PDA

View Full Version : Info & Discuss : NCAP, Automobile Crash Test & Active/Passive Safety Features


AnakIlangs
20th October 2012, 04:19 PM
tujuan ini tret untuk ngebahas pentingnya lembaga internasional semisal Euro-NCAP, US-NCAP (NHTSA), Japan-NCAP (NASVA) & Australasian-NCAP (ANCAP) yang memberi nilai untuk tingkat keamanan sebuah mobil juga sebagai lembaga yang mempunyai legitimasi untuk mempengaruhi regulasi dan juga sebagai mitra Departemen Transportasi di negara maju.



juga mudah-mudahan ada revisi mengenai regulasi keamanan kendaraan di INA, terutama revisi SNI (bukan SNI as in Standar Ngawur Indonesia).



note : yang dimaksud disini bukan faktor keamanan mobil dari incaran maling.



----------====================----------


sekarang...



Q : Apa itu Euro-NCAP, US-NCAP, Japan-NCAP & Australatian-NCAP ?



A : Semuanya merupakan lembaga yang berwenang mengatur tentang faktor keamanan sebuah kendaraan bermotor, yang dimaksud adalah otomobil alias mobil.



Q : apakah mereka itu badan regulasi yang masuk kedalam badan / sistem pemerintahan ?



A : Semua lembaga tersebut merupakan badan penelitian independen yang tidak terkait dengan suatu bentuk / sistem pemerintahan sebuah negara, tapi... hasil penelitian mereka mempengaruhi keputusan konsumen.



dengan kata lain lembaga tersebut merupakan organisasi yang menjamin tingkat kepuasan tertinggi mutlak bagi para konsumen.



Q : Apa ada sebab lain atau suatu legitimasi tertentu ?



A : Ada, lembaga tersebut fokus mengkampanyakan tentang keselamatan berkendara, nilai tingkat keamanan pada suatu kendaraan dan faktor lain mengenai kendaraan bermotor yang bekerja sama dengan Departemen Transportasi terkait selaku regulator.



Q : Oo... begitu, awalnya darimana semua lembaga tersebut ada ?



A : Awalnya dimulai dari tahun 1965 - 1966, dimana adanya tekanan publik di Amerika Serikat untuk meningkatkan faktor keamanan mobil, titik kulminasinya timbul disaat dirilisnya buku berjudul "Unsafe at Any Speed" dan artikel berjudul "Accidental Death and Disability�The Neglected Disease of Modern Society" yang ditulis oleh Ralph Nader seorang pengacara dan aktivis dari National Academy of Sciences.



Di tahun 1966, kongres AS menggelar berbagai jajak pendapat mengenai keamanan jalan raya yang dipublikasikan secara luas lalu meluluskan perundangan yang memberi mandat kepada produsen untuk pemasangan sabuk keamanan dan meluluskan Hukum Publik 89-563, Hukum Publik 89-564, dan Hukum Publik 89-670 yang menjadi dasar berdirinya U.S. Department of Transportation (Departemen Transportasi Amerika Serikat atai dikenal dengan akronim DOT) pada 15 Oktober 1966.



Badan legislatif ini menciptakan beberapa lembaga penelitian yang akhirnya dilebur menjadi NHTSA, (diantaranya NTSA/National Traffic Safety Agency, National Highway Safety Agency, dan National Highway Safety Bureau) yang mengeluarkan regulasi Federal Motor Vehicle Safety Standards (FMVSS) yang menyebutkan bahwa kendaraan yang tidak dilengkapi sertifikasi oleh produsen atau importir yang berkesinambungan dengan regulasi standar keamanan Amerika Serikat adalah ilegal.



Q : Lantas kapan NHTSA resmi didirikan dan atas dasar apa ?



A : NHTSA diresmikan pada tahun 1970 berdasarkan pada Highway Safety Act yang disahkan di tahun yang sama.



.......

</div>