Gorillaks
20th October 2012, 03:53 PM
Yup, 90-an merupakan era emas bagi pehobi mobil sport Jepang, karena di era 90-an masing-masing produsen otomotif top Jepang memproduksi sportscar. Berikut adalah Japanese 90's heroes di era 90-an kelas high power atau sekitar 250HP keatas untuk sport compact dan Grand Tourer.
NISSAN
1. Nissan Skyline GT-R
Siapa yang tak kenal Nissan Skyline GT-R? Mesin yang dapat diupgrade hingga 500HP ke atas, performa sasis sangat baik, serta kaki-kaki andal membuatnya menjadi primadona buat pehobi kecepatan atau balapan. Berbekal desain keren serta banyaknya part aftermarket exterior juga membuatnya menjadi primadona buat pehobi carsmetic. Seringnya muncul di film dan game balapan juga turut membuatnya populer.
Skyline GTR terbagi menjadi 3 generasi, yakni R32, R33, dan R34. Generasi R32 berbekal bodi ringan dan ramping membuatnya gesit melaju, generasi R33 berbekal bodi lebih berat sehingga membuatnya lebih stabil, dan generasi R34 antara bobot dan handling yang mumpuni plus girboks 6 percepatan yang membuat mobil ini top speednya lebih tinggi. Sementara mesin masih sama, kecuali turbonya untuk tipe N1.
[/spoiler] for :
http://car.area0.biz/modules/data/attach/s/E697A5E794A3E383BBE382B9E382ABE382A4E383A9E382A4E3 83B32047542D52205620E382B9E3839AE38383E382AF20EFBC 88424E523332EFBC89_59_536B796C696E655F5233325F4754 2D525F565F53706563.jpg
for Ini gambarnya gan:
http://www.scorpiocars.net/images/Nissan/1995%20Nissan%20Skyline%20GT-R%20R33.jpg
for :
http://www.supercars.net/gallery/132464/868/412978.jpg
2. Nissan 300ZX
Desainnya sangat ikonik dengan mobil era 90-an. Dari luar terlihat seperti Ferrari 348tb. Walaupun performa upgradenya tidak sehebat Skyline GT-R mobil ini menjadi alternatif buat speedholic selain Skyline GT-R. Mobil ini juga cukup diminati oleh Wangan racer. Hebatnya mobil ini lama sekali waktu pergantian modelnya. Jika di zamannya Skyline lebih nge-hit di Jepang, 300ZX nge-hitnya lebih mendunia bahkan dari sejak dilaunch. Maklum 300ZX pemasarannya tidak hanya untuk di Jepang saja, di Amerika dan Eropa juga dipasarkan. Sedangkan Skyline, harus melalui importir umum di Amerika dan Eropa.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10151006_198907.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10151006_199810.jpg
TOYOTA
1. Toyota Supra RZ
Supra terkenal dengan tenaga yang kuat dari putaran bawah. Selain kuat di putaran bawah, torsi Supra juga terkenal tinggi, sehingga lebih bertenaga di saat menikung atau disaat start. Mesin 2JZ-GTE-nya Supra juga bisa diupgrade 500HP lebih seperti RB26DETTnya Skyline. Maka tak heran banyak pembalap memilih Supra sebagai gacoan trek. Yang unik dari Toyota Supra adalah desainnya yang membulat ditambah model gawang yang juga membulat membuatnya terlihat seperti sepatu roda dan lampu belakang berlainan warna dengan mikanya. Model lampu tersebut diadopsi di lampu belakang Toyota Altezza dan model lampu Altezza sempat menjadi tren model lampu belakang karena desainnya yang dianggap menarik.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10101007_199708.jpg
2. Toyota Celica GT-Four
Dibuat berdasarkan peraturan FIA yang mengharuskan merilis model jalan raya dari setiap mobil peserta WRC dari tim pabrikan. Celica GT-Four merupakan versi jalan raya dari Celica WRC. Mesin 3S-GTE-nya merupakan salah satu mesin legendaris Toyota selain 2JZ-GTE dan 4A-GE. Sebab mesin 3S-GTE-nya andal untuk dipakai balap. Selain di WRC, 3S-GTEnya juga andal di ajang balap turing Jepang. Di ajang drag race, berdasarkan pengetesan Best Motoring, Celica GT-Four mampu mengalahkan Nissan Silvia S14, Ford Escort Cosworth, hingga Mazda RX-7. Untuk pengendalian, Celica terkenal stabil walau berground clearance tinggi. Berhubung basisnya dari mobil reli, kaki-kaki Celica bisa dibilang kuat di medan yang tidak karuan.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10101020_199402w.jpg
