Log in

View Full Version : Apakah mobil FR, FF, MR dan 4WD itu ?


SopDaging
20th October 2012, 04:43 PM
Alo agan agan, numpang bikin thread ya tentang penjelasan mobil FR dkk :D:D






[/spoiler][spoiler=open this] for PENJELASAN:






Pertama dimulai dengan mobil FF dulu



FF adalah singkatan dari Front engine Front wheel drive layout. Artinya adalah, yang membuat mobil bergerak adalah roda depan. Biasanya mesin FF mesinnya horizontal, atau biasanya disebut mesin miring :p .. FF pada jaman sekarang sih lebih banyak, atau mungkin udah merajalela di Indonesia :D.. Kemampuan yang menyudutkan dari sebuah kendaraan FF pada umumnya lebih baik, karena mesin ditempatkan di atas mengarahkan roda. Akan tetapi, seperti roda yang didorong memiliki tuntutan tambahan kemudi, jika mempercepat kendaraan maka kendaraan akan mengalami kekurangan grip untuk belok, yang dapat mengakibatkan understeer. Mobil FF umumnya dianggap lebih unggul daripada mobil FR dalam kondisi di mana ada traksi rendah seperti salju, lumpur, kerikil atau aspal basah.



Contoh gambar mesinya kayak gini contohnya jazz

http://www.coacharookie.com/images/stories/roadtests/HondaJazzGLI/jazz_engine.jpg



B16a Honda

http://www.diamondjapanese.net/images/ebay%20picture%20921.jpg



mesin V6 juga ada yang FF, contohya kayak Nissan Cefiro A32 a.k.a Nissan Infinity 3.0 litre FF :D

http://carphotos.cardomain.com/ride_images/3/1656/3761/29139380007_large.jpg



Beberapa contoh mobil yang berlayout FF:



Honda Jazz, Honda Civic, Honda City, Toyota Corolla, Toyota Yaris, Alfa Romeo Brera, Alfa Romeo Spider, Honda CRV, Honda Odyssey, Honda Stream, Honda HRV, Honda Integra, Honda Accord, Honda Prelude, Hyundai Accent, Mitsubishi Lancer aje, Mitsubishi Galant (bukan yang V6), Mitsubishi FTO, Mazda 3, Mazda 6, Toyota Camry, Toyota Soluna, Toyota Vios, Toyota Wish, Mini Cooper, Renault Avantime, Renault Megane, Peugeot 206, dll :D



Sekarang mobil FR



FR adalah singkatan dari Front engine Rear wheel drive layout. Mobil ini menggunakan Gardan untuk mentransfer power dari mesin ke roda belakang. FR layout yang sering dipilih untuk desain sederhana dan karakteristik penanganan yang baik. Menempatkan drive roda di bagian belakang ruang cukup memungkinkan untuk transmisi di tengah kendaraan dan menghindari kerumitan mekanis yang terkait dengan daya transmisi ke roda depan. Untuk kinerja tinggi kendaraan, tata letak FR lebih cocok daripada roda depan desain, terutama dengan mesin yang melebihi 200 tenaga kuda. Hal ini karena berat transfer ke bagian belakang kendaraan selama percepatan, yang beban roda belakang dan meningkatkan cengkeraman mereka. Keuntungan lain dari tata letak FR relatif mudah akses ke kompartemen mesin, sebagai akibat dari orientasi longitudinal drivetrain, dibandingkan dengan layout FF. Mobil FR merupakan mobil favorit para drifter lokal maupun international karena mobil FR itu cenderung lebih oversteer dibandingkan dengan FF yang cenderung understeer.



kayak gini contohnya mesin FRnya nissan silvia (SR20DET)

http://www.britishv8.org/MG/KyleBingham/MGB-SR20DET-B.jpg



Atau RB20E/RB20DE/RB20DET/RB25DET dari Skyline bukan GTR

http://www.kiruji.net/carstuff/rb20.jpg



Atau juga mesin legendaris dari HachiRoku Trueno 4A-GE :D

http://images04.olx.com.ph/ui/1/77/83/12337483_1.jpg



Mesin Mazda RX7, Wankel Rotary

http://image.turbomagazine.com/f/9066440/0611sccp_02z+mazda_rx7_fd3s+20b_engine_view.jpg



