PalingBisa
20th October 2012, 04:39 PM
Profil sebelumnya GT by Citroen (http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=9432123) sekarang gilirannya Caparo T1 :D
=========================
Caparo T1 adalah mobil sport buatan Inggris dengan konfigurasi MR berkapasitas 2 tempat duduk yang di produksi oleh Caparo Vehicle Technologies, didirikan oleh direktur desain Ben Scott-Geddes dan direktur teknik Graham Halstead, para insinyur yang sebelunya terlibat dalam pengembangan McLaren F1. T1 terinspirasi oleh desain mobil Formula 1, dan dimaksudkan sebagai mobil balap yang legal untuk penggunaan jalan raya dengan harga yang relatif terjangkau. T1 dijadwalkan untuk diproduksi pada pertengahan tahun 2007 dengan harga GB�235,000 (berkisar US$480,000 atau �328,000, di tahun fiskal 2007), dan sekitar 25 unit mobil diperkirakan akan diproduksi setiap tahun.
[/spoiler] for CaparoT1:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/91/Caparo_T1_Goodwood_July_12%2C_2008_by_estoril.jpg/800px-Caparo_T1_Goodwood_July_12%2C_2008_by_estoril.jpg
Caparo T1 @ Goodwood Festival of Speed 2008[/IMG]
Overview
Caparo T1 berbobot kosong seberat 470 kilogram (1,000 lb), dengan panjang keseluruhan 4,066 millimeter (160.1 in), lebar 1,990 millimeter (78 in), tinggi kendaraan 1,076 millimeter (42.4 in), dan jarak sumbu roda 2,900 millimeter (110 in). Juga memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 70 liter (18 U.S. gal).
Eksterior
http://www.luxurylaunches.com/entry_images/0607/11/Caparo%20T1%20wit%20%282%29.jpg
Bentuk eksterior T1 menyerupai mobil prototipe balap Formula 1. memiliki desain rendah hambatan aerodinamik yang dibuat menggunakan bahan serat karbon terdiri dari berbagai komponen individual, dengan 2 elemen sayap depan yang dapat di setel, elemen sayap belakang tunggal, fowler flaps, dan diffuser ground effect, membuatnya memiliki daya tekan sebesar 875 kilograms (1,930 lb) pada kecepatan 240 kilometer per jam (150 mph). Sayapnya-pun dapat diganti menurut kondisi jalan & sirkuit yang berbeda.
Interior
Bagian interior T1 berkonfigurasi 2 tempat duduk, tanpa memiliki fitur mewah lainnya untuk mengurangi bobot kendaraan berlebih. Posisi kursi penumpang berada sedikit dibelakang kursi pengemudi, memungkinkan penempatan yang ringkas dan berdekatan sambil mengurangi lebar kendaraan keseluruhan. Fitur yang ditawarkan adalah sistem proteksi kepala, sabuk pengaman 6 titik untuk pengemudi dan penumpang, kompatibilitas dengan alat HANS (http://en.wikipedia.org/wiki/HANS_device), dan di desain dengan sel keselamatan terpusat menggunakan roll hoop yang dibuat dari baja berkekuatan tinggi dilengkapi dengan sistem pemadam api ter-integrasi. Dasbor T1 merupakan unit multi fungsi dengan fungsi log data balap dan sensor kecepatan untuk kontrol traksi dan kontrol peluncuran.
Kerangka
Kerangka T1 terbuat dari lapisan serat karbon dan monokok aluminium sarang lebah dengan struktur komposit benturan depan dan konstruksi pipa space frame untuk rangka bagian belakang. Bagian suspensi terdiri dari desain wishbone ganda dengan batang anti guling, untuk roda depan dan belakang, serta peredam kejut balap dengan lima modus penyesuaian. Sistem rem terdiri dari cakram baja berdiameter 355-millimeter (14.0 in) dengan kaliper 6 piston di roda depan dan kaliper 4 piston pada roda belakang. Besarnya tekanan rem pada pedal box dapat diatur dan kampas rem tersedia dalam banyak jenis kompon. Roda yang digunakan terbuat dari aluminum dengan ukuran 10-by-18-inch (250 by 460 mm) untuk roda depan dan 11-by-19-inch (280 by 480 mm) untuk roda belakang, serta menggunakan ban Pirelli P Zero Corsa. Opsi roda Magnesium 10-by-18-inch (250 by 460 mm) untuk roda depan dan 11-by-18-inch (280 by 460 mm) menggunakan ban slick Pirelli juga tersedia opsi ban untuk sirkuit basah sebagai perlengkapan tambahan.