HONDA
1. Honda NSX Type R
Dibuat untuk bersaing dengan mobil sport kelas kakap. Maka tak heran NSX Type R termasuk sportscar Jepang paling mahal di zamannya. Honda membuat NSX Type R yang lebih kencang dari model NSX biasa sebab final drive rationya lebih besar. Dengan dirilisnya model R, akhirnya tantangan tersebut terjawab. Berdasarkan pengetesan Best Motoring, Honda NSX Type R sanggup mengalahkan sportscar kelas kakap seperti Ferrari 456 dan Dodge Viper. Yang membedakan antara NSX biasa dengan NSX Type R adalah NSX Type R tidak ada radio tape, sudah jok bucket racing, pelek Enkei, serta setir MOMO. Dari segi desain, desainnya cukup ikonik di era 90-an yaitu model tajam dan berlampu flip-top. NSX Type R dijual terbatas, namun titisan NSX Type R ada pada model Type S.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10201001_199211.jpg
2. Honda NSX Type S Zero
Walaupun tidak mengemban emblem Type R, NSX ini performanya tergolong hebat. Buktinya waktu pengetesan Best Motoring, NSX berhasil mengalahkan Ferrari F355 dan Ferrari 550 Maranello. Padahal harganya masih lebih murah dari kedua sportscar Italia tulen tersebut. Tidak hanya kedua sportscar Eropa tersebut, Nissan Skyline GTR juga bisa ditaklukan. Itu artinya Honda berhasil membuat sebuah sportscar dengan harga lebih murah dari mobil sport Eropa tanpa harus berstatus Type R atau semi-balap dan juga berhasil memperbaiki performa NSX yang dulunya masih kalah dengan Skyline GTR yang lebih murah harganya, meskipun NSX tetap merupakan sportscar Jepang termahal di zamannya untuk produksi massal.
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10201001_199702s.jpg
MITSUBISHI
1. Mitsubishi Lancer Evolution
Dibuat dengan latar belakang sama seperti Celica GT-Four. Bedanya Lancer Evolution lebih kaya pengalaman juara di ajang WRC. Pasalnya Lancer Evolution sangat berjasa bagi Tommi Makinen karena membantunya untuk juara di ajang WRC selama 4 kali berturut-turut. Lancer Evolution yang merupakan versi jalan raya berbasis utuh dengan Lancer WRC. Dari Lancer WRC, semua part racing ditanggalkan dan ditambah part untuk pemakaian jalan raya seperti ABS, power window, jok penumpang, dan wiper belakang. Maka tak heran akselerasi dan handling Evolution sangat bersaing dengan mobil sport Jepang lainnya, walau top speed cenderung rendah karena berbasis mobil reli. Uniknya, Lancer Evolution termasuk mobil sport yang mengalami pergantian model tercepat di dunia.
Khusus generas Evo V-VI, latar belakang produksinya bukan lagi karena FIA. Melainkan konsistensi Mitsubishi untuk memproduksi Lancer Evolution dengan eksterior yang sama dengan Lancer WRC.
for Ini Evo II gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199401e.jpg
for ini Evo III gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199502.jpg
for ini Evo IV gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199608.jpg
for ini Evo V gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199801.jpg
for ini Evo VI gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_200001.jpg
2. Mitsubishi GTO Twin Turbo
Inilah jawaban Mitsubishi terhadap Nissan dengan Skyline-nya dan Toyota dengan Supranya di kelas Grand Tourer atau mobil sport besar. Sosoknya ada pada film Jackie Chan "Thunderbolt". Mesin Mitsubishi GTO juga dapat diupgrade hingga 500HP lebih seperti Skyline dan Supra. Selain itu, berhubung berbodi besar dan lebar serta 4WD, mobil ini cenderung stabil dan mantap di tikungan. Berhubung bodinya besar, GTO lebih cocok untuk balapan di jalan besar.
