Log in

View Full Version : [HOBI UNIK] Seni BERKENDARA MALAM di JALAN PANTURA (Pantai Utara)


Gokanatep
20th October 2012, 04:16 PM
"BE a SMART & SAFETY DEFENSIVE DRIVER GANs !!!"



http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:rWzv1yGdUs4w6M::www.originalorder.com/images/safety_car/SafeDrive.jpg&t=1&h=223&w=226&usg=__HCzCpFi-EkvtiQ9SrfqFIvx5MNc=






[/quote]





Thread moved to http://www.ceriwis.us/showthread.php?p=456246420














SHARE Tempat MAKAN yang ENAK dan MAKNYUSS di SEPANJANG PANTURA (http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=3295356)



KONDISI jalan PANTURA dan TITIK-TITIK yg HARUS DIWASPADAI (http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=4062105)



SPESIES2 PALING BERBAHAYA di PANTURA (http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=3686135)





http://www.terminaltekno.com/wp-content/uploads/2010/08/Pantura.gif



Disadur dari postingan para penggemar bis di forum bismania

http://www.bismania.com/home/images/misc/vbulletin4_logo.png

www.bismania.com (http://www.bismania.com)

Semoga bermanfaat !!!



GALERI FOTO


[/spoiler][spoiler=open this] for buka:














Originally Posted by suster_engine
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=170339134#post170339134)


mo ikutan share hobby tempel Bus" di pantura ni Gan :loveindonesia



nempel LORENA di alas roban

http://i298.photobucket.com/albums/mm275/suster_engine/n1231192721_30255300_6162364.jpg



di Demak nempel MUJI JAYA

http://i298.photobucket.com/albums/mm275/suster_engine/11133_1199793514926_1231192721_3054.jpg



DILARANG NGANTUK!!!!

http://i298.photobucket.com/albums/mm275/suster_engine/11133_1199793554927_1231192721_3054.jpg

:shakehand:














GUNUNG MULIA

http://img203.imageshack.us/img203/8607/dsc00673resize.jpg



NU3TARA

http://img684.imageshack.us/img684/6206/dsc00591resize.jpg



GARUDA MAS

http://img52.imageshack.us/img52/6686/dsc00593resize.jpg
























Supir bis biasanya punya "bahasa" khusus menggunakan isyarat lampu / sen / klakson,



saat sein kiri dinyalakan (pengecualian utk belok kiri)

# Bila ada yg overtaking dr dpn memberi tau kendaraan dpn bahwa

posisi nya sudah berada pd sisi paling kiri (maaf bukan mempersilakan

msk buat kendaraan di dpn nya...), itu sebabnya kendaraan yg crash dr

dpn akan segera mengambil lajur yg sbnr nya klo gak dikasih oleh

kendaraan yg disalip biasanya memaksa msk alias dipepet abiz....

# Memberikan signal buat kendaraan di belakangnya agar posisi

nya tidak melebihi sisi paling kanan bis tsb atau dgn kata lain bodi

sebelah kanan maksimal sejajar dgn bodi kanan bis tsb. Krn pd umumnya

driver sll agak condong kekanan utk mempunyai ruang pandang yg cukup

swaktu bermaksud overtaking.



lebih kurang nya memang bgt dan pendapat tmn2 jg betul yg ptg jgn sampe

terbalik membaca nya krn bs fatal. Mestinya rule pantura ini lebih

disosialisasikan misalnya melalui defensive driving ya... agar tidak

punya persepsi sendiri2 shg bs membuat celaka bagi "warga pantura baru"

terutama mlm hari dan yg jelas qta acungi jempol buat penggagas rule yg

blm didokumentasikan tp sudah banyak yg mematuhinya. Salut buat driver2

bis mlm yg sll rajin nge sein dgn mengdepankan kepentingan kendaraan

lain...



Sebagai tambahan informasi, kalau kita mengerti isyarat lampu sein

kiri tsb, misalnya kita berada di urutan belakang 5 bus malam.

Jika pada posisi berpapasan (istilah driver :'crash') bus urutan 1

akan menyalakan sein kiri, diikuti bus 2 dst-nya sehingga bus paling

belakang akan waspada bahwa bus 1 sedang posisi 'crash'. Ini sangat

membantu iring-iringan pada jalan penuh tikungan, mis : Alas Roban.

Biasanya hazzard lamp (istilah driver : Lampu segitiga, karena pada MB

tombolnya merah dan berlabel segitiga putih) digunakan dalam situasi

darurat, berhenti mendadak, masuk RumahMakan atau SPBU.

Salah satu sopan santun di Bus Malam adalah dilarang menyalip dengan

lampu dim/lampu besar.



Dari pengalaman saya menjalani Pantura, paling safe adalah berjalan

dibelakang Bus malam yang rajin menyalakan lampu sein...



