Gokanatep
20th October 2012, 04:00 PM
maaf agan2 sekalian klo udah ada topic sejenis, soalnya ane search di kaskus blm ada yg bikin, makanya ane bikin deh.
dimulai krn ane pakai mobil mesin diesel taon tua, (mesin Isuzu thn'84 nempel pada body Jeep CJ-7) yg beberapa hari trakhir ini kumat rewelnya, makanya ane search tanya jawab diesel di kaskus ini..dan hasilnya ga ada.
so..klo agan2 ada yg mengerti/paham seluk beluk mesin diesel, dari penyakitnya sampai ke obatnya, dipersilahken untuk membantu menjawab.
ane mulai dari penyakit mobil ane.
mobil ane kmrn ngga mau di hidup, tapi bisa di starter, bunyinya.. ngekkkngekkngekkkngekk...
solar abis? ngga jg... masih 3/4 tangki.
ane pikir aki'nya yg kena, tapi ternyata ngga, klo aki kena, klakson..lampu..dll ga mau nyala.
dinamo starter?? ngga jg ah..fan'nya muter kok pas dicoba starter..
hmm....cek filter solar ahhh, mgkn di filter solarnya ada aer, makanya ga mau hidup... (klankk...brukk....bakk....tuinkkk...dugg....bussh hh...prangg) ternyata ngga ada air tuh..
trus ane tanya2 ama bengkel, ternyata mesin diesel ane masih menggunakan sistem yg namanya pijar (ga tau bahasa otomotifnya apa). jadi... solar sebelum masuk ruang bakar, solar tsb dipanaskan terlebih dahulu agar pembakaran gampang terjadi. nah, pijar itulah yang tidak bekerja.
caranya, lihat di samping silinder head, disana terdapat lempengan/plat tipis yg di baut pakai 4 buah baut masing2 disetiap injector solar ke ruang bakar (4 silinder, berarti 4 injector) (klo di mesin bensin, posisinya sama dengan posisi busi).. nah pelat tsb yg harus dipanasin secara manual.
gimana cara panasinnya??? pake korek??? caranya, ambil kabel (kabel apa aja...kabel 1 inti jg cukup) tempelkan salah satu ujung kabel ke AKI (+), lalu ujung lainnya di tempelkan ke plat tsb (akan ada percikan api kecil, gpp) tahan kira2 1 menit (posisi kontak tetap dlm keadaan ON/IGNITION) lalu silakan di starter.
sekian, mudah2an membantu
(Correct Me If I'm Wrong)
silahken ditambahkan jka ada agan2 yg lebih paham dan lebih pengalaman
thanks
note: tolong mod di sticky apabila dianggap perlu dan pantas, thanks.
</div>
dimulai krn ane pakai mobil mesin diesel taon tua, (mesin Isuzu thn'84 nempel pada body Jeep CJ-7) yg beberapa hari trakhir ini kumat rewelnya, makanya ane search tanya jawab diesel di kaskus ini..dan hasilnya ga ada.
so..klo agan2 ada yg mengerti/paham seluk beluk mesin diesel, dari penyakitnya sampai ke obatnya, dipersilahken untuk membantu menjawab.
ane mulai dari penyakit mobil ane.
mobil ane kmrn ngga mau di hidup, tapi bisa di starter, bunyinya.. ngekkkngekkngekkkngekk...
solar abis? ngga jg... masih 3/4 tangki.
ane pikir aki'nya yg kena, tapi ternyata ngga, klo aki kena, klakson..lampu..dll ga mau nyala.
dinamo starter?? ngga jg ah..fan'nya muter kok pas dicoba starter..
hmm....cek filter solar ahhh, mgkn di filter solarnya ada aer, makanya ga mau hidup... (klankk...brukk....bakk....tuinkkk...dugg....bussh hh...prangg) ternyata ngga ada air tuh..
trus ane tanya2 ama bengkel, ternyata mesin diesel ane masih menggunakan sistem yg namanya pijar (ga tau bahasa otomotifnya apa). jadi... solar sebelum masuk ruang bakar, solar tsb dipanaskan terlebih dahulu agar pembakaran gampang terjadi. nah, pijar itulah yang tidak bekerja.
caranya, lihat di samping silinder head, disana terdapat lempengan/plat tipis yg di baut pakai 4 buah baut masing2 disetiap injector solar ke ruang bakar (4 silinder, berarti 4 injector) (klo di mesin bensin, posisinya sama dengan posisi busi).. nah pelat tsb yg harus dipanasin secara manual.
gimana cara panasinnya??? pake korek??? caranya, ambil kabel (kabel apa aja...kabel 1 inti jg cukup) tempelkan salah satu ujung kabel ke AKI (+), lalu ujung lainnya di tempelkan ke plat tsb (akan ada percikan api kecil, gpp) tahan kira2 1 menit (posisi kontak tetap dlm keadaan ON/IGNITION) lalu silakan di starter.
sekian, mudah2an membantu
(Correct Me If I'm Wrong)
silahken ditambahkan jka ada agan2 yg lebih paham dan lebih pengalaman
thanks
note: tolong mod di sticky apabila dianggap perlu dan pantas, thanks.
</div>