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10401002_199210.jpg
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401002_199708.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10401002_199808.jpg
SUBARU
1. Subaru Impreza WRX STI
Inilah jawaban Subaru terhadap Mitsubishi dengan mobil Lancer Evolution. Di ajang WRC era 90-an, Impreza WRX STI selalu bersaing dengan Lancer Evolution, walau Lancer Evolution lebih kaya pengalaman juara dari Impreza. Yang unik dari Impreza WRX STI di era 90-an adalah memiliki 3 model yang berbeda, yaitu sedan, wagon, dan dua pintu. Bahkan ada juga model yang sudah wide body dengan styling Impreza WRC yaitu Impreza 22B. Lain halnya dengan Lancer Evolution yang hanya menyediakan model sedan di era 90-an.
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199508.jpg
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199609s.jpg
for :
http://img.allabout.co.jp/pts/autos/catalog/SB/S007/SB_S007_F001_M003_1_L.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199811.jpg
for :
http://img.carsensorlab.net/CSphoto/catalog/SB/S007/SB_S007_F001_M004_1_L.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199803.jpg
MAZDA
1. Mazda RX-7
Inilah sportscar Jepang paling fenomenal di zamannya. Berbekal bodi kompak, cc kecil namun bertenaga besar, torsi tinggi, serta handling yang cukup mumpuni, RX-7 siap bersaing dengan sportscar Jepang sekelasnya. CC-nya sangat kecil yaitu sekitar 1300cc. Rotary engine adalah kekuatan utama RX-7 untuk bersaing dengan rival Jepang sekelasnya, karena mesin ini tetap bertenaga di rpm berapapun.
[spoiler=open this] for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10251501_199210.jpg
Sekian thread dari saya. Mohon maaf bila ada kesalahan, kurang berkenan, repost, atau salah kamar.
</div>
NISSAN
1. Nissan Skyline GT-R
Siapa yang tak kenal Nissan Skyline GT-R? Mesin yang dapat diupgrade hingga 500HP ke atas, performa sasis sangat baik, serta kaki-kaki andal membuatnya menjadi primadona buat pehobi kecepatan atau balapan. Berbekal desain keren serta banyaknya part aftermarket exterior juga membuatnya menjadi primadona buat pehobi carsmetic. Seringnya muncul di film dan game balapan juga turut membuatnya populer.
Skyline GTR terbagi menjadi 3 generasi, yakni R32, R33, dan R34. Generasi R32 berbekal bodi ringan dan ramping membuatnya gesit melaju, generasi R33 berbekal bodi lebih berat sehingga membuatnya lebih stabil, dan generasi R34 antara bobot dan handling yang mumpuni plus girboks 6 percepatan yang membuat mobil ini top speednya lebih tinggi. Sementara mesin masih sama, kecuali turbonya untuk tipe N1.