Mesin Toyota Supra 2Jz Twin Turbo :hoho:

http://image.turbomagazine.com/f/9375977/0805_turp_02_z+1995_toyota_supra+engine.jpg



Mesin Honda S2000 F20

http://image.turbomagazine.com/f/8851717/0406tur_06z+2002_honda_s2000_turbo+engine_bay.jpg



Mesin Chevrolet Corvette LS Platform

http://image.hotrod.com/f/18242191+w750+st0/hrdp_0906_04_z+1968_chevrolet_corvette+LS6_engine. jpg



Nah kalo ini mobilnya Kumakabo lancer evolution dari D1GP Drifting Japan yang dari 4WD dirombak jadi FR untuk dijadiin mobil drift dia :D

http://i49.tinypic.com/34njn8z.jpg



Beberapa contoh mobil yang berlayout FR:



Nissan Silvia, Nissan SX series, Nissan 350z, Toyota Trueno AE86, Toyota Chaser, Toyota Soarer, Nissan Skyline yang bukan GTR, Toyota Altezza, Nissan Cefiro, Semua BMW, Mercedes Benz, Mazda RX7, Mazda RX8, Mazda MX5 Miata, Chevrolet Camaro, Chevrolet Corvette, Ford Mustang, Caterham, Cadillac CTS, Cadillac XLR, Dodge Viper, Dodge Charger, Dodge Challenger, Honda S2000, Lexus ISF, Pontiac GTO, Toyota Supra, Toyota Avanza, Toyota Kijang, Toyota Innova, Toyota Mark II, Pontiac Soltice, Alfa Romeo 75, Isuzu Panther, dll :D



Mobil MR



MR merupakan singkatan dari Middle engine Rear wheel drive layout. Sistemnya tidak jauh berbeda dengan RR yaitu Rear engine, Rear wheel layout. MR dan RR tidak jauh berbeda penempatan mesinnya. Sebagian besar ciri-ciri dari konfigurasi RR dibagi dengan MR. Menempatkan mesin di dekat roda belakang digerakkan memungkinkan untuk secara fisik lebih kecil, ringan, kurang kompleks, dan lebih efisien drivetrain, karena tidak ada perlunya driveshaft, dan diferensial dapat diintegrasikan dengan transmisi, biasanya disebut sebagai transaxle.

Karena biasanya mesin komponen terberat dari mobil, menempatkan di dekat poros belakang biasanya menghasilkan lebih berat atas poros belakang daripada di depan, sering disebut sebagai berat belakang bias. Semakin jauh kembali mesin, semakin besar bias. Bias mengurangi berat belakang ke depan transfer berat di bawah pengereman, dan meningkatkan berat badan belakang percepatan transfer di bawah. Kerugian berat ke belakang bias adalah bahwa mobil dapat menjadi tidak stabil dan cenderung oversteer ketika perlambatan (baik pengereman atau terangkat dari throttle). Secara bergiliran, kecenderungan ini jauh lebih menonjol, sampai-sampai bahkan melepaskan gas sedikit sambil memutar dapat menyebabkan ban belakang tiba-tiba kehilangan pegangan, dan belakang kendaraan untuk meluncur-pertama (lihat lift-off oversteer). Ketika ini terjadi, rotasi inersia menyatakan bahwa berat badan tambah jauh dari sumbu rotasi (umumnya roda kemudi) akan lebih mungkin untuk mempertahankan berputar, khususnya di bawah pengereman. Ini adalah ketidakstabilan yang melekat dalam rancangan, sehingga lebih mudah untuk merangsang dan lebih sulit untuk pulih dari slide daripada di belakang yang kurang berat badan-bias kendaraan.



