Gorillaks
20th October 2012, 04:16 PM
Sebelumnya jangan lupa :rate5 :melonndan: hehe
SOHC, DOHC,desmodromic, UNICAM, pnumatis, tentu agan udah tau istilah itu, dan hampir setiap hari berseliweran motor yang memakai salah satu nih teknologi.
tapi gan, kata CAMLESS tentu kata asing yang agan dengar, belum ada satupun motor harian yang memakai teknologi ini, karena masih dalam pengembangn. camless adalah teknologi modern yang berfungsi menggantikan fungsi dari camshaft/noken as. para ahli memandang, pengunaan noken as membuang banyak power yang disebabkan oleh gesekan dan beratnya mesin dalam menggerakkan noken as beserta klep.
dengan teknologi CAMLESS, relatif sedikit gesekan yang terjadi, disebabkan buka tutp klep sudah digerakkan oleh medan magnet. alat yang berupa box yang terletak diatas klep ini menggerakkan klep sesuai dengan timingnya. camless ini sendiri murni dikontrol oleh ECU tanfa ada mecanikal yang menyebabkan gesekan, kontrol dari camless ini terpusat pada ECU dan diinput dari berbagai sensor-sensor dalam mesin. selain menghilangkan kerugian dari gesekan, camless juga dapat mencegah terjadinya floating pada klep, sehingga mesin aman digeber sampai 20.000an rpm.
dibalik keunggulanya tentu ada kekurangannya atau masalah-masalahnya. masalahnya yaitu konsumsi daya listrik yang tinggi,keakurasian, sensitif terhadap temperatur,dan membutuhkan tempat yang luas dalam penempatan.
teknologi camless telah lama diselidiki oleh beberapa perusahaan. termasuk RENAULT,BMW, FIAT, FORD, LOTUS ENGINEERING dan yang lainya. jangankan motor/mobil harian, F1 dan motoGP pun belum menerapkan teknologi ini, kedua olahraga motorsport ini masih memakai teknologi pnumatis.
[/spoiler][spoiler=open this] for teknologi camless:
http://cdn-u.kaskus.co.id/15/hbwbr5tj.gif
http://cdn-u.kaskus.co.id/15/1w3418tb.jpg
sumber : http://dewataspeedblog.wordpress.com...ss-technologi/ (http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/11/19/camless-technologi/)http://img.kaskus.co.id/images/kaskusmobile_hp.gif
</div>
SOHC, DOHC,desmodromic, UNICAM, pnumatis, tentu agan udah tau istilah itu, dan hampir setiap hari berseliweran motor yang memakai salah satu nih teknologi.
tapi gan, kata CAMLESS tentu kata asing yang agan dengar, belum ada satupun motor harian yang memakai teknologi ini, karena masih dalam pengembangn. camless adalah teknologi modern yang berfungsi menggantikan fungsi dari camshaft/noken as. para ahli memandang, pengunaan noken as membuang banyak power yang disebabkan oleh gesekan dan beratnya mesin dalam menggerakkan noken as beserta klep.
dengan teknologi CAMLESS, relatif sedikit gesekan yang terjadi, disebabkan buka tutp klep sudah digerakkan oleh medan magnet. alat yang berupa box yang terletak diatas klep ini menggerakkan klep sesuai dengan timingnya. camless ini sendiri murni dikontrol oleh ECU tanfa ada mecanikal yang menyebabkan gesekan, kontrol dari camless ini terpusat pada ECU dan diinput dari berbagai sensor-sensor dalam mesin. selain menghilangkan kerugian dari gesekan, camless juga dapat mencegah terjadinya floating pada klep, sehingga mesin aman digeber sampai 20.000an rpm.
dibalik keunggulanya tentu ada kekurangannya atau masalah-masalahnya. masalahnya yaitu konsumsi daya listrik yang tinggi,keakurasian, sensitif terhadap temperatur,dan membutuhkan tempat yang luas dalam penempatan.
teknologi camless telah lama diselidiki oleh beberapa perusahaan. termasuk RENAULT,BMW, FIAT, FORD, LOTUS ENGINEERING dan yang lainya. jangankan motor/mobil harian, F1 dan motoGP pun belum menerapkan teknologi ini, kedua olahraga motorsport ini masih memakai teknologi pnumatis.
[/spoiler][spoiler=open this] for teknologi camless:
http://cdn-u.kaskus.co.id/15/hbwbr5tj.gif
http://cdn-u.kaskus.co.id/15/1w3418tb.jpg
sumber : http://dewataspeedblog.wordpress.com...ss-technologi/ (http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/11/19/camless-technologi/)http://img.kaskus.co.id/images/kaskusmobile_hp.gif
</div>