Log in

View Full Version : Mengenal Lebih Dekat Toyota AE86 (Hachi-Roku)


Plenyon
20th October 2012, 04:22 PM
[/spoiler] for levin Hatcback:




http://www.pro-imports.ie/images/ae86-140.jpg








for trueno Hatchback:




http://loyapower.files.wordpress.com/2009/06/ae86.jpg








for levin 3 Door:




http://oldskull.ae86.nl/Battice08/full/DSC06397.jpg








for trueno 3 Door:




http://www.aeu86.org/files/ko/kouki_trueno_2_door_2_661.jpg









tambahan dari ceriwisser




[/quote]






Originally Posted by vanzyijo
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=277727834#post277727834)


ada kok gan, tp kayaknya emang utk pameran aja dah, jarang dipake jalan...

ni ane punya picnya, waktu pameran djarum black auto blackthrough 2006 di jakarta




for ae 86 di pameran:




http://i753.photobucket.com/albums/xx178/vanzyijo/Si%20MELON/AE86edit1.jpg















@TS, klo bisa taro di page 1 yah... thanks...

















TOYOTA AE86


Generasi AE86 dari Toyota Corolla Levin dan Sprinter Trueno Toyota adalah mobil coupe yang diperkenalkan oleh Toyota pada tahun 1983 sebagai bagian dari generasi kelima Toyota Corolla line-up. Untuk tujuan singkat, kode insider-chassis dari "AE86" digunakan untuk menjelaskan seluruh jajaran. Dalam kode Toyota klasik, "A" merupakan mesin yang disertakan di dalam mobil (yang 3A dan 4A) dan E86 merupakan revisi 6 generasi kelima ( seri E80 ) dari model E yang merupakan Corolla. Perbedaan visual antara Levin dan Trueno adalah bahwa Levin memiliki model lampu yang tetap sedangkan trueno memiliki lampu model pop up. AE86 berpenggerak roda belakang. Pada tahun 1987 Toyota mengeluarkan versi limited dari mobil AE86 yaitu "Black Limited" dan langsung terjual habis pada tahunnya. Pada tahun 1987 mobil ini diganti menjadi Toyota AE92 yang menggunakan gerak roda depan FF dan juga pada tahun 1987 digantikan oleh roda depan drive AE92 Corolla/Sprinter. Di Jepang, AE86 juga dikenal sebagai Hachi-Roku atau "8-6".














Mesin & Teknis


AE86 memiliki mesin 4-silinder ber-bahan bakar injeksi - twin cam 1587 cc mesin 4A-GE di Jepang dan Eropa yang juga digunakan dalam generasi pertama Toyota MR2 (AW11). Mesin ini memiliki daya output maksimum 130 PS (96 kW) dan 110 lb�ft (150 N�m) kemudian turun menjadi 120 PS (88 kW) and 105 lb�ft (142 N�m). AE86 memiliki percepatan 5 dalam transimisi manual, dan kemudian ada juga pilihan otomatis. 4A-GE adalah mesin yang digunakan oleh AE86 dan AW11 yang dilengkapi oleh T-VIS (Toyota Variable Intake System). AE86 memiliki opsional Limited Slip Differential (LSD).



Di Amerika Utara, mesin 4A-GEC dimodifikasi agar dapat digunakan untuk mematuhi peraturan emisi di California. Disana AE86 mempunyai tenaga sebesar 112 bhp (84 kW), dan 96 ft�lbf (136 Nm)



AE86 menggunakan rem cakram berventilasi. Mobil itu dilengkapi dengan tipe suspensi MacPherson strut independen suspensi di depan dan 4 link live axle with coil springs untuk bagian belakang. Stabilizer bar yang hadir pada kedua ujungnya



Di Amerika AE86 memiliki spec lebih rendah menggunakan mesin 1587 cc 4A-C unit SOHC, tidak memiliki LSD opsional, dan rem belakang drum. Juga, memiliki suspensi yang lebih lembut, dan perubahan pada interior.