Mesin
[spoiler=open this] for rear exhaust view:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/00/Caparo_t1_rear.jpg/800px-Caparo_t1_rear.jpg
Caparo T1 menggunakan mesin Menard V8 dengan posisi silinder ditempatkan pada posisi 90� dan pelumasan oli sistem dry sump oil. Memiliki bobot seberat 116-kilogram (260 lb), memiliki 32 katup, berkapasitas 3,496-kubik sentimeter (3.5 L), konstruksi aluminium, naturally-aspirated.
Mesin tersebut telah mengalami beberapa pengembangan desain, termasuk diantaranya mesin 2.4-liter dengan unit supercharger. Desain produksi menghasilkan tenaga maksimum sebesar 575 tenaga kuda (429 kW; 583 PS) pada 10,500 RPM dan torsi maksimum sebesar 310 pound-feet (420 N�m) pada 9,000 RPM, memberi mobil dengan rasio power-to-weight ratio sebesar 1,223 tenaga kuda-per-ton (912.8 kW/t). Sebagai tambahan, mesin tersebut telah dilaporkan dengan sukses menghasilkan sebesar 700 tenaga kuda (520 kW; 710 PS) menggunakan bahan bakar methanol (bio-fuel). Sumber kendali mesin atau ECU menggunakan Pectel SQ6 yang dapat disetel dan pedal gas dikendalikan menggunakan sistem throttle-by-wire.
Transmisi T1's memiliki 6-percepatan sekuensial terbuat dari konstruksi magnesium dan karbon yang memiliki banyak variasi rasio transmisi dan menggunakan aktuator pneumatic untuk memindahkan gigi transmisi, mampu melakukan upshift dalam 60 millidetik dan downshift 30 milidetik. Selebihnya, sistem penggerak T1 memiliki limited slip differential dan hollow tripod driveshafts dengan ukuran panjang yang sama.
Performa
Caparo T1 diperkirakan memiliki kecepatan maksimum sebesar 205 mil per jam (330 km/h) pada setelan daya tekan rendah. Dari posisi start diam, diperkirakan mencapai 0�100 kilometer per jam (0�62 mph) dalam waktu kurang dari 2.5 detik dan mencapai 160 kilometer per jam (99 mph) dalam waktu 4.9 detik tergantung pada setelan ban. T1 juga menghasilkan gaya lateral sewaktu ber-akselerasi diperkirakan sebesar 3 G dan deselerasi juga sebesar 3 G tergantung pada setelan ban.
Caparo T1 car review - Top Gear - BBC - YouTube (http://www.youtube.com/watch?v=ZFcanpNarEg)
Post 1 of 2
</div>
=========================
Caparo T1 adalah mobil sport buatan Inggris dengan konfigurasi MR berkapasitas 2 tempat duduk yang di produksi oleh Caparo Vehicle Technologies, didirikan oleh direktur desain Ben Scott-Geddes dan direktur teknik Graham Halstead, para insinyur yang sebelunya terlibat dalam pengembangan McLaren F1. T1 terinspirasi oleh desain mobil Formula 1, dan dimaksudkan sebagai mobil balap yang legal untuk penggunaan jalan raya dengan harga yang relatif terjangkau. T1 dijadwalkan untuk diproduksi pada pertengahan tahun 2007 dengan harga GB�235,000 (berkisar US$480,000 atau �328,000, di tahun fiskal 2007), dan sekitar 25 unit mobil diperkirakan akan diproduksi setiap tahun.
[/spoiler] for CaparoT1:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/91/Caparo_T1_Goodwood_July_12%2C_2008_by_estoril.jpg/800px-Caparo_T1_Goodwood_July_12%2C_2008_by_estoril.jpg
Caparo T1 @ Goodwood Festival of Speed 2008[/IMG]
Overview
Caparo T1 berbobot kosong seberat 470 kilogram (1,000 lb), dengan panjang keseluruhan 4,066 millimeter (160.1 in), lebar 1,990 millimeter (78 in), tinggi kendaraan 1,076 millimeter (42.4 in), dan jarak sumbu roda 2,900 millimeter (110 in). Juga memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 70 liter (18 U.S. gal).
Eksterior
http://www.luxurylaunches.com/entry_images/0607/11/Caparo%20T1%20wit%20%282%29.jpg
Bentuk eksterior T1 menyerupai mobil prototipe balap Formula 1. memiliki desain rendah hambatan aerodinamik yang dibuat menggunakan bahan serat karbon terdiri dari berbagai komponen individual, dengan 2 elemen sayap depan yang dapat di setel, elemen sayap belakang tunggal, fowler flaps, dan diffuser ground effect, membuatnya memiliki daya tekan sebesar 875 kilograms (1,930 lb) pada kecepatan 240 kilometer per jam (150 mph). Sayapnya-pun dapat diganti menurut kondisi jalan & sirkuit yang berbeda.