[/spoiler] for :
http://car.area0.biz/modules/data/attach/s/E697A5E794A3E383BBE382B9E382ABE382A4E383A9E382A4E3 83B32047542D52205620E382B9E3839AE38383E382AF20EFBC 88424E523332EFBC89_59_536B796C696E655F5233325F4754 2D525F565F53706563.jpg
for Ini gambarnya gan:
http://www.scorpiocars.net/images/Nissan/1995%20Nissan%20Skyline%20GT-R%20R33.jpg
for :
http://www.supercars.net/gallery/132464/868/412978.jpg
2. Nissan 300ZX
Desainnya sangat ikonik dengan mobil era 90-an. Dari luar terlihat seperti Ferrari 348tb. Walaupun performa upgradenya tidak sehebat Skyline GT-R mobil ini menjadi alternatif buat speedholic selain Skyline GT-R. Mobil ini juga cukup diminati oleh Wangan racer. Hebatnya mobil ini lama sekali waktu pergantian modelnya. Jika di zamannya Skyline lebih nge-hit di Jepang, 300ZX nge-hitnya lebih mendunia bahkan dari sejak dilaunch. Maklum 300ZX pemasarannya tidak hanya untuk di Jepang saja, di Amerika dan Eropa juga dipasarkan. Sedangkan Skyline, harus melalui importir umum di Amerika dan Eropa.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10151006_198907.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10151006_199810.jpg
TOYOTA
1. Toyota Supra RZ
Supra terkenal dengan tenaga yang kuat dari putaran bawah. Selain kuat di putaran bawah, torsi Supra juga terkenal tinggi, sehingga lebih bertenaga di saat menikung atau disaat start. Mesin 2JZ-GTE-nya Supra juga bisa diupgrade 500HP lebih seperti RB26DETTnya Skyline. Maka tak heran banyak pembalap memilih Supra sebagai gacoan trek. Yang unik dari Toyota Supra adalah desainnya yang membulat ditambah model gawang yang juga membulat membuatnya terlihat seperti sepatu roda dan lampu belakang berlainan warna dengan mikanya. Model lampu tersebut diadopsi di lampu belakang Toyota Altezza dan model lampu Altezza sempat menjadi tren model lampu belakang karena desainnya yang dianggap menarik.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10101007_199708.jpg
2. Toyota Celica GT-Four
Dibuat berdasarkan peraturan FIA yang mengharuskan merilis model jalan raya dari setiap mobil peserta WRC dari tim pabrikan. Celica GT-Four merupakan versi jalan raya dari Celica WRC. Mesin 3S-GTE-nya merupakan salah satu mesin legendaris Toyota selain 2JZ-GTE dan 4A-GE. Sebab mesin 3S-GTE-nya andal untuk dipakai balap. Selain di WRC, 3S-GTEnya juga andal di ajang balap turing Jepang. Di ajang drag race, berdasarkan pengetesan Best Motoring, Celica GT-Four mampu mengalahkan Nissan Silvia S14, Ford Escort Cosworth, hingga Mazda RX-7. Untuk pengendalian, Celica terkenal stabil walau berground clearance tinggi. Berhubung basisnya dari mobil reli, kaki-kaki Celica bisa dibilang kuat di medan yang tidak karuan.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10101020_199402w.jpg
HONDA
1. Honda NSX Type R
Dibuat untuk bersaing dengan mobil sport kelas kakap. Maka tak heran NSX Type R termasuk sportscar Jepang paling mahal di zamannya. Honda membuat NSX Type R yang lebih kencang dari model NSX biasa sebab final drive rationya lebih besar. Dengan dirilisnya model R, akhirnya tantangan tersebut terjawab. Berdasarkan pengetesan Best Motoring, Honda NSX Type R sanggup mengalahkan sportscar kelas kakap seperti Ferrari 456 dan Dodge Viper. Yang membedakan antara NSX biasa dengan NSX Type R adalah NSX Type R tidak ada radio tape, sudah jok bucket racing, pelek Enkei, serta setir MOMO. Dari segi desain, desainnya cukup ikonik di era 90-an yaitu model tajam dan berlampu flip-top. NSX Type R dijual terbatas, namun titisan NSX Type R ada pada model Type S.
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10201001_199211.jpg
2. Honda NSX Type S Zero
Walaupun tidak mengemban emblem Type R, NSX ini performanya tergolong hebat. Buktinya waktu pengetesan Best Motoring, NSX berhasil mengalahkan Ferrari F355 dan Ferrari 550 Maranello. Padahal harganya masih lebih murah dari kedua sportscar Italia tulen tersebut. Tidak hanya kedua sportscar Eropa tersebut, Nissan Skyline GTR juga bisa ditaklukan. Itu artinya Honda berhasil membuat sebuah sportscar dengan harga lebih murah dari mobil sport Eropa tanpa harus berstatus Type R atau semi-balap dan juga berhasil memperbaiki performa NSX yang dulunya masih kalah dengan Skyline GTR yang lebih murah harganya, meskipun NSX tetap merupakan sportscar Jepang termahal di zamannya untuk produksi massal.