Model diubah dan dilengkapi dengan mesin 4A-GE dan 6,7 " untuk diferensial belakang, sementara 3A-U, 4A-U, dan model 4A-C memiliki diferensial lebih kecil yaitu 6,38" diferensial belakang.



SR5 AE86 memiliki opsional transmisi otomatis, dan model GT-S (dengan GE DOHC mesin-4A) yang hanya memiliki 5 percepatan manual.














Bentuk Body


Baik Levin dan Trueno varian tersebut ditawarkan model 2 pintu coupe atau 3 pintu yang disebut Liftback (atau yang disebut dengan hatchback). Baik Levin dan Trueno umumnya identik, selain lampu tetap, lampu persegi di Levin dan lampu pop-up di Trueno. perubahan pada bagian body dibuat pada tahun 1986 yang mengakibatkan lampu ekor yang berbeda untuk kedua model Levin dan Trueno, bersama dengan gaya coupe dan hatchback. Model yang dijual antara 1983-1985 yang biasanya disebut sebagai "Zenki" di AS, dan model yang dijual dari 1986-1987 disebut sebagai "Kouki".






[quote]







Model & Spesifikasi


Di Jepang, meisn 4A-GEU DOHC ditawarkan pada AE86 tipe GT, GT-APEX dan GTV trim sebagai Toyota Corolla Levin atau Sprinter Trueno, dengan SOHC U-3A AE85 versi yang dijual di berbagai trim termasuk SR, GT, dan sebagainya. Di Amerika, DOHC top-spec 4A-GEC dijual sebagai Corolla GT-S AE86 , dengan bket 4A-C SOHC AE86 bket, dan lampu depan pop-up.



AE86 tipe GT adalah tipe mobil paling ringan yang memiliki berat 910 kg (2,006 lb).



Spesifikasi AE86 di Amerika Utara



Ada tiga jenis Corolla Sport RWD untuk pasar AS: DX, SR5, dan GT-S.



Model Tahun produksi: 1983-1987

Versi: DX, SR5 dan GT-S




for Spesifikasi DX & SR5:




-Kode Chassis: AE86

-Tenaga Kuda: 87 hp (64 kW) @ 4800 rpm* Torsi: 85 ft�lbf (115 N�m) @ 2800 rpm*

-Berat: sekitar 2200 lb (998 kg) dan 2400 lb (1089 kg)

-Mesin: 4AC, 1587 cc

-Tipe Mesin: SOHC 8-valve-Inline 4 Karburator

-M/T Transmission: T50, 6-bolt flywheel

-A / T Transmisi: A42DL, 4-speed w overdrive / pembatasan konverter torsi, dikontrol secara mekanis, dengan elektronik.

-Kompresi: 9.0:1

-Diferensial: 6.38" Open with 4.10:1 Ratio, 2-pinion (Automatic) (S292) or 3.91:1 Ratio, 4-pinion (5-speed) (S314)

-Roda / Ban: 13x5 "Offset 33 mm dengan Ban 185/70R13












[spoiler=open this] for Spesifikasi GT-S:




-Kode Chassis: AE86

-Tenaga Kuda: 112 hp (84 kW) @ 6600 rpm * Torsi: 97 ft � lbf (132 N � m) @ 4800 rpm *

-Berat: sekitar 2200 lb (998 kg) dan 2400 lb (1089 kg)

-Mesin: 4AGE, 1587 cc

-Tipe Mesin: DOHC 16-valve inline-4 AFM Multiport Fuel Injection w/T-VIS

-Transmisi: T50, 8-bolt flywheel

-Injector Ukuran: approx. 180 cc impedansi, rendah

-Kompresi: 9.4:1

-Diferensial:6.7" Open (T282) or optional LSD (USA Only) (T283) with 4.30:1 Ratio, 2-pinion

-Roda / Ban: 14x5.5 "27 mm Offset dengan Ban 185/60R14 82H (195/60R14 85H untuk 86 + model)













</div>