Interior
Bagian interior T1 berkonfigurasi 2 tempat duduk, tanpa memiliki fitur mewah lainnya untuk mengurangi bobot kendaraan berlebih. Posisi kursi penumpang berada sedikit dibelakang kursi pengemudi, memungkinkan penempatan yang ringkas dan berdekatan sambil mengurangi lebar kendaraan keseluruhan. Fitur yang ditawarkan adalah sistem proteksi kepala, sabuk pengaman 6 titik untuk pengemudi dan penumpang, kompatibilitas dengan alat HANS (http://en.wikipedia.org/wiki/HANS_device), dan di desain dengan sel keselamatan terpusat menggunakan roll hoop yang dibuat dari baja berkekuatan tinggi dilengkapi dengan sistem pemadam api ter-integrasi. Dasbor T1 merupakan unit multi fungsi dengan fungsi log data balap dan sensor kecepatan untuk kontrol traksi dan kontrol peluncuran.
Kerangka
Kerangka T1 terbuat dari lapisan serat karbon dan monokok aluminium sarang lebah dengan struktur komposit benturan depan dan konstruksi pipa space frame untuk rangka bagian belakang. Bagian suspensi terdiri dari desain wishbone ganda dengan batang anti guling, untuk roda depan dan belakang, serta peredam kejut balap dengan lima modus penyesuaian. Sistem rem terdiri dari cakram baja berdiameter 355-millimeter (14.0 in) dengan kaliper 6 piston di roda depan dan kaliper 4 piston pada roda belakang. Besarnya tekanan rem pada pedal box dapat diatur dan kampas rem tersedia dalam banyak jenis kompon. Roda yang digunakan terbuat dari aluminum dengan ukuran 10-by-18-inch (250 by 460 mm) untuk roda depan dan 11-by-19-inch (280 by 480 mm) untuk roda belakang, serta menggunakan ban Pirelli P Zero Corsa. Opsi roda Magnesium 10-by-18-inch (250 by 460 mm) untuk roda depan dan 11-by-18-inch (280 by 460 mm) menggunakan ban slick Pirelli juga tersedia opsi ban untuk sirkuit basah sebagai perlengkapan tambahan.
Mesin
[spoiler=open this] for rear exhaust view:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/00/Caparo_t1_rear.jpg/800px-Caparo_t1_rear.jpg
Caparo T1 menggunakan mesin Menard V8 dengan posisi silinder ditempatkan pada posisi 90� dan pelumasan oli sistem dry sump oil. Memiliki bobot seberat 116-kilogram (260 lb), memiliki 32 katup, berkapasitas 3,496-kubik sentimeter (3.5 L), konstruksi aluminium, naturally-aspirated.
Mesin tersebut telah mengalami beberapa pengembangan desain, termasuk diantaranya mesin 2.4-liter dengan unit supercharger. Desain produksi menghasilkan tenaga maksimum sebesar 575 tenaga kuda (429 kW; 583 PS) pada 10,500 RPM dan torsi maksimum sebesar 310 pound-feet (420 N�m) pada 9,000 RPM, memberi mobil dengan rasio power-to-weight ratio sebesar 1,223 tenaga kuda-per-ton (912.8 kW/t). Sebagai tambahan, mesin tersebut telah dilaporkan dengan sukses menghasilkan sebesar 700 tenaga kuda (520 kW; 710 PS) menggunakan bahan bakar methanol (bio-fuel). Sumber kendali mesin atau ECU menggunakan Pectel SQ6 yang dapat disetel dan pedal gas dikendalikan menggunakan sistem throttle-by-wire.
Transmisi T1's memiliki 6-percepatan sekuensial terbuat dari konstruksi magnesium dan karbon yang memiliki banyak variasi rasio transmisi dan menggunakan aktuator pneumatic untuk memindahkan gigi transmisi, mampu melakukan upshift dalam 60 millidetik dan downshift 30 milidetik. Selebihnya, sistem penggerak T1 memiliki limited slip differential dan hollow tripod driveshafts dengan ukuran panjang yang sama.
Performa
Caparo T1 diperkirakan memiliki kecepatan maksimum sebesar 205 mil per jam (330 km/h) pada setelan daya tekan rendah. Dari posisi start diam, diperkirakan mencapai 0�100 kilometer per jam (0�62 mph) dalam waktu kurang dari 2.5 detik dan mencapai 160 kilometer per jam (99 mph) dalam waktu 4.9 detik tergantung pada setelan ban. T1 juga menghasilkan gaya lateral sewaktu ber-akselerasi diperkirakan sebesar 3 G dan deselerasi juga sebesar 3 G tergantung pada setelan ban.
Caparo T1 car review - Top Gear - BBC - YouTube (http://www.youtube.com/watch?v=ZFcanpNarEg)
Post 1 of 2
</div>