Maklum mas satu perguruan. tapi kalo di tol pas hujan

kadang ada yang konyol. Nggak semua sih, cuma satu dua

aja. Kalo pas hujan deras malah nyalain hazard. kalo

gini mau ngekor susah. tu bis jadi gak keliatan mau

goyang ke mana. Mo ke kiri or kanan, hanya sopirnya

dan Tuhan yang tahu



Dalam kebudayaan para bus driver� budaya mereka klo bs ngejar tmn yg dpn biasanya gak disalip tp didorong pake �ngedim� hehehe�. Hal lain misalnya�klo pas di jalur 4 yg gak ada trotoar tengah nya, pas mo nyalip tp ada truk pasir ato container di dpn nya, caranya nya gak asal msk tp bagian dpn �ngegras� sedikit nongol kasih tau dulu� bgt truk nya ada indikasi minggir ke kiri baru dech dimasukin� trus setiap ketemu 2 lajur klo pas dibelakang bis yg ngerti (krn Sinar Jaya, Dew Sri, apalagi Luragung hampir jarang melakukan nya) biasanya kasih sen kiri klo papasan dgn kendaraan di dpn nya�

kalo untuk dim biasanya untuk minta jalan (mau nyalip), atau juga isyarat terimakasih (2 kali dim pendek / 1x klakson pendek)

setelah diberi jalan untuk menyalip.



untuk lampu sen, ada macam2:

- kalo berpapasan dgn kendaraan di depannya, menghidupkan lampu sen kiri itu bisa :

# a. memberitahu kendaraan yg berpapasan dgn kita bahwa kita tetap di jalur kita (susah njelasinnya )

# b. kita mau ngalah untuk mobil yg berpapasan dgn kita, contoh kalo kita lagi di blong dari depan, sen kiri berarti

kita ngalah , silahkan mobil depan ngeblong

# c. kita kasi tau mobil di belakang kita bahwa di depan kosong dan silahkan menyalip kalo mau (dan kalo bisa )

# d. mau belok kiri .. ya iyaaallaaaahhhh ....



- kalo papasan dan kita idupin sen kanan , bisa:

# a. kita kasi tau ke mobil yg papasan dgn kita batas kanan kita seberapa, ini di gunakan biasanya di jalan yg kelok2,

atau jalan yang sempit.

# b. memberitahu mobil dari depan bahwa kita tidak mau di blong ...

# c. kita memberitahu mobil di belakang kita bahwa di depan ada mobil yg papasan, jadi jangan nyalip!



"bahasa" ini bener2 tergantung dengan kondisi dan pemahaman pengemudi ..



tapi emang ada kode etik tertentu yang berlaku pada pengemudi, yang berhubungan dengan toleransi berkendara.



pernah naek bis yang nempel ketat bis depannya? nah pada saat bis didepan kita menyalip dan bis kita ngikut nyalip,

bis depan kita biasanya setelah nyalip langsung ambil kiri, ini gunanya biar bis kita (atau bis yang dibelakang dia) bisa

ngeliat apa yang ada di depannya, jadi memberi ruang tembak eh ruang pandang ..



Hati-hati kalo suka ngekor (kesenengan gw banget nee kalo lagi touring di Pantura :naikkuda: ), mendingan klo mau ngekor suka bermain sama sein-sein begitu kita ikut ngekor dan ternyata kita tekor.....gak dapet, dibukain jalan dulu deh....sama mereka, asal kita juga ikut

pake sein ala mereka..



mending ngalah biar kita selamat sampai di rumah. Ga usah dilawan kalo sein kanan bis sdh kedap kedip kepala agak serong ke kanan pertanda dia ingin mendahului kendaraan di depan nya. Kalo memang dirasa ada ruang untuk kita bisa menepi kenapa tidak? Nyawa dan keluarga lebih berharga lho mas...



Tips aman berada di belakang bis, disamping kita memperhatikan

tanda-tanda sein / signal adalah MENJAGA JARAK AMAN itu aja kuncinya

Kalo memang mau menuruti hawa nafsu, kita harus berpikir dan

mempertimbangkan seberapa safety nya kendaraan yg kita bawa dr mulai

akslerasi, rem dan kekuatan mesin kita untuk bisa mendahului / meng

ekor bis yg berada di depan kita.



Yang penting konsentrasi dan patuhi rambu2 jalan.

Perlu diingat bhw sopir2 bus malam itu memang hidupnya di jalan dan

hmpr tiap hari lewat jalan yg sama jadi tentu beda "feeling" sm

"touch" nya dgn kita2 yg "newbie".



Hal2 tertentu memang perlu dicontoh tp msh bnyk hal yg perlu

diperbaiki dari sikap berlalulintas bus2 malam.

Satu lagi....ngalah kadang2 perlu...bahkan bus2 jg sering ngalah klo

di"blong" baik searah ataupun head-on. Gak baik trlalu ngikutin nafsu.






[quote]






Originally Posted by evomania
http://static.kaskus.co.id/images/buttons/viewpost.gif (http://www.ceriwis.org/showthread.php?p=433956602#post433956602)


http://cdn-u.kaskus.co.id/44/z8znpmat.gif



:ceriwislove:Malem All:ceriwislove:





:handshake::handshake::handshake:





Ane coba update dulu yaa penghuni trit ini..

[U]

PENGHUNI PANTURA COMMUNITY

(klik URl ini)



http://blog.networksinmotion.com/wp-content/uploads/2009/11/safe_driver21.jpg (http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=433956602&postcount=1632)







Silakan agan2 yang mau bergabung..

supaya kita bisa makin kenal en akrab, serta mempererat tali silaturahmi di antara pantura cruiser..:handshake:

bisa mengisi database dengan format sebagai berikut







:loveindonesia:loveindonesia:loveindonesia



Grup ini terbuka untuk siapa saja.. tidak hanya bagi pengguna jalur pantura..

Bagi pengguna jalur non pantura, juga silakan bergabung

Dengan bagitu, kita bisa saling memperkaya wawasan dan pengetahuan masing-masing tentang jalur-jalur luar kota..





http://cdn-u.kaskus.co.id/44/z8znpmat.gif









</div>