klep masuk / hisap + vanos di cam utk di klep buang / exhaust.



http://www.bmw.com/com/en/insights/technology/technology_guide/articles/_shared/img/vanos_double_vanos.jpg





Utk masalah menang atau kalahnya, menurut saia ya relatif gan. Dari sudut mana dulu nih ?



Kalo secara garis besar, menurut saia, semua teknologi manajemen klep ini kan fungsinya hanya sebatas optimalisasi aja. Jadi tergantung dari mesinnya juga.





Utk perhitungan tenaga mesin, sebenarnya ada banyak faktor. Gak bisa dipandang dari sudut DOHC n SOHC nya aja, banyak faktor yg lebih menentukan seperti :



- Ukuran piston

- Langkah (jarak TMA ke TMB)

- Bentuk n bahan piston n mesin itu

- Disain intake n exhaust

- Teknologi manajemen klep

- Rancangan program ECU



Yang jelas, tiap pabrikan punya rumusan masing - masing utk perbandingan tenaga n efisiensi mesin buatan mereka.



Masukan / koreksi dari agan yg lain ?















Originally Posted by wonbincool
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=134125659#post134125659)


Jadi kesimpulannya..



Teknologi mana yg kenceng dan enak untuk dibuat berkendara?









Nah, kalo bicara kencang, selain faktor mesin, ada lagi faktor "Gear Ratio", "Bobot Kenderaan" n "Tingkat Aerodinamis bentuk bodi".





Bagi saia, utk menghitung tenaga yg real dari sebuah mobil, saia selalu membandingkan antara Bobot mobil : tenaga Max mesin.



Contohnya gini gan, ada 2 mobil, misalkan mobil A dan Mobil B



Mobil A :

- Tenaga mesin : 200 Hp

- Bobot Mobil : 2 Ton



Mobil B :

- Tenaga mesin : 150 HP

- Bobot Mobil : 1 Ton





Jadi kalo aspek yg lain kita anggap sama, saia bakal bilang kalo Mobil B lebih kencang n Lebih kontan dari mobil A. Kenapa ?



Mobil A = 2 Ton / 200 HP = 10

Artinya utk setiap 1 HP menanggung beban 10 KG



Mobil B = 1 Ton / 150 HP = 6.6

Artinya utk setiap 1 HP menanggung beban 6.6 KG





Nah, logikanya dengan seekor kuda, mana yg bisa lari lebih kencang, kuda yg dikasih beban 10 Kg atau yg 6.6 Kg ?




















for 5. VVEL & Neo VVL:














Originally Posted by tokok2000
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=361513952#post361513952)


masukkan neo VVEL dan VVEL dong gan








Variable Valve Event and Lift (VVEL)





Teknologi manajemen klep ala Nissan. Berdasarkan skema kerjanya, VVEL ini mirim ama Valvetroniknya BWM, dimana pergantian profil klep digerakkan oleh dinamo listrik. Pembahasan soal valvetronik udah ada di halaman 5 gan.




for PENAMPAKANNYA:






http://www.autozine.org/technical_school/engine/VVT_VVEL_2.jpg



HTTP://WWW.autopressnews.com/2007/m11/Nissan/variable_valve_event_and_lift_570.jpg



http://www.370z.com/Portals/0/Magazine/Articles/370z_Engine/3.%20370Z%20VVEL_Head%20(2).jpg













================================================== ========



NEO VVL = Nissan Ecology Oriented Variable Valve Lift and Timing



Masih dari Nissan, dan juga masih berkutat di manajemen klep, seperti VTEC juga. Perubahan derajat dan tinggi bukaan klep karena cam memiliki 2 profil / klep.




for PENAMPAKANNYA:






http://us1.webpublications.com.au/static/images/articles/i26/2644_6lo.jpg






























[spoiler=open this] for 6. Vvti, dvvt, cvvt, vanos dan lainnya:







[quote]






Originally Posted by JustJoni
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=131711817#post131711817)


kalo vvtnya suzuki, dvvt, cvvt, vanos dan semacamnya itu prinsipnya sama dengan vvti, jadi cara kerjanya juga kurang lebih sama aja..



kalo yang variable lift and duration : vtec, mivec, campro

yang continuously variable lift and duration : valvetronic, valvematic (toyota), vvel (nissan), advanced vtec (honda)



perusahaan2 lain juga banyak yang mengembangkan katup variabel seperti diatas, hanya saja publikasinya ga gede2an..



tapi biasanya buat perusahaan jepang/korsel variable valve timing yang digunakan adalah yang sejenis vvti dkk..
















Lanjut ke Post 3


Oh iya gan, kalo boleh nih...

http://i469.photobucket.com/albums/rr60/h4l_digital/Smiley/IjoPlease.jpg





</div>