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10201001_199702s.jpg
MITSUBISHI
1. Mitsubishi Lancer Evolution
Dibuat dengan latar belakang sama seperti Celica GT-Four. Bedanya Lancer Evolution lebih kaya pengalaman juara di ajang WRC. Pasalnya Lancer Evolution sangat berjasa bagi Tommi Makinen karena membantunya untuk juara di ajang WRC selama 4 kali berturut-turut. Lancer Evolution yang merupakan versi jalan raya berbasis utuh dengan Lancer WRC. Dari Lancer WRC, semua part racing ditanggalkan dan ditambah part untuk pemakaian jalan raya seperti ABS, power window, jok penumpang, dan wiper belakang. Maka tak heran akselerasi dan handling Evolution sangat bersaing dengan mobil sport Jepang lainnya, walau top speed cenderung rendah karena berbasis mobil reli. Uniknya, Lancer Evolution termasuk mobil sport yang mengalami pergantian model tercepat di dunia.
Khusus generas Evo V-VI, latar belakang produksinya bukan lagi karena FIA. Melainkan konsistensi Mitsubishi untuk memproduksi Lancer Evolution dengan eksterior yang sama dengan Lancer WRC.
for Ini Evo II gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199401e.jpg
for ini Evo III gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199502.jpg
for ini Evo IV gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199608.jpg
for ini Evo V gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_199801.jpg
for ini Evo VI gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401014_200001.jpg
2. Mitsubishi GTO Twin Turbo
Inilah jawaban Mitsubishi terhadap Nissan dengan Skyline-nya dan Toyota dengan Supranya di kelas Grand Tourer atau mobil sport besar. Sosoknya ada pada film Jackie Chan "Thunderbolt". Mesin Mitsubishi GTO juga dapat diupgrade hingga 500HP lebih seperti Skyline dan Supra. Selain itu, berhubung berbodi besar dan lebar serta 4WD, mobil ini cenderung stabil dan mantap di tikungan. Berhubung bodinya besar, GTO lebih cocok untuk balapan di jalan besar.
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10401002_199210.jpg
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10401002_199708.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10401002_199808.jpg
SUBARU
1. Subaru Impreza WRX STI
Inilah jawaban Subaru terhadap Mitsubishi dengan mobil Lancer Evolution. Di ajang WRC era 90-an, Impreza WRX STI selalu bersaing dengan Lancer Evolution, walau Lancer Evolution lebih kaya pengalaman juara dari Impreza. Yang unik dari Impreza WRX STI di era 90-an adalah memiliki 3 model yang berbeda, yaitu sedan, wagon, dan dua pintu. Bahkan ada juga model yang sudah wide body dengan styling Impreza WRC yaitu Impreza 22B. Lain halnya dengan Lancer Evolution yang hanya menyediakan model sedan di era 90-an.
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199508.jpg
for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199609s.jpg
for :
http://img.allabout.co.jp/pts/autos/catalog/SB/S007/SB_S007_F001_M003_1_L.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199811.jpg
for :
http://img.carsensorlab.net/CSphoto/catalog/SB/S007/SB_S007_F001_M004_1_L.jpg
for :
http://www.goo-net.com/carphoto/10451005_199803.jpg
MAZDA
1. Mazda RX-7
Inilah sportscar Jepang paling fenomenal di zamannya. Berbekal bodi kompak, cc kecil namun bertenaga besar, torsi tinggi, serta handling yang cukup mumpuni, RX-7 siap bersaing dengan sportscar Jepang sekelasnya. CC-nya sangat kecil yaitu sekitar 1300cc. Rotary engine adalah kekuatan utama RX-7 untuk bersaing dengan rival Jepang sekelasnya, karena mesin ini tetap bertenaga di rpm berapapun.
[spoiler=open this] for ini gambarnya gan:
http://www.goo-net.com/carphoto/10251501_199210.jpg
Sekian thread dari saya. Mohon maaf bila ada kesalahan, kurang berkenan, repost, atau salah kamar.
</div>