Mesin tengah kayak Pagani Zonda MR (V12 7.3 Litre Mercedes Benz Engine)

http://www.leblogauto.com/images/pagani_zonda_f_roadster_101.jpg



Mesin tengah Honda/Acura NSX V6 MR

http://www.acura-nsx.com/Images/01-05-acura-nsx/02-acura-nsx-engine.jpg



Porsche bermesin belakang tapi bukan RR, karena RR itu Rear engine Rear wheel layout, Porsche 911 menggunakan sistem AWD. Jadi ngmongnya apa ya ? :D

http://www.wired.com/images/article/full/2007/09/porsche_911_trunk_350px.jpg



sama juga kayak mesin tengah lamborghini tapi AWD a.k.a 4WD

http://farm1.static.flickr.com/142/318670480_24346c0584.jpg?v=0



hal yang sama juga ada di mesin tengah V8 Audi R8 AWD

http://www.carbodydesign.com/archive/2006/10/03-audi-r8/Audi-R8-engine-lg.jpg



Beberapa contoh mobil MR



(Ga semua yang dilist berpenggerak roda belakang (RR ataupun MR) :)) (Honda NSX, Toyota MR2, Toyota MRS, Porsche 911, Porsche Boxter, Porsche Cayman, Ford GT, Ferrari F430, Ferrari 360, Enzo Ferrari, Lotus Elise, Pagani Zonda, Lamborghini Murcielago, Lamborghini Gallardo, Lamborghini Reventon, McLaren F1, Bugatti Veyron, Audi R8 dll :D



Mobil 4WD or AWD



Four-wheel drive, 4WD, 4x4 ( "empat x empat"), atau AWD ( "all wheel drive") adalah sebuah kendaraan roda empat dengan drivetrain yang memungkinkan keempat roda untuk menerima torsi dari mesin secara bersamaan. Sementara banyak orang mengasosiasikan istilah dengan kendaraan off-road dan Olahraga utilitas kendaraan, menyalakan semua empat roda memberikan kontrol yang lebih baik di mobil jalan normal pada banyak permukaan, dan merupakan bagian penting dari olahraga dari demo.



Dalam singkatan seperti 4x4, angka pertama biasanya diambil sebagai jumlah roda dan yang kedua biasanya diambil sebagai jumlah powered roda (angka-angka tersebut benar-benar poros-tujuan untuk memungkinkan lebih dari satu roda pada setiap akhir suatu poros). 4x2 berarti kendaraan roda empat di mana tenaga mesin ditransmisikan ke hanya dua as roda-berakhir: dua di depan roda depan atau belakang dua di belakang-wheel drive. Ada beberapa sedan yang menggunakan AWD ataupun 4WD.



4WD kayak Subaru, Skyline mesinnya lurus ke belakang juga :D tapi 44 rodanya jalan :D (menggunakan sistem ATESSA)

Skyline seri GTR (RB26DETT) 4wd

http://www.edinburgh.net.uk/www.subaru.me.uk/gtr/pics/Eng_30pc.JPG



Mesin Nissan GTR VR38DETT 4wd (menggunakan sistem ATESSA juga)

http://image.turbomagazine.com/f/9014767/0805_turp_03_z+2009_nissan_gtr+engine.jpg



Lancer semua EVOLUTION (bukan lancer CKD) 4wd (4G63)

http://farm1.static.flickr.com/151/389551246_dfb3d99422.jpg?v=0



Subaru Impreza WRX Boxer Engine EJ20 4wd

http://image.importtuner.com/f/8956807/0710_impp_14_z+2006_subaru_impreza_sti+engine.jpg



Beberapa contoh mobil 4WD



Nissan Skyline seri yang GTR, Nissan GTR, Subaru Impreza, Beberapa Audi, Mitsubishi Lancer seri semua EVOLUTION, Mitsubishi Eclipse, Mitsubishi GTO, Jeep, Lamborghini, Suzuki Escudo Pikes Peak (Inget Gran Turismo? :D), Land Rover, Mitsubishi Pajero, Porsche Cayenne, Toyota Land Cruizer, Bently Continental GT, VW Passat, VW Phateon, Hyundai Santa FE, Mazda CX7, Mazda CX9, Nissan Murano, Dodge Ram, Nissan Frontier, Nissan Terrano, dll :D











Sekian thread dari nubi :p

kalo ada kekurangan harap dikasih tau ya gan nanti langsung diupdate lagi :maho

</div>